Review Nissan Navara 2015

16/11/2018 Franky Pratama Review Nissan

All-New Nissan Navara Indonesia resmi diluncurkan pada tahun 2015 silam di Gandaria City, Jakarta. Sebuah mobil Pick Up Truck terbaru yang mampu melintasi jalanan Off-Road dengan kenyamanan berkendara layaknya mobil sedan. Itulah kiranya hal spesial yang ditawarkan dari Navara. Anda berniat untuk membelinya? Coba simak opini lengkap dari kami dalam review Nissan Navara 2015.

1. PENGANTAR NISSAN NAVARA 2015

Review Nissan Navara 2015 – Sebelum diluncurkan di Indonesia, Nissan Navara lebih dulu diluncurkan di Thailand pada tahun 2014 silam. Hingga kini, Navara sudah meraih generasi ke-12 yang mana perubahan demi perubahan terus dilakukan, mengikuti kebutuhan dan tren pasar otomotif masa kini. Memang tak dipungkiri, selama ini Navara selalu identik dengan kendaraan penumpang. Perubahan terbarunya dengan menggunakan kode bodi NP300, mampu merangkap kebutuhan komersial.

Nissan Navara 2015 menyuguhkan desain eksterior yang gagah, menyiratkan performanya yang tangguh

Sosok generasi terbaru Nissan Navara yang dirilis pada tahun 2015 di Indonesia

Dalam rangka meningkatkan aura positif dari Navara, Nissan Global merilis video bertajuk ‘Steel to Wheel’. Dengan durasi 5 menit, video tersebut menyajikan informasi tentang proses pembuatan Nissan Navara dari proses Stamping hingga aspek tanggung jawab akan kualitas Navara di medan Off-Road.

Cuplikan video berdurasi 5 menit tentang Nissan Navara

Di Indonesia, Nissan Navara dirilis ke dalam dua pilihan bodi trim yakni SL dan VL. Jika mengaca pada negara Asia dan Oceania, Navara memang menjadi model komersial yang paling banyak dicari-cari oleh konsumen. Dari pasar Thailand saja, kegiatan ekspor Nissan Navara berhasil menyumbangkan 57,6 persen keuntungan dengan pertumbuhan produksi sebesar 113.644 unit setiap tahunnya. Cukup menarik, bukan? Penasaran tentangnya? Mari kita simak informasi selengkapnya dalam review Nissan Navara 2015.

2. EKSTERIOR NISSAN NAVARA 2015

Dari sisi eksterior Nissan Navara 2015, Anda sudah bisa merasakan aura maskulin nan berani. Beberapa garis bodinya dibuat berotot terkesan kekar yang cocok dengan kapabilitasnya di medan Off-Road. Di sisi lain, Hargamobil.com cukup mengapresiasi aksen krom di beberapa sisinya sehingga model komersial ini bisa menambah kepercayaan diri pengendara ketika melintasi kota.

Review Nissan Navara 2015: Eksterior Depan

Wajah depan menyiratkan kesan eksklusif serta tegas lewat Front Grille berukuran lebar dengan tiga palang sejajar. Kedua sayap pada Grille-nya juga dikemas apik dengan lubang ventilasi minimalis, memberi esensi ikonik tersendiri dibanding pesaing lainnya.

Eksterior depan Nissan Navara 2015 menyuguhkan kesan maskulin dengan Front Grille berukuran besar

Eksterior depan Nissan Navara 2015 sudah dilengkapi dengan lampu LED Projector

Sedangkan dari sisi fitur, Navara sudah didukung lampu LED Projector yang bisa diatur secara otomatis. Adapun lampu utamanya juga menghadirkan fitur Daytime Running Light (DRL) untuk memberi kesan lebih garang serta fungsi pencahayaan lebih mumpuni. Esensi mewah juga ditemui pada sisi depan khususnya pada rumahan Fog Lights di kedua sisi bawah. Selain itu, fitur lampu kabutnya mampu memberi kualitas penerangan yang istimewa khususnya di area berkabut ataupun ketika hujan.

