Review KIA Seltos 1.4L EXP 2020: Mobil Compact SUV Dengan Desain Mewah

28/04/2020 Abdul Review Kia

Pasar mobil Indonesia tidak berhenti didobrak oleh PT Kreta Indo Artha. Sebelumnya penyempurnaan telah dilakukan pada model Hatchback dan city car. Kali ini diperkenalkan mobil Compact SUV yakni Seltos. Untuk kali ini kami akan memberikan informasi mengenai KIA Seltos 1.4L EXP 2020.

1. PENGANTAR KIA SELTOS 2020

Review KIA Seltos 1.4L EXP 2020 – Merek KIA di Indonesia dipegang oleh PT Kreta Indo Artha, yang mana pasar Tanah Air terus diramaikannya. Sebelumnya pihak KIA menghadirkan beberapa mobil andalannya yakni Grand Sedona, All New Rio dan All New Picanto. Kali ini pihaknya kembali menggebrak pasar dengan menghadirkan All New KIA Seltos. Fitur yang diberikan sangat beragam dan para kompetitornya patut mewaspadainya.

Perlu diketahui, bahwa Seltos 2020 dihadirkan dengan membawa 1 pilihan mesin saja yaitu 2.400 cc Turbocharger. Dari segi harga mulai Rp. 295 jutaan sampai Rp. 355 jutaan. Untuk lebih jelasnya mari kita simak ulasannya dalam spesifikasi KIA Seltos 1.4L EXP 2020.

2. EKSTERIOR KIA SELTOS 2020

Review KIA Seltos 1.4L EXP 2020 : Bagian Depan

Gambar ini menunjukkan bagian depan KIA Seltos 1.4L EXP 2020

Sisi depan tampak gagah dan mewah dengan balutan krom yang diberikan

Pembahasan mulai dari bagian depan, yang mana desainnya begitu futuristik. Hal tersebut berkat penggunaan guratan garis depannya. Tampilannya juga terlihat menyatu dari mulai kap mesin dan lampu depan serta bagian grille. Untuk headlamp mengandalkan teknologi LED dan grille menggunakan desain khas KIA yakni Tiger Nose. Sedangkan pada lampu kabut memakai bentuk Ice Cube yang membuatnya tampil futuristik.

Perlu diketahui, bahwa lampu kabut dan lampu depan LED dengan DRL hanya diberikan pada tipe EXP saja. Sementara untuk tipe di bawahnya masih diberikan bohlam biasa. Desain bagian depan terlihat lebih menarik dengan headlamp yang dibuat mengapit grille dan penggunaan aksen krom yang mengelilinginya.

Review KIA Seltos 1.4L EXP 2020 : Bagian Samping

Gambar ini menunjukkan bagian samping KIA Seltos 1.4L EXP 2020

Sebuah SUV Compact dengan desain yang atletis

Menuju ke area samping KIA Seltos 1.4L EXP 2020, ketika  melihatnya akan terlihat jelas adanya belt krom yang terdapat pada lis kaca pintunya. Dengan adanya desain tersebut membuat tampilannya terlihat mewah. Desainnya yang kokoh membuat citra mobil SUV yang dimiliki semakin kuat. Untuk ground clearance yang dimiliki adalah 183 mm sehingga saat melintasi jalanan rusak sangat bisa diandalkan.

Sementara itu, pada bagian pelek menggunakan ukuran 17 inci dengan ban ukuran 215/60 R17. Bahkan pada bannya diklaim mempunyai grill yang sangat baik dengan offset 50. Dengan perpaduan tersebut membuat seseorang yang melihatnya dari arah samping dan belakang akan terlihat ban dan velgnya tampak rata dengan fender dan begitu pas.

Review KIA Seltos 1.4L EXP 2020 : Bagian Belakang

Gambar ini menunjukkan bagian belakang mobil KIA Seltos 1.4L EXP 2020

Saat lampu belakang dinyalakan akan menghasilkan efek 3D yang menarik

Menuju ke bagian belakang KIA Seltos 1.4L EXP 2020. Saat melihatnya akan disuguhkan rear combination lamp yang memakai bohlam dengan jenis LED. Sementara untuk lampu belakang saat di malam hari terlihat indah. Sinar lampunya dapat menghasilkan garis-garis seakan memunculkan efek 3D. Namun ada yang menarik pada bagian belakangnya tersebut, yang mana pintunya terbilang ringan padahal belum diberikan electric power door. Untuk posisi knalpot ada di kolong mobil, namun ada pajangan aksen knalpot twin pipe yang disandingkan dengan bagian bumper.

