Review Nissan Kicks 2019

20/11/2018 Franky Pratama Review Nissan

“Nissan Kick Indonesia kapan diluncurkan?”, menjadi sebuah pertanyaan yang banyak dilontarkan oleh masyarakat akhir-akhir ini. Dari data yang berhasil kami himpun, PT. Nissan Motor Indonesia (NMI) masih menimbang akan dua model Line-Up terbaru yakni mengeluarkan Nissan Juke generasi baru ataukan Nissan Kicks? Menjawab rasa penasaran Anda, marilah kita simak sosoknya dalam review Nissan Kicks 2019.

1. PENGANTAR NISSAN KICKS 2019

Review Nissan Kicks 2019 – Sudah pasti, apabila Nissan Kicks Indonesia hadir dalam waktu dekat akan bersaing ketat dengan Toyota CH-R maupun Honda HR-V di kelas Crossover serupa. Ukuran bodi yang cenderung besar dipadu garis tegas, menjadi unsur pembeda dibanding kedua pesaing utamanya. Seakan masih melekat dengan esensi ikonik khas pabrikan Nissan.

Perlu Anda ketahui sebelumnya, Nissan Kicks sendiri berawal dari sebuah mobil konsep yang diperkenalkan di tahun 2014 silam. Niat gigih Nissan untuk menghadirkan Kicks juga terlihat dari kehadiran mobil konsep tersebut di Summer Olympics Rio 2016, Brazil. Pemanfaatan Event besar seperti ini sudah menjadi ciri khas dari perusahaan otomotif yang dilihat sebagai momentum tepat untuk memperkenalkan produk terbarunya di kancah internasional.

Nissan Kicks Concept 2014 menjadi sosok awal dari generasi Kicks terbaru

Nissan Kicks Concept diperkenalkan pada tahun 2014

Upaya tersebut nyatanya membuahkan hasil. Terjawab dari banyaknya permintaan dari masyarakat Brazil untuk menghadirkan Nissan Kicks dalam waktu dekat. Akhirnya di tahun 2017, Nissan Kicks resmi dipasarkan di Brazil yang dirakit secara langsung dari pabrikan Rio de Janeiro. Proses pemasaran tersebut juga dilakukan di beberapa negara besar seperti Amerika Serikat serta Kanada di pertengahan tahun 2018 lalu.

Perkenalan Nissan Kicks terbaru dilakukan di Brazil bertepatan dengan acara Summer Rio Olympics 2016

Perkenalan perdananya dilakukan di Rio de Janeiro, Brazil

Untuk Indonesia sendiri, kita tak perlu khawatir. Mengapa begitu? Sejatinya, jika melihat dari kehadiran Nissan Terra baru-baru ini, Indonesia menjadi negara kedua setelah Filipina yang merasakannya di pasar Asia. Hal tentu membuktikan bahwa Nissan Global sangat mengapresiasi pasar Asia khususnya Indonesia. Dipastikan, jika Nissan Kicks hadir di pasar Asia, Indonesia akan merasakannya lebih dulu. Penasaran dengan sosoknya? Mari kita simak bersama dalam review Nissan Kicks 2019.

Nissan Kicks 2019 nyatanya sudah dipasarkan di Brazil lebih dulu lalu disusul Amerika dan Kanada

Nissan Kicks resmi dijual di pasar Amerika dan Kanada di tahun 2018 ini

2. EKSTERIOR NISSAN KICKS 2019

Tak seperti Honda HR-V yang terlihat agresif dengan moncong lebih memanjang, desain eksterior Nissan Kicks 2019 nampak lebih berisi. Sekilas bodinya cukup mirip dengan Datsun Cross namun dengan tambahan esensi agresif di beberapa sisinya.

Review Nissan Kicks 2019: Eksterior Depan

Esensi ikonik Nissan terlihat jelas dari desain Grille bermotif V-Motion dipadu aksen krom sebagai penegas nuansa mewah dari depan. Perawakan bongsornya juga nampak serasi dengan lampu Multi-Reflector Halogen dan LED Signature Accents sehingga memberi kesan Slim and Sleek. Sayangnya, lampu Daytime Running Light (DRL) tak ditemukan pada fascia depan, seakan Nissan tak ingin menjadi sosok yang Mainstream dengan desain-desain mobil masa kini.

