Review Nissan Serena 2012

09/09/2018 Ryan Sugandy Review Nissan

Nissan Serena merupakan salah satu produk dari Nissan yang cukup mendapatkan kesan positif di pasar Indonesia. Nissan Serena 2012 merupakan produk mobil yang cukup mendapatkan penggemar di masyarakat Indonesia, terutama untuk varian Highway Star-nya. Apa saja sebenarnya yang dimiliki oleh mobil ini sehingga menjadikannya sebagai sebuah mobil yang cukup menjadi favorit? Berikut ini adalah review mobil Nissan Serena 2012!

1. PENGANTAR

Review Nissan Serena 2012 - Nissan Serena merupakan produk Nissan yang berada di segmen pasar MPV mewah berkapasitas 7 orang. Untuk Nissan Serena 2012 sendiri merupakan  varian terakhir dari generasi kedua dari Nissan Serena sebelum mendapatkan pembaruan di seri berikutnya.

Nissan Serena 2012 atau yang biasa dikenal dengan tipe C24, memiliki dimensi yang cukup besar dengan mesin yang sangat bertenaga. Tetapi, mobil ini memang bukan sebuah mobil yang cukup nyaman untuk Anda bawa sendiri sebagai kendaraan sehari-hari.

Mobil ini juga banyak dipuji atas kemampuan mesinnya dan juga suspensinya yang sangat empuk dan nyaman. Kekurangan terbesar dari mobil ini terletak pada borosnya konsumsi BBM dan juga body roll yang cukup terasa saat berkendara

2. EKSTERIOR

Nissan Serena 2012 memiliki desain yang cukup khas dengan dimensi yang cukup besar mengingat mobil ini berada di kelas MPV. Untuk versi tahun 2012 ini kesan boxy memang masih sangat terasa dibandingkan dengan versi terbarunya.

Tetapi, secara keselurhan desain ini masih sangat wajar dan masih sesuai dengan pasar mobil pada masa tersebut. Kekurangan terbesar dari desain ini mungkin terletak para grodun clearancenya yang cukup rendah sehingga menyulitkan bila dibawa ke jalanan yang rusak.

Review Nissan Serena 2012: Tampak depan

Desain Depan Nissan Serena 2012 Highway Star

Bagian Wajah Nissan Serena 2012 Highway Star 

Untuk bagian depan, mobil ini memiliki headlamp yang bulat berukuran besar dan dengan grill yang tidak terlalu besar. Desain ini memang cukup lama digunakan oleh Nissan Serena.

Review Nissan Serena 2012: Tampak samping

Desain Samping Nissan Serena 2012 Highway Star

Desain Samping Nissan Serena 2012 Highway Star 

Untuk bagian samping, kesan boxy bisa kita lihat di sepanjang mobil ini karena tidak ada lekukan body yang cukup tegas.

Review Nissan Serena 2012: Tampak belakang

Desain Belakang Nissan Serena 2012 Highway Star

Tampak Belakang Nissan Serena 2012 Highway Star  

Bagian belakang mobli ini terdapat rear spoiler untk meningkatkan kesan sporty dari mobil ini. Untuk rear lamp dibuat memanjang dibagian samping mobil ini, sehingga mobil ini terlihat mewah.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

3. INTERIOR

Bila di bagian luar mobil ini tidak terlalu istimewa, maka hal berbeda akan kita temukan di bagian dalam mobil ini. Perpaduan material plastik dan juga fabric di dalam menjadikan mobil ini nampak sangat mewah.

Dari segi ruang, mobil ini memiliki ruang yang sangat luas untuk sebuah mobil MPV sehingga Anda tidak perlu khawatir bila membawa banyak barang bawaan. Konfigurasi captain seat yang dimiliki mobil ini cukup memberikan banyak pilihan ruang bagi Anda ketika berada di dalam mobil ini.

Secara keseluruhan, bagian dalam mobil ini cukup nyaman dan mewah untuk digunakan oleh keluarga Anda, untuk perjalanan jarak dekat maupun perjalan jarak jauh.

Review Nissan Serena 2012: Dashboard

Bagian Dashboard Nissan Serena 2012 Highway Star

Desain Dashboard Mewah Nissan Serena 2012 Highway Star 

Di bagian dashboard, mobil ini memang tidak terlalu canggih bahkan kesannya sangat sederhana untuk sebuah mobil MPV. Tetapi dengan adanya wood panel di bagian ini membuat dashboard ini terlihat cukup mewah

Review Nissan Serena 2012: Setir

Bagian Setir Nissan Serena 2012 Highway Star

Desain Setir Nissan Serena 2012 Highway Star Sederhana (Sumber : blog.amzas.com)

Untk bagian setir, desainnya cukup polos dan belum ada pengaturan audio steering switch. Untuk bagian ini memang Nissa Serena belum terlalu canggih.

Review Nissan Serena 2012: Kursi

Konfigurasi Kursi Nissan Serena 2012 Highway Star

Kursi Mewah dan Nyaman Nissan Serena 2012 Highway Star 

Bagian kursi untuk varian Highway Star sudah menggunakan kursi dengan bahan kulit yang cukup nyaman. Untuk ruang kaki dan kepala benar-benar sangat mumpuni bahkan captai seat di baris bisa Anda putar sesuai keinginan Anda.

