Review KIA Sedona 2019

31/10/2018 Franky Pratama Review Kia

Demi mengembalikan nama KIA Sedona di pasar otomotif internasional, maka pabrikan asal Korea Selatan ini memberikan sejumlah pembaruan pada generasi baru Sedona. Memang, Minivan satu ini menawarkan segala utilitas praktis untuk kebutuhan keluarga, bersaing ketat dengan model Honda Odyssey di lini sama. Menjawab hal ini, mari kita simak informasi selengkapnya dalam review KIA Sedona 2019.

1. PENGANTAR KIA SEDONA 2019

Review KIA Sedona 2019 – Nama lain dari Sedona adalah Carnival. Generasi pertamanya diluncurkan pada tahun 1988 silam, memboyong desain bodi sederhana dan mesin 2.5 Liter V6. Pengenalannya pun dilakukan di berbagai negara besar sebut saja Australia, Eropa dan Amerika Utara. Di tahun 2006, generasi keduanya hadir dengan penawaran dua sasis bodi yakni Short Wheelbase (SWB) dan Long Wheelbase (LWB). Bahkan, radius putar dibuat semakin minimalis, mengingat bodinya yang cukup panjang sehingga dapat memberi performa lebih lincah. Tentu perubahan ini, menandakan keseriusan KIA untuk mengerti segala kebutuhan dari konsumennya.

Generasi KIA Sedona dimulai sejak tahun 1998

Generasi pertama KIA Sedona (kiri) dan generasi keduanya (kanan)

Supaya terus mengikut perkembangan zaman, KIA Sedona akhirnya juga meluncurkan generasi ketiganya di tahun 2015. Seluruh halnya berubah mulai dari sisi eksterior, interior dan performa mesin lebih garang di angka 3.3 Liter V6. Namun jangan salah, artikel kali ini akan membahas hal yang lebih baru dari KIA Sedona. Dari hasil penelusuran Hargamobil.com, KIA Sedona 2019 sudah siap dipasarkan di negara Kanada. Mobil satu ini memiliki tingkat keselamatan tertinggi dari generasi sebelumnya. Hal ini bisa diamati dari perolehan 5-Star Safety dari National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA).

KIA Sedona 2019 memiliki segala kapabilitas lebih bagi sebuah Minivan keluarga

KIA Sedona 2019 yang hendak dibahas di kesempatan kali ini

Tentunya, keselamatan menjadi hal terutama dalam memilih mobil. Menjawab hal ini, KIA memberi teknologi terbarunya untuk mobil Minivan andalannya. Berikut kita simak review KIA Sedona 2019.

2. EKSTERIOR KIA SEDONA 2019

Semua hal pada eksterior KIA Sedona 2019 dikemas sangat elegan dan mewah. Di beberapa sisi bodinya disematkan aksen krom sebagai penguat pesan mewahnya. Aspek Wheelbase juga tampil memanjang di angka 3.060 mm yang mampu memberikan akomodasi kabin lebih lapang bagi seluruh penumpang. Memang, model satu ini dibekali banyak varian namun kami memfokuskan untuk mengulas varian tertingginya yakni SXL+.

Review KIA Sedona 2019: Eksterior Depan

Fascia depannya dibuat dengan tatanan agresif, bisa diamati pada sisi Front Grille berbalur desain menggigit dipadu lampu utama Projector dan Daytime Running Light (DRL). Sementara itu, tatanan bemper depan menggunakan ukuran trapesium berkelir hitam yang dikombinasikan dengan Front Under Guard, penambah kesan gagah. Sisi mewah juga terpancar kuat dari sisi Fog Lights yang dibalut aksen krom mengilap. Sehingga, menjadikan semua proporsi sisi depan terasanya pas antara modern, agresif dan elegan.

Eksterior depan KIA Sedona 2019 menyuguhkan desain lampu kabut terbaru

Eksterior depan KIA Sedona 2019 dilengkapi lampu Projector dan DRL

Review KIA Sedona 2019: Eksterior Samping

Hal paling memanjakan mata kami pada sisi samping adalah pelipis kaca beraksen krom. Memberi tema elegan serupa dengan fascia depannya. Adapun kaca spion juga sudah terintegrasi dengan lampu sein, memberi kesan praktis yang cukup kekinian. Kegagahannya sebagai Minivan juga ditunjang dengan ban berukuran besar di angka P235/55 R19. Dibanding generasi sebelumnya, pembaruan ini cukup kami acungi jempol.

