Review Mitsubishi Eclipse Cross 2019 : Pilihan Tepat Buat Pecinta SUV

04/10/2019 Fatchur Sag Review Mitsubishi

Mitsubishi Eclipse Cross 2019 hadir di Indonesia dengan desain stylish, dinamis serta tetap membawa sifat mobilitas SUV dengan gaya dan performa khas Mitsubishi. Apa yang membuat mobil ini terlihat istimewa dan layak dimiliki, simak ulasan berikut!

1. PENGANTAR MITSUBISHI ECLIPSE CROSS 2019

PT Mitsubishi Motor Krama Yudha Indonesia resmi meluncurkan Mitsubishi Eclipse Crosspada pengelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019. Eclipse Cross memang dirasa sangat cocok untuk para pecinta SUV, karena mobil dari Mitsubishi ini memiliki segudang kelebihan dan keunggulan, misalnya saja keunggulannya terletak pada confident inspiring, stimulating design hingga human connectivity.

Foto peluncuran Mitsubishi Eclipse Cross 2019 di GIIAS 2019

Terpikat kesuksesan menjualan Xpander, Mitsubishi Motors putuskan jual Eclipse Cross di Indonesia

Mitsubishi merupakan salah satu perusahaan otomotif raksasa dari Jepang yang sejatinya sudah mempunyai SUV kompak sebelumnya, yakni Outlander Sport. Meskipun begitu perusahaan ini tetap percaya diri dengan menghadirkan Mitsubishi Eclipse Cross, karena kedua SUV kompak terbaru ini berada tidak dalam satu segmen atau lebit tepatnya beda level. Eclipe Cross murni menjadi salah satu produk terbaru yang dikembangkan oleh Mistubishi Motors asal Jepang. Perlu diketahui, Eclipe Cross boleh dibilang mobil yang benar-benar value for money (VFM), dengan harga yang kompetitif, desain menarik dan memiliki fitur yang premium, membuat SUV mewah ini mampu menarik perhatian publik. Lebih jelasnya, simak ulasan berikut terkait Mitsubishi Eclipse Cross 2019.

2. EKSTERIOR MITSUBISHI ECLIPSE CROSS 2019

Dengan mengusung tema Dynamic Design, Mitsubishi Eclipse Cross hadir dengan tampilan body yang tangguh, namun tetap tidak meninggalkan kesan yang anggun dan berkelas. Hal ini tentunya bisa dilihat dari beberapa sisi SUV mewah ini, mulai dari sisi depan, samping hingga sisi belakangnya terlihat sangat agresif.

Eksterior Mitsubishi Eclipse Cross 2019 : Bagian Depan

Foto Mitsubishi Eclipse Cross 2019 dari arah samping depan

Secara perlahan desain Dynamic Shield diterapkan pada semua mobil Mitsubishi

Mitsubishi Eclipse Cross hadir dengan tampilan gagah dengan bentuk body yang terkesan lebih berotot. Mobil yang beraura sporty dan agresif ini juga sangat mempercayakan ciri khasnya yang terletak pada rancangan dynamic shield. Selain itu, Mitsubishi Eclipse Cross 2019 juga sudah dilengkapi dengan lampu pipih yang disematkan day running light (DRL) dan LED di bagian lampu utama, serta tetap mengandalkan fitur terbaik yaitu auto leveling headlamp. Bahkan dengan adanya akses krom yang tepat juga membuatnya terlihat lebih tangguh.

Eksterior Mitsubishi Eclipse Cross 2019 : Bagian Samping

Foto Mitsubishi Eclipse Cross 2019 dari arah samping

Dari samping dimensi Mitsubishi Eclipse Cross 2019 memang menggambarkan ciri khas crossover

Mitsubishi Eclipse Cross sudah dilengkapi dengan bagian sisi samping yang sangat menarik. Pasalnya mobil ini memiliki dua garis tegas yang ada di bagian atas dan bawahnya, serta berbentuk seperti sebuah frame. Selain itu, fender yang ada pada roda mobil ini sudah dilengkapi dengan aksesoris yang berwarna hitam sehingga membuat Mitsubishi Eclipse Cross terkesan lebih tangguh seperti SUV mewah. Tidak hanya itu, Eclipse Cross juga memberikan kesan couple yang terlihat pada lampisan garis krom yang membentangi area jendela mobil dengan bagian sisi belakangnya yang menyempit.

