Review Mitsubishi New Triton ULTIMATE AT 2019 : Layak Digunakan Sebagai Mobil Keluarga

31/10/2019 Fatchur Sag Review Mitsubishi

Mitsubishi New Triton ULTIMATE AT 2019 mendobrak stigma negatif mobil niaga yang kaku dan apa adanya. Berbagai ubahan besar di bagian eksterior dan interor serta beragam fitur canggih membuatnya cukup layak digunakan sebagai mobil keluarga yang nyaman tanpa menghilangkan fungsi utamanya sebagi kendaraan niaga.

1. PENGANTAR MITSUBISHI NEW TRITON ULTIMATE AT DOUBLE CAB 4WD 2019

Mitsubishi Triton memiliki kisah yang berbeda dengan jenis produk mobil pick-up bonetless lainnya sejak diproduksi pertama kali tahun 1978 sebagai Mitsubishi Forte. Mitsubishi Triton mulai dipasarkan di Indonesia pada generasi ketiga dengan tahun produksi 1996-2005 dengan nama resmi L200 Strada. Penamaan L200 pada mobil tersebut bermula dari jenis mobil light commercial yang dimiliki Mitsubishi dan dikenal dengan bentuk pick-up.

Foto Mitsubishi Forte 1978, generasi pertama dari Mitsubishi Triton

Mitsubishi Forte 1978, cikal bakal Mitsubishi Triton sekarang

Setelah mengalami perkembangan, mobil pick-up tersebut pun diberi tambahan kabin yang digunakan untuk penumpang di bagian belakangnya. Hal tersebut jelas menjadikan mobil yang satu ini membutuhkan nama lain yang tentunya berbeda dengan nama dari mobil pick-up truck lainnya. Dari sanalah kemudian diambil nama lain, seperti halnya Warrior, Strada (Jepang),Triton (Australia), Strakar (Portugal), Hunter (Israel), dan lainnya.

Foto menunjukkan saat Mitsubishi New Triton Ultimate AT 2019 diluncurkan

New Triton resmi diluncurkan di Indonesia di GIIAS 2019

Selain itu, penjualan dari mobil yang satu ini pun terbilang baik. Hal ini tidak lepas dari daya tahan produk yang dimilikinya. Tidak hanya itu, mobil ini juga tidak mudah rusak, bahkan suku cadangnya pun bisa Anda temukan dengan mudah. Merujuk pada hal tersebut, tidak heran jika mobil ini dapat terjual dengan mudah di berbagai belahan dunia, bahkan di Indonesia pun mobil ini dapat diterima dengan baik.

Tahun 2019 sebelum ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) atau tepatnya 2 Juli 2019 generasi keenam Triton resmi diluncurkan dengan label All New. Selain mengusung perubahan besar, Mitsubishi menambah satu tipe lagi yaitu Mitsubishi New Triton ULTIMATE AT 2019 yang merupakan tipe tertinggi dan termewah. Ini yang akan kita bahas kali ini!

2. EKSTERIOR MITSUBISHI NEW TRITON ULTIMATE AT DOUBLE CAB 4WD 2019

Jika dilihat secara sekilas, tampilan Mitsubishi New Triton ULTIMATE AT 2019 memberikan kesan yang lebih sporty dan elegan. Hal tersebut jelas sesuai dengan ketangguhan dari penggunaan mesin serta performa yang dimilikinya. Selain itu, mobil dengan desain terbaru ini juga diklaim memiliki kemampuan untuk bisa dikendarai di segala medan baik on road maupun off road sekali pun.

Review Mitsubishi New Triton ULTIMATE AT 2019 : Bagian Depan

Foto Mitsubishi New Triton ULTIMATE AT 2019 tampak dari depan

Tampang depan Mitsubishi New Triton ULTIMATE AT 2019 sudah menggunakan bahasa Dynamic Shield khas Mitsubishi

Untuk tampilan depan Mitsubishi New Triton ULTIMATE AT 2019 memiliki desain yang lebih menarik dengan Dynamic Shield, sama dengan yang dipakai Mitsubishi Xpander serta Mitsubishi Eclipse Cross. Desain terbaru ini menyesuaikan pada beberapa tipe mobil Mitsubishi keluaran terbaru lainnya dan membuat tampilannya sangat ganteng.