>>> Lihat Juga :

3. INTERIOR KIA SELTOS 2020

Review KIA Seltos 1.4L EXP 2020 : Bagian Dashboard & Kemudi Mobil

Gambar ini menunjukkan dashboard dan kemudi mobil KIA Seltos 1.4L EXP 2020

Kemudi mobil menggunakan pengaturan tilt dan telescopic

Menuju ke bagian dashboard, desainnya tampak asimetris dan dirancang dengan menggunakan sudut yang tertuju ke bagian pengemudi mobil. Kemewahan juga akan terasa berkat material bahan yang dipakai mempunyai mutu yang tinggi serta detailnya yang dimiliki sampai ke bagian yang paling kecil. Selain itu, dengan melalui monitor infotainment 8 inci sentuhan high-tech nya terlihat begitu nyata.

Sedangkan pada kemudi KIA Seltos 1.4L EXP 2020 dibekali dengan beragam tombol fungsional. Untuk bagian kanan diberikan tombol untuk mengoperasikan fitur cruise control dan di bagian kiri untuk mengoperasikan panggilan telepon dan audio mobil yang berada di dashboard. Desainnya menggunakan flat bottomed yang enak ketika digenggam berkat penggunaan kulit yang melapisinya. Agar pengemudi bisa merasakan kenyamanan, pihak KIA memberikan kemudinya dengan pengaturan tilt dan telescopic.

Review KIA Seltos 1.4L EXP 2020 : Bagian Kursi

Gambar ini menunjukkan jok mobil KIA Seltos 1.4L EXP 2020

Jok nyaman mesti terlihat keras dan aslinya empuk

Pada bagian jok mobil telah dilapisi dengan kulit. Ketika melihatnya akan terasa kurang nyaman dan keras, akan tetapi pada saat menduduki kursinya akan merasakan kenyamanan karena empuk. Ditambah lagi dengan head room dan legroom yang cukup memadai membuat seseorang di dalamnya akan merasakan kelegaan di dalam Seltos 1.4L EXP 2020.

Review KIA Seltos 1.4L EXP 2020 : Bagian Bagasi

Gambar ini menunjukkan bagasi mobil KIA Seltos 1.4L EXP 2020

Bagasi yang dimiliki berkapasitas besar di kelasnya

Salah satu yang perlu diwaspadai oleh para kompetitornya adalah bagasinya yang lega. Pada saat kursinya digunakan kapasitas bagasinya mencapai 433 liter, sedangkan saat kursi belakang dilakukan pelipatan kapasitasnya jadi 1.401 liter. Untuk akses keluar masuk barang juga mudah berkat desain lantainya yang rata.

Mungkin tertarik:

4. FITUR KIA SELTOS 2020

Review KIA Seltos 1.4L EXP 2020: Fitur Sunroof

Gambar ini menunjukkan fitur sun roof pada mobil KIA Seltos 1.4L EXP 2020

Kabin terlihat lega denga adanya sunroof

Salah satu fitur yang memancarkan kemewahan di dalam kabin adalah sunroof. Mobil besutan KIA ini telah dibekali dengan sunroof yang dapat dioperasikan secara elektrik.

Review KIA Seltos 1.4L T-GDI 2020: 6 Pilihan Driving Mode & In-Car Entertainment System

Mobil KIA Seltos 1.4L EXP 2020 dibekali dengan 6 pilihan mode berkendara dan In-Car Entertainment System. Dengan 6 pilihan mengemudi tentunya bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan gaya mengemudi pemiliknya serta kondisi jalanan yang dilewati. Adapun 6 pilihan tersebut meliputi Snow, Sand, Mud, Sport, Eco dan Normal.

Gambar ini menunjukkan tuas transmisi dan mode berkendara

Terdapat 6 driving mode yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan

Menariknya lagi adalah mobil KIA Seltos 1.4L EXP 2020 merupakan satu-satunya SUV yang telah dibekali dengan fitur fast wireless charging. Dengan mengandalkan fitur tersebut memungkinkan pengecasan smartphone yang dimiliki hanya dengan meletakkannya saja di tempat yang telah disediakan. Head unit yang diberikan memiliki layar dengan ukuran 8 inci yang dapat dikoneksikan dengan Android Auto dan Apple Car. Kualitas output audionya juga sangat baik walaupun untuk speaker hanya 4 buah berpadu dengan 2 tweeter saja.

Review KIA Seltos 1.4L EXP 2020: Multi Information Display

Gambar ini menunjukkan layar MID pada mobil KIA Seltos 1.4L EXP 2020

Tampilan menarik saat melihat instrument cluster

Layar 7 inci diberikan pada MID yang terletak pada bagian tengah panel instrument dipadukan dengan LCD Supervision Cluster. Resolusi yang dimiliki juga cukup tinggi dan dapat memberikan beragam informasi penting seperti mode berkendara yang dipilih, suhu luar kendaraan, rata-rata konsumsi BBM, konsumsi BBM real time, sisa jarak yang ditempuh berdasarkan sisa BBM serta Tripmeter A dan B.

