Review Nissan Grand Livina X-Gear 2013 : Tampilan Seperti SUV Mesin Mumpuni

21/01/2020 Abdul Review Nissan

Mobil keluarga menjadi salah satu yang banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Hal tersebut disebabkan faktor kebutuhan untuk bepergian ke tempat yang disuka atau untuk pergi ke kampung halaman. Salah satu yang dapat dipilih adalah Nissan Grand Livina X-Gear 2013. Kenapa harus mobil tersebut? Mari kita simak ulasannya pada spesifikasi Nissan Grand Livina 2013.

1. PENGANTAR NISSAN GRAND LIVINA X-GEAR 2013

Pada awal Grand Livina langsung memberikan warna pada jajaran kendaraan keluarga di Indonesia. Hadir langsung menghadang Avanza dan Xenia, bahkan pada tahun 2017 data GAIKINDO menunjukkan bahwa penjualannya mencapai 6.204 unit.

Pada saat pertama kali dimunculkan terdapat 2 pilihan yaitu dengan nama Livina yang menggunakan bodi Hatchback dan Grand Livina sebagai MPV dengan 7 Seaters. Untuk pilihan X-Gear saat itu hanya ada pada Livina saja. Namun di tahun 2013 akhirnya pihak PT. Nissan Motor Indonesia (NMI) menyediakan  bodi trim X-Gear pada Grand Livina. Seperti apakah bentuk dan kelebihannya, mari kita simak ulasannya mengenai review Nissan Grand Livina X-Gear 2013.

2. EKSTERIOR GRAND LIVINA X-GEAR 2013

Review Nissan Grand Livina X-Gear 2013: Bagian Depan

Gambar ini menunjukkan bagian depan mobil Nissan Grand Livina X-Gear 2013

Desain yang diberikan memberikan tampilan tangguh di bagian depan

Kita mulai pembahasan dari bagian depan, yang mana terdapat grille yang dilapisi dengan chrome dan memakai model 2 palang yang dibuat sejajar. Ditambah lagi untuk bagian tengah terdapat logo untuk menunjukkan produsen mobil. Penggunaan grille dibuat menyatu dengan lampu LED yang didesain berukuran besar. Menariknya adalah pada mobil MPV Nissan ini telah diberikan lampu kabut yang dapat digunakan saat kabut tebal atau cuaca hujan deras.

Selanjutnya untuk bagian bumper yang menggunakan Black Under Protector sehingga menambah kesan sporty. Selain itu, fungsi lainnya adalah untuk melindungi dari kerikil saat melintasi jalanan yang kurang baik.

Review Nissan Grand Livina X-Gear 2013: Bagian Samping

Gambar ini menunjukkan bagian samping Nissan Grand Livina X-Gear 2013

Bagian samping terlihat ramai dengan Roof Rail dan lainnya

Berlanjut ke bagian samping Nissan Grand Livina X-Gear 2013. Terdapat guratan hitam yang dimulai dari bumper bagian depan  sampai ke bagian bodi samping. Dengan begitu desainnya terlihat seragam, bahkan diperkuat dengan penggunaan Roof Rail yang berada di bagian atap. Penggunaan Roof Rail bisa dipakai untuk memberikan daya angkut lebih dan membuat tampilan lebih agresif. Kepraktisan juga tampak pada bagian spion yang telah mendukung sistem elektrik dalam proses pelipatannya.

Review Nissan Grand Livina X-Gear 2013: Bagian Belakang

Gambar ini menunjukkan bagian belakang Nissan Grand Livina X-Gear 2013

Sisi belakang tampak sporty dengan penggunaan desain yang diberikan

Pada bagian belakang Nissan Grand Livina X-Gear 2013 terdapat lampu Rear Combination yang didesain sporty. Ditambah lagi penggunaan bumper terbalut warna hitam sehingga terlihat lebih menarik. Bahkan berkat penggunaan kaca yang ukurannya besar membuat bagian belakangnya terlihat menawan, serta dipadukan dengan aksen krom pada bagian bumper.