Review Nissan Navara 2015: Eksterior Samping

Esensi maskulin terkesan kuat dari bodi sampingnya dengan menerapkan Fender berukuran besar dipadu ban 255/60 R18. Terlihat sangat proporsional untuk identitasnya yang tangguh. Aksen pemanis krom juga ditemui pada beberapa sisi seperti halnya pada Side Step, Door Handle serta pelipis kaca samping. Di sisi lain, kapabilitasnya sebagai mobil Pick Up Truck juga terjawab bukan dari kapasitas bak-nya yang besar namun juga lewat hadirnya Roof Rail. Dengan adanya fitur tersebut, Anda bisa mengangkut beberapa barang tambahan.

Eksterior samping Nissan Navara 2015 sudah dilengkapi dengan Side Step yang memudahkan penumpang untuk memasuki kabinnya

Eksterior samping Nissan Navara 2015 menggunakan ukuran ban 255/60 R18

Review Nissan Navara 2015: Eksterior Belakang

Pada sisi belakang sendiri, dipermanis dengan Rear Combination Lamps yang didesain vertikal menyiratkan betapa luasnya kapasitas bak yang dimilikinya. Adapun Navara juga menghadirkan fitur Rear Spoiler yang menjadi aksesoris penguat kesan sporty dari tema utamanya sebagai mobil berkapabilitas tinggi. Terakhir, logo kebanggaan Nissan serta Emblem bertuliskan Navara mampu mengingatkan kita akan esensi historisnya.

Eksterior belakang Nissan Navara 2015 dihias apik dengan Rear Combination Lamps

Eksterior belakang Nissan Navara 2015 dilengkapi dengan fitur Rear Spoiler

>>> Baca juga:

3. INTERIOR NISSAN NAVARA 2015

PT. Nissan Motor Indonesia (NMI) mengklaim interior Nissan Navara 2015, kini memiliki kapasitas bangku yang lebih lega. Tentu tak perlu khawatir berdesak-desakan, pembaruan ini setidaknya memberi akomodasi lebih bagi 5 orang sekaligus.

Review Nissan Navara 2015: Dashboard

Navara sendiri bukan saja diperuntukkan untuk kebutuhan bisnis saja namun juga kendaraan pribadi. Dengan alasan tersebut, Navara dikemas dengan atmosfer interior yang cukup elegan. Dashboard misalnya, dibalut dengan dominasi warna hitam yang memberi kesan minimalis dan lega.

Dashboard Nissan Navara 2015 didominasi warna hitam

Dashboard Nissan Navara 2015 dilengkapi dengan fitur-fitur menghibur

Unsur kenyamanan tersendiri juga terbukti dari ukuran panel Head Unit-nya yang berada di angka 7 inci Touchscreen. Jika dibanding kompetitornya seperti Toyota Hilux, Head Unit Navara masih lebih unggul. Pasalnya, Hilux menerapkan Head Unit berukuran 6,1 inci yang menyajikan kenyamanan serupa.

Review Nissan Navara 2015: Setir

Tak ada perbedaan signifikan antara setir Nissan Navara 2015 dengan kompetitornya kecuali dalam hal desain serta logo perusahaan. Nissan Navara menerapkan desain tiga palang untuk setirnya disertai lekukan seksi pada palang tengah.

Setir Nissan Navara 2015 menggunakan desain tiga palang dan dihias apik dengan aksen Silver

Setir Nissan Navara 2015 didukung dengan tombol multifungsi seperti pengaturan audio, Cruise Control dan konektivitas

Kenyamanan mewah juga ditawarkan dari balutan kulit serta tombol multifungsi pada kedua sisi setirnya. Tersedia beberapa fitur menarik seperti pengaturan audio, pengaktifan teknologi Cruise Control dan konektivitas telepon yang tersambung langsung dengan Gadget Anda via Bluetooth.

