Review Suzuki APV 2016: Mobil 8 Penumpang Dengan Mesin Yang Mumpuni

06/12/2018 Abdul Review Suzuki

Suzuki merupakan salah satu produsen mobil ternama yang memasarkan produknya di Indonesia dan seluruh dunia. Salah satu mobil yang diproduksi dan banyak diminati adalah APV. Untuk Suzuki APV keluaran tahun 2016 seringkali disebut dengan nama APV Arena. Kendaraan ini merupakan hasil dari perpaduan antara desain minivan dan juga MPV. Untuk lebih jelasnya silahkan disimak Review Suzuki APV 2016.

1. PENGANTAR SUZUKI APV 2016

Review Suzuki APV 2016 - Pada awalnya mobil Suzuki APV diperkenalkan pada tahun 2014 dan didatangkan ke Tanah Air dalam bentuk CBU. Dari segi tampilan masih menggunakan desain dari negara asalnya yang memang tetap dipertahankan. Untuk segmennya masuk dalam All Purpose Vehicle (APV), dengan begitu mobil ini akan mempunyai fungsi sebagai minivan juga MPV.

Gambar ini menunjukkan mobil Suzuki APV warna silver tampak depan dan samping kanan

Suzuki APV 2016 merupakan perpaduan antara desain jenis minivan dan MPV

Dilihat dari segi tampilan memang cukup menarik, apalagi dengan daya tampung yang dimiliki cukup banyak membuatnya sangat nyaman dikendarai bersama keluarga. Di Tahun 2016 dari pihak Suzuki memperkenalkan varian terbaru yang tentunya bikin penasaran yakni All New Suzuki APV 2016. Di dalam mobil ini sudah terdapat beberapa penambahan fitur  modern yang menambah  kenyamanan dan keamanan selama berkendara.

2. EKSTERIOR SUZUKI APV 2016

Apabila dilihat dari segi desain memang terlihat sangat sederhana. Namun untuk segi bentuk memang masih mengekor pada bentuk yang lama. Akan tetapi hal tersebut tidak masalah karena dari pihak Suzuki memberikan beberapa fitur menarik di area bodi. Alhasil bentuk Suzuki APV 2016 menjadi lebih elegan dan semakin banyak diminati oleh masyarakat.

Review Suzuki APV 2016: Bagian Depan

Gambar ini menunjukkan mobil Suzuki APV Arena keluaran tahun 2016 warna silver

Bumper Suzuki APV 2016 didesain dinamis dan terdapat beberapa aksen Crome di bagian depan kendaraan

Dilihat dari bagian depan Suzuki APV 2016 memiliki bumper dengan desain dinamis dan juga sporty. Hal tersebut dikarenakan adanya grille yang menggunakan garnish dengan adanya aksen crome pada bagian bawahnya dan di sisi atas. Pada garnish crome ini menggunakan desain yang menyatu dengan lampu bagian depan. Untuk lampunya sendiri menggunakan desain yang memiliki ukuran besar dan mempunyai bentuk kotak.

Penggunaan foglamp juga mempercantik bagian depannya yang memiliki desain bulat dan masuk ke dalam. Memang font bumpernya tidak terlalu banyak lekukan ataupun beberapa tambahan lain, namun hal tersebut menjadikannya tampak minimalis dan memancarkan kesan elegan dan sporty.

Review Suzuki APV 2016: Bagian Samping

Gambar ini menunjukkan Mobil Suzuki APV 2016 warna putih tampak samping

Dengan kombinasi desain MPV dan sebuah minivan menjadikan dimensinya terasa lebih besar

Jika dilihat dari bagian samping terlihat lekukan yang membuatnya terlihat lebih menarik. Selain itu terdapat beberapa garis-garis pintu yang menjadikannya lebih menonjol. Memang dari segi tampilan terlihat mengkotak, akan tetapi mobil ini merupakan kendaraan yang multifungsi.

Adapun penggunaan velg mengandalkan ukuran 14 inci atau ukuran 15 dan 17 inci pada tipe Luxury. Bahan yang digunakan adalah alloy serta mempunyai ground clearance cukup tinggi yang membuat Suzuki APV 2016 tampak terlihat lebih tangguh dan juga sporty.

Review Suzuki APV 2016: Bagian Belakang

Gambar ini menunjukkan Mobil Suzuki APV 2016 warna putih tampak bagian belakang

Bagian belakang Suzuki APV terlihat simpel dan terdapat wiper untuk membersihkan kaca belakang

Berlanjut ke bagian belakang Suzuki APV 2016. Yang mana untuk desainnya sendiri cukup menarik dengan stop lamp yang besar sampai-sampai masuk pada bagian samping belakang. Tidak hanya itu saja, beberapa penambahan garnish yang mempunyai aksen crome juga mempunyai tujuan untuk membuatnya memiliki kesan elegan. Posisinya berada di bagian pintu bagasi belakang. Walaupun sebenarnya banyak orang yang menilai bahwa hal tersebut terbilang tanggung. Untuk menambah kesan sporty yang dimiliki oleh Suzuki APV 2016, dari pihak Suzuki memberikan roof spoiler pada bagian pintu bagasi belakangnya.