Eksterior samping KIA Sedona 2019 memiliki Wheelbase di angka 3.060 mm

Eksterior samping KIA Sedona 2019 tampil sangat mengesankan dengan aksen krom pada pelipis kacanya

Review KIA Sedona 2019: Eksterior Belakang

Sisi belakang aslinya juga biasa-biasa saja. Untungnya fitur Rear Spoiler dengan Rear Under Guard menjadi pemanis utama desain belakangnya. Disayangkan, desain lampu belakang nampak terlalu konvensional, tak begitu mengalami perubahan dibanding model sebelumnya. Meski begitu, pada sisi bawah juga sudah tampil menawan dengan LED Taillights. Hal paling menarik adalah kaca belakang yang dibuat sangat lebar sehingga mampu memberi visibilitas lebih bagi pengendara.

Eksterior belakang KIA Sedona 2019 menghadirkan Rear Spoiler dan Rear Under Guard sebagai pemanis

Eksterior belakang KIA Sedona 2019 menghadirkan lampu LED Taillights

>>> Baca juga:

3. INTERIOR KIA SEDONA 2019

Tentu bukan sembarang Minivan, interior KIA Sedona 2019 dirancang dengan segala hiburan atraktif yang mampu membuat seluruh penumpang dapat betah berada dalam kabinnya. Semua detailnya dirancang cukup ergonomis, mudah diakses oleh pengendara serta memiliki banyak fitur wadah yang cocok untuk kebutuhan keluarga.

Review KIA Sedona 2019: Dashboard

Meski kami merasakan dashboardnya ditata sederhana tapi untunglah warna Beige mampu memberi warna elegan bagi atmosfer kabin. Dirancang lebih lapang dan dihias apik dengan tambahan aksen berwarna abu-abu seperti pada sisi Head Unit, fitur penyejuk dan Blower.

Dashboard KIA Sedona 2019 menyajikan kesan ergonomis dan elegan

Dashboard KIA Sedona 2019 tertata cukup sederhana dan dibekali warna Beige

Di sisi tengah juga sudah disajikan panel Multimedia berukuran 8 inci yang sudah didukung fitur navigasi. Tentu dengan adanya fitur ini, Anda tak perlu khawatir tersesat ketika menjelajah tempat-tempat wisata baru. Di sisi lain, fitur penyejuk juga nampak nyaman berkat spesifikasi Tri-Zone Automatic Climate Control yang sudah terintegrasi dengan Clean Air Filtration.

Review KIA Sedona 2019: Setir

Kemudi setir juga dirancang apik dengan tatanan tiga palang. Selain itu, genggaman setirnya terasa cukup nyaman lewat balutan material kulit berkualitas. Sebagai mobil Minivan khusus keluarga, KIA Sedona 2019 juga menghadirkan fitur Tilt dan Telescopic Steering. Fungsinya terbilang menarik untuk memudahkan pengendara mendapatkan posisi kemudi yang sesuai dengan postur tubuhnya. Hal menarik lainnya, setir Sedona juga dibekali tombol multifungsi seperti pengaturan audio dan Cruise Control.

Setir KIA Sedona 2019 menghadirkan beberapa tombol multifungsi

Setir KIA Sedona 2019 menggunakan desain tiga palang dan dilengkapi tombol multifungsi

Review KIA Sedona 2019: Kursi

Dalam aspek kursi, pengendara boleh berbangga hati. Pasalnya, tersedia 8 mode pengaturan kursi untuk memaksimalkan sensasi berkendara Anda. Tersedia juga pendingin Air-Cooled di bangku depan serta fitur Memory Function untuk menyimpan pengaturan kursi pilihan pengendara. Spesialnya lagi, semua kursi sudah dibalut bahan kulit besutan Nappa yang bukan saja memberikan kenyamanan istimewa namun juga desain elegan.

Kursi KIA Sedona 2019 menyajikan tatanan elegan lewat desain Captain Seat di bangku kedua

Kursi KIA Sedona 2019 mampu menampung hingga tujuh orang sekaligus

>>> Artikel terkait:

4. FITUR KIA SEDONA 2019

Selain unggul dalam hal kapabilitas interior, lalu apa saja fitur KIA Sedona 2019? Menjawab hal ini, Hargamobil.com hendak memberikan ulasan lengkap baik dalam hal keselamatan dan hiburan.

