Review Mitsubishi Grandis 2.4 AT 2006: Mobil MPV 7 Penumpang Dengan Kabin Lapang

20/07/2020 Abdul Review Mitsubishi

Mobil MPV menjadi salah satu segmen yang dijadikan sebagai kendaraan keluarga. Umumnya mobil dalam segmen ini mempunyai kapasitas 7-8 penumpang. Nah kali ini kami akan membahas review Mitsubishi Grandis 2.4 AT 2006. Karakter yang dimiliki yaitu aspen fun to drive dan juga sporty.

1. PENGANTAR MITSUBISHI GRANDIS 2.4 AT 2006

Review Mitsubishi Grandis 2.4 AT 2006 – Salah satu hal yang membangun image yang positif untuk kendaraan besutan Mitsubishi yang dihadirkan di Indonesia adalah nama besarnya di ajang motorsport. Bahkan untuk aura sporty yang dimilikinya sangat terasa pada mobil-mobilnya seperti yang dimiliki oleh Mitsubishi Lancer, Pajero Sport, Pajero Sport Exceed dan juga pada segmen MPV-nya.

Salah satu mobil yang mempunyai aura sporty dalam segmen MPV adalah Grandis. Mobil ini diperkenalkan pertama kali di tahun 2005 yang dapat menampung sampai 7 penumpang. Bahkan mobil ini di Jepang merupakan sebuah MPV kompak yang mempunyai banyak peminat. Untuk harga pasarannya adalah Rp. 100 juta sampai Rp. 120 jutaan, dengan harga tersebut tentunya menjadikannya lebih menarik.

Lantas bagaimana spesifikasi yang dimiliki dan apa saja fitur yang diberikan? Mari kita simak ulasannya dalam review Mitsubishi Grandis 2.4 AT 2006.

2. EKSTERIOR MITSUBISHI GRANDIS 2.4 AT 2006

Review Mitsubishi Grandis 2.4 AT 2006 : Bagian Depan

Gambar ini menunjukkan bagian depan mobil Mitsubishi Grandis 2.4 AT 2006

Bagian depan tampak sporty dengan aura yang kuat

Kita mulai pembahasan dari bagian depan, pada bagian head lamp mempunyai bentuk segitiga yang dapat memberikan sorotan yang tajam. Sementara untuk grille nya menggunakan desain two piece dipadukan dengan penggunaan logo tiga berlian yang merupakan logo kebanggaan Mitsubishi di bagian tengah dengan ukuran cukup besar menuju dimensi lower grille. Saat melihat tampilan depannya ini maka akan mengingatkan sebuah mobil Mitsubishi dalam segmen sedan yakni Lancer Evolution VII sampai IX.

Tidak hanya itu saja, tampilannya juga lebih atraktif berkay perpaduan antara bumper depannya dengan fog lamp yang digunakan. Ditambah lagi untuk sisi aerodinamikanya juga terlihat berkat penggunaan garis desain yang dimulai dari kap mesinnya menuju ke pilar A.

Review Mitsubishi Grandis 2.4 AT 2006 : Bagian Samping

Gambar ini menunjukkan bagian samping mobil Mitsubishi Grandis 2.4 AT 2006

Dari samping terlihat bodinya yang bongsor

Menuju ke sektor samping, tampilan bongsornya kian terpancar saat melihatnya dari arah ini. Untuk panjangnya hampir mencapai 5 meter dan tingginya 1,6 meter. Hanya saja berkat penggunaan pilar C dan D yang didesain ala floating roof membuatnya tampil lebih ramping. Bodinya dipadukan dengan penggunaan pelek dengan ukuran 16 inci 5 palang.

Review Mitsubishi Grandis 2.4 AT 2006 : Bagian Belakang

Gambar ini menunjukkan bagian belakang mobil Mitsubishi Grandis 2.4 AT 2006

Lampu belakng akan saat menarik saat menyala di malam hari

Jika melihat sisi buritan maka akan terpancar daya tarik tersendiri dengan adanya lampu rem yang sudah LED dibagian pilar D yang didesain memanjang dari mulai bagian atasnya menuju ke bumper. Tidak dipungkiri bahwa desain tersebut kala itu mempunyai banyak peminat. Meskipun begitu, sampai saat ini d aura modern desain tersebut tetap masih terlihat. Mobil MPV Mitsubishi satu ini tampak atraktif dengan adanya pencahayaan di malam hari yang berasal daru lampu belakang LED.

