Review Nissan Kicks e-Power 2020: Mobil SUV Fitur Lengkap Mesin Ramah Lingkungan

30/06/2020 Abdul Review Nissan

Di ASEAN, Nissan Kicks e-Power 2020 telah dihadirkan dan negara Thailand yang pertama kali mendapatkan varian facelift. Lantas bagaimana untuk impresi awalnya, mari kita simak ulasannya dalam Spesifikasi Nissan Kicks e-Power 2020.

1. PENGANTAR NISSAN KICKS e-POWER 2020

Review Nissan Kicks e-Power 2020 – Mobil ini dilakukan pembaruan namun bukan sembarang facelift. Sangat berbeda dengan mobil lainnya yang penyegarannya dilakukan pada bagian luar saja. Menariknya adalah untuk mobil besutan Nissan ini telah diberikan teknologi powertrain, yang mana teknologi tersebut lebih ramah terhadap lingkungan.

Pada tahun 2019 mobil Nissan Kicks masuk di India dengan menggunakan platform Dacia B0. Untuk dimensinya lebih besar jadi ada perbedaan dengan versi brazilnya, sementara untuk wheelbase sama dengan mobil Renault Captur dan Dacia Duster. Kemudian pada tahun 2020 ini mobil Kicks masuk ke negara Thailand dan menjadi yang pertama di ASEAN. Bahkan Thailand menjadi perakitan mobil SUV kompak tersebut dan juga pasar pertama. Kalau soal peluncurannya dilakukan secara online pada tanggal 15 Mei 2020.

2. EKSTERIOR NISSAN KICKS e-POWER 2020

Review Nissan Kicks e-Power 2020 : Bagian Depan

Gambar ini menunjukkan bagian depan mobil Nissan Kicks e-Power 2020

Bagian depan yang mengalami perubahan cukup dramatis

Dari segi desain tampilannya lebih sporty dengan dilakukan perubahan pada bagian depan yang paling dramatis. Bagaimana tidak? pada bagian grille menggunakan V-Motion dengan ukuran yang lebih besar. Selain itu, lampu depannya mengapit grille tersebut yang mempunyai desain takam dan juga lebih langsing.

Dilanjutkan pada sektor bumper yang digunakan, yang mana desainnya tampak agresif dipadukan dengan ukuran yang dibuat lebih besar pada air intake bawahnya. Ditambah lagi penggunaan tarikan lurus yang mempunyai bentuk X terdapat di bagian fascia depan sehingga memunculkan kesan yang sangat menarik. Untuk melengkapinya, fog lamp juga diperbarui.

Review Nissan Kicks e-Power 2020 : Bagian Samping

Gambar ini menunjukkan bagian samping mobil Nissan Kicks e-Power 2020

Fender tampak berisi dengan pelek 17 inci

Untuk bagian samping dapat disimpulkan bahwa siluet mobil Nissan ini menggunakan basis model brazil, yang mana basis tersebut tampil lebih kompak. Hal tersebut berkat penggunaan dimensi kendaraan yang ukurannya lebih pendek dibandingkan model P15 yakni 5 mm. Akan tetapi untuk lebarnya masih sama, hanya saja tinggi yang dimiliki lebih 25 mm. Tampilan fender lebih terlihat berisi berkat penggunaan pelek ukuran 17 inci.

Review Nissan Kicks e-Power 2020 : Bagian Belakang

Gambar ini menunjukkan bagian belakang mobil Nissan Kicks e-Power 2020

Bumper belakang tampil sporty dengan diffuser ukuran besar

Berlanjut pembahasan ke sektor belakang, penyegaran juga dilakukan di bagian ini. Seperti pada penggunaan bumpernya yang mempunyai desain lebih sporty yang dibekali dengan diffuser ukuran besar serta menggunakan finishing yang mempunyai warna sama dengan odinya. Sementara pada bagian lampu belakang menggunakan desain seperti boomerang.

>>> Baca Juga Artikel Lainnya :

3. INTERIOR NISSAN KICKS e-POWER 2020

Review Nissan Kicks e-Power 2020 : Bagian Dashboard & Konsol Tengah

Gambar ini menunjukkan dashboard mobil dan kemudi Nissan Kicks e-Power 2020

Tampilan keren dengan desain dan perpaduan warna yang diberikan

Ketika melihatnya secara umum maka perubahan yang dilakukan tidak terlalu banyak. Masih tampak sama untuk bagian tombol-tombol dan juga kisi-kisi AC yang digunakan. Untuk bagian tengahnya akan ditemukan head unit dengan mengandalkan layar sentuh yang mempunyai ukuran 8 inci serta pengatur AC model digital.

