Review Mitsubishi Outlander Sport GLS CVT 2012: Mobil SUV Kompak Yang Lincah

25/05/2020 Abdul Review Mitsubishi

Pada tahun 2012 mobil besutan Mitsubishi yang kita bahas ini dihargai Rp. 306 jutaan. Akan tetapi saat ini Sobat bisa mendapatkannya hanya dengan Rp 150 jutaan, bahkan bisa kurang. Lantas apa kelebihan yang dimilikinya, mari kita simak ulasannya dalam review Mitsubishi Outlander Sport GLS CVT 2012.

1. PENGANTAR MITSUBISHI OUTLANDER SPORT GLS CVT 2012

Review Mitsubishi Outlander Sport GLS CVT 2012 – Bagi Sobat yang menginginkan sebuah kendaraan tapi dananya hanya kisaran Rp. 150 jutaan, maka bisa memilih mobil yang kami review kali ini. Outlander Sport GLS ini menggunakan transmisi CVT dan masuk dalam segmen SUV. Jadi jika Sobat disuruh memilih antara mobil LCGC baru atau pilih mobil SUV bekas ini dengan harga yang mirip pilih yang mana?

2. EKSTERIOR MITSUBISHI OUTLANDER SPORT GLS CVT 2012

Review Mitsubishi Outlander Sport GLS CVT 2012 : Bagian Depan

Gambar ini menunjukkan bagian depan Mitsubishi Outlander Sport GLS CVT 2012

Tampilan depan tampak gagah dan berotot

Kita mulai pembahasan dari bagian depan. Untuk bagian depannya ini terinspirasi oleh mobil sedan Lancer Evolution yang sama-sama besutan Mitsubishi. Kap mesin mobil berotot dan grill menggunakan motif honeycomb serta air dam besar. Ditambah lagi bagian tengah ada logo 3 berlian khas Mitsubishi dengan terbalut aksen warna krom. Untuk bagian headlamp terbilang sedang dengan desain melancip ke dalam yang membuatnya terkesan tajam.

Review Mitsubishi Outlander Sport GLS CVT 2012 : Bagian Samping

Gambar ini menunjukkan bagian samping mobil Mitsubishi Outlander Sport GLS CVT 2012

Handle pintu krome dan talang air sudah dirubah untuk gambar ini

Menuju ke bagian samping, jika dilihat dari arah ini memang terlihat cukup proporsional. Selain itu, penggunaan bodi yang gagah dipadukan dengan pelek mobil diameter besar terlihat sangat cocok. Bagian sampingnya ini memang tidak terlalu banyak lekukan, namun hal tersebut membuatnya tampil gagah. Untuk spion menggunakan sewarna dengan bodi mobil.

Review Mitsubishi Outlander Sport GLS CVT 2012 : Tampilan Belakang

Gambar ini menunjukkan bagian belakang dan samping Mitsubishi Outlander Sport GLS CVT 2012

Sisi belakang tampak gagah dan juga sporty

Sementara di bagian belakang terlihat menarik  dan tidak kalah dengan mobil LCGC masa kini. Pada bagian lampu rem dan lampu senja telah mengandalkan bohlam LED yang membuat dayanya lebih hemat, cahaya yang lebih terang dan tarpon cepat. Hanya saja untuk lampu mundur dan sein belum memakai LED. Tampilannya terlihat sporty dan gagah dengan adanya spoiler dan juga desain yang diberikan, seperti bagian area kaca belakang miring ke depan.

