Review Kia Sonet 2020: Mobil SUV Kompak Agresif Dengan Fitur Mumpuni

17/09/2020 Abdul Review Kia

Sebelumnya mobil KIA tampil elegan, namun untuk KIA Sonet 2020 dihadirkan dengan menggunakan warna desain yang agresif dan juga telah dibekali dengan beragam fitur baru KIA yang unggul. Untuk lebih jelasnya mari kita simak informasinya.

1. PENGANTAR KIA SONET 2020

Review KIA Sonet 2020 – Pada tahun lalu pihak KIA melakukan pergerakan dengan menghadirkan KIA Seltos di India dan juga Indonesia. Sebelumnya pihak KIA menghadirkan mobilnya pada bulan Februari yakni Carnival. Pihaknya juga menambahkan model terbaru yang dihadirkan dengan melenggang dalam segmen SUV yakni KIA Sonet 2020. Pada 12 Agustus versi produksi dihadirkan di negara India dan prediksinya nanti akan masuk ke Tanah Air.

Kedatangan mobil baru dari KIA di pasar otomotif India menjadi salah satu model yang diantisipasi, begitupun pada pasar global. Hal tersebut disebabkan mobil besutan KIA tersebut adalah produk yang diunggulkan oleh pihak KIA dalam kelas kendaraan SUV yang kompak. Apabila mobil ini masuk ke Tanah Air maka yang akan menjadi rivalnya adalah Renault Triber. Sebelumnya KIA dikenalkan dalam Auto Expo di India masih dalam bentuk konsep. Untuk versi produksi dengan model konsep tidak jauh berbeda.

Mobil ini dihadirkan dalam 2 varian yakni GT line dan Tech Line. Tentunya kedua varian tersebut memiliki karakter sendiri-sendiri. Untuk lebih jelasnya mari kita simak ulasannya.

2. EKSTERIOR KIA SONET 2020

Review KIA Sonet 2020 : Bagian Depan

Gambar ini menunjukkan bagian depan mobil Kia Sonet 2020

Grille gunakan desain honeycomb dengan tiger nose

Untuk bagian depan eksteriornya tidak jauh berbeda dengan model konsepnya. Grille yang digunakan mengandalkan tampilan honeycomb yang mempunyai aksen Tiger Nose. Yang mana hal tersebut merupakan ciri khas dari mobil baru milik KIA yang dipasarkan di pasar global. Pada bagian lampu depan didesain menyipit yang terdapat lekukan dibuat mengikuti alur dari bagian kap mesin. Yang mana bagian tersebut telah dilengkapi dengan penggunaan lampu teknologi LED dan juga DRL.

Tidak hanya itu saja, desain yang menjorok ke bagian dalam disematkan pada fog lampnya. Ditambah lagi penggunaan skid plate yang dibalut warna silver dengan ukuran tebal pada sisi bawahnya membuat tampilannya lebih sporty dan fascia depannya lebih maskulin. Pada Sonet GT Liner tampil lebih berani dengan penggunaan aksen merah yang terdapat pada sisi atas bumpernya.

Review Kia Sonet 2020: Bagian Samping

Gambar ini menunjukkan bagian samping Kia Sonet 2020

Kesan mobil SUV terpancar pada mobil ini

Pada saat melihat bagian samping akan terasa kesan SUV yang dimiliki. Dengan desain yang kompak dipadukan dengan ground clearance yang tinggi yakni 190 mm menjadikan tampilannya terlihat maskulin. Hal lainnya adalah pemberian roof rail yang dapat digunakan untuk membawa barang bawaan di bagian atas kendaraan dan juga cladding yang terdapat di bagian bawah. Pelek mengandalkan alloy ukuran 16 inci yang memiliki gaya crystal cut dipadukan dengan keunikan dari struktur pilar C.

Review Kia Sonet 2020: Bagian Belakang

Gambar ini menunjukkan bagian belakang mobil Kia Sonet 2020

Sisi belakang juga tampak maskulin

Eksterior belakang mempunyai tampilan yang maskulin yang mempunyai kesan modern berkat penggunaan strip reflektor. Yang mana bagian tersebut menjadi penghubung 2 unit lampu belakang. Di bagian atas kaca belakang terdapat stop lamp sekunder dipadukan dengan spoiler belakang yang terintegrasi. Sebagai pelengkap pihak KIA memberikan aksen reflektor yang dibuat mengapit bumper bagian bawah dengan model horizontal.

