Review Nissan LEAF 2019

05/10/2018 Metodius Getan Plue Review Nissan

Mobil listrik semakin dikembangkan oleh beberapa produsen mobil dunia, salah satunya Nissan. Melalui Nissan LEAF, Nissan Motor menjadi salah satu produsen terkemuka dalam hal pembuatan dan perakitan mobil listrik saat ini. Nissan LEAF merupakan hatchback 5 pintu yang pertama kali diperkenalkan di pasar Jepang dan juga Amerika Serikat tepatnya pada bulan Desember 2010.

1. PENGANTAR NISSAN LEAF 2019

Review Nissan LEAF 2019 - Di bulan Desember 2010 sudah langsung diantar ke konsumen untuk pasar Jepang dan Amerika, sedangkan untuk Irlandia di Februari 2011 serta inggris di bulan Maret 2011. Nampaknya publik sangat suka dengan terobosan baru ini, karena hingga bulan November saja di awal-awal kemunculannya langsung mencapai penjualan kumulatif LEAF mencapai angka 20.000 unit. Baru-baru ini Nissan mengumumkan rencana peluncuran mobil listriknya ini untuk wilayah Asia dan Oceania, setidaknya memang disebutkan ada 7 negara menjadi prioritas utama, namun Indonesia belum masuk dalam antrian. Karena mobil ini laku keras, belum usai tahun 2018 Nissan LEAF telah terjual lebih dari 300.000 unit di dunia sejak peluncuran model pertamanya di 2010. Beberapa fitur baru yang menggiurkan adalah teknologi e-Pedal yang memungkinkan pengendara menggunakan hanya dengan satu pedal. Apa saja yang menarik dan baru pada Nissan LEAF 2019? Jawabannya ada dalam review Hargamobil.com berikut ini.

2. EKSTERIOR NISSAN LEAF 2019

Secara keseluruhan, mobil ini bergerak ke arah yang sangat positif, dulu desain eksteriornya sangat culun dan cenderung membulat, kini lebih ramping dengan desain yang lebih sporty. Di model 2019 kali ini, desain eksteriornya sejalan dengan perkembangan jaman, ditambah bold desain terbaru membuat LEAF 2019 patut Anda nantikan.

Review Nissan LEAF 2019: Bagian Depan

Nissan LEAF 2019 Mendapat Hidung Runcing Dengan V-Motion

V-Motion Grille Khas LEAF 2019 terbaru 

Mengawali review, eksterior Nissan LEAF 2019 punya bahasa desain Simplicity Sleek menyimpulkan dengan tegas perubahan LEAF menjadi yang terbaik dikelasnya. Setiap sudutnya begitu tajam, dengan lekukan aerodinamis flooting roof dan hidung yang runcing serta ikonik. Kami belum menemukan Nissan secantik ini, dimana Signature V-Motion Grille diperkuat dengan aksen biru tajam dengan pola tiga dimensi, lalu kisi-kisi V-Motion membuatnya lebih eye-catching. Sorot lampu Nissan LEAF 2019 dibekali dengan teknologi modern Dazzling LED Headlamps dari N-Connecta, bentuk rumah lampu persegi unik membuat lampu depan ini bukan hanya cantik ketika menyala, namun juga ketika lampu mati. Lampu kabut disudut bawah mobil berbentuk persegi panjang dengan cover hitam senada dengan warna floating roof yang keren.

Review Nissan LEAF 2019: Bagian Samping

Nissan LEAF 2019 Dengan Floating Roof Keren

Handle mewah dengan krom dan emblem Zero Emissions disisi samping

Kehebatan desainer Nissan dipuji berkat penampilan di bagian samping Nissan LEAF 2019. Iconic Floating Roof yang macho dirancang seperti kanopi pesawat jet tempur dengan tiang-tiangnya menyatu dengan kaca mobil. Bukan hanya hebat dalam teknologi listrik masa depan, Nissan LEAF 2019 juga memiliki Wind-Diffusing Side Mirrors, kaca spion ini dirancang untuk mengiris udara dengan resistensi dan kebisingan yang minimal, kami menagakui bahwa kepintaran Nissan LEAF 2019 semakin baik dari sebelumnya. Dibagian kaki-kaki, pelek berukuran 17 dengan desain terbaru dua warna sangat asyik dilihat seperti memberikan efek tiga dimensi ketika berjalan.

