Review Mobil Daihatsu Ayla 1.0 D M/T 2017: Mobil Hatchback Murah Untuk Perkotaan

05/01/2019 Abdul Review Daihatsu

Daihatsu Ayla merupakan salah satu kendaraan yang masuk dalam segmen LCGC. Harga yang ditawarkan cukup terjangkau dan konsumsi bahan bakarnya juga sangat irit. Pada tahun 2017 mobil ini mendapatkan facelift sehingga tampilannya menjadi berbeda dengan sebelumnya. Apa sih bedanya? Dari pada penasaran, mari kita lihat review Mobil Daihatsu Ayla 1.0 D M/T 2017 yang merupakan edisi facelift.

1. PENGANTAR DAIHATSU AYLA 1.0 D M/T

Review Mobil Daihatsu Ayla 1.0 D M/T 2017 – Mobil ini pertama kali diluncurkan pada tahun 2013 dan menjadi salah satu mobil yang banyak diminati. Hal tersebut dikarenakan desainnya yang kompak dan yang paling utama adalah harganya murah. Meskipun kadang mobil LCGC sering identik dengan harganya murah, mobil kaleng, miskin fitur dan lainnya. Akan tetapi dari pihak Daihatsu mematahkan anggapan tersebut dengan menghadirkan Ayla edisi facelift. Untuk lebih jelasnya mengenai ketangguhan yang dimiliki bisa melihat penjelasannya di bawah ini.

2. EKSTERIOR DAIHATSU AYLA 1.0 D M/T

Mobil Daihatsu Ayla 1.0 D M/T menggunakan desain yang sangatlah kompak dan terlihat sederhana. Bahkan mobil ini juga selayaknya mobil city car lain yang ada di Indonesia.

Review Mobil Daihatsu Ayla 1.0 D M/T: Bagian Depan

Gambar ini menunjukkan mobil Daihatsu Ayla 1.0 D M/T 2017 tampak bagian depan

Pada Daihatsu Ayla tipe D M/T belum mendapatkan fitur lampu kabut

Pada desain yang digunakan Daihatsu Ayla di bagian depan terlihat sangat stylish. Di bagian tersebut terdapat headlamp dan juga grill yang mempunyai bentuk cukup besar. Selain itu ada juga penambahan garnish bar yang memakai aksen berwarna bodi mobil yang berada di tengahnya. Akan tetapi yang disayangkan adalah belum disematkannya fitur fog lamp yang dapat digunakan untuk menembus kabut. Sementara untuk bagian kap mesin mempunyai sebuah logo Ayla yang menggunakan aksen warna krom.

Review Mobil Daihatsu Ayla 1.0 D M/T: Bagian Samping

Gambar ini menunjukkan Mobil Daihatsu Ayla 1.0 D M/T 2017 tampak bagian samping

Mobil Ayla tipe D dari arah samping terlihat mungil dengan velg yang menarik

Untuk bagian samping memang mempunyai desain selayaknya mobil city car yang sering kita lihat. Sebagai pemanis tambahan pada bagian samping dari Mobil Daihatsu Ayla 1.0 D M/T 2017 adalah penggunaan velg kaleng yang tertutup dengan dop plastik dengan mengandalkan ukuran 13 inci.

Review Mobil Daihatsu Ayla 1.0 D M/T: Bagian Belakang

Gambar ini menunjukkan Daihatsu Ayla 1.0 D M/T 2017 tampak dari belakang

Bagian belakang Daihatsu Ayla D M/T menggunakan desain yang sanagt sederhana

Sedangkan pada bagian belakangnya didesain sederhana dan hanya disematkan rear combination stop lamp. Fitur tersebut menjadi aksesoris pada Mobil Daihatsu Ayla 1.0 D M/T  di bagian belakang.

