Review Mitsubishi Xpander Cross Premium Package 2019

23/12/2019 Fatchur Sag Review Mitsubishi

Mitsubishi melengkapi line up unggulannya dengan model crossover, Xpander Cross. Apa yang membuat mobil ini begitu istimewa, simak review Mitsubishi Xpander Cross Premium Package berikut!

1. PENGANTAR MITSUBISHI XPANDER CROSS PREMIUM PACKAGE 2019

Mitsubishi Xpander sudah fenomenal sejak diluncurkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) BSD City Tangerang Banten, pertengahan 2017 silam. Hal ini membuat Mitsubishi Motors memberikan perhatian istimewa melebihi model yang lain. Varian-varian baru pun ditambahkan demi memberi lebih banyak pilihan kepada konsumen.

Foto Mitsubishi XM Concept 2016 tampak dari samping depan

Mitsubishi MIX, cikal bakal Mitsubishi Xpander

Di ajang Indonesia International Motors Show (IIMS) April 2019 Mitsubishi meluncurkan edisi terbatas dari Xpander bernama Mitsubishi Xpander Limited. Mobil ini diambil dari basisnya Xpander Ultimate AT yang diberi sentuhan racing di bagian eksterior dan interiornya. Sesuai dengan namanya Xpander Limited hanya diproduksi sebanyak 1000 unit.

Itu belum membuat Mitsubishi berhenti. November 2019 varian baru kembali diluncurkan dengan model crossover, namanya Xpander Cross. Meski sekadar varian baru, tampilan dari mobil ini cukup membuat banyak orang terpesona dikarenakan tampilannya yang terlihat lebih gagah, lebih mewah tanpa menghilangkan kesannya sebagai mobil keluarga.

Premium Package adalah tipe tertinggi dari tiga pilihan Xpander Cross yang disediakan. Harganya sudah tentu lebih mahal, namun itu wajar mengingat Mitsubishi Xpander Cross Premium Package punya sisi kelebihan dibanding Xpander yang lain. Lantas, apa yang membuat mobil ini lebih layak dipilih, simak review Mitsubishi Xpander Cross Premium Package berikut!

2. EKSTERIOR MITSUBISHI XPANDER CROSS PREMIUM PACKAGE 2019

Secara kasat mata, eksterior Mitsubishi Xpander Cross masih dengan mudah dikenali bahwa itu adalah Xpander yang futuristik dan berbeda dari model lain. Hanya saja mobil ini kelihatan lebih gagah karena ukuran ground clearance-nya lebih tinggi 20 mm, dari sebelumnya 205 mm menjadi 225 mm. Perbedaan akan mudah ditemukan jika Anda melihatnya secara mendetail baik di bagian depan, samping hingga belakang.

Review Mitsubishi Xpander Cross Premium Package 2019 : Bagian Depan

Foto menunjukkan Mitsubishi Xpander Cross Premium Package tampak dari depan

Bagian depan Mitsubishi Xpander Cross Premium Package terlihat lebih gagah

Seperti halnya Xpander varian lain, bagian depan Mitsubishi Xpander Cross Premium Package juga mengusung desain Dynamic Shield. Namun garisnya dibuat lebih tegak. Gril dibuat lebih mewah menggunakan warna dark chrome metallic dan bentuk seperti gear. Pada bagian lampu-lampu sudah menggunakan LED untuk lampu utama, fog lamp, serta sein.

Kesan crossover ditampakkan lewat bumper baru dan under guard yang dibikin tegas mengotak, seperti bumpernya salah satu varian Mitsubishi Delica. Lalu di bagian atas, yaitu di bagian ujung bonet terdapat emblem XPANDER CROSS asli dari pabrikan alias bukan aksesoris aftermarket.

Review  Mitsubishi Xpander Cross Premium Package 2019 : Bagian Samping

Foto menunjukkan Mitsubishi Xpander Cross Premium Package dari samping

Tampak ground clearance lebih tinggi selayaknya crossover

Dimulai dari atas bagian samping langsung terlihat adanya roof rail. So, ini akan memudahkan Anda menambahkan roof rack jika butuh akomodasi lebih banyak dari bagasi yang disediakan. Sedikit ke bawah, ada spion dengan warna krom yang sudah auto folding. Kebawah lagi di bagian bodi terdapat side body garnish dengan under guard senada dengan under guard bagian depan. Lekukan roda depan dan belakang terdapat fender warna hitam doff berukuran besar. Konon, penyematan fender besar ini tak hanya memberikan kesan gagah, tapi juga untuk menutupi ruang kososng akibat suspensi yang ditinggikan.

