Review Suzuki Carry Pickup 2018: Pickup Pilihan Masyarakat Indonesia

17/01/2019 Fatchur Sag Review Suzuki

Perkembangan dunia ekonomi Indonesia memang makin berkembang. Banyaknya pengusaha mandiri sekarang ini membuat demand kendaraan angkut makin banyak. Untuk masyarakat Indonesia, pilihan Suzuki Carry Pickup 2018 sudah menjadi favorit sejak pertama kali muncul. Seperti apa Suzuki Carry Pickup 2018 ini, simak ulasan berikut!

1. PENGANTAR SUZUKI CARRY PICK UP 2018

Review Suzuki Carry Pickup 2018 - Jika berbicara tentang mobil pickup, tentu Suzuki Carry menjadi nama mobil yang sering disebut. Mobil ini memang sudah hadir di Indonesia sejak tahun 90-an dan sampai sekarang masih eksis. Kemunculannya pertama di Indonesia cukup heboh karena harganya yang murah. Karena hal ini banyak pengusaha yang ingin kendaraan angkut irit membelinya dan menggunakannya untuk keperluan angkut – angkut.

Foto Suzuki Carry Truck (DA71T) 1985 tampak samping depan

Carry Truck (DA71T) 1985, cikal bakal Suzuki Carry Pickup 2018

Sebenarnya Suzuki Carry ada dua jenis, yaitu versi MVP dan Pickup. Versi MVP sayangnya sudah mulai jarang terlihat di jalanan, tapi untuk versi Pickup, mobil ini masih kuat di pasaran Indonesia. Walaupun tergolong mobil pilihan untuk Pickup, pihak Suzuki tidak mau kalah oleh persaingan di pasar. Sekarang ini pilihan mobil pickup sudah makin sengit karena tidak hanya mobil Jepang saja yang masuk, mobil angkut dari Amerika dan Eropa juga mulai populer di kalangan pengusaha.

Untuk mempertahankan posisi unggulnya, Suzuki mengeluarkan model terbaru dari Suzuki Carry Pickup di tahun 2018. Jika Anda tertarik dengan mobil Carry versi terbaru ini, mari sama – sama melihatnya secara lebih dekat!

2. EKSTERIOR SUZUKI CARRY PICK UP 2018

Hal yang pertama yang akan dibahas di sini adalah bagian eksterior-nya. Bentuk mobil ini secara keseluruhan mungkin masih mirip dengan versi – versi sebelumnya. Walaupun begitu versi 2018 ini memiliki sedikit tambahan yang bisa luput jika dilihat secara sepintas.

Review Suzuki Carry Pickup 2018 : Desain Eksterior Depan

Bagian depan Suzuki Carry Pickup 2018

Desain eskterior Suzuki Carry Pickup 2018 mirip sama dengan Mitsubishi T120ss

Perubahan yang paling terlihat pada bagian muka mobil ini adalah penggunaan grill model baru yang berbeda dengan versi Suzuki Carry tahun sebelumnya, juga dengan logo S berbingkai. Bentuknya yang unik dan juga aksen chrome sebagai pilihan warna membuat mobil ini tampak gagah. Bemper yang digunakan sengaja dibuat menonjol agar terlihat kokoh.

Review Suzuki Carry Pickup 2018 : Desain Eksterior Samping

Bagian samping Suzuki Carry Pickup 2018

Dari samping Suzuki Carry Pickup 2018 sangat terlihat sebagai mobil angkutan

Dari sisi mobil ini, Anda dapat melihat stiker yang dipasang memanjang. Sticker ini dipasang untuk menghindari kesan monoton polos saat dilihat. Di kedua sisi mobil, Anda juga dapat melihat dua cylinder key yang sengaja dipasang untuk menambah keamanan mobil.

Review Suzuki Carry Pickup 2018 : Desain Eksterior Belakang

Bagian belakang Suzuki Carry Pickup 2018

Tulisan emboss SUZUKI terpampang besar di pintu bak belakang menunjukkan identitas Suzuki Carry Pickup 2018

Desain belakang Suzuki Carry Pickup 2018 seperti umumnya mobil pickup yang lain, sederhana dan sangat praktis. Di bagian belakang hanya ada bak angkut dengan pintu horizontal bertuliskan SUZUKI secara emboss. Tulisan besar ini sekaligus jadi identitas yang membedakan dengan Mitsubishi Colt T120ss.

