Review Mitsubishi Pajero Sport RF Limited Edition 2018 : SUV Dengan Sistem Audio Sekelas Konser

02/08/2019 Fatchur Sag Review Mitsubishi

Kehadiran Mitsubishi Pajero Sport RF Limited Edition 2018 di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018 menawarkan eksklusivitas dan keistimewaan tersendiri karena mobil ini dilengkapi sistem audio dari Rockford Fosgate dan hanya dibuat 1000 unit.

1. PENGANTAR MITSUBISHI PAJERO SPORT RF LIMITED EDITION 2018

Anda yang sudah lama mengenal atau kebetulan mempunyai Pajero Sport Dakar 4x2 mungkin tak akan menemukan perubahan signifikan pada Mitsubishi Pajero Sport RF Limited Edition 2018. Ya, karena varian terbaru ini memang dibuat menggunakan Pajero Sport Dakar 4x2. Hanya saja, Pajero Sport RF dirancang juga untuk meningkatkan pengalaman mendengarkan musik selama berkendara. Mitsubishi berani mengklaim dengan menggunakan audio sistem dari Rockford Fosgate, Mitsubishi Pajero Sport RF Limited Edition 2018 memiliki audio sekelas konser besar dalam sebuah kendaraan.

Foto Mitsubishi Pajero Sport RF Limited Edition 2018 saat diluncurkan di IIMS 2018

Mitsubishi Pajero Sport RF Limited Edition yang diluncurkan di IIMS 2018 hanya diproduksi 1000 unit

Kepala Departemen Perencanaan Produk MMKSI, Andri Irawan, pada ajang IIMS 2018 mengungkapkan keunggulan Mitsubishi Pajero Sport RF Limited Edition 2018 bukan hanya terletak pada sistem audio dan harga. Ada macam-macam aksesori dan item baru yang disematkan untuk memenuhi kebutuhan konsumen.

Anda akan mendapati emblem dan desain logo Rockford Fosgate pada bagian depan dan belakang memperlihatkan eksklusivitas kendaraan. Demikian pula di bagian interior, emblem Rockford Fosgate juga terpasang di beberapa bagian, terutama pada kompinen sistem audio. Peningkatan harga pun menjadi pertimbangkan bagi mereka yang hendak membeli mobil dari Mitsubishi ini terlepas dari berbagai kelebihan yang ditawarkan.

2. EKSTERIOR MITSUBISHI PAJERO SPORT RF LIMITED EDITION 2018

Mitsubishi tak akan menyepelekan desain penampilan Mitsubishi Pajero Sport RF Limited Edition 2018 walau mereka mempunyai sistem audio mumpuni. Sesuai namanya, mobil ini masih mempertahankan kesan sporty seperti para pendahulu. Lantas, apa saja hal spesial yang ditawarkan Mitsubishi dari segi penampilan luar untuk para konsumen?

Review Mitsubishi Pajero Sport RF Limited Edition 2018 : Bagian depan

Foto bagian depan Mitsubishi Pajero Sport RF Limited Edition 2018

Diamond Black Mica jadi satu-satunya warna untuk Mitsubishi Pajero Sport RF Limited Edition 2018

Seperti yang disebutkan, Mitsubishi Pajero Sport RF Limited Edition 2018 tak mempunyai perbedaan kentara dengan versi Dakar. Namun ada atensi serius dari Mitsubishi untuk memberdakan varian ini dengan yang lain. Elemen yang membedakannya adalah penambahan emblem engine hood di bagian depan yang menciptakan kesan maskulin serta agresif. Kemudian, pada bagian bawah, terdapat balutan under garnish yang semakin menegaskan ketangguhan dari kendaraan-kendaraan di kategori SUV besutan Mitsubishi. Penambahan tersebut jelas tetap memberikan kesan minimalis tanpa mengurangi nuansa sporty nan elegan.

Review Mitsubishi Pajero Sport RF Limited Edition 2018 : Bagian samping

Foto bagian samping Mitsubishi Pajero Sport RF Limited Edition 2018

Dari bagian samping tetap terlihat gagah dan macho

Bagian samping Mitsubishi Pajero Sport RF Limited Edition 2018 juga tidak mendapatkan banyak perubahan drastis. Wajar saja mengingat bodi samping merupakan akses utama bagi supir dan penumpang untuk masuk maupun keluar, sehingga ada baiknya perubahan tak mengganggu fungsi utama pintu. Kendati begitu, Mitsubishi tetap memberikan hal baru dengan menggunakan pelek 18 inci berdesain spesial. Langkah ini bertujuan untuk menyempurnakan sentuhan sporty secara menyeluruh pada eksterior kendaraan.

