Review Suzuki Baleno 2017, Perubahan Drastis Sedan Favorit Ke Hatchback

03/07/2018 Handy Goeyana Review Suzuki

Melalui ajang GIIAS 2017 kemarin, Suzuki memperkenalkan varian terbaru Baleno dengan membawa suasana baru. Baleno yang dulunya sedan kini berubah menjadi sebuah mobil hatchback yang cukup sporty. Review Suzuki Baleno 2017 bisa dibaca di bawah ini.

1. PENGANTAR

gambar suzuki baleno 2017 dengan desain terbaru berbentuk hatchback berwarna merah

Suzuki Baleno 2017 yang diperkenalkan di ajang GIIAS 2017

Review Suzuki Baleno 2017 - Suzuki Baleno yang dulunya berbentuk sedan menjadi mobil yang begitu digandrungi pada jamannya. Namun Suzuki ingin memberikan nuansa baru pada Baleno dengan mengubah basis mobil ini menjadi sebuah mobil hatchback. Karena Baleno sudah begitu dikenal, maka Suzuki berharap mobil yang didatangkan secara utuh (CBU) dari India ini juga mampu meraih kesuksesan yang sama dengan pendahulunya. Review Suzuki Baleno 2017 secara lengkap oleh hargamobil.com bisa dilihat di bawah ini.

2. EKSTERIOR

Karena Baleno menjadi hatchback, maka eksterior Suzuki Baleno 2017 jauh terlihat lebih kompak. Tarikan garis bodi yang mengalir seperti mobil sedan dan dipadukan dengan aksesori-aksesori penunjang membuatnya terlihat sporty dan elegan.

  • Review Suzuki Baleno 2017: Desain bagian depan

gambar bagian depan suzuki baleno 2017 dengan gril trapesium bersayap

Bagian depan Suzuki Baleno 2017 yang terlihat dinamis dan sporty

Bagian depan Suzuki Baleno 2017 menggunakan head lamp berteknologi HID Projector yang dilengkapi dengan DRL. Gril depan berbentuk trapesium yang didesain berkisi-kisi dan sisi-sisi gril diberikan lis beraksen krom yang didesain mengarah keluar menuju head lamp sehingga terlihat 'bersayap'. Bemper depan memiliki lubang udara yang dipadukan dengan fog lamp sehingga terlihat lebih sporty dan dinamis.

  • Review Suzuki Baleno 2017: Desain bagian samping

gambar bagian samping suzuki baleno 2017 dengan pelek alloy 16 inci terbaru

Bagian samping Suzuki Baleno 2017 yang juga terlihat sporty

Bagian samping Suzuki Baleno 2017 terlihat lebih gagah karena Ground Clearance mobil ini cukup tinggi yang ditunjang kesan mewah melalui lis di bawah jendela dan gagang pintu yang semuanya menggunakan aksen krom. Pelek alloy berukuran 16 inci memperkuat kesan sporty mobil ini.

  • Review Suzuki Baleno 2017: Desain bagian belakang

gambar bagian belakang suzuki baleno 2017 dengan stop lamp unik dan bumper kit terbaru

Bagian belakang Suzuki Baleno 2017 yang terlihat elegan

Bagian belakang Suzuki Baleno 2017 memiliki rear combination stop lamp yang didesain futuristik dan berbentuk mengkotak namun memiliki sudut-sudut membulat. Roof spoiler dan garnis beraksen krom di bawah kaca mempercantik pintu bagasi belakang. Bemper belakang yang diberi reflektor dan bumper kit memperkuat kesan sporty mobil ini.

>>> Anda bisa lihat juga:

3. INTERIOR

Bagian interior Suzuki Baleno 2017 memiliki desain interior yang cukup sederhana namun terlihat stylish dan elegan berkat garis dashboard yang tersusun sejajar dan aksesori-aksesori yang terpasang rapi. Ruang kabin yang lapang menjadi nilai tambah ruang kabin mobil ini.