>>> Baca juga:

3. INTERIOR GRAND LIVINA X-GEAR 2013

Review Nissan Grand Livina X-Gear 2013: Bagian Dashboard & Kemudi

Gambar ini menunjukkan dashboard dan kemudi mobil Nissan Grand Livina X-Gear 2013

Terdapat fitur hiburan menarik di bagian dashboardnya

Menuju ke bagian dashboard, yang mana mobil ini dikemas dengan sangat baik dari mulai bagian tengah menuju ke bagian kemudi. Jadi panel informasi mulai dari head unit sampai kemudinya terlihat menyatu. Sementara di bagian dashboard sebelah kiri tampak kosong,  namun bagian ini menjadi tempat airbags untuk penumpang depan dan juga fitur penyimpanan di bawahnya.

Jika melihat head unitnya akan tampak ukurannya yang besar. Selain itu bagian ini menggunakan layar 6 inchi dengan format Widescreen. Memang dengan penggunaan panel dan desain tersebut sangat terlihat kesan elegan yang terpancar.

Berlanjut ke bagian kemudi Nissan Grand Livina X-Gear 2013, desain yang digunakan pada setirnya adalah 3-Spokes Urethane yang mendapat sentuhan aksen chrome. Hanya saja untuk bagian kemudinya belum diberikan tombol untuk mengatur audio. Namun dengan konfigurasi di belakang setir yang memakai analog serta Tachometer, memang tampak lebih menawan.

Review Nissan Grand Livina X-Gear 2013: Bagian Kursi

gambar ini menunjukkan jok mobil Nissan Grand Livina X-Gear 2013

Dengan jok kulit yang berwarna membuat tampilan interior terasa bedadengan lainnya

Menuju ke bagian jok mobil, untuk kapasitasnya mencapai 7 penumpang. Apabila dibandingkan dengan X-Gear sebelumnya model Hatchback tentunya lebih banyak yang ini karena hanya 5 penumpang saja. Bahan material yang digunakan adalah kulit yang berwarna dan kualitasnya sangat baik. Dengan hal tersebut kenyamanan akan lebih didapatkan dan di seluruh interior tampak elegan serta seragam.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

4. FITUR GRAND LIVINA X-GEAR 2013

Sudah tiba pembahasan mengenai fitur yang dimiliki oleh Nissan Grand Livina X-Gear 2013. Yang mana tidak hanya bagian eksterior saja yang menarik, namun pihak Nissan memberikan kenyamanan di dalamnya supaya berkendara lebih menyenangkan.

Review Nissan Grand Livina X-Gear 2013: Fitur Keselamatan

Gambar ini menunjukkan ilustrasi fitur EBD pada Nissan Grand Livina X-Gear 2013

Fitur keselamatan menjadi salah satu pertimbangan saat membeli mobil

Soal keselamatan selama berkendara, pihak Nissan tentunya cukup memberikan yang terbaik untuk para konsumennya. Hal tersebut terbukti dengan pemberian sistem pengereman yang sudah menggunakan teknologi ABS, EBD dan BA. Dengan mengandalkan fitur tersebut dapat membuat pengemudi lebih merasa tenang saat mengemudikan mobil Nissan Grand Livina X-Gear 2013 dan juga saat melakukan manuver.

Masih ada yang diberikan pada mobil besutan Nissan tersebut yaitu fitur Keyless Alarm. Dengan mengandalkan fitur tersebut dapat membuat pintu terbuka secara otomatis pada saat kunci mobil sedang berada di dekat kendaraan. Tentunya fitur tersebut merupakan salah satu hal yang modern sampai saat ini.

Review Nissan Grand Livina X-Gear 2013: Fitur Hiburan

Gambar ini menunjukkan fitur monitor di atap mobil Nissan Grand Livina X-Gear 2013

Roof Mounted Monitor menjadi fitur menarik dan menyenangkan

Apakah berhenti sampai disitu saja?. Ternyata tidak, aksen hiburan juga diberikan untuk memberikan kenyamanan selama berkendara. Bahkan ada yang dipunyai mobil MPV Nissan yang tidak dimiliki oleh pesaingnya yaitu Roof Mounted Monitor, yang mana penumpang belakang juga mendapatkan hiburan Multimedia.

Sementara itu, untuk bagian dashboardnya terdapat head unit yang mempunyai layar Widescreen dengfan ukuran 6 inci Double Din. Untuk format yang bisa dioperasikan adalah radio AM/FM, DVD, iPhone Connectivity, Bluetooth dan USB. Bahkan kualitas yang dihasilkan juga cukup menawan sehingga membuat pengemudi dan penumpang lebih terasa menyenangkan saat berada di dalam Nissan Grand Livina X-Gear 2013.