Review Nissan LEAF 2019: Bagian Belakang

Sisi Belakang Nissan LEAF 2019 Dengan Aerodynamic Spoiler

Aerodinamic Spoiler ditambah dengan Lower Diffuser pada sisi belakang Nissan LEAF 2019

Keakuratan semua desainnya begitu presisi bahkan ketika terlihat dari belakang, Nissan LEAF 2019 memiliki bentuk yang tidak membosankan. Nissan menyebutnya Aerodynamic Spoiler, bukan hanya sekedar menambah gaya, namun lebih dari itu, rear spoiler Nissan LEAF 2019 memberikan inovasi seperti udara mengalir dengan halus disisi atasnya sehingga akselerasi jauh lebih maksimal. Lampu belakang berbentuk boomerang dan melebar bentuknya hingga ke sisi samping mobil. Lower Diffuser dibagian bawah selain memberikan penampilan yang lebih tampan, dengan warna hitamnya membuat Nissan LEAF 2019 sangat sempurna.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

3. INTERIOR NISSAN LEAF 2019

Kami menilai, interior kabin dari Nissan LEAF 2019 ini bukan hanya berfungsi sebagaimana kabin pada umumnya, namun memberikan aura berbeda ketika berada di dalamnya atau hanya sekedar untuk melihat.

Review Nissan LEAF 2019: Kursi

Nissan LEAF 2019 Mendapat Kursi Zero Gravity

Kursi Zero Gravity inovasi terbaru Nissan

Desain hitam dipadukan dengan modern touch of blue sangat menginspirasi kami, dimana aksen biru ikonik dan kursi mewah membuat suasana dalam kabin semakin menarik, seolah menyambut kita dengan sangat ramah. Desain kabin simetris yang disebut Nissan juga menguatkan citra mobil listrik yang dulunya dipandang sebelah mata, karena paduan desain kabin yang unik ditambah dengan teknologi terdepan mampu membuat perubahan disetiap lini kendaraan Nissan kedepannya.  Zero Gravity Seats yang terinspirasi dari astronot yang mengambang tanpa beban di ruang angkasa, bentuk kursi depan yang diartikulasikan sangat mendukung posisi duduk dan megemudi, bantalannya begitu empuk dan lentur sebagai respon terhadap semua tekanan unik dari setiap tubuh manusia.

Review Nissan LEAF 2019: Dashboard

Nissan LEAF 2019 Mendapat Head Unit Berukuran 7 Inci

Dashboard Nissan LEAF 2019

Selain memiliki warna paduan antara silver dengan hitam, Nissan LEAF 2019 mempunyai lekukan dashboard yang berisi. Bukan hanya lekukan smooth pada bagian atasnya saja melainkan lekukan lembut ada dibagian depan sejajar dengan head unit, AC output dan juga speedometer. Setirnya menggunakan material kulit premium dengan jahitan biru yang unik khas citra mobil listrik, selain itu kemudinya memiliki tombol pengaturan audio dibagian kiri, lalu cruise control dan telepon disisi kanannya.  

Review Nissan LEAF 2019: Bagasi

Nissan LEAF 2019 Mendapat Bagasi 405 Liter

Bagasi Nissan LEAF 2019 405 liter

Ketika hacthback lain memiliki ruang penyimpanan yang cenderung irit, namun berbeda dengan Nissan LEAF 2019. Mobil ini memiliki bagasi yang luas dan juga rendah, sehingga bagasi terasa lebih dalam ketika penaruhan barang. Dengan pembagian kursi baris kedua 60:40 ruang kargo dapat diperluas lagi, sehingga semua barang yang akan dibawa Nissan LEAF 2019 semakin beragam.

>>> Baca juga:

4. FITUR NISSAN LEAF 2019

Review Nissan LEAF 2019: Fitur Teknologi dan Hiburan

Nissan LEAF 2019 Dilengkapi Fitur Apple CarPlay dan Android Auto

Apple CarPlay pada Nissan LEAF 2019

Fokus ke tengah dashboardnya, pertama ada headunit canggih yang support untuk semua format audio standar ditambah dengan connect dengan Apple CarPlay atau Android Auto. Selain itu fitur headunit 7 inci ini menyematkan fitur navigasi terbaru dengan penampilan yang sangat cantik. Jika Anda suka mendengarkan musik di mobil, Nissan telah membenamkan speaker BOSE yang membuat suara menjadi menggelegar. Tepat dibawah head unit, ada Automatic Climate Control System, Anda akan lebih mudah mengatur suhu dalam kabin dengan pengaturan otomatis.

