Review Mobil KIA Morning 2014: Mobil City Car Dengan Harga Terjangkau

27/11/2018 Abdul Review Kia

KIA Morning merupakan kendaraan city car yang terbilang cukup nyaman dikendarai. Selain itu, harga yang ditawarkan juga cukup terjangkau sehingga banyak sekali yang telah meminangnya. Tidak hanya itu saja, mobil ini ditujukan untuk ikut bersaing segmen LCGC yang terkenal akan keiritannya dalam konsumsi bahan bakar dan juga ramah lingkungan. Untuk lebih detail kami berikan informasi lengkapnya pada review mobil KIA Morning 2014.

1. PENGANTAR KIA MORNING 2014

Review Mobil KIA Morning 2014 - Seperti yang telah kita ketahui bersama, kemunculan mobil dalam segmen LCGC membuat pasar otomotif menjadi lebih ramai. Awal kemunculannya banyak orang yang penasaran, apalagi harga yang ditawarkan cukup murah dengan konsumsi bahan bakar yang hemat. Brand otomotif asal Jepang juga berbondong-bondong mengeluarkan produknya dalam segmen ini.

Gambar ini menunjukkan mobil KIA Morning 1.0 2014 warna merah

KIA Morning 1.0 2014 mobil city car ikut bersaing dalam kelas LCGC

Bahkan brand asal Korea yakni KIA juga tidak kalah untuk ikut meramaikan segmen tersebut. Hal tersebut dibuktikan dengan peluncuran KIA Morning yang tidak perlu masuk dalam segmen LCGC namun mempunyai harga yang cukup terjangkau.

Melihat hal tersebut tentunya banyak orang yang penasaran mengenai KIA Morning 1.0 2014. Pasalnya mobil ini merupakan salah satu pilihan masyarakat yang menginginkan mobil city car, apalagi bagi anak muda yang relatif lebih memilih kendaraan dengan tampilan menarik.

>>> Baca juga informasi mengenai harga Mobil segala merk di Hargamobil.com

2. EKSTERIOR KIA MORNING 2014

Apabila dilihat memang dari segi desain KIA Morning 1.0 keluaran tahun 2014 ini desainnya sama dengan KIA Picanto. Bisa jadi mobil ini merupakan paket hemat dari KIA Picanto yang mempunyai harga lebih murah. Dari segi tampilan konsumen bisa memilih beragam warna yang lumayan banyak yakni:

  • Honey Bee
  • Clear White
  • Bright Silver
  • Titanium Silver
  • Galaxy Black
  • Signal Red
  • Cherry Pink
  • Alice Blue
  • Lemon Grass

Bahkan di dalamnya mempunyai bagian yang memang diperuntukkan untuk menggempur pasar dalam segmen LCGC.

Review Mobil KIA Morning 2014: Bagian Depan

Gambar ini menunjukkan bagian depan mobil KIA Morning 1.0 2014 warna kuning

Bagian depan tampak modern dengan desain headlamp yang cukup besar

Apabila dilihat dari bagian depan tampak sama dengan saudaranya Picanto yang saat ini masih dipasarkan di Tanah Air. Dari segi tampilan memang terlihat sangat menarik, apalagi dengan penggunaan grille tiger nose yang merupakan salah satu desain di jaman sekarang dan banyak diminati masyarakat Indonesia. Meskipun begitu, ternyata masih ada bagian yang diperuntukkan sebagai tanda bahwa kendaraan ini merupakan versi ekonomis dari mobil andalan KIA lainnya yakni Picanto. Jadi pada bagian bumper depan masih menggunakan panel hitam polos di bagian sisi grille bawah. Pada bagian ini untuk KIA Picanto merupakan tempat fog lamp. Penggunaan lampu headlamp juga masih memakai model mika kristal dengan desain agak besar sehingga terlihat begitu menarik.