Review Nissan Navara 2015: Kursi

Menilik aspek kursi dari Navara, bangku pengendara mendapatkan kenyamanan lebih dengan 8 mode pengaturan Power Driver. Hal tersebut mampu membuat pengendara untuk mendapatkan posisi duduk yang pas sesuai postur tubuh. Sedangkan dari keseluruhan kursi, bahannya nampak seragam dengan balutan kulit mewah.

Kursi Nissan Navara 2015 mampu menampung hingga lima orang sekaligus

Kursi Nissan Navara 2015 dibalut dengan bahan kulit berkualitas

Review Nissan Navara 2015: Kapasitas Bak

Dibanding kompetitornya, Toyota Hilux, kapasitas bak Nissan Navara 2015 terbilang lebih kecil dengan dimensi panjang 1.503 mm dan lebar 1.560 mm. Mengacu pada Hilux, dimensi bak-nya memiliki panjang 1.525 mm dengan lebar 1.540 mm. Bagi Anda yang membutuhkan mobil ini untuk komersial, tentu data perbandingan di atas cukup penting untuk dipertimbangkan.

Kapasitas Bak Nissan Navara 2015 memiliki dimensi panjang 1.503 mm dengan lebar 1.560 mm

Kapasitas bak Nissan Navara 2015 terbilang sangat mampu membawa berbagai barang kebutuhan Anda

>>> Artikel terkait:

4. FITUR NISSAN NAVARA 2015

Seperti yang disebutkan di awal, Navara kini sudah bukan lagi kendaraan pribadi saja namun merangkap di segmen komersial. Lebih daripada itu, performanya pun kian meningkat yang mampu melintasi medan Off-Road. Hal tersebut terjawab dari fitur Nissan Navara 2015 yang hendak dijelaskan di bawah ini.

Review Nissan Navara 2015: Fitur Keselamatan

Performanya di berbagai medan ditunjang kuat dengan racikan rem unggulan meliputi Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brakeforce Distribution (EBD) dan Brake Assist (BA). Teknologi komplit ini membuatnya mampu melakukan proses pengereman lebih presisi, handal dan empuk.

Fitur keselamatan Nissan Navara 2015 tampil mumpuni baik dalam hal pengereman, kestabilan dan tanjakan

Fitur keselamatan Nissan Navara 2015 tampil sangat lengkap di berbagai aspeknya

Adapun di jalanan licin, Navara dilengkapi dengan dua teknologi kestabilan Traction Control System (TCS) dan Vehicle Dynamic Control (VDC). Menariknya lagi, area perbukitan dan pegunungan mudah saja dilibas oleh Navara berkat teknologi penunjang andalan yakni Hill Start Assist (HSA) dan Hill Descent Control (HDC).

Review Nissan Navara 2015: Fitur Hiburan

Dari aspek hiburan, Navara mengandalkan kecanggihan dari panel Head Unit berukuran 7 inci. Pengoperasiannya cukup mudah lewat didukungnya format modern sekelas DVD, MP3, AUX dan Bluetooth. Mudah saja bagi Anda memutar musik favorit dari Gadget dengan hadirnya format tersebut.

Fitur hiburan Nissan Navara 2015 menghadirkan panel Head Unit berukuran 7 inci

Fitur hiburan Nissan Navara 2015 juga menyediakan panel informasi berdesain TFT Meter Cluster

Tak lupa juga diinformasikan, Navara sudah mengaplikasikan panel Multi Information Display (MID) di balik kemudi setirnya. Desainnya cukup apik nan sporty dengan konfigurasi Meter Cluster dan TFT Display.

>>> Review Nissan X-Trail 2017: Mobil Crossover SUV Mewah Dan Nyaman

5. OPERASI NISSAN NAVARA 2015

Untuk mendongkrak bobot bodinya yang berada di angka 1.951 Kg (transmisi otomatis), operasi mesin Nissan Navara 2015 menggunakan mesin berkode YD25DDTi. Menerapkan kapasitas silinder 2.488 cc, mesinnya mampu memberikan Output daya sebesar 190 HP setara 3.600 Rpm. Di sisi lain, kapabilitas Navara yang mampu melahap daerah tanjakan diimbangi dengan kemampuan torsinya yang menyentuh angka 450 Nm pada putaran 2.000 Rpm.