>>> Baca Juga Review Menarik Lain :

3. INTERIOR MITSUBISHI OUTLANDER SPORT GLS CVT 2012

Review Mitsubishi Outlander Sport GLS CVT 2012 : Bagian Dashboard & Kemudi

Tampilan dashboard hampir mirip dengan Mitsubishi Lancer. Namun untuk fitur sudah kekinian dan juga terdapat banyak ruang penyimpanan baik yang model terbuka ataupun tertutup. Pada gambar mobil Mitsubishi Outlander Sport GLS CVT 2012 satu ini lining AC warna silver dan wood panel nya bukan merupakan  standarnya. Akan tetapi telah diberikan aksesoris OEM look yang menjadikan tampilannya lebih menarik

Gambar ini menunjukkan bagian dashboard mobil Mitsubishi Outlander Sport GLS CVT 2012

Tampilan dashboard mirip milik Mitsubishi Lancer

Untuk setirnya mengandalkan 3 palang yang cukup nyaman digenggam. Di bagian tengah terdapat logo 3 berlian dan di samping kirinya ada beberapa tombol fungsional. Untuk aksen warna menggunakan kombinasi warna hitam dan silver yang menjadikan tampilannya lebih stylish.

Review Mitsubishi Outlander Sport GLS CVT 2012 : Bagian Bagasi

Gambar ini menunjukkan bagasi Mitsubishi Outlander Sport GLS CVT 2012

Bagasi lebih sempit dibandingkan rivalnya

Menuju ke bagian bagasi Mitsubishi Outlander Sport GLS CVT 2012. Di bagian ini menjadi salah satu kelemahannya karena terbilang cukup sempit apabila dibandingkan dengan pesaingnya dalam segmen yang sama yakni Honda HR-V. Meskipun begitu, untuk jok belakang menggunakan lapisan kulit dan bisa direbahkan untuk menambah kapasitas dari bagasi mobil. Hanya saja hal tersebut bisa membuat daya angkut berkurang dan penumpang belakang terasa kurang nyaman.

>>> Jangan Lupa Baca Artikel Menarik Lainnya :

4. FITUR MITSUBISHI OUTLANDER SPORT GLS CVT 2012

Adapun bagian fitur terbilang cukup mumpuni, Mitsubishi Outlander Sport GLS CVT 2012 telah diberikan head unit besutan JVC yang mempunyai 4 buah speaker berpadu dengan 2 tweeter sehingga kualitas outputnya sangat baik. Selain itu konektivitas yang dimiliki juga mumpuni. Dengan mengandalkan head unit tersebut dapat digunakan untuk mengoperasikan kepingan CD, DVD, MP3 dan juga radio. Tidak hanya itu saja, Sobat juga bisa menggunakan USB, Aux-In dan juga Bluetooth untuk menyambungkannya ke smartphone.

Gambar ini menunjukkan layar MID Mitsubishi Outlander Sport GLS CVT 2012Gambar ini menunjukkan ponsel dan head unit Mitsubishi Outlander Sport GLS CVT 2012

Fitur hiburan mumpuni siap menemani perjalanan

Mitsubishi Outlander Sport GLS CVT 2012 menggunakan layar MID yang berbeda dengan versi PX. Untuk informasi yang diberikan adalah real time fuel consumption, outside temperature, average fuel consumption, sisa jarak tempuh BBM yang berada di tangki dan tripmeter A dan B. Hanya saja untuk warnanya masih 1 yakni amber, berbeda dengan versi PX yang sudah full colo

Untuk memberikan keamanan pada kendaraan, pihak Mitsubishi memberikan fitur Immobilizer Key. Dengan begitu mobil hanya bisa dihidupkan dengan memakai kunci asli yang terdapat chip yang sudah dikoneksikan dan ECU bisa membacanya.

>>> Fitur apa yang tersedia untuk mobil Mitsubishi lainnya? Klik sini untuk simak review lengkap kami tentang semua produk mobil Mitsubishi

5. OPERASI MITSUBISHI OUTLANDER SPORT GLS CVT 2012

Gambar ini menunjukkan mesin mobil Mitsubishi Outlander Sport GLS CVT 2012

Mesin Mitsubishi mempunyai durabilitas yang baik

Menuju ke bagian mesin Mitsubishi Outlander Sport GLS CVT 2012. Mobil SUV tangguh ini memakai mesin berkodekan 4B11 yang sama dengan yang digunakan oleh Lancer. Namun ada perbedaan di bagian internal mesinnya yakni angkatan klep dan durasi kem serta tidak menggunakan turbo. Adapun karakter yang dimiliki mesin Outlander Sport ini bore dan stroke nya balance atau square. Sehingga sangat fleksibel dan sangat baik dalam hal torsi maupun tenaga yang dihasilkan.