Review Mitsubishi New Triton ULTIMATE AT 2019 : Bagian Samping

Foto Mitsubishi New Triton Ultimate AT 2019 bagian samping

Dari samping tampak bentuk khas sebuah double cab

Beralih pada tampilan samping yang dimilikinya, mobil yang satu ini justru terlihat lebih kokoh juga macho. Hal ini dapat Anda buktikan melalui tampilan lingkar roda yang mencapai ukuran 18 inci. Selain itu, pada desain samping mobil juga terdapat garis tegas yang memberikan tampilan mobil terkesan lebih kekar. Jika Anda perhatikan, overhang depan mobil ini cukup pendek. Hal ini menyebabkan beberapa orang mengatakan bahwa hal tersebut beresiko karena jika terjadi benturan, maka bagian kaki-kaki akan langsung terimbas. Hal ini dijawab pihak Mitsubishi yang menjamin bahwa hal tersebut tidak akan terjadi karena telah diperhitungkan dalam proses pengembangan mobil ini.

Review Mitsubishi New Triton ULTIMATE AT 2019 : Bagian Belakang

Foto Mitsubishi New Triton Ultimate AT 2019 tampak dari belakang

Bagian belakang sama kerennya dengan desain bagian depan

Untuk tampilan belakang, Mitsubishi New Triton ULTIMATE AT 2019 justru memiliki konsep yang kontras dengan tampilan desain di bagian depannya. Dengan kata lain, jika pada tampilan depan serta samping ditunjukkan kesan macho serta kokoh, maka pada tampilan belakang Anda akan menemukan kesan tampilan mobil yang cantik. Hal ini ditunjukkan melalui penggunaan lampu belakang yang memiliki siluet serupa milik Mitsubishi Pajero Sport. Selain itu, dibagian handle pembuka pintu bak, mobil mendapatkan aksen chrome termasuk pada logo tiga berlian Mitsubishi yang memberik kesan lebih elegan.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

3. INTERIOR MITSUBISHI NEW TRITON ULTIMATE AT DOUBLE CAB 4WD 2019

Selain menghadirkan desain eksteriornya yang luar biasa, Mitsubishi New Triton ULTIMATE AT 2019 ini juga hadir dengan tampilan desain interior yang tidak kalah menarik.

Review Mitsubishi New Triton ULTIMATE AT 2019 : Bagian Kabin

Foto menunjukkan bagian Interior Mitsubishi New Triton Ultimate AT 2019

Kabin yang mewah tidak mengesankan sebagai kendaraan niaga

Untuk desain interior kabinnya, mobil yang satu ini jelas menunjukkan tampilan berbeda dari tipe mobil pekerja yang lain. bahkan sekilas tidak akan terlihat sebagai kabin kendaraan niaga. Selain itu desain yang dimilikinya pun tidak jauh berbeda dengan desain dari mobil Mitsubishi Pajero Sport. Karena itulah jika Anda memiliki kedua jenis mobil tersebut maka tidak heran jika Anda merasa tidak ada yang berbeda antara kedua mobil tersebut.

Review Mitsubishi New Triton ULTIMATE AT 2019 : Dashboard dan Setir

Foto setir Mitsubishi New Triton Ultimate AT 2019

Setir dengan tombol pengaturan lebih lengkap

Memiliki tampilan yang elegan serta modern, bagian dashboard serta setir dari mobil ini juga tampil senada dengan jenis Mitsubishi Pajero Sport. Selain memiliki tampilan dynamic shield seperti halnya pada tampilan grille depan. lingkar kemudi mobil ini juga dilengkapi dengan tombol-tombol pengaturan yang lengkap. Di palang sebelah kiri terdapat tombol pengaturan sistem audio plus telepon, sedangkan pada palang bagian kanan terdapat pengaturan cruise control serta MID.

Review Mitsubishi New Triton ULTIMATE AT 2019 : Kursi/Jok

Foto Jok Mitsubishi New Triton Ultimate AT 2019

Jok lengkap dengan head room dan leg room yang lapang

Dapat digunakan oleh 5 orang penumpang termasuk pengemudi, mobil yang satu ini hadir dengan tempat duduk yang nyaman dan lebih aman. Hal ini tidak lepas dari setiap bagian kursi yang tentunya dilengkapi dengan sabuk keselamatan tiga titik. Sementara itu, untuk legroom serta headroom juga dibuat dengan ukuran yang cukup luas, sayang seperti layaknya mobil double cabin lain, bangku belakang tak memiliki pengaturan yang leluasa..