Sementara untuk lampu belakang, lampu rem dan lampu sein terletak di bawah pintu sisi kanan dan kiri dengan desain kotak horizontal yang menyatu satu sama lain.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

3. INTERIOR SUZUKI CARRY PICK UP 2018

Dari segi interior mobil ini mungkin tidak menarik bagi banyak pecinta mobil. Desain interior yang sederhana dan tergolong tidak menarik sudah jadi hal biasa bagi Suzuki Carry. Walaupun begitu ini bukan berarti tidak ada yang perlu dibahas. Pihak Suzuki sendiri mengaku selalu melakukan perubahan walau tidak begitu terlihat di setiap literasi model Suzuki Carry Pickup yang baru muncul.

Review Suzuki Carry Pickup 2018 : Kabin dan Kursi

Foto kursi Suzuki Carry Pickup 2018

Kabin sederhana namun nyaman sebagaimana umumnya mobil niaga

Suzuki Carry Pickup 2018 menawarkan interior yang cukup nyaman untuk sebuah mobil komersial. Pada bagian ini; pihak tim desain Suzuki tidak melakukan banyak perubahan pada versi terkini mobil tersebut. Desain interior Suzuki Carry Pickup 2018 terbaru ini masih sederhana dan lebih mengutamakan fungsi layaknya sebuah mobil komersial.

Penampilan kursi pengendara telah berubah dari hitam menjadi krem abu – abu. Perubahan ini membuat mobil terasa lebih mewah dan juga premium. Warna bangku ini juga disamakan dengan bantalan pintu agar terkesan serasi. Mobilitas kaki di area tempat duduk ini juga bisa dibilang cukup nyaman. Pengemudi dipastikan akan leluasa melakukan manuver di area kendali ini.

Review Suzuki Carry Pickup 2018 : Dashboard dan Setir

Foto Setir Suzuki Carry Pick Up 2018

Cukup banyak ruang penyimpanan di bagian dashboard Suzuki Carry Pickup 2018

Di versi 2018 ini Anda bisa merasakan bahwa dashboardnya terasa lebih lebar dibanding model yang sebelumnya. Lebarnya dashboard ini dilakukan untuk membantu pengendara meletakan berbagai barang bawaan di atasnya. Misalnya saja mobil ini digunakan untuk ekspedisi antar provinsi. Dashboard yang besar bisa digunakan untuk meletakan minum ataupun makanan agar mudah digapai oleh si sopir. Pada dashboard ini juga tersedia beberapa kotak untuk menaruh barang kecil seperti faktur, surat jalan dan smartphone.

Untuk kemudi, mobil ini sekarang dilengkapi steering switch control. Panel di depan kemudi hanya menunjukan speedometer analog dan beberapa indikator seperti jarum indikator tangki, trip meter dan odometer. Walaupun sederhana, informasi yang diberikan cukup akurat dan mudah dimengerti.

Desain setir Suzuki Carry Pickup 2018 masih sama dengan model 2017, sederhana dan tak banyak guratan. Hanya ada logo S ciri khas Suzuki terpampang jelas di bagian tengah setir menunjukkan sebuah identitas.

Review Suzuki Carry Pickup 2018 : Bak belakang

Foto bak Suzuki Carry Pickup 2018

Bak luas Suzuki Carry Pickup 2018 untuk pengangkutan maksimal

Untuk bak belakang, ukurannya adalah panjang 2.200 mm dan lebar 1.480 mm. Luas bak ini tentu sudah cukup untuk mengangkut berbagai barang seperti pasir, mebel dan bahkan kendaraan roda dua. Bagi Anda yang memiliki usaha yang membutuhkan angkutan cukup banyak, ruang bak Suzuki Carry Pickup sudah bisa diandalkan.

Untuk kapasitas yang lebih besar, Anda dapat memilih varian Wide Deck yang memiliki bak angkut berukuran panjang 2.350 mm dan lebar 1.650 mm dengan pintu di semua sisi bisa dibuka untuk memudahkan akses pengangkutan.