Review Mobil KIA Morning 2014: Bagian Samping

Gambar ini menunjukkan bagian depan mobil KIA Morning 2014 tampak samping kanan

Lekukan - lekukan yang dimiliki KIA Morning membuatnya terlihat lebih modern

Berlanjut ke bagian samping, yang mana desain yang diusung mempunyai kesan kompak dan terlihat cukup menawan. Dari segi ukuran mempunyai panjang 3.595 mm dengan lebar 1.595 mm dan tingginya mencapai 1.477 mm. Untuk membuatnya lebih terlihat modis, dari pihak KIA menyematkan sentuhan garis yang dimulai dari fender menuju lampu tail light.

Namun sebenarnya ada yang disayangkan, jadi untuk KIA Morning 1.0 2014 yang dipasarkan di Tanah Air menggunakan velg kaleng dengan ukuran 13 inci. Sementara untuk ban menggunakan ukuran 155/70 R13. Tapi jangan risau, karena konstruksi velg yang digunakan adalah PCD 4x100. Dengan begitu sobat sebagai pemilik dapat melakukan upgrade sedikit dengan melakukan penggantian velg seperti yang diinginkan supaya tampilannya menjadi lebih bonafit.

Review Mobil KIA Morning 2014: Bagian Belakang

Gambar ini menunjukkan bagian belakang mobil KIA Morning 2014 warna kuning

Lampu bagian belakang dipisah dengan lampu sein belakang

Untuk desain bagian belakang memang mirip dengan milik Picanto. Dari segi bentuk memang terlihat seksi berkat adanya beberapa lekukan yang diberikan pada bagian pintu bagasi dan juga bumpernya. Kalau masalah fitur, terdapat wiper belakang yang dapat mendukung kenyamanan pengendara saat ingin melihat mobil di belakang. Sebagai pembeda yang terlihat jelas adalah segi logo yang digunakan.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

3. INTERIOR KIA MORNING 2014

Pada bagian interior memang sangatlah fungsional. Meskipun begitu esensi estetika desain modern dan juga jiwa muda tidak serta merta ditinggalkan. Namun yang sangat disayangkan adalah terdapat beberapa fitur yang menurut Saya terbilang penting tidak disematkan pada KIA Morning 2014 ini. Jadi bagian sobat yang mencari fitur komplit tidak akan bisa menemukannya di dalam interior mobil city car besutan KIA satu ini.

Pada bagian dalam kabin memang terlihat begitu menarik, namun ada fitur yang tidak ada pada mobil ini yakni central lock. Selain itu untuk power window hanya dipasangkan bagian depan saja. Jadi penumpang belakang hanya bisa mengatur kaca jendela saja dengan menggunakan tuas engkol yang telah disediakan. Bahkan untuk airbags juga ikut absen, padahal di jaman sekarang fitur ini terbilang wajib. Namun apa daya, semuanya terserah perusahaan mau dipasangkan atau tidak.

Review Mobil KIA Morning 2014: Dashboard

Gambar ini menunjukkan dashboard mobil dan kemudi serta head unit dan bagian lainnya pada bagian depan

Dashboard KIA Morning menggunakan desain two-tone sehingga terlihat lebih modern

Berlanjut ke bagian dashboard mobil KIA Morning 1.0, yang mana untuk desainnya terlihat modern dengan menggunakan warna berkonsep two-tone. Pada bagian kanan dan kiri terdapat kisi-kisi AC untuk memberikan kenyamanan baik bagi pengendara maupun penumpang depan. Meskipun belum mempunyai layar, namun sudah bisa untuk mendengarkan musik sebagai penghibur selama perjalanan. Bagian ini telah mendukung single din dengan USB dan Aux Connector.

Tidak hanya itu saja, untuk menyimpan barang selama perjalanan terdapat glove box dan juga pada area konsol tengah yang bisa digunakan. Sedangkan untuk pengaturan AC masih menggunakan knop putar atau pengoperasian secara manual.