Eksterior Mitsubishi Eclipse Cross 2019 : Bagian Belakang

Foto Mitsubishi Eclipse Cross 2019 dari arah samping belakang

Bentuk melengkung buritan Mitsubishi Eclipse Cross 2019 mirip dengan Pajero Sport

Mitsubishi Eclipse Cross memang berhasil menghadirkan kesan agresif pada bagian desain eksterior, terutama sisi belakangnya. Selain itu, Eclipse Cross bagian belakang juga sudah dilengkapi dengan sebuah lampu rear combination tail lights yang dirancang layaknya sebauh garis yang menjadi penengan diantara dua area kaca mobil tersebut. Oleh sebab itu, tidak mengherankan jika kaca pada bagian belakang Eclipse Cross terlihat seakan terbagi menjadi dua segmen.

Melongok ke bagian bawah, Anda tidak akan melihat muffler atau ujung knalpot kendaraan ini karena memang disembunyikan untuk memberi kesan serasi.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

3. INTERIOR MITSUBISHI ECLIPSE CROSS 2019

Mitsubishi Eclipse Cross sebagai salah satu SUV terbaik tentunya memiliki desain interior yang tidak kalah dibandingkan tipe SUV lainnya. Berikut ulasan mengenai interior Mitsubishi Eclipse Cross 2019, yaitu:

Interior Mitsubishi Eclipse Cross 2019 : Kabin

Foto kabin Mitsubishi Eclipse Cross 2019

Tatanan kabin Mitsubishi Eclipse Cross 2019 tak kalah canggih dengan eksteriornya

Memasuki bagian interior, Eclipse Cross hadir dengan ruang kabin yang sangat luas dan lega. Sehingga dapat memberikan keleluasaan bagi para penumpangnya. Selain itu, dengan adanya ruang kabin yang luas juga membuat para penumpang berasa lebih nyaman dan betah meskipun sedang melakukan perjalanan panjang dengan menggunakan Eclipse Cross.

Interior Mitsubishi Eclipse Cross 2019 : Dashboard dan Setir

Foto dashboard Mitsubishi Eclipse Cross 2019

Dashboard Mitsubishi Eclipse Cross 2019, canggih

Mitsubishi Eclipse Cross 2019 memiliki layar head unik yang berada tepat pada bagian tengah dashboard dan memiliki ukuran yang sangat besar dan juga menjadi point penting dari fitur hiburan. Ada juga bagian yang cukup mencuri perhatian yaitu fitur Touchpad Controller yang biasanya sering digunakan pada kendaraan mewah serta berkelas. Mobil ini juga memiliki banyak sekali area penyimpanan, sehingga Anda bebas menyimpan botol minuman ataupun barang kecil lainnya.

Selain itu, bagian setir Mitsubishi Eclipse Cross 2019 juga memakai rancangan antera palang tiga. Bagian setir memiliki cukup banyak tombol yang berguna untuk memudahkan para pengemudi saat mengoperasikan berbagai sistem hiburan, baik itu mengenai saluran radio, pemilihan lagu, mengatur volume serta lainnya.

Interior Mitsubishi Eclipse Cross 2019 : Kursi/Jok

Foto kursi baris belakang Mitsubishi Eclipse Cross 2019

Jok Mitsubishi Eclipse Cross 2019 terbuat dari material pilihan

Jika berbicara mengenai kenyamanan, tentunya jok atau kursi menjadi hal terpenting yang harus diperhatikan saat memproduksi sebuah mobil. Sehingga tidak mengherankan Mitsubishi Eclipse Cross ini memiliki kursi/jok yang secara keseluruhannya sudah memakai material kulit pada lapisan jok dengan memanfaatkan motif yang terkesan sangat sporty. Selain itu, Mitsubishi Eclipse Cross juga telah dibekali dengan fitur pengaturan 6 Way Power Adjustable. Fitur pengaturan ini berguna untuk mencocokan postur tubuh para pengemudi yang berbeda. Dengan hadirnya fitur tersebut membuat posisi para pengemudi menjadi lebih nyaman saat mengemudi mobil ini.