Operasi Mesin Nissan Navara 2015 memberi daya maksimum 190 HP dengan torsi maksimum 450 Nm

Operasi mesin Nissan Navara 2015 menggunakan kapasitas silinder sebesar 2.488 cc

>>> Produk Nissan paling baru yakni Terra, sudah dirilis dan siap dipasarkan di akhir tahun 2018

6. SPESIFIKASI NISSAN NAVARA 2015

Supaya Anda semakin mengenal sosoknya yang tangguh, berikut informasi spesifikasi Nissan Navara 2015.

SPESIFIKASI NISSAN NAVARA 2015

DIMENSI BODI

Panjang x Lebar x Tinggi

5.255 mm x 1.850 mm x 1.820 mm

Jarak Poros Roda

3.150 mm

Jarak Pijak Depan

1.570 mm

Jarak Pijak Belakang

1.570 mm

DIMENSI BAK

Panjang x Lebar x Tinggi

1.503 mm x 1.560 mm x 474 mm

MESIN

Tipe Mesin

YD25DDTi 2.5 Liter 4 Silinder Segaris 16 Katup DOHC VGS Turbo Intercooler

Kapasitas Silinder

2.488 cc

Daya Maksimum

190 HP / 3.600 Rpm

Torsi Maksimum

450 NM / 2.000 Rpm

Sistem Transmisi

6 Tingkat Percepatan Manual / 7 Tingkat Percepatan Otomatis dengan Manual Mode

HANDLING

Suspensi Depan

Independent Double-Wishbone dengan Front Stabilizer Bar

Suspensi Belakang

5-Link Coil Spring dengan Shock Absorber

Rem Depan

Ventilated Disc

Rem Belakang

Drum

Ukuran Ban

255/60 R16

Sistem Kemudi

Rack & Pinion

BAHAN BAKAR

Tipe Bahan Bakar

Diesel

Sistem Bahan Bakar

Commonrail Controlled by ECCS 32 Bits

Kapasitas Tangki Bahan Bakar

80 Liter

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN NISSAN NAVARA 2015

Setelah mengetahui banyak hal tentangnya, Hargamobil.com hendak memberikan daftar kelebihan dan kekurangan Nissan Navara 2015.

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Performa mesin mumpuni 2.5 Liter VGS Turbo Intercooler

Kapasitas bak masih kalah dengan kompetitor utamanya

Suspensi lebih mumpuni dan terasa lebih empuk dengan 5-Link Coil Spring

Peredam kabin kurang bisa menutupi suara dari luar dan suara bising dari mesinnya

Fitur keselamatan tampil sangat lengkap di berbagai aspeknya

Khusus varian SL, terbilang minim fitur

8. DAFTAR HARGA NISSAN NAVARA 2015

Sebelum menutup artikel ini, berikut kita simak bersama daftar harga Nissan Navara 2015.

TIPE MOBIL

HARGA NISSAN NAVARA 2015

Nissan Navara 2.5 SL M/T

IDR. 413.400.000

Nissan Navara 2.5 VL M/T

IDR. 458.500.000

Nissan Navara 2.5 VL A/T

IDR. 474.400.000

9. VIDEO NISSAN NAVARA 2015

10. KESIMPULAN NISSAN NAVARA 2015

All-New Nissan Navara 2015 kini meningkatkan performanya yang bukan hanya cocok untuk kendaraan pribadi tapi juga mampu merambah segmen komersial. Umumnya, kendaraan semacam ini sangat cocok untuk kegiatan bisnis pertambangan maupun perkebunan. Namun, tak menutup kemungkinan, banyak dari masyarakat menggunakannya untuk kendaraan sehari-hari. Desain eksterior lebih tegas, kenyamanan kabin serta performa mesin unggulan menjadi hal spesial yang ditawarkan oleh Navara.

>>> Simaklah kelebihan dan kekurangan mobil lainnya di sini

Share This:

Cari harga mobil

Harga mobil per merek

Review mobil populer