>>> Lihat Juga Artikel Lainnya :

3. INTERIOR MITSUBISHI GRANDIS 2.4 AT 2006

Review Mitsubishi Grandis 2.4 AT 2006 : Bagian Dashboard & Kemudi Mobil

Gambar ini menunjukkan dashboard mobil Mitsubishi Grandis AT 2006

Dashboard terlihat unik dan berbeda dengan yang lain

Pembahasan di bagian dashboard, untuk desainnya didominasi dengan bentuk yang membulat. Sementara efek iluminasi mewah terpancar pada bagian panel dashboardnya serta nyaman dilihat saat dikemudikan di malam hari. Dengan mengandalkan kolom transmisi yang posisinya berada sisi tengah dapat menjadikan interior lebih terlihat luas dan menambah kenyamanan posisi duduk pada penumpang depan dan juga pengemudi mobil. Tidak hanya itu saja, untuk menambah kemewahan di bagian interiornya telah diberikan material plastik two tone.

Menuju ke bagian kemudi mobil, setir Mitsubishi Grandis 2.4 AT 2006 mengandalkan palang 4 dengan dimensi besar. Akan tetapi desain yang diberikan tersebut tidak membuat tampilan interior. Fitur tilt steering membuat respon yang baik saat melakukan manuver dan ketika digenggam akan terasa nyaman.

Review Mitsubishi Grandis 2.4 AT 2006 : Bagian Jok Mobil

Gambar ini menunjukkan jok baris kedua pada mobil Mitsubishi Grandis 2.4 AT 2006

Jok nyaman baik pada baris kedua atau ketiga

Mobil ini merupakan sebuah MPV dengan 7 seater yang memiliki jok yang ergonomi pada setiap kursi yang dimiliki. Selain memberikan kenyamanan, visibilitas yang dimiliki juga baik. Hanya saja pihak Mitsubishi memberikan arm rest untuk penumpang depan, tengah dan pengemudi mobil. Bagi seseorang yang mempunyai tinggi lebih dari 170 cm, kenyamanan akan tetap dirasakan karena head room dan leg room nya sangat baik.

Di bagian kursi belakang tampak kecil, hanya saja untuk diduduki penumpang yang tingginya 170 cm terbilang masih baik. Tidak hanya itu saja, akses masuk dan keluar kursi baris ketiga juga terbilang luas. Caranya dengan menarik tuas yang berada di bagian jok tengah kemudian didorong ke bagian depan.

Review Mitsubishi Grandis 2.4 AT 2006 : Bagasi Mobil

Gambar ini menunjukkan bagasi mobil Mitsubishi Grandis 2.4 AT 2006

Bagasi luas terutama saat jok belakang dilipat sampai rata

Bagasi Mitsubishi Grandis 2.4 AT 2006 yang dimiliki mempunyai volume 320 liter. Mengandalkan bagasinya tersebut menjadikan mobil ini siap diajak bepergian dengan membawa barang bawaan sekeluarga. Namun bila ternyata ruang bagasi masih kurang besar dapat melakukan pelipatan pada jok mobil baris kedua. Dengan pelipatan yang rata volume bagasinya bertambah drastis yakni mencapai 1.545 liter.

Proses pelipatan kursi belakang juga mudah karena tinggal menarik tuas saja di kursi belakang  sampai terlipat menuju ke depan. Agar dapat rata dengan lantai bagasi Sobat perlu melakukan pelipatan kembali ke bagian belakang.

>>> Baca Juga :

4. FITUR MITSUBISHI GRANDIS 2.4 AT 2006

Review Mitsubishi Grandis 2.4 AT 2006 : Fitur Keselamatan

Gambar ini menunjukkan pelek dan ban mobil Mitsubishi Grandis 2.4 AT 2006

Pengereman maksimal dengan fitur ABS dan EBD

Mitsubishi Grandis 2.4 AT 2006 telah melakukan pengetesan Euro NCAP. Yang mana dalam pengetesan tersebut telah mendapatkan sertifikasi keamanan dan soal pengetesan Reinforced Impact Safety Evolution (RISE) Body mendapatkan bintang 4. Tidak hanya itu saja, dari NASVA Test berhasil mendapat 6 bintang dalam tes keselamatan yang dilakukan oleh badan transportasi pemerintah Jepang.

Adapun fitur keselamatan pasif yang dimiliki meliputi seatbelt pretensioner, force limiters dan dual airbags untuk penumpang depan dan pengemudi. Untuk meningkatkan keselamatan telah diberikan sistem pengereman ABS + EBD.

Review Mitsubishi Grandis 2.4 AT 2006 : Fitur Hiburan

Gambar ini menunjukkan head unit Mitsubishi Grandis 2.4 AT 2006

Jika ingin lebih bisa ganti head unit 2 DIN

Selain soal keselamatan, mobil MPV besutan Mitsubishi ini juga mendapatkan fitur hiburan berupa head unit single DIN yang dapat dipakai untuk memutar CD. Di bagian kanan dashboard terdapat card holder yang bisa dimanfaatkan untuk menyimpan kartu parkir ataupun kartu e-Toll.

