Review Mitsubishi i-MiEV 2010: Kendaraan Listrik Perdana Yang Penjualannya Dilakukan Secara Massal

22/05/2020 Abdul Review Mitsubishi

Mitsubishi merupakan salah satu pabrikan kendaraan asal Jepang yang memasarkan produknya di berbagai negara, salah satunya adalah Indonesia. Produsen mobil tersebut ternyata selalu mengembangkan kendaraan listriknya yang mempunyai nama i-MiEV yang dilakukan sudah sejak 2009 silam. Mobil ini sangat laris manis di pasar Eropa, Australia dan Eropa. Berikut informasinya tentang mobil listrik Mitsubishi i-MiEV 2010.

1. PENGANTAR MITSUBISHI I-MIEV 2010

Review Mitsubishi i-MiEV 2010 – Mobil listrik Mitsubishi satu ini pertama kali dijual pada tahun 2009 tepatnya bulan Juli. Setelah berjalan satu tahun, barulah mobil tersebut diekspor ke berbagai negara seperti Eropa, Australia dan Asia. Selanjutnya di tahun 2011 diperluas penjualannya hingga Kanada dan Amerika.

Apabila dilihat dari penjualan memang terbilang laris manis, hal tersebut dibuktikan dengan penjualan di Jepang sebanyak 10.000 unit, Jerman 2,400 unit, Perancis 4.700 unit dan di Norway terjual sebanyak 4.900 unit pada Juli 2014. Sementara untuk pasar Indonesia, mobil listrik Mitsubishi tersebut punya cerita tersendiri.

Di Indonesia, mobil listrik tersebut sempat diperkenalkan dalam acara bergengsi IIMS. Tidak hanya itu saja, mobil besutan Mitsubishi tersebut juga didaftarkan agar mendapatkan TNKB dan juga STNK. Jadi mobil listrik pertama kali yang mendapatkan dokumen resmi di Indonesia adalah i-MiEV. Hanya saja karena terbentur soal infrastruktur seperti pengisian tenaga listrik yang belum tersedia di Tanah Air. Ditambah lagi, aturan mengenai pajak mobil litri belum resmi  diadakan.

2. EKSTERIOR MITSUBISHI I-MIEV 2010

Review Mitsubishi i-MiEV 2010: Bagian Depan

Gambar ini menunjukkan Mitsubishi i-MiEV 2010 Bagian depan

Bagian depan menonjolkan desain sebuah Kei Car yang mungil

Saat membayangkan sebuah mobil listrik maka akan terlintas sebuah kendaraan dengan desain masa depan. Namun ternyata mobil besutan Mitsubishi ini mempunyai penonjolan sebuah Kei Car yang cukup mungil. Seperti di bagian depan yang mengandalkan bonet dibuat pipih dipadukan dengan logo di bagian tengah. Untuk kaca depan didesain besar sehingga akan memperluas jarak pandang. Sedangkan headlamp dibuat besar bentuk oval dipadu dengan lampu sein dibuat terpisah dan telah diberikan foglamp.

Review Mitsubishi i-MiEV 2010: Bagian Samping

Gambar ini menunjukkan bagian samping Mitsubishi i-MiEV 2010

Desain kaca mobil megikuti bentuk desain kendaraan

Menuju ke bagian samping, untuk desainnya dibuat ringkas dengan kaca samping yang dibuat mengikuti alur dari bodinya. Memang jika melihatnya akan tampak nuansa yang sangat futuristik. Sementara pada bagian lampu sein dibuat terpisah dengan spionnya. Di bagian sampingnya ini yang menurut kami kurang adalah desain peleknya yang kurang sporty dan terlihat sederhana.

Review Mitsubishi i-MiEV 2010: Bagian Belakang

Gambar ini menunjukkan bagian belakang mobil Mitsubishi i-MiEV 2010

Tidak ada spoiler pada bagian belakang hanya Stop Lamp saja

Sebagai sebuah mobil Hatchback, mobil Mitsubishi i-MiEV 2010 seakan kesan sporty tidak ditonjolkan. Hal tersebut tapak pada bagian belakang yang tidak diberikan spoiler tapi diberikan Stop Lamp. Walaupun begitu, untuk Stop Lamp memiliki ukuran yang besar sehingga akan lebih mudah saat parkir di malam hari.