Review Nissan LEAF 2019: Fitur Keselamatan

Nissan LEAF 2019 Mendapat Rating 5 Star Dari Euro NCAP

Rate 5-Star dari Euro NCAP untuk Nissan LEAF 2019

Nissan LEAF 2019 sudah dilengkapi dengan fitur keselamatan standar termasuk fitur keselamatan termutakhir. Beberapa fitur keselamatannya adalah enam airbag, Advance Control yang termasuk Vehicle Dynamic Control (VDC) dan juga Traction Control System (TSC), Smart Braking yang didalamnya termasuk Electronic Brake force Distribution (EBD) dan Antilock Braking System (ABS), dan Tyre pressure monitoring system. Hebatnya lagi Nissan LEAF 2019 sudah mendapat rate 5-star safety rating dari Euro NCAP di tahun 2018 ini. Untuk fitur keselamatan ternama sudah disematkan, Nissan Intelligent Mobility, termasuk fitur E-Pedal, ProPilot dan juga ProPilot Park.

>>> Klik sini untuk simak harga mobil Nissan lainnya

5. OPERASI NISSAN LEAF 2019

Nissan LEAF 2019 menggunakan motor elektrik sebagai jantung pacunya. Motor elektrik tersebut adalah 110kW AC synchronous electric motor. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 150 PS serta torsi yang cukup besar yaitu 320 Nm pada 3.283 rpm. Untuk akselerasinya sendiri, 0-62 km/jam hanya membutuhkan waktu 7.9 detik saja, maksimum tenaga yang dapat dihasilkan yaitu 89.5 km/jam dengan tenaga penggerak roda depan.

6. SPESIFIKASI NISSAN LEAF 2019

Di bawah ini adalah spesifikasi Nissan LEAF 2019 versi Inggris yang kami siapkan untuk Anda.

Dimensions Nissan LEAF 2019

Maximum payload

451 kg

Kerb Weight

1.544-1595 kg

Overall Width with Mirrors

2.030 mm

Wheelbase

2.700 mm

Overhang Front

1.005 mm

Overhang Rear

785 mm

Track Front

1.540 mm

Track Rear

1.555 mm

Engine Nissan LEAF 2019

Fuel Type

Electricity

Max. torque

320 Nm / 3.283 rpm

Drivetrain

2WD

Max. engine power

150 Ps

Acceleration 0-62 mph

7,9 s

Max speed

89.5 mph

Chassis Nissan LEAF 2019

Suspension Front

MacPherson Strut

Suspension Rear

Twist beam axle

Steering

Electric power assisted

Front Brake

Vented discs

Rear Brake

Vented discs

Ban

215/50 R17

Charging Nissan LEAF 2019

On-board charger

6.6 kW

Port for Rapid Charger CHAdeMo type

50 kW

Battery & Charging Nissan LEAF 2019

Type

Laminated lithium ion

Voltage

350 V

Capacity

40 kWh

Battery Charging (6.6 kW o-board charger, 32A wall box) from alert to 100%

7.5 hr

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN NISSAN LEAF 2019

Pada tabel dibawah kami telah merangkum kelebihan dan kekurangan Nissan LEAF 2019.

Kelebihan

Kekurangan

Memiliki mobil masa depan dengan teknologi listrik

Perawatan di Indonesia bisa saja sangat mahal

Desain yang tidak monoton dan membosankan

LEAF 2019 belum pasti masuk ke tanah air

Fitur teknologi berlimpah

 

Fitur keselamatan sangat baik & mampu meraih 5 star Euro NCAP

 

8. DAFTAR HARGA NISSAN LEAF 2019

Refensi harga ini merupakan konversi dari Nissan UK dengan mata uang Poundsterling (GBP) ke Indonesian Rupiahs (IDR).

Varian

Harga Nissan LEAF 2019 (GBP)

Harga Nissan LEAF 2019 (IDR)

New Nissan LEAF Acenta

£25.190

Rp 490.421.728

New Nissan LEAF N-Connecta

£26.890

Rp 523.518.867

New Nissan LEAF Tekna

£28.390

Rp 552.722.225

9. VIDEO NISSAN LEAF 2019

10. KESIMPULAN NISSAN LEAF 2019

Indonesia bisa saja menjadi target penjualan dan pasar potensial dari mobil listrik ini. Mungkin Nissan Global masih mempelajari pasar di tanah air, meski begitu publik tanah air sangat menantikan mobil masa depan ini. Dengan hadirnya Nissan LEAF 2019 di Indonesia bisa menjadi suntikan positif dunia otomotif tanah air.

>>> Jangan lupa klik sini untuk simak tulisan review mobil lainnya

Share This:

Cari harga mobil

Harga mobil per merek

Review mobil populer