>>> Baca juga :

3. INTERIOR KIA SONET 2020

Review Kia Sonet 2020: Bagian Dashboard & Kemudi

Gambar ini menunjukkan dashboard dan kemudi mobil Kia Sonet 2020

Tampilan dashboard sporty dan tampak mewah

Di bagian dashboard mempunyai tampilan sporty dan dibekali dengan layar sentuh 10,25 inci yang dapat memberikan hiburan kepada pengemudi dan penumpang di dalam KIA Sonet 2020. Head unitnya mengandalkan tipe Connected Panel yang telah HD touchscreen yang memberikan informasi tentang navigasi dan sistem infotainment.

Kemudian tombol pengaturan AC dihadirkan dengan panel AC terdapat di bawahnya dengan desain yang unik. Bentuknya dibuat vertikal yang dibalut dengan menggunakan aksen chrome. Bahkan konsol tengahnya juga ditawarkan dengan menggunakan aksen chrome dipadukan dengan finishing hitam yang dibuat sewarna dengan interiornya. Armrest dan cup holder tidak luput diberikan untuk menambah kenyamanan di dalam kendaraan.

Bagian kemudinya terkesan sporty dengan desain flat-bottom yang dilapisi kulit. Memang dari segi desain tidak berbeda jauh dengan kemudi milik mobil KIA lain. Setirnya juga telah diberikan beberapa tombol untuk mempermudah pengemudi dalam mengoperasikan fiturnya.

Review Kia Sonet 2020: Bagian Kursi

Gambar ini menunjukkan jok mobil Kia Sonet 2020

Jok nyaman dengan pengaturan elektrik

Jok mobil Sonet 2020 sudah memakai sistem elektrik dalam pengaturannya. Di bagian jok depan telah diberikan fitur kursi berventilasi. Begitupun pada ruang kaki dan kepala yang diberikan tergolong baik. Jika nantinya mobil ini dihadirkan di Indonesia tentu akan merasakan kenyamanan.

Review Kia Sonet 2020: Bagian Bagasi

Gambar ini menunjukkan bagasi mobil Kia Sonet 2020

Bagasi luas terutama saat bangku belakang dilipat

Kapasitas bagasi yang dimiliki tidak berbeda jauh dengan milik Hyundai Vanue karena memak pembuatannya berdasarkan mobil tersebut. Wheelbase yang dimiliki juga mempunyai kapasitas yang hampir sama. Dari pihak KIA belum ada catatan resmi, hanya saja beberapa media di India mempunyai prediksi bahwa kapasitasnya adalah 350L. Tentu saat jik belakang direbahkan kapasitasnya akan bertambah.

>>> Lihat Juga :

4. FITUR KIA SONET 2020

Review KIA Sonet 2020 : Fitur Hiburan

Mobil KIA Sonet 2020 dibekali dengan layar sentuh ukuran 10,25 inci. Pada varian paling tinggi telah diberikan pula instrument cluster semi digital. Menariknya lagi adalah fitur lain yang dibawa mobil ini masuk dalam teknologi yang telah dihubungkan dengan UVO, yang mana sudah mempunyai 57 fitur termasuk voice assist dan juga 7 speaker dari audio bose.

Untuk memberikan kenyamanan, mobil ini juga diberikan pengisian daya nirkabel, pembersih udara terintegrasi, ambient light, LED sound mood dan kontrol iklim otomatis. Bahkan sunroof juga diberikan pada mobil ini sehingga memunculkan kesan yang lega dan mewah.

Gambar ini menunjukkan fitur  pada layar head unit Kia Sonet 2020

Fitur lengkap untuk membuat berkendara lebih aman dan nyaman

Review Kia Sonet 2020: Fitur Keselamatan Aktif

Berhubungan dengan keselamatan, KIA Sonet memberikan fitur yang cukup lengkap. Adapun fitur yang diberikan adalah ABS, EBD dan BA serta Hill Start Assist, Vehicle Stability Control dan Electronic Stability Control. Airbag yang ditawarkan adalah 6 buah, sistem monitor tekanan udara pada ban, sensor parkir depan dan belakang serta ISOFIX.