  • Review Suzuki Baleno 2017: Dashboard

gambar dashboard suzuki baleno 2017 dengan desain berwarna hitam dan kisi-kisi beraksen silver

Bagian dashboard Suzuki Baleno 2017 yang terlihat stylish dan elegan

Dashboard pada Suzuki Baleno 2017 menggunakan plastik berwarna hitam dengan soft-material touch ditambah dengan kisi-kisi beraksen silver sehingga membuat bagian interior mobil terlihat lebih stylish dan elegan. Di bagian tengah dashboard terdapat sistem audio Double Din yang memiliki fitur berupa Radio AM/FM, CD/MP3 Player, USB Port, Apple CarPlay, dan koneksi Bluetooth, serta semuanya ditunjang dengan empat speaker dan dua tweeter. Sistem audio Double Din bisa diganti dengan layar sentuh yang memiliki sistem navigasi namun harus menambah sejumlah uang dan diganti di bengkel resmi.

Kontrol AC sudah menggunakan fitur Auto Climate Control sehingga akan mengatur suhu dalam kabin secara otomatis. Selain itu ada tombol Start/Stop Push Button yang memudahkan anda untuk menghidupkan dan mematikan mesin mobil.

  • Review Suzuki Baleno 2017: Setir

gambar setir suzuki baleno 2017 dengan tombol audio steering switch

Bagian setir Suzuki Baleno 2017 yang dilapisi dengan kulit

Setir mobil ini dilapis dengan kulit dan diberikan fitur Tilt & Telescopic Steering yang memudahkan pengemudi untuk mengatur posisi setir kemudi sesuai kenyamanan pengemudi. Tidak lupa setir mobil ini juga memiliki Audio Steering Switch yang terintegrasi dengan Bluetooth sehingga akan memudahkan pengemudi untuk mengatur pilihan pada sistem audio maupun berkomunikasi tanpa harus melepas setir kemudi.

  • Review Suzuki Baleno 2017: Kursi

gambar susunan kursi 2 baris pada suzuki baleno 2017

Susunan kursi 2 baris pada Suzuki Baleno 2017

Kursi mobil Suzuki Baleno 2017 terdiri dari dua baris dan mampu menampung hingga 5 orang penumpang. Kursi mobil yang menggunakan bahan berkualitas dan dilapisi dengan fabric di setiap kursinya membuat kursi terasa begitu empuk dan memberikan kenyamanan yang bagi pengemudi dan penggunanya.

  • Review Suzuki Baleno 2017: Bagasi

gambar bagasi suzuki baleno 2017 berkapasitas 355 liter

Bagian bagasi Suzuki Baleno 2017

Bagasi Suzuki Baleno 2017 memiliki kapasitas sebesar 355 liter yang mampu menaruh beberapa barang berukuran besar. Jika kursi baris kedua dengan konfigurasi 60:40 dilipat, maka akan memberikan ruang bagasi yang jauh lebih luas.

>>> Review mobil lainnya:

4. FITUR

  • Review Suzuki Baleno 2017: Fitur Keselamatan

gambar fitur airbag suzuki baleno 2017 yang sedang mengembang

Fitur airbag pada Suzuki Baleno 2017

Fitur keselamatan pada Suzuki Baleno 2017 dimulai dari sistem pengereman yang menggunakan fitur ABS, EBD dan BA sehingga memberikan performa pengereman yang begitu maksimal. Terdapat Dual SRS Airbags dan Curtain SRS Airbags yang akan menjaga penumpang dan pengemudi ketika terjadi benturan yang begitu keras dan ada ISOFIX yang akan menjaga bayi Anda tetap aman. Bodi mobil sudah menerapkan Heartect dan Total Effective Control Technology (TECT) Body sehingga bodi mobil jauh lebih kokoh dan mengurangi penyok akibat benturan.

Heartect dan Total Effective Control Technology (TECT) Body

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Spesifikasi Lengkap Suzuki Baleno ”Hatchback”", https://otomotif.kompas.com/read/2017/08/11/101600215/spesifikasi-lengkap-suzuki-baleno-hatchback-.
Penulis : Donny Aprilianandasehingga kerangka bodi mobil jauh lebih kokoh.
  • Review Suzuki Baleno 2017: Fitur Keamanan

Fitur keamanan pada mobil ini berupa Immobilizer with Keyless Entry yang terintegrasi dengan alarm sehingga akan menjaga mobil anda tetap aman ketika sedang tidak digunakan. Selain itu ada sensor parkir untuk yang akan memudahkan pengemudi untuk parkir atau memundurkan mobil.