Lalu untuk roda digunakan ban DUNLOP berukuran 205/55 dengan pelek berukuran 17 inchi. Peleknya palang lima dual tone dengan desain menarik dan bernuansa tegas.

Review Mitsubishi Xpander Cross Premium Package 2019 : Bagian Belakang

Foto menunjukkan Mitsubishi Xpander Cross Premium Package bagian belakang

Bagian belakang tidak terlalu banyak perubahan, namun tetap menarik

Perbedaan paling mencolok bagian belakang Mitsubishi Xpander Cross dengan Xpander lain ada di bagian bawah, dimana bumper menggunakan warna hitam doff dengan under guard di tengah berwarna silver senada dengan bagian depan. Di kiri kanan bumper terdapat reflektor berbentuk vertikal yang terlihat menyala manakala tersorot lampu kendaraan lain di belakang.

Di bagian tengah terdapat panel warna hitam metallic berukuran besar tepat di atas dudukan plat nomor. Lalu jendela belakang ada wiper serta garis-garis defogger. Penampilan makin menarik berkat spoiler yang dilengkapi high mount stop lamp serta shark fin antenna di bagian atap.

Overall dilihat dari sisi manapun eksterior Mitsubishi Xpander Cross nampak lebih gagah sesuai maksud tujuannya sebagai crossover.

>>> Baca juga :

3. INTERIOR MITSUBISHI XPANDER CROSS PREMIUM PACKAGE 2019

Dilihat dari tatanannya, bagian interior Mitsubishi Xpander Cross tak berbeda dengan Xpander lain. Hanya saja untuk tipe Premium Package ini tampilannya lebih mewah.

Review Mitsubishi Xpander Cross Premium Package 2019: Kabin

Foto menunjukkan bagian kabin Mitsubishi Xpander Cross Premium Package

Warna gelap interior memberi kesan gagah

Bagi Anda yang kurang suka dengan Mitsubishi Xpander Ultimate AT karena interiornya terlalu terang sehingga mudah kotor, Mitsubishi Xpander Cross bisa jadi pilihan yang pas. Kabin mobil ini sebagian besar menggunakan warna gelap sebagaimana interior mobil-mobil SUV dengan kombinasi hitam dan coklat tua. Terkecuali pada bagian atap yang masih menggunakan warna beige sebagaimana Xpander yang lain.

Review Mitsubishi Xpander Cross Premium Package 2019 : Dashboard dan Setir

Warna dashboard silver metalik ini menjadikan Anda yang melihat akan langsung jatuh hati meskipun berada di sebelah kanan stir. Dibentuk dengan lekukan yang unik dan lembut membuat tampilannya semakin dicintai. Ada pula layar GPS yang cukup jelas memandu Anda dalam setiap perjalanan. Area bawah dashboard yang cukup luas membuat Anda nyaman untuk selonjoran kaki dan tidak panas seperti mobil biasa ya.

Foto menunjukkan dashboard dan setir Mitsubishi Xpander Cross Premium Package 2019

Kabin mewah dengan nuansa sporty

Seperti disebut di atas, tatanan interior Xpander Cross sama dengan Xpander lain. Hanya beberapa detail kecil yang membuat dashboard dan setir Mitsubishi Xpander Cross Premium Package ini terlihat beda. Dashboard kini menggunakan warna kombinasi hitam dan coklat tua. Head unit 7 inci dengan peletakan floating sebagaimana yang lain. Dial di head unit dan cluster meter tidak lagi bertuliskan Xpander, tapi XPANDER CROSS.

Setir sudah dilapisi bahan kulit dan bisa tilt teleskopik agar bisa diatur sesuai kenyamanan pengemudi. Lalu ada tombol cruise control dan pengaturan MiD di palang sebelah kanan. Di palang sebelah kiri terdapa tombol pengaturan audio, tombol jawab dan tolak panggilan telepon.