>>> Mungkin Tertarik Dengan Review KIA Carens 2017 Yang Merupakan Mobil MPV Cocok Untuk Kendaraan Keluarga

5. OPERASI KIA SONET 2020

Gambar ini menunjukkan mesin mobil Kia Sonet 2020

Mesin Kappa 1.0L TGDi turbo pada KIA Sonet 2020

Kia Sonet 2020 dihadirkan di India dalam 3 pilihan mesin yakni 2 mesin dengan bahan bakar bensin meliputi Smartstream 1.2L 4 silinder dan 1.0L T-GDi + Turbo serta 1 mesin bahan bakar diesel yakni 1.2L CRDi. Pilihan transmisinya juga terdapat 5 pilihan meliputi  Starstream 6 speed iMT, 6 speed AMT, 7 speed DCT, 6 speed manual dan 5 speed manual.

Dengan mengandalkan teknologi iMT yang baru dari KIA bisa membuat berkendara jadi lebih menyenangkan. Dengan Gearbox 6 speed iMT menjadikan perpindahan gigi jadi lebih sedikit dan sistem kontrolnya seperti dengan transmisi manual. Mode berkendara juga terdapat beberapa  dan terdapat sistem kontrol grip yang membuat rasa berkendara juga meningkat.

>>> Review Mobil KIA Sedona 2016 Indonesia: Mobil MPV Premium Dengan Fitur Mumpuni

6. SPESIFIKASI KIA SONET 2020

Berikut ini merupakan tabel spesifikasi mobil KIA Sonet 2020 :

DIMENSI

Panjang

3.995 mm

Lebar

1.790 mm

Tinggi

1.647 mm

Dimensi Kia Sonet 2020

Jarak Poros Roda              2.500 mm

Ground Clearance            211 mm

 

Dimensi Kia Sonet 2020

Jarak Poros Roda              2.500 mm

KAKI-KAKI

Suspensi Depan

TBA

Suspensi Belakang

TBA

Rem

TBA

Ban Depan

215/60 R16

MESIN

Tipe Mesin

Kappa 1.2L 4-silinder (bensin)

Kappa 1.0L T-GDi Turbo (bensin)

Tenaga Maksimal

83 PS @ 6.000 rpm

120 PS @ 6.000 rpm

Torsi Maksimal

115 Nm @ 4.000 rpm

172 Nm @ 1.500-4.000 rpm

Kapasitas Silinder

1.248 cc

998 cc

Transmisi

5-Percepatan Manual

6-Percepatan Manual, 6-percepatan iMT, dan 7 DCT Otomatis

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN KIA SONET 2020

Berikut ini merupakan kelebihan dan kekurangan mobil KIA Sonet 2020 :

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Mempunyai desain yang sporty dan terlihat maskulin

Kabin yang dimiliki terkesan kurang lapang

Fitur yang diberikan terbilang lengkap untuk mendukung kenyamanan dan keamanan berkendara

Sebagai mobil SUV tenaga yang dimiliki terbilang biasa saja

Memiliki banyak pilihan mesin yang dapat disesuaikan dengan selera dan kebutuhan

Belum masuk Indonesia

8. DAFTAR HARGA KIA SONET 2020

Berhubungan dengan harga KIA Sonet 2020, di India prediksi harganya adalah 7.0 lakh rupee atau jika dirupiahkan setara dengan Rp. 139 jutaan. Namun menurut prediksi kami, bila didatangkan ke Indonesia perkiraan harganya adalah Rp. 150 jutaan.

9. VIDEO KIA SONET 2020

10. KESIMPULAN KIA SONET 2020

KIA memang jarang menghadirkan kendaraan dengan tampilan yang agresif dan sporty. Kehadiran KIA Sonet 2020 yang masuk dalam segmen SUV perkotaan tentunya menjadi salah satu nuansa yang baru. Dengan beragam keunggulan dan fitur yang ditawarkan serta teknologi transmisi yang baru membuatnya mempunyai nilai plus dan diharapkan bisa menarik banyak konsumen. Apabila hadir di Indonesia maka akan langsung jadi rival serius bagi Renault Triber.

>>> Jangan lupa klik sini untuk lanjut membaca artikel review mobil yang menarik lainnya

Share This:

Cari harga mobil

Harga mobil per merek

Review mobil populer

International