Review Mitsubishi Pajero Sport RF Limited Edition 2018 : Bagian belakang

Foto bagian belakang Mitsubishi Pajero Sport RF Limited Edition 2018

Emblem Rockford Fosgate Limited Edition tidak dimiliki semua mobil

Eksterior belakang, seperti halnya eksterior depan, mendapatkan atensi serius dari Mitsubishi. Mitsubishi Pajero Sport RF Limited Edition 2018 memperoleh under garnish beraksen perak yang berfungsi juga sebagai proteksi ekstra saat Anda membawa mobil ini ke medan berat.

Spare Tire Cover yang ditempatkan di bawah bumper belakang mobil bisa Anda gunakan untuk menaruh ban cadangan. Dengan begitu, ruang bagasi menjadi lebih luas dan besar. Anda pun dapat menyimpan banyak barang di sana tanpa harus menyingkirkan ban cadangan terlebih dulu.

Perbedaan lain ada pada knalpot. Mobil ini sudah memakai muffler cutter yang menjadi ciri khas penampilannya. Emblem khusus yang diletakkan pada bagian belakang, tepatnya di sisi kiri, menandakan bahwa Anda adalah salah satu dari seribu orang beruntung memiliki Mitsubishi Pajero Sport dengan emblem Rockford Fosgate mengingat edisi ini tak diproduksi untuk kebutuhan massal dan hanya ada 1000 unit saja.

>>> Mungkin Anda juga tertarik:

3. INTERIOR MITSUBISHI PAJERO SPORT RF LIMITED EDITION 2018

Atensi yang diberikan pada interior mobil memang lebih mendetail karena ada banyaknya komponen yang harus disesuaikan. Mitsubishi Pajero Sport RF Limited Edition 2018 dibekali sistem audio modern untuk memaksimalkan output audio yang Anda pasang. Namun lebih dari itu, ada sejumlah fitur dan layanan yang tak boleh Anda abaikan daru mobil sporty keluaran Mitsubishi tersebut.

Review Mitsubishi Pajero Sport RF Limited Edition 2018 : Kabin

Foto kabin depan Mitsubishi Pajero Sport RF Limited Edition 2018

Interior mobil didominasi warna hitam, kecuali di bagian pilar dan atap

Ketika membuka Mitsubishi Pajero Sport RF Limited Edition 2018, Anda akan disambut kabin minimalis nan elegan bernuansa hitam. Jok penumpang yang tampak berkelas akan menjamin perjalanan tetap nyaman. Tidak hanya itu, Anda bisa mengendalikan kemudi sekaligus mengatur hiburan dalam satu jangkauan tangan.

Review Mitsubishi Pajero Sport RF Limited Edition 2018 : Dashboard dan Kemudi

Desain dashboard Mitsubishi Pajero Sport RF Limited Edition 2018 masih mempertahankan nuansa elegan khas Mitsubishi. Warna hitam dengan aksen perak disepuh untuk menyelaraskan konsepnya dengan eksterior kendaraan. Meski minim perubahan, dashboard mobil ini tetap fungsional. Anda bisa menyimpan sejumlah barang dengan mudah pada sejumlah kompartemen dan tak akan menganggu kenyamanan selama berkendara. Fokus Anda pun tak akan sering teralihkan.

Foto bagian dashboard dan kemudi Mitsubishi Pajero Sport RF Limited Edition 2018

Panel kontrol kendaraan berada dalam jangkauan pengemudi

Seperti dashboard, kemudi atau setir Mitsubishi Pajero Sport RF Limited Edition 2018 juga mengedepankan kenyamanan dan fungsi. Oleh karena itu, Mitsubishi menyediakan kemudi berlapis kulit dengan aksen chrome yang bakal membuat tangan Anda nyaman selama mengemudikan mobil.

Tidak sampai di situ, ada fitur Audio Steering Switch beserta Paddle Shift yang memberikan kepraktisan saat Anda membawa mobil. Kemudian untuk menyesuaikan laju kecepatan dengan kendaraan yang berada di depan Anda, Mitsubishi menghadirkan fitur Adaptive Control Cuise atau ACC. Jadi, Anda tak akan kerepotan, terutama saat berada di jalan tol atau bebas hambatan.