Review Mitsubishi Xpander Cross Premium Package 2019 : Jok

Foto menunjukkan Jok Mitsubishi Xpander Cross Premium Package 2019

Jok kulit membedakan interior Xpander Cross Premium Package dengan yang lain

Meski menyasar segmen crossover, Mitsubishi Xpander Cross tetaplah mobil keluarga dengan jok muat 7 penumpang dan 1 sopir. Yang menarik untuk tipe Premium Package jok sudah dilapisi bahan kulit asli dengan kombinasi warna hitam dan coklat tua. Penggunaan jok dengan material kulit inilah yang membedakan Mitsubishi Xpander Cross Premium Package dengan dua tipe di bawahnya, MT dan AT yang menggunakan jok berbahan fabric.

Review Mitsubishi Xpander Cross Premium Package 2019: Bagasi

Foto menunjukkan Bagasi Mitsubishi Xpander Cross 2019

Jok belakang dilipat memberi ruang lebih lega untuk akomodasi barang

Satu yang tak dilupakan sebagai ciri khas mobil keluarga adalah bagasi. Mitsubishi Xpander Cross punya bagasi yang sama luasnya dengan Xpander lain. Jika masih kurang, kursi baris ketiga bisa dilipat sesuai kebutuhan dengan konfigurasi 50:50. Anda akan mendapati ruang bagasi yang lebih luas untuk mengakomodir banyak barang bawaan.

>>> Baca juga:

4. FITUR MITSUBISHI XPANDER CROSS PREMIUM PACKAGE 2019

Hanya ada sedikit fitur yang benar-benar baru untuk Mitsubishi Xpander Cross Premium Package, seperti lampu utamanya yang kini sudah LED. Namun ini sudah terbilang cukup.

Review Mitsubishi Xpander Cross Premium Package 2019 : Keselamatan dan Keamanan

Gambar ilustrasi Emergency Stop Signal Mitsubishi Xpander Cross

Fitur keselamatan Xpander Cross cukup lengkap

Mobil ini dilengkapi fitur keselamatan dan keamanan berupa:

  • ABS+EBD untuk mengatur laju kendaraan dan menghindari rem terkunci saat melakukan pengereman.
  • ESS (Emergency Stop Signal), yaitu menyalakan lampu hazard secara otomatis manakala terjadi pengeraman mendadak saat darurat.
  • ASC (Active Stability Control) yang akan mengontrol kendaraan supaya tidak tergelincir saat menikung.
  • HSA (Hill Start Assist) untuk mencegah mobil melorot saat akan melaju di tanjakan. Fitur akan melakukan pengereman otomatis dalam beberapa detik sekira mencukupi bagi pengemudi memindah kaki dari pedal rem ke pedal gas.
  • Kamera parkir dengan sensor,
  • Dual SRS airbags untuk melindungi pengemudi dan penumpang depan dari benturan
  • Sabuk keselamatan di semua titik kursi
  • ISOFIX, buat mengaitkan kursi balita, serta
  • Immobilizer dengan alarm.

Review Mitsubishi Xpander Cross Premium Package 2019 : Hiburan

Foto menunjukkan Head Unit Mitsubishi Xpander Cross Premium Package 2019

Kenyamanan tetap diperhatikan secara maksimal

Sedangkan untuk menemani pengendara selama perjalanan, Mitsubishi melengkapi Xpander Cross dengan audio system dengan layar sentuh 7 inchi. Di dalamnya ada Radio AM/FM, USB Player, iPhone/iPad/iPod connectivity, bluetooth dengan fungsi hands free, smartphone connectivity dan yang lain.

>>> Keluhan Konsumen: Solusi Lampu Mitsubishi Xpander Yang Dirasa Kurang Terang

5. OPERASI MITSUBISHI XPANDER CROSS PREMIUM PACKAGE 2019

Foto menunjukkan Mesin Mitsubishi Xpander Cross Premium Package 2019

Mitsubishi Xpander Cross menggunakan mesin yang sama dengan Xpander yang lain

Tidak ada yang berubah dari sistem operasi mobil ini. Mesin masih sama dengan Xpander varian lain yaitu bensin kapasitas 1,499 cc dengan teknologi MIVEC (Mitsubishi Innovative Valve timing Electronic Control system) DOHC 16 valve yang memberi kemudahan operasi dari rpm rendah ke tinggi. Mesin yang ini mampu menghasilkan tenaga maksimum 105 PS pada putaran 6,000 rpm dan torsi maksimum 141 Nm pada putaran 4,000 rpm. Tenaga disalurkan ke roda depan sesuai drivetrain-nya front wheel drive (FWD). Sedangkan untuk transmisi Mitsubishi Xpander Cross Premium Package menggunakan transmisi otomatis 4-percepatan.

