Review Nissan Terrano Kingsroad 2000: Mobil SUV Yang Jadi Simbol Maskulin

14/02/2020 Abdul Review Nissan

Tahun 2000 terkenal dengan era Millenium. Dalam dunia otomotif, salah satu produsen mobil yakni Nissan mempunyai produk yang dijadikan ikon maskulin pada era tersebut. Adapun mobil tersebut adalah Terrano, pada segmen kali ini kami akan membahas mengenai review Nissan Terrano Kingsroad 2000.

1. PENGANTAR NISSAN TERRANO KINGSROAD 2000

Masa transisi industri otomotif terjadi pada era Millenium. Yang mana pada masa itu menjadi salah satu momen pertumbuhan mobil SUV di samping mobil dalam segmen sedan ataupun MPV. Sementara untuk tahun 90-an mobil dalam segmen SUV lebih identik dengan kendaraan yang dipakai untuk jalanan off-road.

Akan tetapi setelah memasuki tahun 2000-an mobil SUV dilakukan pengembangan sehingga dapat dipakai untuk digunakan di jalanan perkotaan dengan ramah. Salah satu contohnya adalah Nissan Terrano yang menggunakan basis platform serupa dengan Nissan Hardbody. Mobil tersebut menggunakan kode body WD21 yang  produksinya di Indonesia dilakukan mulai tahun 1995 dengan memakai sistem CKD (Completely Knock Down).

Nissan Terrano dibagi dalam 3 varian untuk edisi awalnya yakni SLX, SGX dan A/J Limited. Kemudian dilanjutkan di tahun 1997 mendapatkan facelift dan hadir dengan 3 varian juga meliputi Spirit, Grandroard XT-R dan Kingsroad F1. Selanjutnya untuk facelift terakhir dilakukan pada tahun 2003, yang mana terdapat pengembangan pada varian Kingsroad, Spirit (S1-S2-S3) dan GrandRoad (G1-G2-G3).

2. EKSTERIOR NISSAN TERRANO KINGSROAD 2000

Review Nissan Terrano Kingsroad 2000 : Bagian Depan

Gambar ini menunjukkan bagian depan mobil Nissan Terrano Kingsroad 2000

Bagian depan masih memakai bumper bahan material besi

Jika melihat pada bagian depan akan tampak ciri khas dari Terrano edisi awal yang masih mengandalkan bumper bahan besi. Sementara untuk varian ini diberikan aksesoris yang berupa front guard di bagian bumper depannya. Yang mana di bagian tersebut juga diberikan lampu sorot yang fungsinya seperti fog lamp. Sedangkan untuk head lamp didesain mengkotak dengan lampu halogen dipadukan dengan grille yang menggunakan aksen warna chrome.

Review Nissan Terrano Kingsroad 2000 : Bagian Samping

Gambar ini menunjukkan bagian samping mobil Nissan Terrano Kingsroad 2000

Tampilan samping memakai desain two tone menghasilkan ciri khas tersendiri

Pada bagian luar untuk varian kingsroad mempunyai ciri khas yang berupa pilihan warna two-tone. Tidak hanya itu saja, tampilan gagah juga tampak yang terlihat dari bentuk dari over fender pada bagian roda depan dan juga belakangnya. Masih ada yang unik, jadi pada bagian handle pintu desainnya dibuat miring yang mengikuti alur pintu dengan pilar C pada mobil.

Review Nissan Terrano Kingsroad 2000 : Bagian Belakang

Gambar ini menunjukkan bagian belakang mobil Nissan Terrano Kingsroad 2000

Kaca bagasi dapat dibuka memudahkan keluar masuk barang

Pada varian ini tampilan belakangnya terbilang ramai, pasalnya terdapat konde atau yang dikenal dengan spare tire hanger yang berfungsi untuk tempat ban cadangan. Memang untuk membuka pintu bagasi agak sedikit terasa sulit bila dilakukan secara penuh, hal tersebut disebabkan perlu membuka spare tire hanger terlebih dahulu. Namun jangan khawatir, karena untuk soal tersebut pihak Nissan menyiasatinya dengan memberikan mekanisme kaca bagasi yang dapat dibuka terpisah.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

3. INTERIOR NISSAN TERRANO KINGSROAD 2000

Review Nissan Terrano Kingsroad 2000 : Bagian Dashboard & Kemudi

Gambar ini menunjukkan bagian dashboard mobil Nissan Terrano Kingsroad 2000

Tampilan dashboard mewah dengan wooden panel

Kita lanjut pembahasan ke bagian interior Nissan Terrano Kingsroad 2000, yang mana pada bagian dashboardnya mempunyai tampilan yang mewah pada eranya. Hal tersebut berkat adanya sentuhan wooden panel yang dihadirkan pada bagian sisi dari central cluster dan kisi-kisi AC sampai tombol power window yang berada di bagian panel pintu.

Sementara di bagian setir mengandalkan model 3 palang dan juga terdapat instrument cluster yang memakai model analog dengan tampilan yang sederhana.

