Review Mitsubishi Outlander PHEV 2019 : SUV Ramah Lingkungan Berharga 1 Miliar

10/11/2019 Fatchur Sag Review Mitsubishi

Mitsubishi Outlander PHEV 2019 menjadi model pertama mobil ramah lingkungan yang dijual Mitsubishi di Indonesia. Selain mesin berteknologi hybrid, mobil ini juga menawarkan beragam keunggulan yang dimiliki.

1. PENGANTAR MITSUBISHI OUTLANDER PHEV 2019

Mitsubishi Outlander PHEV menjalani debut pertama kali tahun 2012 silam di pameran Paris Auto Show 2012 dan mulai dipasarkan tahun 2013. Hingga kini mobil ini sukses menjadi favorit banyak orang sebagai SUV Plug in Hybrid terlaris dengan penjualan mencapai 200 ribu unit di pasar global (2013-2018).

Foto Mitsubishi Outlander PHEV 2013 - Generasi pertama

Debut perdana Mitsubishi Outlander PHEV di Paris Auto Show 2012

Sebagai mobil SUV dengan teknologi flagship, mobil ini sendiri memang akan menjamin kebutuhan masyarakat akan adanya kendaraan yang dibekali dengan teknologi canggih dan ramah terhadap lingkungan.

Di tahun 2019, Mitsubishi Motors Corporation melakukan ekspansi dengan meluncurkan Mitsubishi Outlander PHEV di pasar Indonesia tepatnya pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) Juli 2019. Tentu  hal ini sebagai salah satu langkah yang positif guna membangun citra positif dari perusahaan otomotif yang sudah besar ini.

Berbicara mengenai keunggulan yang ditawarkan, Mitsubishi Outlander PHEV menghadirkan sederet keunggulan yang cukup membuat orang terpukau. Bahkan belum masuk ke  dalam mobilnya, desain bodi mobil ini sudah sangat berkesan.

Foto Mitsubishi Outlander PHEV 2019 di pameran GIIAS 2019

Mitsubishi Outlander PHEV resmi dijual di Indonesia

Desain bodinya terlihat gagah dan kesan berotot juga terlihat. Bukan hanya itu saja, demi menjamin para penumpang bisa menikmati perjalanan dengan menggunakan mobil ini maka mobil ini sudah menyediakan banyak fitur canggih. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, apabila mobil ini menggunakan teknologi hybrid yang menggabungkan mesin konvensional dengan tenaga listrik. So, soal ramah lingkungan menjadi prioritas utama dari mobil ini. Mari kita lihat yang selebihnya!

2. EKSTERIOR MITSUBISHI OUTLANDER PHEV 2019

Seperti yang sudah disebut sebelumnya, tampilan luar atau eksterior Mitsubishi Outlander PHEV 2019 sudah memberikan kesan tersendiri. Sekilas jika dilihat, mobil ini memang mempunyai konsep layaknya Pajero Sport, tetapi jika dilihat detail maka anda akan menemukan adanya perbedaan.

Review Mitsubishi Outlander PHEV 2019: Bagian Depan

Foto bagian depan Mitsubishi Outlander PHEV 2019

Dari depan belum mirip Eclipse Cross

Dari bagian depan ada kesan elegan pada mobil yang satu ini. Anda akan menemukan lampu utama yang mempunyai bentuk tak terlalu besar dan tak terlalu sipit serta sedikit memanjang runcing ke bagian samping. Jika diamati maka akan tampak seperti mata yang tengah memandang tajam. Headlampnya ternyata sudah dilengkapi dengan LED Auto High Beam.