Eksterior depan Nissan Kicks 2019 menggunakan desain V-Motion Grille

Eksterior depan Nissan Kicks 2019 menggunakan lampu Multi-Reflector Halogen

Review Nissan Kicks 2019: Eksterior Samping

Menilik kompetitornya yakni Toyota C-HR, menerapkan desain potongan berlian pada bodi sampingnya. Nampaknya Nissan Kicks tak seperti itu, ia berbeda yang menerapkan garis tegas serta Side Skirt sebagai penegas identitasnya sebagai Crossover. Khusus pada varian tertingginya, terdapa perbedaan warna antara dasar bodi dengan atap menjadi salah satu unsur sporty yang ditawarkan. Jika Toyota CH-R menyebutnya Two-Tone Colour, Nissan Kicks menamainya dengan Signature Floating Roof.

Eksterior samping Nissan Kicks 2019 dibalut apik dengan Signature Floating Roof

Eksterior samping Nissan Kicks 2019 dihias apik garis bodi yang tegas sebagai Crossover

Review Nissan Kicks 2019: Eksterior Belakang

Melirik bodi belakangnya, nampaknya tersemat apik lampu LED Signature berdesain Boomerang. Memberi kesan agresif serta fungsi pencahayaan mumpuni pada sisi belakang. Bemper belakang juga didominasi warna hitam tersambung rapi dengan Side Skirt dari boid sampingnya. Berhasil memberi satu kesatuan yang padu untuk sebuah Sport Utility Vehicle (SUV) Crossover.

Eksterior belakang Nissan Kicks 2019 dikemas apik dengan fitur Rear Spoiler

Eksterior belakang Nissan Kicks 2019 dilengkapi dengan lampu berdesain Boomerang

>>> Baca juga:

3. INTERIOR NISSAN KICKS 2019

Semua hal pada interior Nissan Kicks 2019 tertata dengan rapi sehingga memberi atmosfer ruang yang lebih lega. Lebih daripada itu, fitur-fiturnya juga dikemas sangat modern baik pada sisi panel Head Unit, panel transmisi hingga ke hal detail seperti Blower.

Review Nissan Kicks 2019: Dashboard

Tatanan dashboardnya terlihat sangat minimalis dan ergonomis. Keseluruhannya didominasi warna hitam serta penegas aksen krom di beberapa sisinya sehingga memberi sensasi mewah ketika pengendara menyentuh berbagai hal detail pada dashboardnya. Kedua ujung sisi dashboardnya dipermanis dengan Blower yang dikemas apik lewat bahan plastik berwarna Glossy.

Dashboard Nissan Kicks 2019 tertata dengan desain modern khas anak muda masa kini

Dashboard Nissan Kicks 2019 tampil cukup minimalis dan elegan

Review Nissan Kicks 2019: Setir

Kemudi setir Nissan Kicks 2019 dibekali desain tiga palang yang dihias apik dengan logo kebanggaan Nissan pada sisi tengahnya. Aksen mewah krom juga disematkan pada kedua sisi setirnya, diposisikan pas di bagian bawah tombol multifungsinya. Tombol-tombol yang dimaksudkan adalah pengaturan audio, konektivitas serta pengaturan Multi Information Display (MID).

Setir Nissan Kicks 2019 menggunakan desain tiga palang dan dilengkapi tombol multifungsi

Setir Nissan Kicks 2019 dihias apik dengan aksen Silver

Pasalnya, di balik kemudi setirnya sudah tertata rapi semua informasi tentang mobil pada layar MID-nya. Hal-hal yang dimaksudkan adalah tingkat kecepatan, suhu sekitar, konsumsi bahan bakar, informasi waktu hingga pengaturan radio dalam format lebih kecil daripada panel Head Unit-nya.

Review Nissan Kicks 2019: Kursi

Seperti halnya, kapasitas kursinya mampu menampung hingga lima orang sekaligus. Ruang kaki pun dikemas cukup akomodatif serta hadirnya Head Rest di setiap kursi, memberi kenyamanan lebih bagi seluruh penumpang. Lebih daripada itu, kursinya juga dibalut bahan kulit berkualitas yang mampu memberi esensi lebih mewah ketika mendudukinya.

Kursi Nissan Kicks 2019 mampu menampung hingga lima orang sekaligus

Kursi Nissan Kicks 2019 terbilang akomodatif dengan ruang kaki lebih lega

Review Nissan Kicks 2019: Ruang Bagasi

Tak perlu khawatir dengan ruang bagasi Nissan Kicks 2019. Meski bodinya menggunakan ukuran yang Compact, kapasitas bagasinya cukup mampu menampung berbagai barang kebutuhan Anda. Bahkan, jika Anda ingin kapabilitas lebih, bangku belakang bisa dilipat dan mampu memberi ruang bagasi lebih lapang.