>>> Baca Juga, Review Mobil KIA Sedona 2016 Indonesia: Mobil MPV Premium Dengan Fitur Mumpuni

5. OPERASI KIA SELTOS 2020

Gambar ini menunjukkan mesin mobil KIA Seltos 1.4L EXP 2020

Sistem bahan bakar gunakan direct injection dan bermesin turbo

Menuju ke bagian performa KIA Seltos 1.4L EXP 2020, pihak KIA memberikan mesin dengan kode Kappa 1.4L. Yang mana mesin ini merupakan hasil pengembangan yang telah dibekali dengan Direct Injection dan Turbocharger. Untuk kapasitas yang dimiliki adalah 1.353 cc dan bisa menghasilkan tenaga maksimal sebesar 140 Ps dan torsi puncaknya adalah 242 Nm.

Tenaga yang dihasilkan oleh mesin disalurkan menuju ke bagian roda depan dengan mengandalkan transmisi DCT (kopling ganda) 7 speed. Salah satu kelebihan yang dimiliki mesin ini berkat penggunaan direct injection adalah monim knocking pada mesin dan lebih ramah terhadap lingkungan.

>>> Lihat Juga, Review KIA Rio 2017: Mobil City Car Tampilan Sporty Yang Cukup Populer Di Indonesia

6. SPESIFIKASI KIA SELTOS 2020

Berikut ini merupakan tabel spesifikasi mobil KIA Seltos 1.4L EXP 2020 :

DIMENSI

Panjang

4.315 mm

Lebar

1.800 mm

Tinggi

1.645 mm

Kapasitas Penumpang

 5 Penumpang

Kapasitas Tangki

 55 Liter

Radius Putar

 5,3 Meter

Jumlah Pintu

 5 Pintu

Wheelbase

 2.610 mm

MESIN

Seri

Kappa, 1.4L Turbo-Gasoline Direct Injection, Dual CVVT

Tenaga Maksimum

 138,5 Hp (140 PS) @ 6.000 rpm

Torsi Maksimum

 242 Nm @ 1.500 - 3.200 rpm

Bore X Stroke

 71,6 mm X 84,0 mm

Tipe Transmisi

 Otomatis 7 Percepatan Kopling Ganda, Penggerak Roda Depan

Tenaga Maksimum

 138,5 Hp (140 PS) @ 6.000 rpm

Torsi Maksimum

 242 Nm @ 1.500 - 3.200 rpm

umlah Silinder

 4 Silinder

Jumlah Katup

 16 Katup (2 inlet & 2 outlet per silinder)

Pasokan Bahan Bakar

 Gasoline Direct Injection

HANDLING & SUSPENSI

Rem Depan

Ventilated Disc

Rem Belakang

Disc

Suspensi Depan

MacPherson Strut

Suspensi Belakang

Coupled Torsion Beam Axle

Sistem Kemudi

 Rack And Pinion, Hydraulic

Teknologi Safety Sasis

 Advance High Strength Steel and Press Hot Stampling

Jenis Ban

 Goodyear Assurance, 215/60 R17

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN KIA SELTOS 2020

Berikut ini merupakan kelebihan dan kekurangan KIA Seltos 1.4L EXP 2020 :

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Mempunyai harga yang begitu kompetitif

Sayangnya untuk varian tertingginya yakni GT-Line tidak didatangkan ke Indonesia

Pada bagian eksterior dan juga interiornya mempunyai desain yang mewah sehingga akan lebih menambah kenyamanan saat berada di dalamnya

Di dalam mobil SUV kompak ini belum disediakan opsi sistem audio BOSE

Transmisi yang digunakan sudah kopling ganda dan juga dibekali dengan mesin turbo

Masih terbatasnya jaringan purna jual yang dimiliki oleh KIA

8. DAFTAR HARGA KIA SELTOS 2020

Berikut merupakan daftar harga KIA Seltos 1.4L EXP 2020 :

TIPE MOBIL

HARGA MOBIL

KIA Seltos 1.4L T-GDI E

Rp. 295.000.000

KIA Seltos 1.4L T-GDI EX

Rp. 320.000.000

KIA Seltos 1.4L T-GDI EX+

Rp. 355.000.000

9. VIDEO KIA SELTOS 2020

10. KESIMPULAN KIA SELTOS 2020

Mobil KIA Seltos 1.4L EXP 2020 merupakan salah satu paket yang menarik dari KIA dan mampu bersaing dengan rivalnya dalam segmen SUV kompak. Harganya juga terbilang sangat kompetitif dengan penggunaan mesin turbo serta transmisi kopling ganda. Fitur yang diberikan juga modern sehingga diharapkan dapat menarik lebih banyak konsumen. Hanya saja untuk layanan purna jualnya masih kurang menurut kami.

>>> Jangan lupa klik sini untuk lanjut membaca artikel review mobil yang menarik lainnya

Share This:

Cari harga mobil

Harga mobil per merek

Review mobil populer