>>> Klik di sini untuk melihat review mobil Suzuki lainnya

5. OPERASI

gambar mesin suzuki baleno 2017 berkapasitas 1.373 cc

Bagian mesin Suzuki Baleno 2017

Suzuki Baleno 2017 menggunakan mesin K14B 4 silinder segaris 16 katup berkapasitas 1.373 cc yang mampu menghasilkan tenaga maksimal mencapai 92,4 Ps pada putaran mesin 6.000 rpm dan torsi maksimal mencapai 130 Nm pada putaran mesin 4.000 rpm. Tenaga yang dihasilkan oleh mesin mobil ini akan disalurkan melalui sistem transmisi manual 5 percepatan dan sistem transmisi otomatis 4 percepatan.

>>> Untuk mengetahui harga mobil lainnya, silahkan klik di sini

6. SPESIFIKASI

Spesifikasi Suzuki Baleno 2017 bisa dilihat di tabel berikut.

Mesin Suzuki Baleno 2017

Jenis Mesin

K14B 4 silinder segaris 16 katup

Isi Silinder

1.373 cc

Diameter x Langkah

73,0 x 82,0 mm

Perbandingan Kompresi

11:1

Tenaga Maksimum

92,4 Ps / 6.000 rpm

Torsi Maksimum

130 Nm / 4.000 rpm

Tipe Transmisi

5-Speed M/T dan 4-Speed A/T

Dimensi Suzuki Baleno 2017

P x L x T

3.995 x 1.745 x 1.510 mm

Jarak Poros Roda

2.520 mm

Jarak Terendah

170 mm

Kapasitas Tangki

37 liter

Suspensi dan Kaki-Kaki Suzuki Baleno 2017

Sistem Kemudi

Rack & Pinion

Suspensi Depan

MacPherson Strut with Coil Spring

Suspensi Belakang

Torsion Beam with Coil Spring

Rem Depan

Ventilated disc

Rem Belakang

Disc

Ban dan Velg

195/55 R16

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN

Kelebihan dan kekurangan mobil Suzuki Baleno 2017 bisa dilihat di tabel berikut.

Kelebihan

Kekurangan

Desain eksterior lebih sporty

Tenaga mesin kalah besar dari pesaingnya

Harganya lebih terjangkau

Material interior biasa saja

Ruang kabin lebih lapang

Harus keluarkan uang tambahan untuk fitur penunjang yang lengkap pada kabin mobil

Desain interior cukup stylish

 

Fitur keselamatan cukup lengkap

 

8. DAFTAR HARGA

Harga mobil Suzuki Baleno 2017 bisa dilihat di tabel bawah ini.

Tipe mobil

Harga Suzuki Baleno

Suzuki Baleno Hatchback M/T

Rp 199.500.000,-

Suzuki Baleno Hatchback A/T

Rp 212.000.000,-

*Catatan: harga on the road tahun 2018 dan bisa berubah sewaktu-waktu

9. VIDEO

Sebagai penutup ulasan mobil ini silahkan melihat video Suzuki Baleno 2017 di bawah ini.

10. KESIMPULAN

Perubahan yang dilakukan oleh Suzuki ini mungkin membuat sebagian calon pembeli atau pecinta Baleno sedikit kaget. Memang untuk mobil sekelas hatchback baik dari segi performa dan kelengkapannya, Suzuki Baleno tidaklah sehebat para kompetitornya. Namun harganya yang jauh lebih murah, ditambah dengan desain luar dan dalam yang cukup elegan serta masih memiliki fitur-fitur penunjang yang cukup canggih, mobil ini masih bisa dijadikan pilihan.

Share This:

Cari harga mobil

Harga mobil per merek

Review mobil populer