Kemudian saat melihat sedikit ke bawah, Sobat akan menemukan perubahan meskipun hanya sedikit guna untuk menunjang penggunaan transmisi Single Speed Reduction Otomatic. Sementara itu, pada bagian gear levelnya menggunakan model yang simple dan telah dibekali tombol EC, drive-mode dan juga start/stop engine yang ditempatkan di atasnya. Bahkan dapat ditemukan pula USB, socket power 12 V dan slot AUX

Review Nissan Kicks e-Power 2020 : Kursi

Gambar ini menunjukkan jok mobil Nissan Kicks e-Power 2020

Jok sporty dan diduduki sangat nyaman

Berlanjut di bagian jok nya, yang mana desainnya terbilang sportif dan nyaman saat diduduki. Bahkan untuk sampingnya dibuat tebal, bila dilihat dari pengaturan terbilang baik karena menggunakan height adjustment di bagian pengemudi. Sementara pada jok belakang mempunyai kenyamanan yang mumpuni dan ruang kaki serta kepala juga lega untuk rata-rata orang di Indonesia. Bahan material yang digunakan pada jok mobil adalah fabric pada varian E dan S, sedangkan varian V menggunakan kulit warna hitam dan VL pakai kulit dual tone.

>>> Baca Review Mobil Nissan Lain :

4. FITUR NISSAN KICKS e-POWER 2020

Review Nissan Kicks e-Power 2020 : Bagian Fitur Hiburan

Agar penumpang lebih betah saat berada di dalam mobil, pihak Nissan memberikan  beragam fitur hiburan pada Nissan Kicks e-Power 2020. Pada varian VL dan V diberikan Nissan Connect yang sudah menggunakan LCD layar sentuh dengan ukuran 8 inci. Bahkan dari segi konektivitas terbilang lengkap seperti AUX, USB dan juga bisa diintegrasikan dengan Smartphone Apple Carplay. Untuk sistem audio yang digunakan cukup baik dipadukan dengan 6 buah speaker yang mempunyai kualitas sangat baik dan untuk mengaturnya bisa melalui lingkar kemudi pada mobil.

Gambar ini menunjukkan head unit pada mobil  Nissan Kicks e-Power 2020

Fitur hiburan dapat membuat suasana hati menyenangkan

Review Nissan Kicks e-Power 2020 : Bagian Fitur Keselamatan

Beragam fitur keselamatan juga diberikan agar pengemudi dan penumpang bisa lebih tenang saat berada di dalam mobil. Untuk fiturnya seperti SRS Airbag yang meliputi 2 buah di bagian depan kemudian 2 di bagian samping dan ada tambahan 2 curtain airbags. Sementara selain varian VL hanya mendapatkan 2 buah airbag di bagian depan saja. Ditambah lagi ada pula sabuk pengaman yang sudah dipadukan dengan pretensioner dan menariknya adalah pada bagian belakang telah support isofix.

Dilanjutkan dengan fitur keselamatan aktif yang meliputi sistem pengereman ABS, EBD dan BA yang dijadikan sebagai standar. Tidak hanya itu saja, beberapa fitur lain turut diberikan meliputi Intelligent Trace Control, Intelligent Ride Control dan Vehicle Dynamic Control.

Gambar ini menunjukkan mobil Nissan Kicks e-Power 2020 di jalan

Fitur yang diberikan pada mobil ini yakni Nissan Intelligent Mobility

Review Nissan Kicks e-Power 2020 : Bagian Fitur Mengemudi

Nissan Kicks e-Power 2020 telah dibekali paket Nissan Intelligent Mobility untuk fitur pengemudian. Fitur yang diberikan adalah One-Pedal, jadi untuk melakukan deselerasi dan juga akselerasi kendaraan dapat dilakukan dengan regenerative braking menggunakan pedal hanya satu saja yakni pedal gas.

Beberapa fitur lain untuk yang diberikan untuk mendukung pengemudian adalah Hill Start Assist, Intelligent Rear View Mirror, Intelligent Around View Monitor with Moving Object Detection, Rear Cross Traffic Alert, Blind Spot Warning, Intelligent Emergency Braking, Intelligent Forward Warning Collision dan Intelligent Cruise Control.

>>> Baca Juga, Preview Nissan Kicks 2016, Kembaran Juke Yang Lebih Kalem

5. OPERASI NISSAN KICKS e-POWER 2020

Gambar ini mneunjukkan mesin mobil Nissan Kicks e-Power 2020

Mesin HR12DE dan motor listrik EM57 yang diberikan pada Nissan Kicks e-Power 2020

Untuk pembahasan kali ini berhubungan tentang powertrains yang dimiliki oleh mobil Nissan Kicks e-Power 2020. Untuk cara kerjanya terdapat perbedaan dengan umumnya powertrain hybrid. Mobil ini menggunakan mesin bensin inline-3 dengan kode HR12DE 1.200 cc. Mengandalkan mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 79 Hp dan torsi puncaknya adalah 103 Nm. Yang mana dijadikan sebagai generator untuk baterai yang menyimpan energi listrik. Kapasitas baterai terbilang kecil yaitu 1,57 kWh.

Adapun dengan menggunakan baterai yang menjadi satu daya dengan motor listrik AC 3 Synchronous EM57 dapat menghasilkan tenaga maksimal sebesar 127 Hp dan torsi maksimalnya adalah 260 Nm. Yang mana tenaga mesin disalurkan ke bagian roda depan dengan mengandalkan transmisi Single Speed Gear Reduction Automatic. Adapun perbedaan dengan kebanyakan powertrain hybrid adalah mesin ICE nya yang tidak disambungkan dengan mesin.