>>> Mungkin Tertarik:

3. INTERIOR DAIHATSU AYLA 1.0 D M/T

Pada bagian interior menggunakan desain yang minimalis dan terlihat sederhana. Untuk bahan materialnya memakai bahan yang terbilang cukup baik sehingga tampak lebih stylish.

Review Mobil Daihatsu Ayla 1.0 D M/T: Bagian Dashboard Dan Setir

Gambar ini menunjukkan interior depan mobil Daihatsu Ayla 1.0 D M/T 2017

Daihatsu Ayla tipe D M/T memiliki dashboard simpel dan setir yang dibuat sederhana

Pada bagian dashboardnya, Daihatsu Ayla 1.0 D M/T memakai warna hitam yang diberikan secara menyeluruh sehingga tampilannya terlihat simpel. Selain itu ditambahkan pula head unit yang posisinya di bagian tengah dengan mengandalkan sistem audio single DIN.  Dengan mengandalkan sistem tersebut dapat digunakan untuk mengoperasikan fitur sederhana seperti radio AM/FM dan juga CD Player. Tidak hanya itu saja, untuk menambah kenyamanan pengendara saat mengoperasikannya terdapat fitur USB Port dan Aux.

Pada bagian bawah head unit terdapat ruang penyimpanan yang terbuka karena untuk head unitnya menggunakan single DIN. Ditambah lagi ada fitur pengontrol AC mobil yang letaknya berada persis di sebelah persneling. Untuk bagian kemudi, Daihatsu Ayla 1.0 D M/T didesain cukup sederhana. Jadi penggunaan desainnya adalah 3-spoke namun tidak diberikan tombol penunjang untuk pengaturan fitur audio.

Review Mobil Daihatsu Ayla 1.0 D M/T: Bagian Kursi

gambar ini menunjukkan kursi baris kedua pada mobil Daihatsu Ayla 1.0 D M/T 2017

Kursi Ayla D M/T menggunakan bahan fabric yang nyaman untuk diduduki

Berlanjut ke bagian kursi Daihatsu Ayla 1.0 D M/T 2017, yang mana dalam penataannya hanya 2 baris kursi saja. Untuk daya tampung yang dimiliki mencapai 5 orang. Sedangkan bahan material kursi yang dipakai adalah fabric dengan 2 warna dan terbilang empuk serta nyaman saat diduduki. Bahan tersebut sama dengan bahan yang dipakai pada mobil Daihatsu lainnya pada varian terendah.

Review Mobil Daihatsu Ayla 1.0 D M/T: Bagian Bagasi

Gambar ini menunjukkan bagasi mobil Daihatsu Ayla 1.0 D M/T 2017 dengan pintu belakang terbuka

Bagasi mobil Daihatsu Ayla 1.0 D mempunyai bagasi yang muat 3 buah koper ukuran sedang

Berlanjut ke ruang penyimpanan, yang mana bagian bagasi merupakan salah satu tempat penting pada sebuah kendaraan. Karena bagian ini digunakan untuk membawa barang bawaan. Untuk bagasi Daihatsu Ayla 1.0 D M/T terbilang luas karena jika dimasukkan koper ukuran sedang mampu menampung 3 buah.

>>> Mungkin Anda juga tertarik:

4. FITUR DAIHATSU AYLA 1.0 D M/T

Berlanjut pada bagian fiturnya, yang mana pada Ayla ini terbilang kurang mumpuni baik dari fitur keamanan maupun keselamatan. Namun hal tersebut juga sebanding dengan harganya yang terbilang murah. Untuk fiturnya hanya dibekali seat belt pada setiap kursinya yang dapat menjaga pengemudi dan penumpang agar tidak terlempar saat melakukan pengereman mendadak ataupun terjadi benturan. Sedangkan di bagian bodi mobil telah mempunyai fitur side impact beam yang memungkinkan untuk menghindari penyok pada bodi mobil saat terjadi benturan.