Review Mitsubishi Outlander PHEV 2019: Bagian Samping

Bagian samping Mitsubishi Outlander PHEV 2019

Dari samping, tampilan kelihatan gagah

Sedangkan pada sisi samping Mitsubishi Outlander PHEV 2019 tampak adanya satu garis dengan desain yang cukup tegas dimana berada melewati bagian atas dari handle door dengan alur desain yang seakan mengikuti desain pada bagian wajahnya. Sedikit ke bawah juga ada garis berbentuk kurva mengikuti alur fender. Kesan sporty lain ditampakkan dari penggunaan pelek seperti jari-jari untuk keempat rodanya.

Review Mitsubishi Outlander PHEV 2019: Bagian Belakang

Foto bagian belakang Mitsubishi Outlander PHEV 2019

Dari belakang lumayan simpel

Sementara pada sisi belakang mobil, SUV dengan tenaga listrik ini pun juga menghadirkan desain yang tidak kalah menariknya. Dimana pada bagian belakang bodi, anda akan melihat adanya desain yang cukup elegan pada bagian highmount stop lamp. Ini  tentunya mempunyai kemiripan dengan desain yang diusung oleh Xpander maupun Pajero Sport.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

3. INTERIOR MITSUBISHI OUTLANDER PHEV 2019

Selain menghadirkan beberapa keunggulan yang terletak pada bagian eksterior mobil, sejumlah keunggulan juga terdapat pada interior Mitsubishi Outlander PHEV 2019.

Review Mitsubishi Outlander PHEV 2019: Kabin

Foto Kabin Mitsubishi Outlander PHEV 2019

Untuk 5 penumpang ruang kabin cukup lapang

Bisa dibilang apabila Anda akan langsung dibuat terpukau dengan bagian interior mobil Mitsubishi yang satu ini. Terutama terletak pada bagian kabinnya. Inilah yang menjadi daya tarik dari mobil ini. Bagaimana tidak, mobil ini sendiri ternyata mempunyai area kabin yang cukup luas dimana dijamin akan akan nyaman ketika berada di dalam mobil selama perjalanan.

Kabin didominasi warna hitam mulai dari bagian dashboard, trim, kursi, lantai hingga bagian bagasi. Agar tidak monoton, ada aksen dengan warna kontras di beberapa bagian seperti jahitan jok serta aksen kayu di konsol tengah, trim, dan sedikit pada dashboard.

Review Mitsubishi Outlander PHEV 2019: Dashboard dan setir

Foto Dashboard Mitsubishi Outlander PHEV 2019

Control kendaraan, gabungan digital dan analog

Bagian dashboard dan setir didominasi warna hitam dengan sedikit aksen kayu. Di bagian tengah dilengkapi layar sentuh ukuran 7 inci yang bisa menampilkan beberapa fitur hiburan maupun konektivitas mobil. Selain itu, pada bagian setirnya, Anda akan lebih merasa nyaman ketika mengoperasikan mobil yang satu ini karena dibungkus oleh kulit serta beberapa fitur bisa dioperasikan melalui setir.

Review Mitsubishi Outlander PHEV 2019: Kursi/Jok

Foto Kursi Misubishi Outlander PHEV 2019

Jok dilapisi bahan berkualitas tinggi

Anda juga akan dibuat nyaman dengan kursi yang dihadirkan oleh mobil yang satu ini. Dimana anda akan menemukan adanya 5 kursi penumpang yang mana kursi di baris kedua bisa dilipat. Selain itu bagian kursinya juga dibuat dengan  bahan kulit yang praktis sehingga terasa nyaman ketika mendudukinya.

Review Mitsubishi Outlander PHEV 2019: Bagasi

Foto Bagasi Mitsubishi Outlander PHEV 2019

Tak perlu khawatir, barang bawaan bisa dibawa semua kok, tapi yang ringan-ringan

Adapun area bagasi dari mobil inipun juga mampu menampung barang bawaan selama di perjalanan. Jika luas bagasi tersebut kurang, kursi baris kedua bisa langsung dilipat untuk mendapatkan ruang bagasi lebih luas.