Penggunaan suspensi khusus menggunakan rebound spring membuat ground clearance mobil ini lebih tinggi sehingga dapat memberikan kenyamanan maksimal kepada pengendara dan penumpang dalam melalui berbagai medan.

Foto menunjukkan Suspensi khusus Mitsubishi Xpander Cross Premium Package 2019

Suspensi khusus membuat ground clearance Xpander Cross makin tinggi

>>> Daftar Harga Mitsubishi Xpander Cross 2019 : Kombinasi Kenyamanan MPV Dengan Ketangguhan

6. SPESIFIKASI MITSUBISHI XPANDER CROSS PREMIUM PACKAGE 2019

DIMENSI

Panjang

4500 mm

Lebar

1800 mm

Tinggi

1750 mm

Jarak sumbu roda

2775 mm

Ground Clearance

225 mm

MESIN

Tipe mesin

4A91 1.5L MIVEC DOHC 16-Valve

Kapasitas silinder

1499 cc

Tenaga maksimum mesin

105 PS (103,5 Hp) @ 6000 rpm

Torsi maksimum mesin

141 Nm @ 4000 rpm

Bahan bakar

Bensin

Kapasitas tangki bahan bakar

45 liter

Sistem bahan bakar

PGM-FI (Fuel Injection)

Transmisi

Otomatis 4 Percepatan

KAKI-KAKI

Sistem kemudi

Rack and Pinion, Electric Power Steering (ESP), Tilt/Telescopic

Sistem penggerak roda Penggerak roda depan / Front Wheel Drive (FWD)

Suspensi depan

MacPherson Strut with Coil Spring

Suspensi belakang

Torsion Beam

Rem depan

Cakram

Rem belakang

Tromol

Ukuran ban

205/55 R17

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN MITSUBISHI XPANDER CROSS PREMIUM PACKAGE 2019

KELEBIHAN KEKURANGAN
Tampilan lebih keren dan gagah dari Xpander small MPV Tidak ada fitur yang benar-benar baru kecuali sensor parkir dengan kamera parkir belakang
Kabin mewah, warna gelap membuat kabin tidak cepat terlihat kotor Mesin masih sama dengan Xpander small MPV
Jok dilapis bahan kulit  
Segala fungsional Xpander small MPV ada disini  
Harga bersahabat (di bawah Rp 300 juta)  

8. HARGA MITSUBISHI XPANDER CROSS PREMIUM PACKAGE 2019

Foto Mitsubishi Xpander Cross Premium Pakcage saat diluncurkan

Mitsubishi Xpander Cross dijual dengan harga menarik

Mitsubishi Xpander Cross Premium Package adalah tipe tertinggi dari 3 varian Xpander Cross. Mobil ini dijual dengan harga Rp 286.700.000. Selain mendapatkan paket Leater Seat, setiap pembelian unit baru bakal mendapatkan tambahan kaca film V-Kool.

Dua varian lainnya yaitu Cross A/T yang dijual dengan harga Rp 286.700.00, dan Cross M/T yang dijual dengan harga Rp 277.700.000. Seluruh harga on the road DKI Jakarta dan sekitarnya pada Desember 2019. Untuk lokasi dan waktu yang berbeda harga kemungkinan besar tidak sama. Jadi, sebaiknya cek harga aktual Mitsubishi Xpander Cross di diler resmi terdekat.

9. VIDEO MITSUBISHI XPANDER CROSS PREMIUM PACKAGE 2019

10. KESIMPULAN MITSUBISHI XPANDER CROSS PREMIUM PACKAGE 2019

Layak atau tidak layak mobil ini buat dimiliki, itu tergantung kebutuhan dan selera. Jika Anda lebih memprioritaskan fungsional dan kenyamanan berkendara, Anda bisa memilih Mitsubishi Xpander small MPV tipe Ultimate A/T. Selain harganya lebih murah belasan juta rupiah, Xpander Ultimate sudah sangat mengakomodir apa yang Anda butuhkan.

Tapi kalau Anda ingin lebih, seperti penampilan yang gagah, interior yang mewah serta kenyamanan berkendara di segala medan, Mitsubishi Xpander Cross Premium Package lebih layak untuk dipilih. Jadi, pertimbangkan masak-masak sebelum Anda memutuskan!

>>> Klik di sini untuk mengetahui harga mobil terbaru lainnya di Hargamobil.com

Share This:

Cari harga mobil

Harga mobil per merek

Review mobil populer