Interior Mitsubishi Eclipse Cross 2019 : Bagasi

Foto bagasi Mitsubishi Eclipse Cross 2019

Meski tak sebesar MPV, bagasi Mitsubishi Eclipse Cross 2019 cukup buat membawa barang bawaan penumpang

Mitsubishi Eclipse Cross memang hadir dengan segudang keunggulan, salah satunya terletak pada daya tampung yang mencapai 5 orang dan ruang bagasi yang cukup luas. Ruang bagasi yang luas ini mampu menampung hingga 4 koper besar di dalamnya. Bahkan jika para pengemudi mobil ini membutuhkan ruang bagasi yang lebih besar juga bisa dengan cara melipat bangku pada baris keduanya.

>>> Baca juga:

4. FITUR MITSUBISHI ECLIPSE CROSS 2019

Mitsubishi Eclipse Cross adalah produk global. Mobil dibekali berbagai fitur yang untuk menunjang keselamatan maupun kenyamanan berkendara.

Fitur Mitsubishi Eclipse Cross 2019 : Fitur Keselamatan

Foto menunjukkan salah satu fitur keselamatan Mitsubishi Eclipse Cross yaitu airbag

Gambaran fitur keselamatan pada Mitsubishi Eclipse Cross 2019- Blind Spot Monitor

Banyak fitur keselamatan canggih dipasang di Mitsubishi Eclipse Cross

Mitsubishi Eclipse Cross berhasil menghadirkan fitur keselamatan modern sistem pengereman terbaru, seperti brake assist (BA), electronic brakeforce distribution (EBD) serta sistem rem anti terkunci atau anti lock braking system (ABS). Selain itu, mobil ini juga memiliki fitur penting lainnya seperti lane change assist dan blind spot warning yang berguna untuk memberi peringatan saat ada kendaraan mendekat dari sisi yang tak terlihat, ini membuat perjalanan jauh lebih nyaman serta aman.

Selanjutnya ada fitur yang dapat menjadikan mobil selalu stabil, Mitsubishi Eclipse Cross sudah disematkan ASTC atau active stability & traction control. Tidak hanya itu saja, dengan menggunakan Eclipse Cross membuat para pengemudi lebih nyaman meksipun mobil sedang melintasi jalanan yang menanjak, sebab mobil ini sudah dilengkapi dengan fitur HSA atau hill start assist. Sehingga mobil akan tetap berjalan dengan stabil dan terhindar dari risiko tergelincir.

Fitur Mitsubishi Eclipse Cross 2019 : Fitur Kenyamanan dan Hiburan

Gambaran fitur Rain Sensor pada Mitsubishi Eclipse Cross 2019

Rain Sensor, fitur yang langka disematkan pada mobil kelas menengah ke bawah

Pada dasarnya ada banyak sekali fitur hiburan yang sudah disematkan pada Eclipse Cross di bagian panel dashboard, seperti layar head unit berukuran 7 inchi di bangian tengah yang didukung oleh teknologi Touchpad Controller dan 4 speaker yang menghasilkan suara yang cukup nyaman di dengar.  Selain itu, mobil ini juga dilengkapi dengan beberapa konektivitas, seperti bluetooth, Apple Car Play serta Android Auto yang bisa langsung dihubungkan pada gadget.

Tidak hanya itu saja, Mitsubishi Eclipse Cross juga sudah dilengkapi dengan fitur Automatic Climate Control sehingga dapat memberikan kenyamanan bagi para penumpangnya. Lalu ada Rain Sensor atau sensor hujan yang akan otomatis mengaktifkan wiper saat air terdeteksi di kaca depan.

>>> Review Mitsubishi Pajero Sport RF Limited Edition 2018 : SUV Dengan Sistem Audio Sekelas Konser

5. OPERASI MITSUBISHI ECLIPSE CROSS 2019

Foto Mesin Mitsubishi Eclipse Cross 2019

Performa Mitsubishi Eclipse Cross 2019 bersumber dari mesin 4B40 DOHC MIVEC

Eclipse Cross merupakan salah satu SUV dari Mitsubishi, sehingga perfoma menjadi salah satu hal penting diperhatikan supaya mobil dapat melakukan perjalanan secara lancar dan mulus. Oleh sebab itu, tidak mengherankan jika Eclipse Cross sudah dilengkapi dengan kapasitas mesin 1.499 cc dan juga dilengkapi dengan transmisi CVT. Untuk tenaga maksimum Eclipse Cross mencapai 150 Horse Power dengan torsi maksimum sekitar 250 Nm.