>>> Baca juga:

4. FITUR MITSUBISHI OUTLANDER PHEV 2019

Soal fitur, mobil ini sendiri seakan memang akan memberikan fitur terbaiknya bagi pengemudi dan para penumpang yang ada di dalamnya. Mitsubishi Outlander PHEV 2019 dibekali dengan banyak fitur mulai dari fitur keselamatan, kenyamanan hingga hiburan

Review Mitsubishi Outlander PHEV 2019: Fitur Keselamatan

Salah satu fitur keselamatan Mitsubishi Outlander PHEV 2019

Mitsubishi Outlander PHEV dibekali fitur keselamatan lengkap

Ada beberapa fitur menarik yang disematkan pada Mitsubishi Outlander PHEV 2019. Pertama, anda akan menemukan adanya fitur canggih yang terdapat pada pengeremannya dimana sudah menggunakan teknologi ABS yang sudah lengkap dengan EBD dan BA. Dengan adanya sistem inilah maka keselamatan para penumpangnya dijamin akan  terjaga.

Adanya AIRBAG juga menjadi salah satu fitur yang harus ada di dalam mobil termasuk pada mobil ini. Fitur ini sendiri diletakkan di setiap kursi dimana akan membuat penumpang terjamin keselamatannya dari kecelakaan.

Fitur-fitur keselamatan lainnya juga tak kalah menarik membuat penumpang semakin merasakan aman dan nyaman melakukan perjalanan, seperti

  • Rear Cross Traffic Alert (RCTA),
  • Lane Change Assist (LCA),
  • Iso-fix With Tether Anchor,
  • Immobilizer,
  • Hill Start Assist (HSA),
  • Forward Collision Mitigation System (FCM),
  • Electronic Brakeforce Distribution (EBD),
  • Child Proof Lock,
  • Brake Assist (BA),
  • Blind Spot Warning (BSW),
  • Ultrasonic Mis-acceleration Mitigation System (UMS)

Review Mitsubishi Outlander PHEV 2019 : Kenyamanan  dan Hiburan

Fitur Mitsubishi Remote Control pada Mitsubishi Outlander PHEV 2019

Kondisi kendaraan bisa dipantau melalui smartphone

Bukan hanya menawarkan fitur keselamatan saja, Mitsubishi Outlander PHEV 2019 juga menawarkan sejumlah fitur hiburan yang tidak kalah menarik.

  • Adanya teknologi layar sentuh dengan ukuran 7 inci yang mempunyai beberapa fitur dan pilihan menu yang lengkap.
  • Adanya sistem audio yang dijamin akan membuat anda bisa menyetel musik kesayangan yang akan menemani selama berada di perjalanan.
  • AC yang bisa diatur sendiri kecepatan dan hembusannya. Bukan hanya itu saja, tingkat dingin juga bisa disesuaikan dengan keinginan yang paling nyaman melalui tombol khusus yang digunakan untuk mengatur AC.
  • Adanya fitur audio Apple Car Play.
  • Bluetooth bisa anda gunakan untuk saling berbagai media dari ponsel anda ke layar sentuh yang ada pada ponsel anda.
  • Informasi kendaraan juga bisa diakses melalui aplikasi Mitsubishi Remote Control pada smartphone yang terkoneksi

>>> Review Mitsubishi Pajero Sport RF Limited Edition 2018 : SUV Dengan Sistem Audio Sekelas Konser

5. OPERASI MITSUBISHI OUTLANDER PHEV 2019

Gambaran powertrain Mitsubishi Outlander PHEV 2019

Foto Tuas transmisi Mitsubishi Outlander PHEV 2019

Mitsubishi Outlander PHEV mudah dioperasikan

Mitsubishi Outlander PHEV 2019 dilengkapi mesin yang dikombinasi dengan motor listrik handal berteknologi Plug-In Hybrid System. Selain itu, mobil sendiri juga dilengkapi dengan adanya sistem transmisi. Tetapi kali ini sistem transmisi yang digunakan adalah single speed dimana menggunakan mode drive/fix reduction gear box.