Review Mitsubishi Pajero Sport RF Limited Edition 2018 : Kursi/jok

Foto kabin Mitsubishi Pajero Sport RF Limited Edition 2018

Kabin Mitsubishi Pajero Sport RF Limited Edition 2018 bisa memuat hingga 8 penumpang sekaligus

Mitsubishi Pajero Sport RF Limited Edition 2018 termasuk mobil sporty luas, karena memilki kapasitas penumpang hingga maksimal 7-8 orang. Jok bermaterial premium membuatnya tahan lebih lama dibandingkan para pendahulunya. Jadi wajar saja apabila Mitsubishi membanderol harga lebih mahal dibanding varian lain karena mengedepankan kenyamanan sejak dari material kursi penumpangnya.

Review Mitsubishi Pajero Sport RF Limited Edition 2018 : Bagasi

Foto bagasi Mitsubishi Pajero Sport RF Limited Edition 2018

Bagasi cukup untuk membuat barang bawaan para penumpang

Kehadiran Spare Tire Cover, seperti yang disebutkan, memberikan keleluasaan pada pemiliki Pajero Sport Rockford Fosgate 2018 untuk menaruh barang lebih banyak di bagasi. Di sisi lain, Anda juga tetap harus memperhatikan kapasitas maskimal kendaraan ini, terutama saat akan melakukan perjalanan jauh, jangan sampai over kapasitas. Luasnya kapasitas bagasi membuat Pajero Sport Rockford Fasgate 2018 cocok dijadikan juga sebagai SUV keluarga namun bukan untuk berlebih-lebihan membawa barang karena bisa mengganggu kenyamanan. Di bagian bagasi ini ada speaker dari Rockford Fosgate yang terletak di sisi dalam sebelah kanan.

>>> Baca juga:

4. FITUR MITSUBISHI PAJERO SPORT RF LIMITED EDITION 2018

Perubahan besar-besaran di sektor audio pada Mitsubishi Pajero Sport RF Limited Edition 2018 menjadi kabar gembira bagi yang suka mendengarkan musik selama mengemudi. Namun, bagaimana fitur lainnya?

Review Mitsubishi Pajero Sport RF Limited Edition 2018 : Fitur keselamatan

Gambar fitur keselamatan Mitsubishi Pajero Sport RF Limited Edition 2018 - HSA

Mitsubishi Pajero Sport RF Limited Edition 2018 dilengkapi fitur keselamatan maksimal

Mitsubishi Pajero Sport RF Limited Edition 2018 dibekali dengan fitur keselamatan aktif seperti ABS + EBD + BA untuk pengereman. Fitur tersebut memungkinkan Anda melakukan pemberhentian maksimal walaupun terjebak di jalan basah. Ada pula Active Stability Traction Control, Hill Descent Control, dan Hill Start Assist & Trailer Stability Assist yang telah dilengkapi Immobilizer yang terintegrasi dengan alarm. Dengan kata lain, keselamatan Anda semakin terjamin berkat teknologi-teknologi tersebut.

Review Mitsubishi Pajero Sport RF Limited Edition 2018 : Fitur kenyamanan dan hiburan

Audio system pada Mitsubishi Pajero Sport RF Limited Edition 2018

Seluruh komponen audio dibuat oleh Rockford Fosgate

Fitur audio Rockford Fosgate Sound Configuration pada mobil Mitsubishi ini terdiri atas empat speaker, dua tweeter, dan satu subwoofer yang ditempatkan di belakang. Ada pula amplifier yang akan membuat kualitas audio semakin tajam dan jernih. Semua komponen tersebut ditata berdasarkan standar Rockford Fosgate untuk menghasilkan audio powerful.

Gambar tatanan Audio system pada Mitsubishi Pajero Sport RF Limited Edition 2018

Tatanan sistem audio pada Mitsubishi Pajero Sport RF Limited Edition 2018 tidak mengganggu kenyamanan penumpang

Menyoal fitur kenyamanan, Mitsubishi Pajero Sport RF Limited Edition 2018 mempunyai kelengkapan seperti pada versi-versi sebelumnya. Antara lain AC, power window (bagian depan dan belakang), serta Air Quality Control. Anda juga bisa mengakses fitur hiburan seperti radio AM/FM hingga MP3 melalui layar sentuh. Sebagai pelengkap, terdapat fitur konektivitas yang mencakup sambungan Bluetooth, soket USB, navigasi, serta pemutar CD.

