Review Mitsubishi Xpander 2018: Siap Dominasi Segmen MPV Hingga Akhir Tahun

27/07/2018 Metodius Getan Review Mitsubishi

Ketika otak kita dijejali dengan MPV yang itu-itu saja maka harus ada perubahan jika ingin merasakan MPV yang baru. Mungkin masyarakat tanah air akan lebih mengenal Avanza di segmen ini, tetapi Mitsubishi sudah mempersiapkan senjata untuk menggantikan kekuasaan Avanza dengan Mitsubishi Xpandernya. Gebrakan itu seolah mengisi celah kosong yang tidak dimiliki Avanza, mulai dari desain eksterior, interior, fitur hingga teknologi dan mesin.

1. PENGANTAR

Review Mitsubishi Xpander 2018 - MPV 7 seater ini merupakan produk kebanggaan Indonesia, karena dirancang dan diproduksi di Indonesia oleh Mitsubishi Motors. Mitsubishi Xpander diperkenalkan pada 24 Juli 2017 , dan diluncurkan pada 10 Agustus 2017 di pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 di Indonesia Convention Exibition, Tangerang Selatan. Diawal kemunculannya, Xpander langsung ditantang oleh senior di kelas low MPV, seperti  Toyota Avanza, Daihatsu Xenia hingga Suzuki Ertiga. Tidak berlangsung lama dari tanggal peluncurannya, Mitsubishi Xpander bisa merebut tahta kekuasaan Avanza di segmen Low MPV. Keberhasilan desainer Mitsubishi nampaknya direstui oleh keinginan pasar, karena mobil ini seperti gabungan dari dua jagoan Mitsubishi sebelumnya yaitu Mitsubishi Pajero Sport dan juga Mitsubishi Outlander. Hingga kini Xpander masih laku dipesan, lantas bagaimana dengan Anda? Jika masih bingun, simak ulasan Hargamobil.com berikut ini.

2. EKSTERIOR

  • Review Mitsubishi Xpander 2018: Sisi Depan

Mitsubishi Xpander 2018 Memiliki Bumper Depan Yang Besar

Sisi Depan Mitsubishi Xpander

Besar nan garang, begitulah penampilan depannya, Mitsubishi begitu tepat mendesain Xpander, desain itu sepertinya mewakili mayoritas pecinta otomotif tanah air. Konsep depan dari Xpander mengusung tema Attractive Dynamic Design yang tidak lain adalah penggabungan konsep antara MPV dan SUV. Pada sisi pencahayaan, Xpander dibekali dengan lampu utama yang sangat unik berbeda dari MPV kebanyakan. Lampu depannya seperti dibuat tiga tingkat pencahayaan, pertama posisi lampu LED di letakan pada sisi yang lebih tinggi yaitu di kap mesin, serta lampu depan yang besar di letakan di tengah, serta lampu kabut berbentuk bulat diletakan pada sisi paling bawah. Grill berwana abu-abu glossy yang tebal diperkuat oleh logo Mitsubishi ditengahnya.

  • Review Mitsubishi Xpander 2018: Sisi Samping

Bagian Samping Mitsubishi Xpander 2018 Begitu Stylish Dengan Tarikan Garisnya

Bagian Samping Xpander

Bergerak ke samping Mitsubishi Xpander 2018 tidak kalah mewahnya dari bagian depan. Kesan sporty dan dinamis menjadi satu, dengan tarikan tegas dari belakang hingga pintu depan, sekilas seperti tarikan garis Honda Jazz. Aksen krom sangat kental, terlihat pada list ujung kaca samping mobil, senada dengan handle pintunya. Desain pelek yang stylish begitu pas dengan desain bodynya, pelek berukuran 15 inci pun sangat proporsional, untuk ukuran pelek tersedia juga 16 inci untuk tipe EXCEED, SPORT hingga ULTIMATE.

  • Review Mitsubishi Xpander 2018: Sisi Belakang

Bagian Belakang Mitsubishi Xpander 2018 Mirip Dengan Pajero Sport

Tampak Belakang Xpander

Ketika melihat sisi belakang ini, bentuknya cukup unik dan tetap keren. Sekilas memang hampir sama dengan saudara seniornya yaitu Pajero Sport. Cluster lampu belakang sudah menggunakan LED dengan High-mount Stop Lamp. Sama seperti di depan ada underguard berwarna silver terpasang di bagian bawah belakang mobil.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

3. INTERIOR

  • Review Mitsubishi Xpander 2018: Kursi

Kursi Mitsubishi Xpander 2018 Memiliki Warna Beige Elegan

Kabin Mitsubishi Xpander 

Masuk kedalam kabinnya, kita langsung disuguhi warna two-tone hitam beige dengan tambahan aksen kayu pada sisi dasbor dan juga door trim. Kursi ini terasa mewah, kursi kabin yang muat hingga tujuh orang penumpang ini terbilang nyaman, apalagi headroom dan legroomnya cukup lapang. Jika ingin membawa barang cukup banyak dan penumpang hanya 5 orang, kursi baris ketiga dapat direbahkan dan mendapat bagasi lebih luas dengan permukaan yang rata.