Terdapat pula wiper belakang yang berguna untuk membersihkan kaca belakang. Sehingga saat kaca kotor atau ketika musim penghujan, pengemudi dapat melihat bagian belakang dengan lebih jelas dengan mengaktifkannya. Dari segi bumper belakang terlihat minimalis dan didesain polos. Memang apabila dilihat tampak keren dengan tidak ada banyak lekukan hanya beberapa saja.

>>> Baca juga:

3. INTERIOR SUZUKI APV 2016

Bagian dalam mobil Suzuki APV memang terkenal akan kabinnya yang cukup luas. Selain itu, beberapa fitur ditambahkan untuk membuat pengemudi dan penumpang terasa nyaman saat berkendara dengan mobil besutan Suzuki ini. Pada bagian interior didesain sangat elegan dengan didukung oleh beberapa fitur modern yang bisa memanjakan para penggunanya.

Review Suzuki APV 2016: Dashboard dan Setir

Gambar ini menunjukkan bagian dashboard dan kemudi mobil milik Suzuki APV 2016

Untuk mendukung kenyamanan terdapat head unit dengan system audio double din

Untuk bagian dashboard memang terlihat sangat stylish, hal tersebut berkat penggunaan desain 2-tone colour dengan perpaduan antara warna silver yang lebih banyak dan juga warna hitam. Di bagian tengahnya ada head unit yang didesain agak besar dengan beberapa fitur untuk mendukung kenyamanan selama berkendara. Fitur pada head unitnya seperti system audio double din yang telah mendukung radio AM/FM dan juga CD Player. Di bagian head unit paling bawah ada AC control yang bisa memberikan kesejukan selama berkendara terutama saat cuaca panas.

Sedangkan di bagian kemudi telah memakai Electric Power Steering yang menjadikannya lebih ergonomis dan juga pengemudi menjadi lebih mudah dalam pengoperasianya. Dari segi desain menggunakan 3 palang dan di  bagian tengahnya terdapat logo Suzuki agak besar.

Review Suzuki APV 2016: Kursi Mobil

Gambar ini menunjukkan jok mobil baris kedua dan bagian depan milik Suzuki APV 2016

Jok mobil milik Suzuki APV ditata 3 baris dengan menggunakan desain captain seat

Pada bagian kursi menggunakan desain captain seat yang mampu menampung hingga 8 orang penumpang. Penataan kursi dibuat 3 baris yang dapat memberikan kenyamanan lebih kepada pengendara dan penumpangnya.

Terdapat fitur height pada bagian pengemudi. Fitur ini memungkinkan pengemudi untuk melakukan pengaturan pada ketinggian kuris sesuai kenyamanan yang dirasakan. Dengan begitu baik pengemudi pendek atau tinggi jok pengemudi dapat disesuaikan dengan postur tubuh.

Review Suzuki APV 2016: Bagasi

Gambar ini menunjukkan ruang bagasi mobil milik Suzuki APV 2016 dan terlihat joknya dari belakang

Bagasi mobil Suzuki APV dapat lebih luas dengan mengangkat kursi baris ketiga

Untuk bagian bagasi memang didesain lebih luas, mungkin hal tersebut dapat dilihat dari segi bentuk eksteriornya. Bahkan dapat menjadi lebih luas lagi dengan beberapa langkah, yakni dengan mengangkat kursi baris ketiga. Hal ini dapat dilakukan saat kursi penumpang tidak dipenuhi oleh orang, jadi saat bepergian atau berbelanja bersama hanya 4 atau 5 orang cara ini sangatlah efektif.

>>> Artikel terkait:

4. FITUR SUZUKI APV 2016

Tentunya setiap kendaraan mempunyai beberapa fitur untuk mendukung kenyamanan serta keamanan dalam berkendara. Selain itu, beberapa fitur berfungsi melindungi mobil dari pencurian atau orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Gambar ini menunjukkan 4 buah kisi-kisi AC Mobil yang berjejer

Fitur di dalam mobil Suzuki APV mampu memberikan kenyamanan dan keamanan berkendara

Pada mobil besutan Suzuki ini telah disematkan fitur Monocoque Body with Ladder Frame Integrated yang telah terbukti kokoh. Selain itu ada pula Side Impact Beam yang berguna untuk memberikan perlindungan pada penumpangnya saat berada di dalam kabin mobil. Yang lebih menarik lagi, disematkan pula fitur yang dapat memberikan perlindungan maksimal ketika terjadi masalah di jalan yakni seat belt with 3 point ELR.

Untuk menjaga keamanan mobil dari pihak produsen memberikan fitur Keyless Entry with Alarm yang diharapkan dapat menjaga mobil tetap aman saat tidak sedang dipakai.

>>> Jangan Anggap Remeh, Ini Manfaat Servis Mobil Secara Rutin!