Jadi motor listrik merupakan satu-satunya menjadi penggerak pada kendaraan. Walaupun percepatan tunggal yang dimiliki tidak hanya satu, transmisi yang digunakan mempunyai beberapa pilihan mode yang menjadi salah satu keunggulannya. Beberapa pilihan modenya adalah Normal mode, Eco mode, Smart mode dan EV mode.

>>> Anda tertarik dengan mobil Nissan dan pilih ia jadi teman Anda di semua jalan di Indonesia? Klik sini untuk simak informasi lebih lengkap tentang mobil Nissan di pasar Indonesia

6. SPESIFIKASI NISSAN KICKS e-POWER 2020

Berikut ini merupakan tabel spesifikasi Nissan Kicks e-Power 2020 :

DIMESI

Panjang

4.290  mm

Lebar

1.760 mm

Tinggi

1.615 mm

Radius Putar

5.1 m

Ground Clearance

165 mm

MESIN

Tipe Mesin (Generator)

HR12DE, 3-Cylinder DOHC

Tenaga Maksimal

78 HP @ 6.000 rpm

Torsi Maksimal

103 Nm @ 3.500 – 5.200 rpm

Kapasitas Silinder

1.198 cc

Motor Elektrik

AC3 Synchronous Motor EM 57

Kapasitas Baterai

1,57 kWh

Tenaga Maksimal

127 HP @ 4.000-8992 rpm

Torsi Maksimal

260 Nm @ 500-3.008 rpm

Transmisi

Single Speed Gear Reduction Automatic

HANDLING & SUSPENSI

Rem Depan

Ventilated Disc Brake

Rem Belakang

Disc Brake

Velg / Ukuran Ban

17 x 6.5 J Alloy Wheel / 205/55 R17

Suspensi Depan

Independent MacPherson Struts with Stabilizer

Suspensi Belakang

Torsion Beam with Stabilizer

Sistem Kemudi

Rack and Pinion with Electric Power Steering (EPS)

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN NISSAN KICKS e-POWER 2020

Berikut ini merupakan kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh Nissan Kicks e-Power 2020:

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Mempunyai desain yang keren sehingga pengendara akan mempunyai aura yang lebih berkelas

Penggunaan teknologi e-Power di Indonesia masih belum teruji, sehingga perlu penyesuaian

Dengan teknologi yang diberikan penggunaan mesin pada mobil lebih ramah terhadap lingkungan

Di kelasnya mobil besutan Nissan ini diprediksi mempunyai harga yang lebih mahal

Fitur keselamatan terbilang lengkap sehingga memberikan ketenangan selama berkendara

Bila dibandingkan dengan kompetitornya layanan purna jual yang dimiliki masih kalah

8. DAFTAR HARGA NISSAN KICKS e-POWER 2020

Mobil besutan Nissan ini dihadirkan dalam 4 varian di Thailand. Untuk varian S di sana dibanderol dengan harga BHT 889.000 atau setara dengan rp. 410 jutaan. Mobil Nissan Kicks e-Power 2020 mempunyai 6 pilihan warna yaitu Storm White, Guna Metalic (Grey), Radiant Red, Monarch Orange, Brilliant Silver, Black Star. Dikabarkan bahwapada bulan depan mobil ini akan dihadirkan di Indonesia. Ada yang menarik pada mobil ini, yang mana diungkapkan bahwa harga salah satu purwaniaga Nissan dijual dengan harga Rp. 300 jutaan.

Berikut daftar harga Nissan Kicks e-Power 2020 :

VARIAN

HARGA BHT/RP

Nissan Kicks e-Power 2020 S

BHT 889.000 / Rp. 410.855.433

Nissan Kicks e-Power 2020 E

BHT 949.000 / Rp. 438.584.709

Nissan Kicks e-Power 2020 V

BHT 999.000 / Rp. 461.692.439

Nissan Kicks e-Power 2020 VL

BHT 1.049.000 / Rp. 484.800.168

9. VIDEO NISSAN KICKS e-POWER 2020

10. KESIMPULAN NISSAN KICKS e-POWER 2020

Menurut kami model dari Nissan ini menjadi salah satu kendaraan yang patut untuk dinantikan kehadirannya di Indonesia. Dengan desain yang dimilikinya cukup funky dipadukan dengan mesin e-Power yang sangat ramah lingkungan membuatnya jadi opsi yang cukup menarik. Apalagi untuk fitur keselamatan yang diberikan terbilang lengkap sehingga lebih menyenangkan selama perjalanan menggunakan mobil Nissan Kicks e-Power 2020 yang bersaing dalam segmen SUV kompak.

>>> Jangan lupa klik sini untuk simak artikel review mobil yang menarik lainnya

Share This:

Cari harga mobil

Harga mobil per merek

Review mobil populer

International