>>> Pilihan Mobil MPV Daihatsu Kendaraan Nyaman Untuk Keluarga

5. OPERASI DAIHATSU AYLA 1.0 D M/T

Gambar ini menunjukkan mesin mobil Daihatsu Ayla 1.0 D M/T 2017

Mesin pada Ayla tipe D M/T cukup hemat bahan bakar

Pada bagian performa mobil, dari pihak Daihatsu memberikan mesin 1KR-DE DOHC pada Daihatsu Ayla 1.0 D M/T 2017. Mesin tersebut berpadu dengan 3 silinder segaris 12 katup yang mempunyai kapasitas 998 cc. Dengan mengandalkan mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 65 Ps/ 6.000 rpm. Sedangkan untuk torsi maksimal yang dapat dihasilkan mencapai 86 Nm/ 3.600 rpm. Untuk penggunaan transmisi memakai 5 percepatan manual.

6. SPESIFIKASI DAIHATSU AYLA 1.0 D M/T

Untuk lebih jelasnya bisa melihat spesifikasi lengkap Daihatsu Ayla 1.0 D M/T 2017.

DIMENSI

P x L x T

3.640 x 1.600 x 1.520 mm

Wheelbase

2.455 mm

Jarak Pijak Depan

1.420 mm

Jarak Pijak Belakang

1.415 mm

Ground Clearance

180 mm

Radius Putar

4,4 m

Berat Kosong

770 kg

Kapasitas Tangki

33 liter

PERFORMA MESIN

Tipe Mesin

1KR-DE DOHC 3 silinder segaris 12 katup

Kapasitas

998 cc

Diameter x Langkah

71,0 x 84,0 mm

Tenaga Maksimal

65 Ps / 6.000 rpm

Torsi Maksimal

86 Nm / 3.600 rpm

HANDLING DAN SUSPENSI

Transmisi

5-Speed M/T

Sistem Kemudi

Rack & Pinion with Electronic Power Steering

Suspensi Depan

MacPherson Strut

Suspensi Belakang

Semi Independent Torsion Axle Beam

Rem Belakang

Ventilated Disc

Rem Depan    

Drum, Leading & Trailing

Ban

155/80 R13

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN DAIHATSU AYLA 1.0 D M/T

Setiap kendaraan tentu mempunyai keunggulan dan juga kekurangan masing - masing. Jadi sebelum berniat membelinya bisa mempertimbangkan hal ini. Tujuannya agar tidak ada penyesalan di kemudian hari karena ketidaktahuan pemilik kendaraan.

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Harga yang lebih murah

Kurangnya fitur keselamatan

Penggunaan desain mobil yang kompak

Desain biasa saja baik eksterior ataupun interior

Konsumsi bahan bakar irit

Tenaga yang dimiliki tergolong kecil

8. DAFTAR HARGA DAIHATSU AYLA 1.0 D M/T

Apabila berbicara masalah harga dari Daihatsu Ayla tipe D ini tentu harganya termurah dibandingkan lainnya. Hal tersebut karena tipe ini merupakan varian terendah. Untuk harga Daihatsu Ayla tipe D ini adalah Rp. 94.050.000 OTR. Jadi  mungkin tiap daerah bisa mengalami perbedaan harga meskipun hanya sedikit.

9. VIDEO DAIHATSU AYLA 1.0 D M/T

10. KESIMPULAN DAIHATSU AYLA 1.0 D M/T

Mobil Daihatsu Ayla tipe terendah ini merupakan salah satu mobil city car dengan harga terjangkau. Bagi masyarakat yang menginginkan sebuah kendaraan namun budgetnya minim maka bisa memilih mobil ini. Meskipun fitur mobil ini terbilang masih kurang, namun hal tersebut tergantung selera masing-masing. Jika sobat puas maka hal tersebut akan tetap membuat perjalanan jadi nyaman.

>>> Jangan lupa untuk mengetahui spesifikasi lengkap Mobil terbaru dan lama di Hargamobil.com

Share This:

Cari harga mobil

Harga mobil per merek

Review mobil populer