Review Nissan Murano 2011: Fitur Lengkap Dulunya Harganya Miliaran

31/03/2020 Abdul Review Nissan

Nissan bermain dalam berbagai segmen seperti MPV, SUV dan lainnya. Tapi tahukah Sobat, bahwa ketika pihak Nissan Motor Indonesia bermain dalam segmen SUV, Murano menjadi pencetusnya. Lantas bagaimana desain dan modelnya, mari kita simak informasinya dalam review Nissan Murano 2011.

1. PENGANTAR NISSAN MURANO 2011

Review Nissan Murano 2011Mobil ini sebelumnya telah diperkenalkan di Amerika Serikat dan Kanada pada tahun 2002. Tampilannya terlihat menarik dan merupakan penggabungan tampilan SUV yang maskulin dan juga agresif seperti sebuah Crossover. Alhasil mobil tersebut namanya jadi melambung tinggi.

Setelah itu, tak lama berselang mobil tersebut sempat masuk ke pasar otomotif Indonesia dan merupakan generasi pertama. Hanya saja masuknya melalui jalur IU (Importir Umum) sehingga harganya menjadi lebih mahal yakni kisaran Rp. 1 miliar lebih. Japan Economic Partnership Agreement (IJEPA) tercetus sejak tahun 2007 yang mana penandatanganan kebijakan dilakukan oleh Perdana Menteri Jepang dan Presiden Susilo Bambang  yudhoyono. Hasilnya pajak impor mobil mewah dilakukan pemangkasan, dari 75% hingga jadi 4% saja.

Dengan adanya kebijakan tersebut  maka pihak PT. NMI menghadirkan Nissan Murano pada tahun 2011, karena memang merasa diuntungkan. Sebelumnya harganya lebih dari Rp. 1 miliar, tapi setelah kebijakan tersebut mengalami penurunan dan menjadi Rp. 750 jutaan saja. Tidak hanya itu saja, pihak NMI juga mengambil langkah agar mobil tersebut dapat secara utuh didatangkan dari Jepang dengan melalui jalur CBU. Jadi 40% komponennya berasal dari lokal Jepang.

2. EKSTERIOR NISSAN MURANO 2011

Review Nissan Murano 2011: Bagian Depan

Gambar ini menunjukkan bagian depan mobil Nissan Murano 2011 putih

Tampilan depan memakai desain V-Motion Grille

Pada bagian depan mobil besutan Nissan tersebut telah menggunakan desain V-Motion Grille. Sehingga Murano menjadi salah satu perintis kendaraan yang menyiratkan kesan modern. Sementara itu, pada bagian sisi grille juga telah menggunakan aksen krom yang mempunyai bentuk mengerucut. Dengan begitu tampilannya tampak mewah dan lebih tegas. Pada kedua ujungnya juga telah diberikan lampu Projector yang berpadu dengan LED light dan juga pada sisi bumper telah diberikan lampu kabut.

Review Nissan Murano 2011: Bagian Samping

Gambar ini menunjukkan mobil Nissan Murano 2011 tampak samping dan belakang

Tampak samping terlihat agresif layaknya sebuah crossover

Menuju ke bagian samping Nissan Murano 2011, pada bagian ini akan tampak tampilan yang agresif layaknya sebuah crossover. Hal tersebut tampak dengan adanya panel kaca samping yang dibuat mengerucut menuju ke bagian spoiler. Tidak dipungkiri bahwa masyarakat lebih menyenangi desain dengan model tersebut.

Review Nissan Murano 2011: Bagian Belakang

Gambar ini me menunjukkan bagian belakang mobil Nissan Murano 2011

Spoiler tersambung dengan atapnya secara langsung

Pada bagian belakang terdapat spoiler yang tersambung dengan atapnya secara langsung. Ditambah lagi pada kaca belakangnya terbilang unik karena tidak dimiliki oleh para kompetitornya. Sementara untuk lampu telah menggunakan LED Tail Lights dan juga Dual Exhaust yang menjadikannya tampak menarik.

>>> Mungkin Tertarik, Baca Ini Juga Ya :

3. INTERIOR NISSAN MURANO 2011

Review Nissan Murano 2011 : Bagian Dashboard & Kemudi Mobil

Gambar ini menunjukkan Dashboard dan kemudi mobil Nissan Murano 2011

Mobil 2000-an masih terasa di bagian dashboarnya

Menuju ke bagian dashboard, yang mana tampilannya terlihat bisa saja. Tidak dipungkiri bahwa desain mobil tahun 2000 an masih terasa pada Murano. Bahkan dari segi warna tampak kurang elegan karena perpaduannya hanya memakai warna silver dan hitam saja. Sementara itu, pada bagian tengah terdapat layar dengan ukuran 7 inci yang bisa memberikan beragam hiburan. Untuk formatnya masih DVD sehingga bila membeli mobil ini perlu menyediakan kaset  DVD.

Selanjutnya pembahasan masalah kemudi, yang mana modelnya menggunakan 3 palang. Menurut pandangan kami tampilannya terlihat modern dan sporty, bahkan pada kedua sisinya ada beberapa tombol yang cukup praktis.