Review Nissan Serena 2012: Bagasi

Bagasi Nissan Serena 2012 Highway Star

Bagasi Nissan Serena 2012 Highway Star  Cukup Luas 

Untuk bagian bagasi, memang tidak terlalu besar tetapi Anda bisa melipat kursi dengan cukup mudah sehingga bisa mendapatkan ruang yang lebih besar.

>>> Baca juga:

4. FITUR

Dari sisi fitur sebuah mobil,  Nissan Serena 2012 HIghway Star memiliki fitur keamanan dan keselamatan yang cukup mumpuni. Untuk bagian keselamatan, mobil ini sudah dilengkapi dengan safety airbag, sistem pengereman ABS+EBD, Brake assist, parking sensor dan juga seatbelt. Untuk masalah teknologi memang mobil ini belum terlalu maksimal.

Di bagian hiburan menggunakan sebuah headunit 2din yang bisa support untuk memainkan video. Untuk penumpang di baris kedua bisa menikmati hiburan dari CD,DVD, Radio, Mp3 dan juga koneksi Bluetooth.

>>> Simaklah review mobil Nissan lainnya di sini

5. OPERASI

Bagian Mesin Nissan Serena 2012 Highway Star

Mesin QR20DE Nissan Serena 2012 Highway Star

Di bagian mesin, mobil ini menggunakan mesin QR20DE berkapasitas 2.000 cc dengan tenaga maksimal yang bisa dihasilkan sebesar 147 Ps dan torsi maksimal mencapai 20.2 kg-m. Tenaga dari mesin ini cukup besar dan sangat nyaman digunakan ketika berada di RPM rendah. Kekurangan dari mesin ini adalah penggunaan BBM yang cukup boros, tetapi dengan tenaga yang dihasilkan cukup sepadan untuk berkendara.

Di bagian suspensi mobil ini mengandalkan sistem suspensi McPherson Strut di bagian depan dan Multi Link untuk suspensi bagian belakang. Suspensi dari mobil ini sangat lembut dan juga nyaman bagi penggunanya tetapi untuk perawatannya membutuhkan usaha ekstra karena sering mengalami masalah.

>>> Berapa harga mobil Nissan dan apa promosinya? Klik sini untuk dapat informasi terlengkap

6. SPESIFIKASI

Berikut ini adalah spesifikasi dari Nissan Serena 2012 Highway Star.

Spesifikasi Nissan Serena 2012 Highway Star

Mesin

Tipe Mesin

QR2ODE  Front Engine, Front Wheel Drive, 4 Cyl. In-line,DOHC with CVTC

Silinder

1998

Max. output (PS/rpm)

147 / 6000

Max. torque (kg-m/rpm)

20.2 / 4000

Fuel system

ECCS

Kapasitas Mesin

60

Dimensi

Length x width x height (mm)

4590 x 1695 x 1825

Wheelbase (mm)

2695

Ground clearence (mm)

160

Curb weight (kg)

1580

Min. turning radius (m)

5.5 m

Kaki-Kaki

Brake

 

Front

Ventilated Disc

Rear

Leading & Trailing

Wheel Rim

 

Front & Rear

Alloy 15” 5.5 JJ

Tyre

 

Front & Rear

195 / 65 R15

Suspension

 

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN

Berikut ini adalah beberapa kelebihan dan kekurangan dari mobil Nissan Serena 2012 Highway Star.

Kelebihan

Kekurangan

Harga Terjangkau

Spare part kendaraan cukup mahal

Bagian interior nyaman dan lega

Mesin boros BBM

Suspensi dan tenaga mesin masih cukup baik

Perawatan cukup rumit, sering terjadi masalah di bagian kaki-kaki

8. DAFTAR HARGA

Berikut ini adalah daftar harga Nissan Serena 2012 untuk wilayah Jakarta dan Sekitarnya.

Tipe

Harga

Nissan Serena CT/HWS 2012

Rp110.000.000 - 140.000.000

*) Harga OTR Wilayah Jakarta & dapat berubah sewaktu-waktu, harga bekas akan lebih murah dan sesuai dengan kondisi kendaraan

9. KESIMPULAN

Bila Anda mencari sebuah kendaraan yang nyaman dengan tenaga yang cukup besar maka mobil ini bisa menjadi pilihan bagi Anda. Secara keseluruhan mobil ini masih layak dan nyaman untuk dikendarai sebagai kendaraan harian di dalam kota.  Tetapi, bersiaplah untuk menyediakan budget tambahan karena mobil ini membutuhkan perawatan yang cukup ekstra.

Kekurangan terbesar mobil ini adalah usianya yang memang sudah cukup lama sehingga sudah timbul banyak masalah terutama di bagian kaki-kaki dan juga peredaman kabin. Hal ini megingat cukup wajar karena usia kendaraan ini yang memang sudah cukup lama. Nah,bila Anda tertarik dengan mobil ini rasanya tidak sulit untuk mencarinya karena untuk kondisi second mobil ini masih banyak yang menyediakan.

>>> Butuh informasi lengkap tentang mobil lainnya, klik sini untuk simak tulisan review mobil terlengkap dari Hargamobil.com

Share This:

Cari harga mobil

Harga mobil per merek

Review mobil populer