Sehingga membuat mobil ini mempunyai mesin yang lebih efektif dan efisien. Inilah yang seakan ingin diperlihatkan oleh mobil ini. Untuk lebih lengkapnya, silahkan lihat tabel spesifikasi di bawah!

>>> Daftar Harga Mitsubishi Mirage 2019: City Car Yang Laris Manis Di Eranya

6. SPESIFIKASI MITSUBISHI OUTLANDER PHEV 2019

DIMENSI

Panjang

4695 mm

Lebar

1800 mm

Tinggi

1710 mm

Jarak sumbu roda

2670 mm

Ground Clearance

190 mm

Radius putar

5,3 m

MESIN

Tipe

4B12 2.4L DOHC MIVEC

Kapasitas silinder

2360 cc

Tenaga maksimum

128 PS @ 4500 rpm

Torsi maksimum

199 Nm @ 4500 rpm

Bahan bakar

Bensin bebas timbal

Sistem bahan bakar

Electronically Multi Point Injection

Transmisi

Transaxle (Reduction Gear Box)

KAKI-KAKI

Sistem penggerak roda

Penggerak 4 roda / 4 Wheel Drive (4WD)

Sistem kemudi

Electric Power Steering

Suspensi depan

MacPherson Strut, Coil Spring

Suspensi belakang

Trailling Arm Multi-Link, Coil Spring

Rem depan

Cakram ventilasi

Rem belakang

Cakram solid

Sistem pengereman parkir

Electric Parking Brake

Ukuran ban

255/55 R18

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN MITSUBISHI OUTLANDER PHEV 2019

Kelebihan Kekurangan
Mobil yang sudah menggunakan tenaga listrik ini pun bisa anda gunakan untuk berkendara hingga 600 km dengan keadaan baterai dan tangki bahan bakar yang terisi penuh Satu-satunya kekurangan paling nampak adalah harganya yang sangat mahal, lebih dari Rp 1 miliar. Harga ini terpaut jauh dari Outlander Sport yang dijual dengan harga kurang dari Rp 400 juta.
Memberikan kemudahan bagi penggunanya untuk melakukan pengisian daya di rumah. Mengingat mobil ini telah menggunakan tenaga listrik  
Sumber listrik yang terdapat didalam mobil ini pun juga bisa anda gunakan sebagai sumber listrik bagi kebutuhan anda.  
Dilengkapi dengan fitur yang banyak sehingga akan memberikan kenyamanan bagi para penumpang. Mulai dari fitur keamanan hingga hiburan  

8. DAFTAR HARGA MITSUBISHI OUTLANDER PHEV 2019

Foto proses isi daya Mitsubishi Outlander PHEV 2019

Harga masih terlalu mahal untuk orang Indonesia

Hanya ada satu varian dan tipe Mitsubishi Outlander PHEV. Oleh PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) mobil ini dijual dengan harga Rp 1.289.000.000 On The Road DKI Jakarta (Oktober 2019). Harga tidak mengikat dan sewaktu-waktu bisa berubah. Untuk wilayah lain atau pada waktu yang berbeda, harga bisa saja berbeda dan lebih mahal.

9. VIDEO MITSUBISHI OUTLANDER PHEV 2019

10. KESIMPULAN MITSUBISHI OUTLANDER PHEV 2019

Dengan berbagai macam kelebihan yang dihadirkan pada Mitsubishi Outlander PHEV 2019, rasanya mobil ini memang layak dipertimbangkan untuk dijadikan sebagai mobil masa depan untuk keluarga. Sayang, harganya masih terlalu mahal membuat mobil ini susah dijangkau kelas menengah ke bawah.

>>> Klik di sini untuk mengetahui harga mobil terbaru lainnya di Hargamobil.com 

Share This:

Cari harga mobil

Harga mobil per merek

Review mobil populer