5. OPERASI SUZUKI APV 2016

Gambar ini menunjukkan mesin mobil Suzuki APV 2016 yang berada di dalam

Mesin Suzuki APV 2016 lebih bertenaga dan bisa diandalkan

Untuk menjadikan perjalanan lebih nyaman dan siap melintasi segala rute jalanan pihak Suzuki menyematkan mesin G15A pada Suzuki APV 2016. Mesin tersebut mempunyai 4 silinder segaris dengan penggunaan 16 katup. Kapasitas yang dimiliki adalah 1,5 liter yang bisa menghasilkan tenaga maksimal sebesar 105 ps/ 6.000 rpm. Selain itu torsi maksimal yang dapat dicapai adalah 126 Nm/ 3.000 rpm. Untuk pilihan transmisi terdapat otomatis 4 percepatan dan juga 5 percepatan untuk manual.

Jadi Suzuki APV 2016 mempunyai mesin yang bertenaga dengan kabin yang cukup luas siap mengantarkan pemilik kemanapun yang disuka.

>>> Klik sini untuk lanjut simak artikel review mobil Suzuki lainnya

6. SPESIFIKASI SUZUKI APV 2016

DIMENSI

P x L x T

4.225 x 1.655 x 1.855 mm

Jarak Pijak Depan

1.4355 mm

Jarak Poros Roda

2.625 mm

Jarak Pijak Belakang

1.435 mm

Jarak Terendah

175 mm

Radius Putar Minimum

4.9 m

MESIN

Jenis Mesin

G15A 4 silinder segaris 16 katup

Diameter X Langkah

75.0 x 84.5 mm

Kapasitas

1.493 cc

Tenaga Maksimum

105 Ps / 6.000rpm

Torsi Maksimum

126 Nm / 3.000rpm

Perbandingan Kompresi

9,5 : 1

Tipe Transmisi

4-Speed (A/T) / 5-Speed (M/T)

Sistem Bahan Bakar

Multipoint Injection

HANDLING DAN SUSPENSI

Suspensi Depan

MacPherson Strut with Coil Spring

Suspensi Belakang

3-Link Rigid Axle with Coil Springs

Sistem Kemudi

Rack & Pinion

Rem Depan

Ventilated disc

Rem Belakang

Leading & Trailing Drums

Tangki Bahan Bakar

46 Liter

Ukuran Ban

185/80 R14 (R15 and R17 for Lux)

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN SUZUKI APV 2016

Dalam membeli sebuah kendaraan tentunya harus siap dengan segala sesuatunya, seperti kelebihannya dan kekurangannya. Tidak ada sesuatu yang sempurna, begitupun untuk Suzuki APV 2016 yang tentunya bisa diunggulkan namun juga mempunyai kelemahan.

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Daya tampung yang dimiliki mencapai 8 orang

Fiturng yang disematkan terbilang masih kurang

Kabin yang luas dan lebih lega

Fitur tambahan tidak dimiliki semua tipe

Menggunakan teknologi Multipoint Injection membuat behan bakar lebih hemat

Desain yang dimiliki masih biasa baik eksterior maupun interior

Mesin yang dimiliki memiliki tenaga mumpuni

 

8. DAFTAR HARGA SUZUKI APV 2016

Dengan beberapa varian dan mempunyai spesifikasi yang berbeda tentunya akan mempengaruhi harganya. Perbandingannya menjadi terlihat walaupun sedikit. Berikut daftar harga Suzuki APV 2016.

TIPE

HARGA

Suzuki APV GL 1.5 M/T

Rp 179.500.000

Suzuki APV GX 1.5 M/T

Rp 192.000.000

APV SGX 1.5 A/T

Rp 209.000.000,-

APV SGX 1.5 M/T

Rp 194.500.000,-

APV SGX LUXURY A/T R15

Rp 227.700.000,-

APV SGX LUXURY M/T R15

Rp 213.700.000,-

APV SGX LUXURY A/T R17

Rp 257,700.000,-

APV SGX LUXURY M/T R17

Rp 231.700.000,-

Nb.

  • Harga bisa berubah sewaktu-waktu
  • Harga OTR Jakarta
  • Perbedaan harga bisa saja terjadi di beberapa daerah

9. VIDEO SUZUKI APV 2016

10. KESIMPULAN SUZUKI APV 2016

Suzuki APV merupakan mobil multifungsi uang cukup digemari oleh masyarakat. Apalagi saat digunakan untuk membawa barang, tentunya akan lebih dapat diunggulkan daripada yang lainnya. Selain itu saat ingin bepergian bersama keluarga dapat membawa lebih banyak, karena kapasitas penumpangnya mencapai 8 orang. Ditambah lagi performa mesin yang dimiliki juga mumpuni beserta fitur pendukung yang membuatnya pantas untuk diunggulkan.

>>> Jangan lupa untuk mengetahui spesifikasi lengkap Mobil terbaru dan lama di Hargamobil.com

Share This:

Cari harga mobil

Harga mobil per merek

Review mobil populer