Review Mobil KIA Morning 2014: Setir

Gambar ini menunjukkan kemudi mobil dan terlihat ada tuas transmisi dan juga kisi-kisi AC Mobil

Kemudi mobil yag dimiliki KIA Morning sangat nyaman digenggam

Bagian kemudi memakai desain 2 palang dengan didesain sedemikian rupa agar nyaman untuk digenggam. Selain itu, kemudinya juga telah didukung dengan fitur tilt steering. Perpaduan warna hitam dan silver yang digunakan juga menambah tampilannya terlihat modern. Selain itu, ada logo di tengah yang menunjukkan brand kendaraan KIA layaknya setir mobil pada umumnya.

Review Mobil KIA Morning 2014: Kursi

Gambar ini menunjukkan jok kursi mobil dan terlihat ada sepatu terletak di bawah kursi depan

Bawah jok mobil bagian penumpang depan ada ruang kecil bisa untuk meletakkan sepatu atau barang lain

Sedangkan untuk jok yang digunakan juga dirancang dengan baik sehingga dapat memberikan kenyamanan bagi yang mendudukinya. Bahan yang digunakan adalah material fabric yang merupakan bahan standar di kelasnya. Jadi sobat tidak perlu khawatir akan kenyamanan saat sedang duduk santai di dalam mobil sambil menikmati perjalanan bersama teman, pasangan atau keluarga.

Untuk jok penumpang belakang tidak bisa dilakukan pengaturan berhubungan dengan kemiringannya. Namun dalam hal ini tertutupi dengan ketebalan busa jok yang menjadikannya tetap nyaman saat diduduki. Bagi penumpang depat mendapatkan laci rahasia yang berada di bawah kursinya. Tempat ini bisa digunakan untuk menyimpan barang yang dirasa dapat mengganggu apabila diletakkan di area penumpang depan.

>>> Mungkin Tertarik Dengan Review KIA Carens 2017 Yang Merupakan Mobil MPV Cocok Untuk Kendaraan Keluarga

4. FITUR KIA MORNING 2014

Berbicara masalah fitur besutan KIA yaitu Morning 1.0 2014 sebenarnya terbilang kurang. Hal tersebut dikarenakan tidak adanya beberapa fitur penting yang berhubungan dengan safety atau keamanan berkendara. jadi fitur seperti EBD, ABS bahkan airbag tidak disematkan pada mobil ini. Apabila sobat berniat membeli mobil ini sebaiknya mengetahui lebih dahulu, jangan sampai tidak tahu dan menanyakan masalah airbag.

Gambar ini menunjukkan speedometer dengan trip computer dan eco tecnology

Dengan adanya teknologi Eco membuat perjalanan lebih nyaman dan irit bahan bakar

Akan tetapi apabila dilihat dari kemudahannya, mobil ini terbilang cukup baik. Konsumsi bahan bakar yang dimiliki juha irit karena telah diberikan salah satu fitur yang mendukungnya yakni Eco Technology. Jadi terdapat pilihan mode berkendara yakni Eco, untuk cara mengaktifkannya juga terbilang sangat mudah. Jadi pengemudi hanya perlu menekan sebuah tombol MID saja sampai muncul mode dengan tulisan Eco On pada layar.

Selain itu, untuk menambah kenyamanan selama berkendara baik dalam kecepatan tinggi atau rendah, dari pihak KIA memberikan teknologi MDPS. Teknologi tersebut memiliki kepanjangan Motor Driven Power Steering yang memungkinkan pengemudi memutar setir menjadi lebih berat saat kecepatan tinggi. Jadi pengendalian menjadi lebih stabil dan menghindari kemudi tiba-tiba oleng karena terlalu ringan. Namun saat dalam keadaan pelan, kemudi dapat dikendalikan dengan mudah dan sangat ringan. Bagaimana? Apakah tertarik dengan mobil ini.

5. OPERASI KIA MORNING 2014

Pada mobil KIA Morning 1.0 disematkan mesin dengan kapasitas 1.0 L berpadu dengan 3 silinder yang telah menggunakan teknologi Dual CVVT DOHC. Berkat penggunaan mesin tersebut, mobil ini mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar  69 Hp/ 6.200 Rpm dan torsi maksimalnya mencapai 90 Nm/ 3.500 Rpm. Untuk sistem penggerak menggunakan roda depan dengan mengandalkan transmisi manual 5 percepatan. Meskipun mobil ini masuk dalam segmen city car namun kopling yang dimiliki cukup ringan sehingga mudah dalam pengendaliannya.