>>> Bingung Pilih Mobil Sedan Atau MPV Untuk Keluarga Muda, Baca Ini Dulu!

5. OPERASI GRAND LIVINA X-GEAR 2013

Gambar ini menunjukkan mesin mobil Nissan Grand Livina X-Gear 2013

Mesin 1.8 Liter membuatnya beda dengan rivalnya

Selanjutnya pembahasan yang mungkin ditunggu-tumggu oleh para pembaca yakni pada mesin Nissan Grand Livina X-Gear 2013. Untuk bagian ini pihak Nissan memberikan mesin 1.8 Liter dengan kode MR18DE 4 silinder segaris. Dengan mengandalkan mesin tersebut dapat menghasilkan tenaga maksimal sebesar 126 Ps dan torsi puncaknya adalah 17.7 Kg.m. Tenaga disalurkan menuju ke bagian roda dengan mengandalkan sistem transmisi manual 6 percepatan dan otomatis 4 percepatan.

>>> Review All New Nissan Livina Tipe VL 2019: Pilihan Mobil Keluarga Di Indonesia

6. SPESIFIKASI GRAND LIVINA X-GEAR 2013

Berikut ini merupakan tabel spesifikasi Nissan Grand Livina X-Gear 2013.

DIMENSI

Panjang

4.485 mm

Lebar

1.695 mm

Tinggi

1.595 mm

Wheelbase

2.600 mm

Ground Clearance

175 mm

MESIN

Tipe Mesin

MR18DE 1.8 Liter 4 Silinder Segaris 16 Katup DOHC VTC

Daya Maksimum

126 PS / 5.200 Rpm

Torsi Maksimum

17,7 Kg.m / 4.800 Rpm

Kapasitas Silinder

1.798 cc

Sistem Transmisi

6 Tingkat Percepatan Manual / 4 Tingkat Percepatan Otomatis

Tipe Bahan Bakar

Bensin

Kapasitas Tangki Bahan Bakar

52 Liter

HANDLING & SUSPENSI

Rem Depan

Ventilated Discs

Rem Belakang

Drums

Suspensi Depan

McPherson Strut dengan Stabilizer

Suspensi Belakang

Torsion Beam dengan Stabilizer

Ukuran Ban

185/65 R15

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN GRAND LIVINA X-GEAR 2013

Setiap kendaraan memiliki keunggulan sendiri-sendiri. Nah untuk kali ini kami akan memberikan informasi mengenai kelebihan dan kekurangan Nissan Grand Livina X-Gear 2013.

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Dibandingkan dengan rivalnya, kapasitas mesin yang dimiliki terbilang lebih besar

Tidak ada tombol untuk mengatur audio mobil di bagian kemudi

Bagian eksterior menggunakan desain dari trim X-Gear sehingga membuatnya seperti sebuah SUV dari segi tampilannya

Bagian interior masih kalah apabila dilihat dari keluasan kabin yang dimiliki

Bagian interior telah diberikan fitur mumpuni yakni  Roof Mounted Monitor

 

8. DAFTAR HARGA LIVINA X-GEAR 2013

Untuk mobil tahun 2013 tentunya untuk membeli dalam kondisi baru sudah tidak ada. Bagi Sobat yang berminat dengan mobil tersebut tidak perlu khawatir karena masih ada dalam kondisi second. Adapun harga bekas Nissan Grand Livina X-Gear 2013 sekitar Rp. 85 juta sampai Rp. 154 jutaan. Harga tersebut tergantung dari kondisi mobil dan juga wilayah tempat melakukan pembelian.

9. VIDEO GRAND LIVINA X-GEAR 2013

10. KESIMPULAN GRAND LIVINA X-GEAR 2013

Sebagai sebuah mobil MPV tampilan luar Nissan Grand Livina X-Gear 2013 seperti kendaraan SUV. Hal tersebut berkat penggunaan trim X-Gear sehingga tampilannya terlihat maskulin dan sporty. Ditambah lagi untuk mesinnya menjadi yang terbesar dibandingkan kompetitornya. Beberapa fitur mumpuni juga diberikan baik dari segi keselamatan maupun kenyamanan.

>>> Jangan lupa klik sini untuk simak artikel review mobil yang menarik lainnya

Share This:

Cari harga mobil

Harga mobil per merek

Review mobil populer

International