Ruang bagasi Nissan Kicks 2019 juga bisa bertambah dengan hadirnya fitur pelipatan kursi di deret kedua

Ruang bagasi Nissan Kicks 2019 menyediakan kapabilitas mumpuni untuk berbagai kebutuhan Anda

>>> Artikel terkait:

4. FITUR NISSAN KICKS 2019

Jika Anda adalah tipikal orang yang sangat memperhatikan fitur pada mobil, maka dipastikan Nissan Kicks menang dari kompetitor lainnya. Apabila fitur Nissan Kicks 2019 di Indonesia nantinya tidak dipangkas seperti pada Nissan Terra yang dirilis baru-baru ini, Anda akan merasakan teknologi terbaru Nissan Intelligent Mobility (NMI).

Review Nissan Kicks 2019: Fitur Keselamatan

Teknologi NIM menjadi senjata andalan baru Nissan untuk pasar global. Ya, Nissan mengklaim dengan adanya fitur keselamatan tersebut, pengendara dapat merasakan sensasi berkendara yang lebih aman dan nyaman. Tersedia beberapa rangkaian fungsi pada teknologi NIM seperti halnya Forward Collision Warning, Blind Spot Warning, Around View Monitor, Back-Up Intervention dan Distance Control. Semua fitur tersebut sangat bergantung pada kamera dan sistem sensor. Hal inilah yang tidak dimiliki kompetitornya baik pada Toyota CH-R maupun Honda HR-V.

Fitur keselamatan Nissan Kicks 2019 sudah dilengkapi dengan teknologi canggih di berbagai sisinya

Fitur keselamatan Nissan Kicks 2019 menghadirkan teknologi NIM yang tidak dimiliki kompetitor sekelasnya

Sedangkan dari segi keselamatan aktif, Nissan Kicks 2019 dipersenjatai dengan teknologi kestabilan seperti Hill Start Assist (HSA), Vehicle Dynamic Control (VDC) serta Traction Control System (TCS). Performa manuver-nya juga terbilang mumpuni lewat hadirnya racikan teknologi 4-Wheel Anti Lock Braking System (ABS), Brake Assist (BA) dan Electronic Brakeforce Distribution (EBD).

Review Nissan Kicks 2019: Fitur Hiburan

Segi hiburan Nissan Kicks ditunjang kuat oleh panel Head Unit berukuran 8 inci yang sudah didukung konfigurasi BOSE Personal Plus Audio. Hal tersebut membuat kualitas suara audionya terbilang jernih. Menariknya lagi, fitur BOSE ini hanya didapati pada dua model Nissan saja yakni March dan Kicks.

Fitur hiburan Nissan Kicks 2019 menghadirkan konfigurasi BOSE Personal Plus Audio

Fitur hiburan Nissan Kicks 2019 mengandalkan panel Head Unit mumpuni yang terintegrasi dengan BOSE Personal Plus Audio

>>> Jika Anda pecinta mobil besutan Nissan, klik di sini untuk mengetahui segala model terbarunya

5. OPERASI NISSAN KICKS 2019

Tak seperti Toyota C-HR yang menggunakan mesin berkapasitas 1.798 cc, operasi mesin Nissan Kicks 2019 hanya dibekali kapasitas 1.598 cc. Daya yang bisa dihasilkan mesinnya cukup mampu menyemburkan 125 HP setara 5.800 Rpm. Meski kalah dari C-HR, Nissan Kicks sendiri memiliki akselerasi yang cepat dalam meraih 0-100 Km/Jam dalam tempo 11,5 detik saja. Hal tersebut terbilang cukup mengesankan untuk sebuah SUV Crossover.

Operasi mesin Nissan Kicks 2019 mampu menyemburkan daya hingga 125 HP

Operasi mesin Nissan Kicks 2019 diklaim sangat irit bahan bakar dengan estimasi konsumsi 6,1 Liter / 100 Km (Rata-rata)

Untuk masalah transmisi, Nissan Kicks menggunakan XTRONIC Continous Variable Transmission (CVT) yang diklaim mampu memberi pergantian gigi lebih halus dan hemat bahan bakar. Dipadukan dengan mode penggerak Front Wheel Drive (FWD), mesinnya mampu memberikan torsi cukupan di angka 149 Nm pada putaran 4.000 Rpm. Jika dibandingkan dengan Honda HR-V, mesin Nissan Kicks terbilang lebih mumpuni.