Review KIA Sedona 2019: Fitur Keselamatan

Memenuhi segala kebutuhan keluarga menjadi prioritas utama pada KIA Sedona 2019. Tentu baik dalam hal perjalanan jauh ataupun dalam kota. Supaya semua hal berjalan dengan nyaman, KIA menyematkan fitur kestabilan seperti Electronic Stability Control (ESC) dan Vehicle Stability Management (VSM). Perjalanan di area licin juga bisa teratasi dengan mudah lewat dua teknologi tersebut. Adapun aspek pengereman juga tak luput dari pantauan dengan menghadirkan racikan teknologi 4-Wheel Anti-lock Braking System (ABS), Brake Assist System (BAS) dan Electronic Brakeforce Distribution (EBD).

Fitur keselamatan KIA Sedona 2019 tampil lengkap di berbagai aspeknya

Fitur keselamatan KIA Sedona 2019 berhasil memperoleh bintang lima dari NHTSA

Di sisi lain, teknologi paling modern di masa kini sudah dihadirkan pada KIA Sedona. Beberapa rangkaian teknologi tersebut meliputi Advanced Smart Cruise Control (ASCC), Forward Collision-Avoidance Assist (FCA), Lane Departure Warning System (LDWS), 360 Camera Monitoring System dan Rear Cross Traffic Alert. Semua teknologi ini sangat bergantung kepada kecanggihan sensor yang nantinya mampu mendeteksi potensi kecelakaan lebih baik. Seperti halnya, menjaga jarak dengan pengendara lain, menjaga mobil supaya selalu berada di marka jalan dan proses parkir lebih aman.

Review KIA Sedona 2019: Fitur Hiburan

Atmosfer kabin KIA Sedona 2019 ditunjang kuat oleh panel Head Unit mumpuni berukuran 8 inci. Cukup besar untuk sebuah kabin Minivan. Fitur satu ini juga sudah didukung dengan 6 speaker serta format modern layaknya AUX, AM/FM, MP3, USB, Apple CarPlay, Android Auto dan Bluetooth. Selain menghadirkan panel audio yang mumpuni, fitur hiburan yang paling praktis menurut kami adalah Wireless Charger yang mampu mengisi daya Gadget Anda tanpa membutuhkan kabel. Dalam hal ini, KIA nampak berhasil memenuhi segala kebutuhan berkendara masa kini.

Fitur hiburan KIA Sedona 2019 juga tampil lengkap yang siap menghibur penumpang

Fitur hiburan KIA Sedona 2019 sudah dibekali Wireless Charger

>>> Bandingkan juga dengan Daihatsu Luxio yang juga memiliki segala fitur lengkap

5. OPERASI KIA SEDONA 2019

Tenaga bensin masih menjadi andalan khas dari operasi mesin KIA Sedona 2019. Kapasitas silinder masih sama dengan memboyong 3.3 Liter V6 dipadu konfigurasi D-CVVT. Racikan tersebut akhirnya berhasil memberi perolehan daya maksimum hingga 276 HP di angka 6.000 Rpm. Untuk sebuah Minivan bergaya praktis, operasi berkendara KIA Sedona juga ditunjang dengan transmisi 8 tingkat percepatan otomatis. Kemampuan torsinya juga terbilang tangguh sebesar 248 Lb.ft setara 5.200 Rpm. Dari catatan resminya, tingkat efisiensi KIA Sedona mampu menghabiskan 12,7 Liter untuk jarak tempuh 100 Km.

Operasi mesin KIA Sedona 2019 mampu meraih daya maksimum hingga 276 HP

Operasi mesin KIA Sedona 2019 mengandalkan kapasitas 3.3 Liter V6

>>> Review Toyota Alphard 2018, Si Bongsor Mewah Dengan Pilihan Mesin Terbaru

6. SPESIFIKASI KIA SEDONA 2019

Supaya Anda semakin mengenal sosoknya, tak lupa Hargamobil.com memberikan informasi lengkap tentang spesifikasi KIA Sedona 2019.