Review Nissan Murano 2011: Bagian Kursi

Gambar ini menunjukkan jok mobil Nissan Murano 2011

Jok nyaman dengan bahan material kulit

Untuk jok mobil juga akan terasa nyaman karena bahan yang digunakan adalah kulit. Selain itu saat diduduki juga akan terasa empuk, apalagi rancangannya nampak elegan. Untuk kapasitas penumpang dapat menampung 5 orang sehingga sangat cocok untuk menemani Sobat dalam melakukan segala aktivitasnya.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

4. FITUR NISSAN MURANO 2011

Review Nissan Murano 2011: Fitur Keselamatan

Berkaitan dengan fitur kenyamanan mobil Nissan Murano 2011, kita bahas soal suspensinya yang  menggunakan MacPherson Strut pada bagian depan dan Multi Link di bagian belakang. Dengan mengandalkan suspensi tersebut kenyamanannya dapat lebih dirasakan terutama saat melintasi jalanan perkotaan. Pada sisi lain  terdapat fitur yang cukup mumpuni yakni ABS, EBD dan BA. Dengan adanya fitur pengereman ini menjadikan performa rem jadi lebih stabil dan juga empuk. Kelengkapan tersebut juga terpancar dengan adanya Immobilizer, Alarm System, Cruise Control dan juga Airbag SRS.

Gambar ini menunjukkan sun roof pada mobil Nissan Murano 2011

Fitur sun roof merupakan khas mobil mewah

Review Nissan Murano 2011: Fitur Hiburan

Terdapat hal yang cukup spesial pada mobil besutan Nissan ini, yang mana Nissan Murano 2011 telah dibekali dengan double sunroof. Dengan begitu pemandangan alam secara langsung dapat dilihat dengan melalui bagian atapnya. Fitur penunjang lain dalam memberikan hiburan seperti penggunaan layar ukuran 7 inci dipadukan dengan 11 speaker BOSE yang bisa dioperasikan lewat audio. Suara yang dihasilkan juga menggelegar dan jernih, untuk format yang bisa dioperasikan meliputi CD Player, DVD, MP3 dan Radio.

>>> Review All New Nissan Livina Tipe VL 2019: Pilihan Mobil Keluarga Di Indonesia

5. OPERASI NISSAN MURANO 2011

Gambar ini menunjukkan mesin mobil Nissan Murano 2011

Mesin tangguh dengan perpindahan gigi yang mulus

Pada bagian mesin, Nissan Murano 2011 dibekali dengan mesin berkode VQ35DE yang dapat menghasilkan tenaga maksimal sebesar 260 Hp dan torsinya adalah 334 Nm. Untuk kapasitasnya adalah 3.498 cc V6 dan mengandalkan transmisi CVT 6 percepatan. Akselerasi yang dimiliki tergolong kurang menggigit, namun penggantian  gigi transmisi akan mulus karena mempunyai bobot 1.885 kg dipadukan dengan transmisi CVT dan juga Adaptive Shift Control. Memang pada saat berada di putaran bawah tampilannya terbilang lemah, namun saat melewati 4.500 rpm maka akan merasakan kenyamanan berkendara menggunakan mobil Nissan tersebut.

>>> Anda tertarik dengan mobil Nissan dan pilih ia jadi teman Anda di semua jalan di Indonesia? Klik sini untuk simak informasi lebih lengkap tentang mobil Nissan di pasar Indonesia

6. SPESIFIKASI NISSAN MURANO 2011

Berikut ini adalah tabel spesifikasi Nissan Murano 2011 :

DIMENSI

Panjang

4.860 mm

Lebar

1.885 mm

Tinggi

1.720 mm

Wheelbase

2.825 mm

MESIN

Tipe Mesin

3.5 Liter VQ35DE

Daya Maksimum

260 HP / 6.000 Rpm

Torsi Maksimum

334 Nm / 4.400 Rpm

Kapasitas Silinder

3.498 cc

Transmisi

6 Tingkat Percepatan CVT

Tipe Bahan Bakar

Bensin

HANDLING

Suspensi Depan

MacPherson Strut

Suspensi Belakang

Multi-Link

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN NISSAN MURANO 2011

Berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan Nissan Murano 2011 menurut pandangan kami :

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Tampilan eksterior mempunyai desain yang menawan, bila dibandingkan dengan mobil saat ini sebenarnya cukup relevan

Audio belum ada Bluetooth ataupun USB

Mempunyai performa yang mumpuni dengan kenyamanan yang diunggulkan ketika menempuh perjalanan jauh

Di masa lalu harga tergolong mahal sehingga populasinya sedikit

Mempunyai kelengkapan dalam fitur hiburan

Pada tampilan eksteriornya aroma mobil SUV kurang begitu terasa

8. DAFTAR HARGA NISSAN MURANO 2011

Sebelumnya memang mobil besutan Nissan ini harganya cukup tinggi. Akan tetapi saat ini bila ingin mendapatkannya hanya bisa dalam kondisi bekas dan harganya pun lebih terjangkau. Untuk harga bekas Nissan Murano 2011 adalah sekitar Rp. 305 jutaan.

9. VIDEO NISSAN MURANO 2011

Video ini merupakan cuplikan dari BChabbel 2008 versi UI, mobilnya mirip seperti versi resminya

10. KESIMPULAN NISSAN MURANO 2011

Mobil Nissan Murano 2011 merupakan sebuah SUV Crossover yang bisa memberikan konsumennya kenyamanan. Dengan performanya yang mumpuni dan tampilannya agresif serta fitur cukup lengkap bisa menjadi salah satu pilihan. Memang dulunya harga mobil ini cukup mahal, akan tetapi untuk saat ini harganya terbilang cukup terjangkau.

>>> Jangan lupa klik sini untuk simak artikel review mobil yang menarik lainnya

 
Share This:

Cari harga mobil

Harga mobil per merek

Review mobil populer

International