Untuk memberikan kenyamanan lebih, semua penumpang mendapatkan cup holder. Agar penumpang mendapatkan sirkulasi udara merata, pihak Mitsubishi membekali mobil MPVnya tersebut dengan jalur pendingin atau AC mobil.

>>> Baca Juga, Review Mitsubishi Outlander PHEV 2019 : SUV Ramah Lingkungan Berharga 1 Miliar

5. OPERASI MITSUBISHI GRANDIS 2.4 AT 2006

Gambar ini menunjukkan mesin mobil Mitsubishi Grandis 2.4 AT 2006

Teknologi MIVEC diberikan pada mesin Grandis

Berlanjut ke bagian performa, mesin Mitsubishi Grandis 2.4 AT 2006 menggunakan kode 4G69 dengan kapasitas 2.4L MIVEC. Tenaga yang dihasilkan oleh mesin adalah 163 Hp dan torsi puncaknya adalah 220 Nm. Tenaga mesin disalurkan ke bagian roda dengan mengandalkan transmisi otomatis yang sudah menggunakan teknologi INVECS-II.

Sementara itu, karakter yang dimilikinya soal handling terbilang cukup sigap dan respon kemudinya dapat memberikan feedback yang optimal untuk pengemudi. Tidak hanya itu saja, karakter suspensinya juga sporty dan tetap nyaman saat dikendarai seperti mobil MPV dalam kelas premium.

>>> Review Mitsubishi COLT T120SS 2018: Harga Rasional Buat Yang Membutuhkan Mobil Angkut Komersial

6. SPESIFIKASI MITSUBISHI GRANDIS 2.4 AT 2006

Berikut ini merupakan tabel spesifikasi Mitsubishi Grandis 2.4 AT 2006 :

DIMENSI

Panjang

4.765 mm

Lebar

1.795 mm

Tinggi

1.655 mm

Jarak Pijakan Belakang

1.586 mm

Kapasitas Bagasi

320 liter dan 1.545 liter dengan jok belakang terlipat

Jarak Poros Roda

2.830 mm

Jarak Pijakan Depan

1.585 mm

Kapasitas Tangki Bahan Bakar

65 liter

MESIN

Tipe Mesin

4G69 2.4L 4 segaris MIVEC

Transmisi

Otomatis 4 percepatan dengan INVECS-II, penggerak roda depan

Tenaga Maksimal

163 HP @ 5.750 RPM

Torsi Maksimal

220 Nm @ 3.500 RPM

Isi Silinder

2.400 cc

HANDLING & SUSPENSI

Rem Depan

Ventilated Disc

Rem Belakang

Drum

Suspensi Depan

MacPherson Strut dengan per keong

Suspensi Belakang

Semi Trailing dengan per keong

Tipe & ukuran Velg

5 spoke alloy wheel, 16 inci

Ban

215/60 R16

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN MITSUBISHI GRANDIS 2.4 AT 2006

Berikut ini merupakan beberapa kelebihan dan kekurangan mobil Mitsubishi Grandis 2.4 AT 2006 :

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Memiliki aura sporty yang kuat dipadukan dengan desain yang atraktif

BBM boros

Mempunyai performa mesin yang responsif begitu juga dengan suspensinya

Mempunyai image sparepart yang dibanderol dengan harga mahal dan hanya tersedia terbatas

Sebuah mobil untuk 7 penumpang dengan kabin yang lapang

Untuk harga jual kembali terbilang turun

8. DAFTAR HARGA MITSUBISHI GRANDIS 2.4 AT 2006

Sebagai mobil MPV dalam kondisi bekas tentu harganya akan berbeda dengan yang baru. Untuk harga Mitsubishi Grandis 2.4 AT 2006 bekas pasarannya berkisar mulai Rp. 100 juta sampai Rp. 120 jutaan. Harga tersebut tentunya berhubungan dengan kondisi mobil dan juga wilayah tempat melakukan pembelian.

9. VIDEO MITSUBISHI GRANDIS 2.4 AT 2006

10. KESIMPULAN MITSUBISHI GRANDIS 2.4 AT 2006

Bagi Sobat yang ingin mempunyai sebuah mobil MPV dengan kapasitas 7 penumpang dan tampilannya sporty serta responsif, maka mobil ini bisa dijadikan pilihan. Tidak dipungkiri, bahwa Grandis sangat lekat dengan tampilan sport sehingga banyak yang melakukan modifikasi. Mitsubishi Grandis 2.4 AT 2006 juga dapat mengakomodir kebutuhan pemiliknya dengan lebih baik karena kabinnya lapang dan juga lega. Hanya saja dari segi usia sudah mencapai 14 tahunan sehingga saat berniat membeli mobil tersebut perlu lebih teliti untuk mendapatkan yang maksimal.

>>> Jangan lupa klik sini untuk lanjut baca artikel review mobil lainnya

Share This:

Cari harga mobil

Harga mobil per merek

Review mobil populer

International