SPESIFIKASI KIA SEDONA 2019

DIMENSI

Panjang x Lebar x Tinggi

5.115 mm x 2.269 mm x 1.755 mm

Jarak Poros Roda

3.060 mm

Jarak Pijak Terendah

171 mm

MESIN

Tipe Mesin

3.3 Liter V6 D-CVVT, VIS, ETC

Kapasitas Silinder

3.300 cc

Daya Maksimum

276 HP / 6.000 Rpm

Torsi Maksimum

248 Lb.ft / 5.200 Rpm

Sistem Transmisi

8 Tingkat Percepatan Otomatis

Mode Penggerak

Front Wheel Drive (FWD)

HANDLING

Sistem Suspensi

MacPherson Strut dengan Gas Shock Absorber dan Dynamic Dampers

Sistem Rem

Multi-Link dan Gas Shock Absorber

Sistem Kemudi

Rack & Pinion dengan Tilt, Telescopic dan Electric Power Steering

Ukuran Ban

P235/55 R19

BAHAN BAKAR

Tipe Bahan Bakar

Bensin

Sistem Bahan Bakar

Gasoline Direct Injection (GDI)

Kapasitas Tangki Bahan Bakar

80 Liter

Estimasi Konsumsi Bahan Bakar Rata-Rata

12,7 Liter / 100 Km

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN KIA SEDONA 2019

Ulasan singkat dari penjelasan di atas akan kami rangkum pada segmen kelebihan dan kekurangan KIA Sedona 2019.

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Fitur keselamatan sangat lengkap dan berhasil memperoleh bintang lima dari NHTSA

Tidak ada perubahan signifikan pada aspek interior dibanding model sebelumnya

Performa mesin bensin yang cukup irit meski menggunakan kapasitas 3.3 Liter

Desain dashboard ditata kurang Eye-Catching hanya mengandalkan warna Beige

Segala fitur hiburan interior dirancang untuk memanjakan penumpang

Eksterior belakang dikemas cukup sederhana dan kurang ikonik

8. DAFTAR HARGA KIA SEDONA 2019

Penting juga kami informasikan, daftar harga KIA Sedona 2019 di Kanada tampil bervariasi. Tersedia beberapa pilihan menarik mulai dari tipe L, LX, LX+, SX, SX+. SXL dan SXL+. Artikel yang dibahas di atas adalah varian tertingginya yakni tipe SXL+.

TIPE MOBIL

HARGA KIA SEDONA 2019

(Kanada)

HASIL KONVERSI DOLLAR KANADA KE RUPIAH INDONESIA

(Dibulatkan)

KIA Sedona 2019 L

$28.495

IDR. 330.077.900

KIA Sedona 2019 LX

$31.495

IDR. 364.829.000

KIA Sedona 2019 LX+

$34.445

IDR. 399.000.000

KIA Sedona 2019 SX

$38.065

IDR. 440.934.000

KIA Sedona 2019 SX+

$39.065

IDR. 452.517.000

KIA Sedona 2019 SXL

$43.065

IDR. 498.852.000

KIA Sedona 2019 SXL+

$47.865

IDR. 554.454.000

*Catatan:

  • Mengingat model ini belum dirilis di Indonesia, harga di atas adalah harga resmi di Indonesia
  • Harga di atas sifatnya sebagai referensi saja
  • Apabila model ini dirilis di Indonesia maka dipastikan akan ada kenaikan harga seperti halnya pembiayaan sertifikasi, perizinan dan segala pertimbangan dari KIA Indonesia

9. VIDEO KIA SEDONA 2019

10. KESIMPULAN KIA SEDONA 2019

Sebagai Minivan keluarga, KIA Sedona nampaknya ingin mempopulerkan namanya kembali di kancah otomotif internasional. Segala ubahan diprioritaskan untuk kenyamanan keluarga baik perihal perjalanan jauh maupun antar kota. Jujur, kehadiran KIA Sedona 2019 menjadi salah satu senjata baru pabrikan asal Korea Selatan untuk menembus pasar mobil keluarga. Performa mesinnya juga tampil unggul bukan hanya dari segi kecepatan namun juga tingkat efisiensi. Segala kapabilitas menarik dihadirkan untuk menarik hati masyarakat internasional. Namun, bagaimana pendapat Anda? Patutkah KIA Sedona 2019 Indonesia untuk Anda tunggu?

Share This:

Cari harga mobil

Harga mobil per merek

Review mobil populer