  • Review Mitsubishi Xpander 2018: Dashboard

Dashboard Cantik Mitsubishi Xpander 2018 Dengan 3 Warna

Dashboard Mitsubishi Xpander

Kita bahas sedikit tentang dashboardnya, mobil ini memiliki dashboard yang cantik menurut kami, karena ada beberapa paduan warna yang dijadikan satu. Penggabungan beberapa warna membuat dasbornya nyaman dilihat, antara warna hitam, beige, aksen kayu dan juga sedikit list silver. Pada sisi tengah dilengkapi dengan head unit yang support untuk beberapa fitur audio dan juga pengaturan AC analog di bawahnya. Adapun instrumen meter yang begitu futuristik dengan MID berwarna di bagian tengah yang di apit oleh tachometer dan speedometer.

  • Review Mitsubishi Xpander 2018: Setir

Setir Xpander sudah dibekali dengan tilt dan telescopic steering, kemudi ini cukup baik karena bukan hanya materialnya saja yang enak di genggam tetapi ukruannya dirasa pas. Selain itu pada roda kemudi sisi kiri terdapat tombol-tombol pengatur audio seperti pengaturan naik tinggi audio.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

4. FITUR

Mitsubishi Xpander 2018 Dibekali Banyak Fitur Safety

Safety Mitsubishi Xpander

Sebagai pendatang baru, Xpander bukan hanya dibekali desain interior dan interior yang bagus atau mesin yang bertenaga saja, tetapi sudah dibekali dengan fitur safety yang cukup mempuni. Beberapa fitur safety dari Mitsubishi Xpander adalah Anti-lock Breaking System (ABS), Rise Body (Reinforced Impact Safety Evolution), Hill Start Assist (HSA), Pedestrian Protection, Active Stability Control (ASC), Dual SRS Airbag hingga Emergency Stop Signal (ESS).

>>> Ini Dia Pilihan Mobil MPV Toyota Cocok Untuk Kendaraan Keluarga

5. OPERASI

Mitsubishi Xpander 2018 Memiliki Mesin 4A91 MIVEC DOHC 16-Valve

Mesin Mitsubishi Xpander

Dari tadi pasti Anda bertanya mesin apa yang digunakan untuk MPV 7 seater ini. Mitsubishi Xpander dibekali mesin 4A91 1.5L MIVEC DOHC 16-Valve. Mesin ini mampu memberikan tenaga sebesar 104 PS pada putaran 6.000 rpm, serta torsi 141NM pada putaran 4.000 rpm. Tenaga mesin ini disalurkan ke roda depan melalui transmisi manual 5-perecepatan dan 4-percepatan otomatis.

>>> Rekomendasi Modifikasi Mitsubishi Xpander Agar Tampil Lebih Menarik

6. SPESIFIKASI

Kami juga sudah menyiapkan spesifikasi dari Mitsubishi Xpander 2018 di tabel berikut.

Tipe

ULTIMATE A/T

SPORT A/T

EXCEED A/T

EXCEED M/T

GLS M/T

GLX M/T

Mesin

Tipe Mesin

4A91 1.5L MIVEC DOHC 16-Valve

Kapasitas

1499 cc

Tenaga Maksimal

(104 PS)/6000 rpm

Torsi Maksimal

141 nm /4000 rpm

Kapasitas Tangki

45 L

Transmisi

4 Speed A/T

5 Speed M/T

Dimensi

Panjang

4475 mm

Lebar

1750 mm

Tinggi

1700 mm

1695 mm

Jarak Sumbu Roda

2275 mm

Jarak Terendah

205 mm

200 mm

Berat

1780 kg

Kaki-kaki

Suspensi depan

Macpherson Strut Coil Spring

Suspensi Belakang

Torsion Beam

Rem Depan

Disk Brake

Rem Belakang

Drum Brake

Ukuran Ban

205/55 R16

185/65 R15

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN

Setiap mobil yang keluar pasti ada kelebihan dan kekurangannya, terlebih Xpander merupakan pendatang baru yang masih menjadi bahan perbincangan pecinta otomotif. Dibawah ini kami sudah merangkum secara singkat mengenai kelebihan dan kekurangan Mitsubishi Xpander 2018.

Kelebihan

Kekurangan

Desain gabungan MPV dan SUV

Rem belakang masih tromol

Kabin senyap

FWD masih kurang begitu responsif di tanjakan

Interior cukup lapang

 

Ground clearance tinggi

 

Suspensi  empuk

 

Transmisi terbilang halus

 

8. DAFTAR HARGA

Tabel dibawah merupakan daftar harga dari Mitsubishi Xpander yang kami peroleh dari sumber resmi penjualan Mitsubishi di Indonesia.

Model

Harga Mitsubishi  Xpander

Mitsubishi Xpander GLX M/T

Rp 197.100.000

Mitsubishi Xpander GLS M/T

Rp 215.600.000

Mitsubishi Xpander EXCEED M/T

Rp 222.600.000

Mitsubishi Xpander EXCEED A/T

Rp 233.000.000

Mitsubishi Xpander SPORT A/T

Rp 245.200.000

Mitsubishi Xpander ULTIMATE A/T

Rp 253.400.000

9. VIDEO

10. KESIMPULAN

Banyaknya low MPV di Indonesia, membuat calon pembeli sedikit dipaksa selektif. Pasalnya konsumen dijejali dengan banyaknya varian MPV lintas merk, kehebatan Xpander dalam mengambil hati para konsumennya tidak terlepas dari desain yang jauh lebih modern dan kelengkapan fitur. Dengan fakta meyakinkan bahwa bisa saja Xpander akan menempati singgasana Avanza yang dulu menjadi MPV sejuta umat di Indonesia.

>>> Untuk membeli mobil lebih aman dan cepat, jangan lupa mampir situs Cintamobil.com

Share This:

Cari harga mobil

Harga mobil per merek

Review mobil populer

International