Gambar ini menunjukkan mesin mobil KIA Morning 1.0 2014 dan terlihat beberapa komponen di dalamnya

Mesin KIA Morning cukup bertenaga dengan penggunaan kopling yang ringan saat dioperasikan

Khawatir akan ada getaran dari mesin! Tenang karena pihak KIA telah menyematkan  3 engine mounting yang menggunakan bahan karet 2 buah dan 1 nya telah menggunakan sistem hidrolis dengan bantuan gas. Jadi apabila dibandingkan dengan mobil sekelasnya dalam segmen city car dan juga menggunakan 3 silinder, mobil ini jauh lebih tenang dari yang namanya getaran.

>>> Baca juga:

6. SPESIFIKASI KIA MORNING 2014

Tentunya kurang lengkap jika tidak disertakan spesifikasinya dalam bentuk tabel  sehingga memudahkan para pembaca yang budiman.

MESIN

Jenis

Kappa 1.0 3-silinder Dual CVVT DOHC

Isi silinder

998 cc

Daya maksimum

69 hp @ 6.200 rpm

Torsi maksimum

90 Nm @ 3.500 rpm

DIMENSI

P x L x T

3.595 mm x 1.595 mm x 1.477 mm

Berat

N/A

Jarak poros roda

2.385 mm

HANDLING DAN SUSPENSI

Transmisi

Manual 5 Percepatan

Suspensi depan

MacPherson strut

Suspensi belakang

Torsion Beam

Rem depan

Disc

Rem belakang

Drum

Ukuran ban

155/70 R13

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN KIA MORNING 2014

Setiap kendaraan tentu memiliki kelebihan serta kekurangan masing-masing, tidak terkecuali KIA Morning. Penasaran bukan? Berikut tabelnya:

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Memiliki fitur Eco Technology

Transmisi hanya manual

Kabin yang dimiliki cukup nyaman untuk penggunaan di kawasan urban

Fitur banyak dikurangi

Desain yang digunakan serupa Kia Picanto

Value for Money

Mesin lebih bertenaga

Perlu melakukan modifikasi agar terlihat lebih menarik

8. DAFTAR HARGA KIA MORNING 2014

Mobil ini dijual pertama kali di Indonesia pada tahun 2014 dengan bandrol yang cukup murah yakni hanya Rp. 124 jutaan saja untuk OTR wilayah Jakarta. Terdapat 9 pilihan warna yang  membuat para konsumen dapat memilih sesuai selera yang dimiliki. Namun sayangnya di tahun 2016 mobil KIA Morning 1.0 telah diberhentikan penjualannya, entah mengapa hal tersebut dilakukan. Bagi sobat yang ingin memilikinya dapat meminangnya namun dalam kondisi bekas saja. Sementara itu, untuk harga pasaran yang beredar di internet berkisar antara Rp. 50 jutaan sampai Rp. 100 jutaan berdasarkan kondisi mesin bodi dan juga perawatan yang dilakukan. Tentunya mobil dengan kondisi baik dan terawat mempunyai harga yang lebih mahal.

9. VIDEO KIA MORNING 2014

10. KESIMPULAN KIA MORNING 2014

Mobil KIA Morning 1.0 2014 ditujukan kepada konsumen yang berjiwa muda dan juga masyarakat yang menginginkan kendaraan dengan harga terjangkau. Dengan masuk dalam segmen city car serta desainnya yang mungil membuatnya banak diminati, meskipun dari segi safety hal tersebut masih kurang. Bagi sobat yang suka dengan mobil bertransmisi manual bisa memilih kendaraan ini karena memang hanya memakai transmisi manual 5 percepatan saja, tidak ada varian transmisi otomatisnya.

>>> Jangan lupa untuk mengetahui spesifikasi lengkap Mobil terbaru dan lama di Hargamobil.com

Share This:

Cari harga mobil

Harga mobil per merek

Review mobil populer

International