>>> Amazing, Mitsubishi Nyumbang 1 Miliar Berkaitan Dengan Bencana Di Sulawesi

5. OPERASI PAJERO SPORT RF LIMITED EDITION 2018

Gambar mesin yang digunakan pada Mitsubishi Pajero Sport RF Limited Edition 2018

Mesin diesel 4N15 2.4 MIVEC masih jadi andalan Mitsubishi

Mitsubishi Pajero Sport RF Limited Edition 2018 dibekali mesin 4N15 2.4 MIVEC Turbocharged serta Intercooled yang juga terdapat pada versi Dakar. Anda bisa melaju melewati berbagai medan dengan kekuatan tenaga mencapai 181 PS (178Hp) per 3.500 rpm dengan torsi maksimal 430 Nm pada putaran mesin 2.500 rpm. Semua kekuatan tersebut disalurkan lewat transmisi otomatis 8 kecepatan ke roda belakang untuk menghasilkan tenaga maksimal.

>>> Penjualan Mitsubishi Di Indonesia Nomor Satu Di Dunia Berkat Xpander

6. SPESIFIKASI MITSUBISHI PAJERO SPORT RF LIMITED EDITION 2018

DIMENSI

Panjang

4785 mm

Lebar

1815 mm

Tinggi

1805 mm

Jarak sumbu roda

2800 mm

Ground Cleareance 218 mm

MESIN

Seri 4N15 2.4L MIVEC Turbocharged and Intercooled

Isi silinder

2442 cc

Daya maksimum

181 PS (178Hp) @3.500 rpm

Torsi maksimum

430 Nm @2.500 rpm

Bahan bakar Solar
Sistem bahan bakar Commonrail Injection

Transmisi

Otomatis 8 percepatan

SASIS DAN KAKI-KAKI
Penggerak roda Penggerak roda belakang / Rear Wheel Drive (RWD)

Suspensi depan

Double wishbone type, Coil spring

Suspensi belakang

3 link type rigid axle, Coil spring

Rem depan

17" Ventilated Disc

Rem belakang

 Ventilated Disc

Ukuran ban/pelek

265 / 60R18 110H

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN MITSUBISHI PAJERO SPORT RF LIMITED EDITION 2018

Seperti halnya produk otomoti lain yang memiliki kelebihan dan kekurangan, Mitsubishi Pajero Sport RF Limited Edition 2018 juga memiliki kelebihan dan kekurangan, diantaranya:

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Dentuman audio keras dan jernih dari speaker Rockford Foastage Tidak ada peningkatan signifikan dari sisi performa
Peningkatan di sektor eksterior yang memberikan sentuhan elegan nan sporty Unit terbatas
ban cadangan yang bisa disimpan di bawah bumper dan tertutup cover Hanya ada satu warna
Eksklusif karena unit terbatas Radius putar besar 5,6 meter

8. DAFTAR HARGA MITSUBISHI PAJERO SPORT RF LIMITED EDITION 2018

Foto Mitsubishi Pajero Sport RF Limited Edition 2018 bersama dua orang usher

Lebih istimewa harga juga lebih mahal

Saat diluncurkan di pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018 Mitsubishi Pajero Sport RF Limited Edition 2018 dijual dengan harga Rp 535 juta. Namun saat ini PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) sudah tidak lagi menjual varian spesial tersebut karena 1.000 unit yang diproduksi sudah habis terjual.

Untuk versi bekasnya mobil ini masih punya harga sangat tinggi hampir Rp 500 jutaan mengingat mobil ini usianya belum lama dan termasuk eksklusif. Sudah begitu belum banyak pemilik yang menjual.

9. VIDEO MITSUBISHI PAJERO SPORT RF LIMITED EDITION 2018

10. KESIMPULAN MITSUBISHI PAJERO SPORT RF LIMITED EDITION 2018

Apabila dibandingkan dengan Pajero Sport Dakar 4x2, Mitsubishi Pajero Sport RF Limited Edition 2018 tidak menawarkan hal spesial yang melimpah selain sistem audio kelas konser serta beberapa ubahan kecil. Namun mobil ini sangat eksklusif karena tidak semua orang memiliki.

>>> Klik sini untuk lanjut simak artikel review mobil yang menarik lainnya

Share This:

Cari harga mobil

Harga mobil per merek

Review mobil populer