Review Nissan Terrano Kingsroad 2000: Bagian Jok

Gambar ini menunjukkan jok mobil Nissan Terrano Kingsroad 2000

Jok nyaman dengan bahan material kulit

Pada bagian kursi yang dimiliki Nissan Terrano Kingsroad 2000 mengandalkan bahan material kulit. Hanya saja kalau soal pengaturannya masih manual dan soal headrest pada bangku belakang hanya terdapat 2 buah. Dengan begitu pada bagian belakang untuk penumpang cocoknya 2 orang dewasa.

>>> Baca juga:

4. FITUR NISSAN TERRANO KINGSROAD 2000

Gambar ini menunjukkan head unit Nissan Terrano Kingsroad 2000

Fitur terbilang biasa namun ada fitur canggih yakni electric mirror

Nissan Terrano Kingsroad 2000 standar dibekali dengan fitur audio yang dapat mengoperasikan radio AM/FM dan pemutar kaset. Sementara untuk AC masih memakai konvensional, yang mana dalam hal pengaturan masih mengandalkan kenop dengan model geser, jadi terbilang jadul. Walaupun begitu, tapi telah dibekali dengan fitur canggih yang berupa electric mirror yang dapat melipat spion mobil secara otomatis.

>>> Anda tertarik dengan mobil Nissan dan pilih ia jadi teman Anda di semua jalan di Indonesia? Klik sini untuk simak informasi lebih lengkap tentang mobil Nissan di pasar Indonesia

5. OPERASI NISSAN TERRANO KINGSROAD 2000

Gambar ini menunjukkan mesin mobil Nissan Terrano Kingsroad 2000

Mesin masih mengandalkan sistem karburator

Berlanjut ke bagian performa, mesin Nissan Terrano Kingsroad 2000 mengandalkan 4 silinder 2.4 liter SOHC. Sistem bahan bakar masih memakai karburator dan pengapiannya adalah CDI. Dengan mengandalkan mesin tersebut, tenaga maksimal yang dapat dihasilkan adalah 118 Hp dan torsi puncaknya adalah 181 Nm. Tenaga mesin disalurkan ke bagian roda belakang dengan mengandalkan transmisi manual 5 percepatan. Mobil SUV satu ini tergolong nyaman walaupun menggunakan sasis ladder frame, hal tersebut berkat penggunaan per keong baik itu pada suspensi depan maupun belakangnya. Jadi Sobat bisa lebih merasa menyenangkan saat menaikinya.

>>> Review All New Nissan Livina Tipe VL 2019: Pilihan Mobil Keluarga Di Indonesia

6. SPESIFIKASI NISSAN TERRANO KINGSROAD 2000

Berikut ini merupakan tabel spesifikasi Nissan Terrano Kingsroad 2000 :

DIMENSI

Panjang

4.366 mm

Lebar

1.689 mm

Tinggi

1.694 mm

Wheelbase

2.649 mm

MESIN

Tipe

Karburator Z24 2.400 cc 4-silinder SOHC

Tenaga Maksimal

118 Hp

Torsi Maksimal

181 Nm

Transmisi

Manual 5-percepatan

HANDLING & SUSPENSI

Rem Depan

Disc Brake

Rem Belakang

Tromol

Suspensi Depan

Independent Double Wishbone suspension Bar with Telescopic Shock Absorber, stabilizer bar

Suspensi Belakang

Rigid Axle, 5-link coil springs, shock absorber, stabilizer bar

Velg

Alloy wheels 15 inci

Ban

255/70 R15

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN NISSAN TERRANO KINGSROAD 2000

Setiap kendaraan punya keunggulan masing-masing, begitu juga soal kelemahan. Nah berikut ini merupakan kelebihan dan kekurangan Nissan Terrano Kingsroad 2000 menurut pandangan kami:

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Untuk soal perawatan terbilang sederhana dan tidak merepotkan

Fitur keselamatan yang dimiliki terbilang minim

Dalam usia kepala dua harga bekasnya cenderung stabil

 

Fitur kenyamanan mumpuni di masanya dipadukan dengan tampilan yang maskulin

 

8. DAFTAR HARGA NISSAN TERRANO KINGSROAD 2000

Pada bagian harga, tentunya sudah tidak ada kondisi barunya mengingat mobil yang dibahas kali ini keluaran tahun 2000. Jika melihat dari salah satu website jual beli ternama seperti Cintamobil.com, harga Nissan Terrano Kingsroad 2000 bekas berkisar Rp. 40 juta sampai Rp. 110 jutaan. Namun harga tersebut juga tergantung kondisi dan wilayah tempat membeli, bahkan jika kondisinya sangat bagus atau istimewa harganya bisa lebih dari angka tersebut.

9. VIDEO NISSAN TERRANO KINGSROAD 2000

10. KESIMPULAN NISSAN TERRANO KINGSROAD 2000

Untuk akhir produksinya berada pada tahun 2006. Yang mana untuk Indonesia produksi dari Terrano telah mencapai 17.801 unit. Walaupun usianya sudah 20 tahun, namun pesona yang dimiliki Nissan Terrano Kingsroad 2000 masih tetap maskulin dan punya ciri khas tersendiri. Adapun ciri khas yang dimiliki adalah sebuah sosok SUV era Milenium yang masih tetap menarik untuk dimiliki saat ini terutama para pecinta mobil SUV.

>>> Jangan lupa klik sini untuk simak artikel review mobil yang menarik lainnya

Share This:

Cari harga mobil

Harga mobil per merek

Review mobil populer

International