>>> Baca juga:

4. FITUR SUZUKI CARRY PICK UP 2018

Jika berbicara tentang fitur, dari dulu Suzuki Carry Pickup memang tidak ada yang bisa diharapkan. Walaupun keluar di era modern 2018, tidak banyak hal canggih yang dimasukan di sini. Suzuki sendiri sepertinya sengaja melakukan ini untuk menekan harga mobil agar tetap rendah di pasaran. Anehnya, meski tanpa fitur berlimpah, Suzuki Pickup sangat digemari konsumen di Indonesia dan memberikan kontribusi paling besar terhadap penjualan Suzuki Indomobil Sales (SIS) di Indonesia mengalahkan mobil penumpang, All New Ertiga.

Gambar fitur Interior Suzuki Carry Pickup

Sebagai mobil niaga dengan harga terjangkau, tidak banyak fitur yang ditawarkan Suzuki Carry Pickup 2018

Review Suzuki Carry Pickup 2018 : Fitur Keselamatan

Untuk fitur keamanan, mobil ini hanya dilengkapi dengan 3 ELR Seat Belt yang merupakan pilihan paling minim untuk keamanan. Untuk fitur kenyamanan, Anda hanya bisa bergantung pada AC dan juga suspensi mobil.

Suspensi yang ada di mobil ini adalah paduan MacPherson Strut dengan Coil Spring. Suspensi ini mampu menahan benturan di jalan bebatuan dan juga polisi tidur dengan cukup efektif.

Review Suzuki Carry Pickup 2018 : Fitur Kenyamanan

Fitur kenyaman yang ditawarkan hanya berupa AC dan multimedia, Anda sudah dapat merasakan kondisi dingin walaupun dengan pilihan setting yang sederhana. Untuk fitur multimedia, Anda hanya bisa menikmati hiburan musik tanpa visual apapun sebab tidak dilengkapi head unit selayaknya mobil penumpang terkini. Jika ingin tambahan lain, Anda harus membeli produk after market lalu install sendiri. Dari segi audio, speaker yang digunakan sudah cukup mumpuni dan keras suaranya.

>>> 7 Kelebihan Isuzu Traga Yang Tak Dimiliki Kompetitor

5. OPERASI SUZUKI CARRY PICK UP 2018

Walaupun mengecewakan di segi fitur, mobil pickup ini ternyata cukup handal saat digunakan. Mesin yang digunakan pada Suzuki Carry Pickup 2018 adalah seri G15A yang memiliki 4 silinder dan 16 katup. Kapasitas silinder mobil ini bisa mencapai 1.493 cc dan mampu mengeluarkan tenaga sebesar 87 PS pada putaran 6000 rpm. Untuk torsi, mobil ini mampu mengeluarkan tenaga hingga 122 nm pada putaran 3.000 rpm.

Foto Mesin G15A yang dipakai Suzuki Carry Pickup 2018

Performa tangguh Suzuki Carry Pickup 2018 berasal dari mesin G15A yang terkenal handal

Mesin yang handal ini memang didesain untuk membantu mobil ini mengangkut beban berat. Sebagai mobil pilihan untuk mengangkut barang, bergerak cepat walau dengan bawaan banyak adalah hal penting. Saat dites, mobil ini bisa dibilang lebih kuat mesinnya dibanding versi sebelumnya.

Hal yang mengecewakan adalah kemampuan manuver mobil yang rendah. Jika Anda memutuskan untuk bermanuver tiba – tiba, siap–siap untuk mengeluarkan tenaga ekstra dalam mengemudi. Jadi tips untuk Anda, berkendaralah hati–hati saat menggunakan mobil ini, walaupun mampu mencapai kecepatan tinggi, kemampuan kendalinya cukup berat jika di posisi kecepatan tinggi.

Selama tes, konsumsi bahan bakar mobil ini bisa dibilang irit. Berkat teknologi Multi Point Injection, bahan bakar yang digunakan tidak terlalu banyak setiap dioperasikan. Tampungan tangki mobil ini juga cukup besar yaitu 42 liter. Hal ini memastikan mobil tidak perlu sering–sering diisi selama penggunaanya.