Review Mitsubishi New Triton ULTIMATE AT 2019 : Kargo

Ruang kargo Mitsubishi New Triton Ultimate AT 2019

Ruang kargo cukup luas untuk menampung banyak barang

Selayaknya mobil pick up double cab yang fungsional untuk mobil keluarga maupun kendaraan angkut, Mitsubishi New Triton Ultimate AT 2019 juga dibekali dengan ruang kargo. Ukurannya panjang 1520 mm, lebar 1470 mm dan tinggi 47,5 mm. Meski ukurannya lebih kecil dibanding kargo New Triton single cab, kargo tersebut sudah sangat mencukupi dan layak untuk mengangkut barang bawaan sekeluarga, atau  beberapa peralatan kecil untuk keperluan kerja.

Pada bagian kargo ini, sisi keamanan cukup diperhatikan oleh Mitsubishi dengan adanya bed liner di sisi kiri, kanan, bawah dan di pintu serta di ujung depan dengan emboss tulisan Mitsubishi Motors serta logo Mitsubishi. Di belakang kaca kabin belakang ada protektor besi untuk melindungi kaca dari terbentur barang bawaan besar.

Lalu di bagian belakang terdapat bumper besar dan kuat yang berfungsi juga sebagai foot step untuk memberikan kemudahan saat orang naik dalam keadaan pintu bak tertutup.

>>> Baca juga:

4. FITUR MITSUBISHI NEW TRITON ULTIMATE AT DOUBLE CAB 4WD 2019

Berbicara mengenai bermacam fitur yang dimilikinya, Mitsubishi New Triton Ultimate AT 2019 hadir dengan bermacam jenis fitur menarik di dalamnya.

Review Mitsubishi New Triton ULTIMATE AT 2019 : Fitur Keselamatan

Gambaran Fitur Keselamatan Mitsubishi New Triton Ultimate AT 2019 - Rear Cross Traffic Allert

Mitsubishi New Triton Ultimate AT 2019 punya fitur keselamatan lengkap

Fitur keselamatan yang ditunjukkan oleh mobil ini adalah keberadaan 7 SRS Airbags, kemudian FCM atau Forward Collision Mitigation System yang mana digunakan untuk membantu proses pengereman secara darurat dan disertai dengan sistem sensor virtual dari bagian depannya. Ada pula UMS atau Ultrasonic mis-acceleration Mitigation System  yang dapat membantu mobil tersebut agar tidak bergerak apabila ia berada dalam posisi parkir. Selain itu ada pula Blind Spot Warning atau BSW, kemudian Lane Change Assist atau LCA yang juga dapat memperingatkan Anda selaku pengendara terhadap bentuk kendaraan lainnya apabila tengah berada di area yang sangat gelap atau pun ketika  melaju dengan cepat. Kemudian ada pula RCTA yang dapat memonitor laju kendaraan dari arah belakang dengan penggunaan radar serta Automatic High Beam yang secara otomatis akan mengalihkan lampu.

Review Mitsubishi New Triton ULTIMATE AT 2019 : Fitur Pengendaraan

Foto kenop pilihan gaya berkendara pada Mitsubishi New Triton Ultimate AT 2019

Gaya berkendara bisa dipilih yang paling nyaman

Untuk fitur yang satu ini tentunya tidak lepas dari tujuan utama akan kendaraan tersebut yang memang ditujukan untuk kebutuhan off road. Dalam hal ini Mitsubishi New Triton ULTIMATE AT 2019 telah dilengkapi dengan fitur terbaru super select 4WD II dengan beragam pilihan seperti 2 high, kemudian 4 high, 4 high lock, seta 4 low lock. Beberapa hal tersebut tidak lepas dari penggunaan sensor kontrol traksi yang tersedia di bagian belakang dan tentunya dapat membantu Anda untuk menghadapi medan off road dengan lebih mudah.

>>> Daftar Harga Mitsubishi Colt T120ss : Sahabat Bisnis Para Pengusaha Paling Oke

5. OPERASI MITSUBISHI NEW TRITON ULTIMATE AT DOUBLE CAB 4WD 2019

Foto Mesin Mitsubishi New Triton Ultimate AT 2019

Soal ketangguhan, mesin Mitsubishi New Triton ULTIMATE AT 2019 tidak perlu diragukan

Untuk sistem operasi yang dimilikinya, mobil yang satu ini mengusung penyempurnaan dari mesin 4D56. Mesin tersebut adalah jenis mesin yang telah dipasangkan turbo dan tentunya menggunakan pasokan dari bahan bakar secara langsung. Karena itulah untuk tenaga yang dihasilkannya pun meningkat sekitar 10 HP menjadi sekitar 136 HP.