>>> Supaya Anda lebih mudah merencanakan pembiayaan mobil baru, berikut simak daftar harga mobil Nissan di keseluruhan modelnya

6. SPESIFIKASI NISSAN KICKS 2019

Supaya Anda semakin mengenal sosoknya yang impresif, berikut Hargamobil.com juga menyampaikan spesifikasi Nissan Kicks 2019.

SPESIFIKASI NISSAN KICKS 2019

DIMENSI BODI

Panjang x Lebar x Tinggi

4.295 mm x 1.760 mm x 1.590 mm

Wheelbase

2.620 mm

Jarak Pijak Depan

1.520 mm

Jarak Pijak Belakang

1.535 mm

Ground Clearance

200 mm

Radius Putar Minimum

5,2 m

MESIN

Tipe Mesin

1.6 Liter 4 Silinder Segaris 16 Valve DOHC

Kapasitas Silinder

1.598 cc

Daya Maksimum

125 HP / 5.800 Rpm

Torsi Maksimum

149 Nm / 4.000 Rpm

Sistem Transmisi

XTRONIC CVT

Mode Penggerak

FWD

Akselerasi 0-100 Km/Jam

11,5 Detik

KAKI-KAKI

Suspensi Depan

Independent Strut with Stabilizer Bars

Suspensi Belakang

Torsion Beam with Stabilizer Bars

Rem Depan

Vented Discs

Rem Belakang

Drum Brakes

Sistem Kemudi

Rack & Pinion with Electric Power Steering

BAHAN BAKAR

Tipe Bahan Bakar

Bensin

Kapasitas Tangki Bahan Bakar

41 Liter

Estimasi Konsumsi Bahan Bakar Rata-Rata

6,1 Liter / 100 Km

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN NISSAN KICKS 2019

Setelah cukup banyak mengetahui hal menarik tentangnya, Hargamobil.com juga hendak menyampaikan tentang kelebihan dan kekurangan Nissan Kicks 2019.

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Dibanding pesaing lainnya, Nissan Kicks memiliki eksterior yang ikonik

Dibanding kompetitornya, Toyota C-HR, performa mesin Nissan Kicks 2019 kalah dalam hal kecepatan

Fitur keselamatan tampil cukup lengkap dengan mengusung teknologi terbaru NIM

Lampu depannya belum menerapkan fitur DRL

Panel Head Unit-nya tampil eksklusif dengan konfigurasi BOSE Premium Sound

-

8. DAFTAR HARGA NISSAN KICKS 2019

Untuk pasar Amerika, Nissan Kicks terbagi menjadi tiga pilihan bodi trim yakni S, SV dan SR. Mengingat mobil ini belum hadir di Indonesia, maka Hargamobil.com melampirkan daftar harga Nissan Kicks 2019 yang sudah dijual di Amerika.

TIPE MOBIL

HARGA NISSAN KICKS 2019

(Amerika Serikat)

HASIL KONVERSI DOLLAR AMERIKA KE RUPIAH INDONESIA

Nissan Kicks 2019 S

$ 17.990

IDR. 266.600.000

Nissan Kicks 2019 SV

$ 19.690

IDR. 291.805.000

Nissan Kicks 2019 SR

$ 20.290

IDR. 300.700.000

*Catatan:

  • Harga di atas hanya bersifat sebagai referensi saja
  • Tentu jika Nissan Kicks hadir di Indonesia akan terdapat penambahan biaya terkait masalah impor, perizinan dan kebijakan langsung dari PT. NMI

9. VIDEO NISSAN KICKS 2019

10. KESIMPULAN NISSAN KICKS 2019

Nissan Kicks 2019 Indonesia masih dipertimbangkan lebih lanjut oleh PT. NMI. Mengingat Nissan Juke juga berdiri di segmen Crossover serupa, maka tentu ada pertimbangan lanjut model apakah yang akan diluncurkan lebih dulu. Sejatinya, banyak hal menarik pada Nissan Kicks terutama pada desain eksteriornya yang lebih cocok untuk area perkotaan. Fitur keselamatan lebih lengkap juga menjadi hal menarik yang tidak dihadirkan pada kompetitornya. Bagaimana pendapat Anda tentang Nissan Kicks 2019?

>>> Jangan lupa klik sini untuk simak kelebihan dan kekurangan mobil lainnya

Share This:

Cari harga mobil

Harga mobil per merek

Review mobil populer