>>> Lihat Juga Artikel Review Mitsubishi Lain :

3. INTERIOR MITSUBISHI I-MIEV 2010

Review Mitsubishi i-MiEV 2010: Bagian Dashboard & Kemudi

Berlanjut ke bagian kabin yakni dashboard Mitsubishi i-MiEV 2010. Terdapat 3 warna yang dikombinasikan pada bagian ini yaitu silver, hitam dan juga coklat. Warna coklat diberikan pada seluruh lapisan di dashboard, begitupun pada fitur-fiturnya. Di bagian ini juga sudah ada AC yang pengaturannya menggunakan 3 knob dengan desain vertikal. Menurut kami desain yang diberikan pada dashboard kurang futuristik, namun tampak begitu unik.

Gambar ini menunjukkan bagian dashboard mobil Mitsubishi i-MiEV 2010

Dashboard memiliki kombinasi 3 warna dan kemudi sudah ada beberapa tombol

Sementara di bagian kemudinya mengandalkan 3 palang yang berpadu dengan penggunaan logo pada bagian tengahnya. Mobil listrik Mitsubishi satu ini telah diberikan beberapa tombol pengaturan untuk mengoperasikan audionya yang membuatnya tampak praktis.

Yang cukup menarik adalah pada bagian layar MID di balik kemudi. Memang tidak ada informasi seputar bahan bakar karena menggunakan tenaga listrik. Untuk info yang diberikan berupa transmisi, kecepatan dan fitur keselamatan.

Review Mitsubishi i-MiEV 2010: Bagian Kursi

Gambar ini menunjukkan jok mobil Mitsubishi i-MiEV 2010

Jok menggunakan bahan kain dengan ruang kepala dan kaki luas

Menuju ke sektor jok mobil, ruang kepala dan kaki cukup lega, hanya saja bahan material yang dipakai masih belum kulit tapi dengan kain. Meskipun begitu, sebagai mobil listrik perdaya yang penjualannya dilakukan secara massal kami memberikan apresiasi terhadap apa yang diberikan Mitsubishi pada mobil Mitsubishi i-MiEV 2010.

>>> Baca Juga :

4. FITUR MITSUBISHI I-MIEV 2010

Mobil listrik Mitsubishi satu ini menggunakan listrik sebagai tenaganya. Meskipun begitu, untuk tenaganya tidak mengandalkan stasiun pengisian secara penuh, namun terdapat fitur pendukung yaitu Regeneration Brake System. Dengan fitur tersebut memungkinkan pengisian daya listrik ketika melakukan pengereman dari energi kinetic yang dihasilkan.

Gambar ini menunjukkan ilustrasi fitur yang terdapat pada mobil Mitsubishi i-MiEV 2010

 

Fitur cukup mumpuni terutama dalam hal keselamatan

Sementara itu, fitur keselamatan juga tidak luput diberikan yang berupa ABS dan EBD. Walaupun mobil ini sangat mungil namun pengereman akan lebih presisi dengan kehadiran teknologi pengereman tersebut. Disamping fitur tersebut, ada pula Traction Control dan ASC (Active Stability Control) sebagai teknologi kestabilan.

>>> Fitur apa yang tersedia untuk mobil Mitsubishi lainnya? Klik sini untuk simak review lengkap kami tentang semua produk mobil Mitsubishi

5. OPERASI MITSUBISHI I-MIEV 2010

Salah satu kelebihan yang dimiliki mobil Mitsubishi i-MiEV 2010 adalah pada bagian mesinnya yang tidak memakai bahan bakar bensin atau diesel. Tenaganya menggunakan daya listrik dipadukan dengan sistem penggerak RWD. Untuk mesin bertenaga listrik maka pemilik hanya perlu mengisi dengan charging baterai seperti cas ponsel. Jika melihat catatan resmi, untuk mengisi sampai 100% membutuhkan waktu 6 jam, namun dikecualikan jika menggunakan Quick Charging.