>>> Review Mitsubishi COLT T120SS 2018: Harga Rasional Buat Yang Membutuhkan Mobil Angkut Komersial

6. SPESIFIKASI MITSUBISHI NEW TRITON ULTIMATE AT DOUBLE CAB 4WD 2019

DIMENSI

Panjang

5305 mm

Lebar

1815 mm

Tinggi

1780 mm

Jarak sumbu roda

3000 mm

Ground Clearance

220 mm

Kapasitas tangki

75 liter

MESIN

Model

4N15 DI MIVEC C/R I/C T/C

Tipe

DOHC 16 valve, in-line 4-Cylinder, DDI, Intercooler & Turbocharger

Kapasitas silinder

2442 cc

Tenaga maksimum

133 PS @ 3500 rpm

Torsi maksimum

430 Nm @ 2500 rpm

Bahan bakar

Diesel

Sistem bahan bakar

Commonrail

Transmisi

Otomatis 6 percepatan

KAKI-KAKI

Sistem penggerak roda

Super Select 4WD

Sistem kemudi

Rack & Pinion with Power steering

Suspensi depan

Double Wishbone Coil Spring, Twin Tube Shock Absorber, Torsion Bar Stabilizer

Suspensi belakang

Rigid Axle, Eliptic Leaf Spring, Twin Tube Shock Absorber

Rem depan

Cakram ventilasi

Rem belakang

Tromol

Ukuran ban

465/60R18

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN MITSUBISHI NEW TRITON ULTIMATE AT DOUBLE CAB 4WD 2019

Kelebihan Kekurangan
Desain depan, samping dan belakang stylish, tampang dynamic shield sangat cantik untuk sebuah double cab Terdapat gundukan di bagian tengah kursi baris belakang yang mengganggu ruang kaki
Tangguh dengan penggerak roda 4WD dan bisa dipakai di segala medan dengan adanya fitur Super Select 4 WD II. Harga mahal mendekati setengah miliar
Mesin diesel 2450 cc Turbocharger, dikenal bandel seperti yang dipakai Pajero Sport Dakkar  
Fitur keselamatan canggih seperti Forward Collision Mitigation (FCM), Automatic Highbeam, Blind Sport Warning, dan yang lain.  
Ruang kargo luas  

8. DAFTAR HARGA MITSUBISHI NEW TRITON ULTIMATE AT DOUBLE CAB 4WD 2019

Ada 12 tipe Mitsubishi Triton yang dijual di Indonesia saat ini dan Mitsubishi New Triton ULTIMATE AT adalah tipe tertinggi. Oleh PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) mobil ini dijual dengan harga Rp 480.500.000 On The Road DKI Jakarta (Oktober 2019). Harga tidak mengikat dan sewaktu-waktu bisa berubah. Untuk wilayah lain atau pada waktu yang berbeda, harga bisa saja berbeda dan lebih mahal.

9. VIDEO MITSUBISHI NEW TRITON ULTIMATE AT DOUBLE CAB 4WD 2019

10. KESIMPULAN MITSUBISHI NEW TRITON ULTIMATE AT DOUBLE CAB 4WD 2019

Sebagai sebuah mobil pick up, Mitsubishi New Triton ULTIMATE AT 2019 punya banyak kelebihan, mulai dari desain yang atraktif, mesin dengan performa mumpuni, kabin yang nyaman hingga fitur berlimpah. Mobil ini tak hanya dapat difungsikan sebagai mobil pekerja, namun juga masih cocok untuk digunakan sebagai mobil keluarga. Kemampuan berkendaranya seimbang, baik di medan on-road maupun off-road. Meski  begitu, hal ini juga terkompensasi dengan harga jualnya yang relatif mahal. Jika Anda menggunakannya sebagai kendaraan hobby, mobil ini mungkin pilihan yang tepat, namun sebagai sebuah mobil keluarga, masih banyak pilihan SUV lain di kisaran harga yang sama.

>>> Klik sini untuk lanjut simak artikel review mobil yang menarik lainnya

Share This:

Cari harga mobil

Harga mobil per merek

Review mobil populer