6. SPESIFIKASI SUZUKI CARRY PICK UP 2018

Mesin

Seri mesin

G15A with 4 Cylinder and 16 Valve

Kubikasi

1493 cc

Tenaga Maksimum (ps/rpm)

78.8 @ 5500

Torsi Maksimum (Nm/rpm)

120 @ 3000

Transmisi

5-speed manual transmission

Dimensi

Panjang x Lebar x Tinggi

3.720 mm x 1.830 mm x 1.825 mm

Jarak Terendah

195 mm

Tempat Duduk

2 Seat

Lain-lain

Velg

165 R 13C

Suspensi Depan

McPherson strut

Suspensi Belakang

Leaf

Rem

Disc (front) Drum (rear)

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN SUZUKI CARRY PICK UP 2018

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Handal Digunakan Untuk Angkut Barang.

Kombinasi kemampuan mesin, ruang bak angkut dan kekuatan angkut yang mumpuni membuat mobil ini sangat cocok untuk kebutuhan angkut barang.

Fitur Minim.

Sama seperti masalah Suzuki Carry Pickup versi – versi sebelumnya, fitur keamanan dan hiburan pada mobil ini sangat minim.

Irit Bahan Bakar.

Karena memiliki mesin yang kuat namun mengkonsumsi sedikit BBM, Anda tidak perlu banyak keluar biaya untuk mengoperasikan kendaraan ini.

Terlalu Mirip dengan Versi Sebelumnya.

Selain perubahan pada mesin dan beberapa tampilan, pickup ini tidak banyak mendapatkan perubahan dari versi tahun 2017.

8. DAFTAR HARGA SUZUKI CARRY PICK UP 2018

Sebagai mobil untuk usaha Suzuki selalu mengusahakan mobil ini memiliki harga yang terjangkau. Di pasaran Indonesia, mobil ini tersedia dalam dua versi yaitu Flat Deck dan Wide Deck dengan harga jual sebagai berikut:

Group Model

Sales Model

Harga on the Road

New Carry Pick Up

Flat Deck tanpa Torii

Rp 133,000,000

New Carry Pick Up

CH

Rp 96,500,000

New Carry Pick Up

Flat Deck dengan Torii

Rp 133,000,000

New Carry Pick Up

Wide Deck tanpa Torii

Rp 134,000,000

New Carry Pick Up

Wide Deck dengan Torii

Rp 134,000,000

Pilihan ini tentu bisa disesuaikan tergantung kebutuhan Anda. Dari segi harga, mobil ini bisa dibilang lebih mahal sedikit dibandingkan dengan versi 2017 yang keluar di pasaran dengan harga sekitar 120 jutaan. Walaupun begitu tambahan tenaga pada mesin dan optimasi konsumsi bahan bakar membuat harga mahal ini setimpal jika dilihat dari biaya operasi jangka panjangnya.

9. VIDEO SUZUKI CARRY PICK UP 2018

10. KESIMPULAN SUZUKI CARRY PICK UP 2018

Sebagai mobil angkut, Suzuki Carry Pickup 2018 bisa dibilang sangat baik melakukan tugasnya. Walaupun begitu sebagai mobil, banyak hal yang mengecewakan yang bisa ditingkatkan. Hal seperti fitur hiburan dan keamanan terlalu minim jika dilihat dari kacamata kendaraan modern. Pandangan Suzuki yang mengedepankan harga rendah memang patut dimaklumi tapi bukan berarti berhenti dalam segi inovasi fitur.

Untungnya fitur yang mengecewakan ini tidak seberapa jika dibandingkan penambahan kemampuan dari mobil dari segi daya kerjanya. Mesin yang lebih tangguh memastikan barang bawaan bisa lebih banyak dan Suzuki Carry Pickup 2018 bisa melaju lebih kencang dibanding mobil angkut lainya. Teknologi injeksi yang lebih disempurnakan juga membantu menekan biaya operasi mobil ini.

Jika Anda adalah pengusaha yang membutuhkan kendaraan angkutan, mobil ini sangat direkomendasikan dari segi ekonomi. Tapi bagi Anda yang mencari kendaraan angkut dengan fitur keamanan dan kenyamanan yang baik, Anda mungkin kecewa dengan mobil yang satu ini.

>>> Jangan lupa klik sini untuk lanjut baca artiekl review mobil lainnya

Share This:

Cari harga mobil

Harga mobil per merek

Review mobil populer