Jika baterai dalam kondisi penuh maka dapat digunakan berjalan sampai 160 km. Kita ambil contoh, saat mobil ini digunakan untuk melaju dari Jakarta menuju ke Bandung hanya perlu mengisi 1 kali pengisian karena jaraknya hanya 151,4 km. Namun perlu diketahui bahwa perjalanan tersebut dilakukan dengan menggunakan mode ECO dengan daya motor 18 kW. Angka tersebut belum termasuk dengan penggunaan AC mobil, apalagi saat di setting dengan kondisi sangat dingin dan juga beberapa kondisi lain.

>>> Review Mitsubishi COLT T120SS 2018: Harga Rasional Buat Yang Membutuhkan Mobil Angkut Komersial

6. SPESIFIKASI MITSUBISHI I-MIEV 2010

Berikut ini merupakan spesifikasi Mitsubishi i-MiEV 2010 :

DIMENSI

Panjang

3.475 mm

Lebar

1.475 mm

Tinggi

1.610 mm

Jarak Pijak Depan

1.310 mm

Jarak Pijak Belakang

1.270 mm

Wheelbase

2.550 mm

Radius Putar Minimum

4,5 m

MESIN

Tipe Mesin

Y51

Pengisian Daya *16A

6 Jam

Quick Charging

30 Menit

Daya Jelajah

160 Km

Kecepatan Maksimum

130 Km/Jam

Daya Maksimum

49 kW

Torsi Maksimum

196 Nm

HANDLING & SUSPENSI

Rem Depan

Ventilated Discs

Rem Belakang

Drums

Suspensi Depan

MacPherson Strut dan Coil Spring

Suspensi Belakang

3-Link de Dion

Ukuran Ban Depan

145/65 R15

Ukuran Ban Belakang

175/55 R15

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN MITSUBISHI I-MIEV 2010

Berikut kelebihan dan kekurangan Mitsubishi i-MiEV 2010:

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Menggunakan tenaga listrik sehingga hemat bahan bakar dan juga ramah lingkungan

Belu dijual padahal sudah tersedia di Indonesia

Mengenalkan budaya otomotif yang dimiliki Jepang dengan menonjolkan bagian eksteriornya ke dalam aspek kendaraan jenis Kei Car

Sebagai sebuah mobil listrik kesan futuristik tidak ditonjolkan , meskipun tampilan luar memang sudah sangat menarik

Mempunyai fitur keselamatan yang terbilang lengkap sehingga mobil listrik siap untuk dipakai oleh para konsumen

Interior kurang akan nuansa yang futuristik dan juga Eye Catching serta kabinnya terkemas biasa saja

8. DAFTAR HARGA MITSUBISHI I-MIEV 2010

Jika melihat dari data Samsat Jakarta yang dilansir dari laman Cintamobil.com, mobil i-MiEV 2010 telah terdaftar dan pajaknya adalah Rp. 12 jutaan. Adapun harga Mitsubishi i-MiEV 2010 berada di angka Rp. 593 jutaan.

9. VIDEO MITSUBISHI I-MIEV 2010

10. KESIMPULAN MITSUBISHI I-MIEV 2010

Mobil Mitsubishi i-MiEV 2010 secara resmi telah terdaftar di Indonesia, bahkan untuk STNKnya juga telah resmi. Akan tetapi untuk penjualan masih belum dikeluarkan oleh Mitsubishi. Mengingat untuk soal infrastruktur terbilang masih belum siap untuk Indonesia. Jika ingin melihatnya bisa saja dihadirkan dalam acara seperti  IIMS ataupun GIIAS. Apalagi saat ini sosialisasi mobil listrik sedang gencar dilakukan. Walaupun perlu bersabar, karena sedang ada wabah Covid-19 sehingga pameran mobil dilakukan penundaan.

>>> Jangan lupa klik sini untuk lanjut baca artikel review mobil lainnya

Share This:

Cari harga mobil

Harga mobil per merek

Review mobil populer