Mesin yang dimiliki oleh Mitsubishi terkenal sangat baik dalam hal durabilitasnya. Apalagi transmisi CVT yang digunakan sangat efisien yang bertugas menyalurkan tenaga dari mesin menuju ke bagian roda depan. Bahkan kestabilan yang dimiliki sangat baik sehingga bisa membuat pengemudi terlena untuk memacu mobilnya lebih cepat.

>>> Baca Juga, Review Mitsubishi Outlander PHEV 2019 : SUV Ramah Lingkungan Berharga 1 Miliar

6. SPESIFIKASI MITSUBISHI OUTLANDER SPORT GLS CVT 2012

Berikut tabel spesifikasi Mitsubishi Outlander Sport GLS CVT 2012 :

DIMENSI

Panjang

4.366 mm

Lebar

1.800 mm

Tinggi

1.625 mm

Berat Kotor

1.970 kilogram

Kapasitas Tangki

63 liter

Jarak Sumbu Roda

2.670 mm

Jarak Terendah Ke Tanah

195 mm

MESIN

Seri mesin

4B11, DOHC, MIVEC

Tenaga Maksimum

156 Hp @ 6.000 rpm

Torsi Maksimum

199 Nm @ 4.250 rpm

Kapasitas Silinder

1.998 cc

Bore X Stroke

86 mm X 86 mm

Rasio Kompresi

10,0 : 1

Tipe Transmisi

INVECS III CVT With - 6 Step Sport Mode

SUSPENSI

Ukuran Ban

Bridgestone Dueler HT, 225/55 R17

Suspensi Depan

McPhersons Strut, Coil Spring, With Stabilizer Bar

Suspensi Belakang

Multilink, Coil Spring, With Stabilizer Bar

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN MITSUBISHI OUTLANDER SPORT GLS CVT 2012

Berikut ini merupakan kelebihan dan kekurangan mobil Mitsubishi Outlander Sport GLS CVT 2012 menurut pandangan kami :

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Tampilan bagian depan sangat agresif dengan headlamp yang tajam

Kalau soal keefisienan terbilang kalah apabila dibandingkan dengan rivalnya

Saat dikemudikan sangat lincah dengan ukuran yang kompak

Pada bagian bagasi dan kabin belakang tergolong sempit

Menggunakan transmisi CVT yang menjadikan mobil lebih efisien disalurkan menuju ke bagian roda depan

 

8. DAFTAR HARGA MITSUBISHI OUTLANDER SPORT GLS CVT 2012

Sebagai informasi, mobil besutan Mitsubishi ini mempunyai 4 varian yaitu PX, PX Action, GLS dan GLX. Untuk harga bekas Mitsubishi Outlander Sport GLS CVT 2012 sekitar Rp. 140 jutaan. Berikut daftar harganya dalam kondisi baru :

TIPE

HARGA

Mitsubishi Outlander Sport PX Action

Rp. 383.500.000

Mitsubishi Outlander Sport PX

Rp. 370.000.000

Mitsubishi Outlander Sport GLS

Rp. 353.000.000

Mitsubishi Outlander Sport GLX

Rp. 338.000.000

9. VIDEO MITSUBISHI OUTLANDER SPORT GLS CVT 2012

10. KESIMPULAN MITSUBISHI OUTLANDER SPORT GLS CVT 2012

Mobil Mitsubishi Outlander Sport GLS CVT 2012 menjadi salah satu rekomendasi mobil SUV bekas. Meskipun begitu semuanya tergantung dengan kebutuhan Sobat semua. Yang pasti untuk harga bekasnya ini setara dengan mobil LCGC baru, jika disuruh memilih mau pilih yang mana?

>>> Jangan lupa klik sini untuk lanjut baca artikel review mobil lainnya

Share This:

Cari harga mobil

Harga mobil per merek

Review mobil populer