>>> Review Toyota Fortuner 2005: Mobil SUV Tangguh Segala Medan

6. SPESIFIKASI MITSUBISHI ECLIPSE CROSS 2019

 

DIMENSI

Panjang

4405 mm

Lebar

1805 mm

Tinggi

1674 mm

Jarak sumbu roda

2670 mm

Ground Clearance

183 mm

Radius putar

5,3 m

MESIN

Tipe

4B40 DOHC MIVEC

Kapasitas silinder

1499 cc

Tenaga maksimum

150 Ps @ 5500 rpm

Torsi maksimum

250 Nm @ 2000-3500 rpm

Bahan bakar

Bensin

Sistem bahan bakar

Multi Point Injection (MPI)

Transmisi

CVT

KAKI-KAKI

Sistem kemudi

Electric Power Steering, Tilt & Telescopic

Suspensi depan

MacPherson Strut, Coil Spring, Twin Tube Shock Absorber, Torsion Bar Stabilizer

Suspensi belakang

Multi-link, Coil Spring, Twin Tube Shock Absorber, Torsion Bar Stabilizer

Rem depan

Cakram ventilasi

Rem belakang

Cakram solid

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN MITSUBISHI ECLIPSE CROSS 2019

Kelebihan Kekurangan
Desain eksterior mampu menarik perhatian dan ikonik Dengan adanya perpaduan CVT dan Turbo membuat lag menjadi lebih terasa
Harga sangat kompetitif Tidak tersedia banyak pilihan warna
Fitur canggih cukup berlimpah Konfigurasi kursi 5 seat kurang cocok disebut mobil keluarga
Hadirnya Fitur Touchpad Controller yang membuatnya serasa seperti mobil mewah Output mesin turbonya tidak terlalu istimewa

8. DAFTAR HARGA MITSUBISHI ECLIPSE CROSS 2019

Foto Mitsubishi Eclipse Cross saat World Premiere di Geneva Motor Show 2017

Pertama kalinya Mitsubishi Eclipse Cross diluncurkan di Geneva Motor Show 2017

Untuk pasar Indonesia ada 3 pilihan warna Mitsubishi Eclipse Cross 2019 yang dijual dengan harga berbeda, yaitu:

Varian Harga
Ultimate A/T 1.5L Turbo (Red Diamond) Rp 483.000.000
Ultimate A/T 1.5L Turbo (Silky White) Rp 481.000.000
Ultimate A/T 1.5L Turbo (Amethyst Black) Rp 478.000.000

Harga tersebut adalah harga OTR DKI Jakarta dan sekitarnya (September 2019). Harga tidak mengikat, dapat berubah sewaktu-waktu. Untuk wilayah lain atau pada bulan yang lain, harga kemungkinan besar berbeda.

9. VIDEO MITSUBISHI ECLIPSE CROSS 2019

10. KESIMPULAN MITSUBISHI ECLIPSE CROSS 2019

Masuknya Mitsubishi Eclipse Cross 2019 ke Indonesia jadi momen paling bagus di tengah-tengah tren SUV yang terus mengalami peningkatan setiap tahun. Apalagi jika dilihat brand otomotif asal Jepang ini sedang naik daun, pasalnya Xpander yang diproduksi Mitsubishi sukses bersaing dengan para kompetitornya. Segmen mobil SUV yang bergaya crossover ini memang tidak sebesar Low MPV, akan tetapi dengan harga kompetitif dan fitur yang dihadirkan sangat menarik, menjadikannya modal kuat bagi Eclipse Cross untuk menarik perhatian konsumen. Eclipse Cross juga memiliki desain eksterior yang cukup ikonik, terutama pada bagian belakangnya, sehingga membuatnya mampu menarik perhatian publik.

>>> Klik sini untuk lanjut simak artikel review mobil yang menarik lainnya

Share This:

Cari harga mobil

Harga mobil per merek

Review mobil populer