Review KIA Rio 2017: Mobil City Car Tampilan Sporty Yang Cukup Populer Di Indonesia

14/12/2018 Abdul Review Kia

KIA Rio merupakan salah satu mobil kelas city car yang mempunyai desain sporty. Dengan berbagai fitur dan kelebihan di dalamnya, menjadikan kendaraan ini siap untuk diajak menerobos jalanan perkotaan. Bahkan mobil ini bisa dipakai untuk rutinitas sehari-hari. Lantas apa saja spesifikasi dari mobil ini, mari kita simak ulasannya tentang review KIA Rio 2017.

1. PENGANTAR KIA RIO 2017

Review KIA Rio 2017 – Seperti yang kita tahu, pada mobil dalam segmen city car banyak sekali peminatnya di Indonesia. Hal tersebut mungkin karena jalanan yang semakin padat dan banyak kendaraan yang melewatinya, oleh sebab itu dibutuhkan mobil yang minimalis dan siap menghadapi kemacetan. Salah satu yang tepat untuk itu adalah kelas city car seperti KIA Rio.

Rio merupakan salah satu produk dari KIA yang masuk dalam segmen city car dan terbilang populer di Tanah Air. Dengan menggunakan desain yang dinamis serta sporty menjadikannya banyak dipilih oleh masyarakat khususnya di wilayah perkotaan.

2. EKSTERIOR KIA RIO 2017

Dengan mengusung tagline “Find Your Groove”, mobil besutan KIA ini terbilang sangat nyaman dengan beberapa kelebihan di dalamnya. Dari segi tampilan pun sudah tidak diragukan lagi, siapa yang melihat tentu akan tertarik dengannya.

Review KIA Rio 2017: Bagian Depan

Gambar ini menunjukkan Mobil KIA Rio 2017 tampak depan dan samping kanan

KIA Rio merupakan mobil city car yang hemat bahan bakar dengan harga terjangkau

Pada bagian depan KIA Rio 2017 mempunyai grille dengan menggunakan tipe nose yang didesain aerodinamis. Bentuknya terbilang lebih kecil apabila dibandingkan dengan KIA Picanto. Sedangkan untuk bagian headlamp terlihat sangat gagah dan sporty, hal tersebut berkat tampilan LED headlamp yang dibuat lebih tegas dan juga melancip.

Pada bagian bumper terdapat grille yang dibuat besar dengan tambahan fog lamp yang diletakkan pada kedua sisinya. Dengan begitu akan terlihat jelas ketangguhan dari mobil ini yang menarik perhatian khalayak umum.

Review KIA Rio 2017 : Bagian Samping

Gambar ini menunjukkan bagian depan dan samping Mobil KIA Rio 2017

KIA Rio 2017 menggunakan desain coupe yang dibuat melandai di sisi belakang

Berlanjut ke bagian samping, yang mana untuk bodinya menggunakan bentuk dari bodi coupe dengan didesain melandai pada sisi belakangnya. Tentunya hal ini bertujuan membuatnya lebih aerodinamis, bahkan dengan bentuknya itu terlihat lebih sporty. Memang dari desain bagian luar sangat berbeda dengan KIA picanto yang dibuat lebih futuristik meskipun bentuknya agak mengkotak.

Jika dilihat dari arah samping memang terlihat sebuah garis lurus yang didesain memanjang dari pintu bagian depan menuju sampai belakang. Tujuannya supaya kesan sporty hadir pada mobil ini sehingga lebih banyak yang tertarik. Untuk warna dari panel pintu dibuat senada dengan warna bodi KIA Rio 2017. Mobil ini mempunyai panjang 4 meter dengan lebar 1,7 meter yang menjadikannya sangat tepat untuk melibas jalanan perkotaan yang rawan terjadi kemacetan.

Review KIA Rio 2017: Bagian Belakang

Gambar ini menunjukkan bagian belakang dan samping KIA Rio 2017 warna merah

Bagian belakang dari KIA Rio 2017 menggunakan desain yang dinamis

Di bagian belakang terdapat rear spoiler yang membuatnya terlihat dinamis. Selain itu tidak lupa pula terdapat dynamic rear LED Lamp Combination untuk lebih meningkatkan kesan dinamisnya. Bahkan untuk membuatnya tampak lebih mewah terdapat light reflector yang disematkan pada bagian rear bumper. Tentunya hal ini bisa menjadi nilai plus tersendiri pada mobil city car yang cukup populer dari KIA.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

3. INTERIOR KIA RIO 2017

KIA Rio 2017 merupakan mobil Hatchback yang mempunyai bentuk tidak terlalu besar dengan kapasitas penumpang mencapai 5 orang. Mobil ini juga sangat nyaman dikendarai walaupun dengan dimensi seperti yang telah disebutkan digunakan untuk 5 orang penumpang.

Review KIA Rio 2017: Dashboard Dan Setir

Gambar ini menunjukkan dashboard mobil dan juga setir mobil serta head unitnya

Terdapat fitur yang mendungkung kenyamanan bagi pengemudi seperti tombol pada setir

Pada bagian dashboard terdapat tachometer dan juga speedometer yang mempunyai desain bulat. Memang dari segi desain terlihat minimalis, namun hal tersebut justru membuatnya terlihat menarik. Dipasangkan juga head unit dengan memakai layar audio display dengan ukuran 5 inci.  Bahkan untuk segi fitur terbilang cukup lengkap karena terdapat DAB dan juga RDS. Sedangkan di bawah head unit terdapat panel untuk mengatur AC yang didesain sangat sederhana meskipun dari kelengkapan dalam pengaturan cukup mumpuni.

Sementara untuk bagian setir menggunakan desain 2 palang, yang mana terlihat lebih minimalis dan menarik. Selain itu terdapat beberapa tombol di bagian kanan dan kiri pada palangnya untuk memudahkan pengemudi mengatur fitur pada head unit tanpa mengganggu konsentrasi terhadap jalan.

Review KIA Rio 2017: Kursi

Pada bagian kursi terbilang cukup nyaman saat diduduki, bahan yang digunakan adalah fabric dengan detail yang begitu rapi. Dalam penataan 2 baris kursi, meskipun tidak tergolong dalam kategori mewah, namun dari segi kualitas terbilang cukup baik dan memiliki kenyamanan yang lebih.

Gambar ini menunjukkan kabin mobil KIA Rio 2017 dan terdapat 2 baris kursi aksen warna hitam

Kursi dan kabin mobil didesain sedemikian rupa untuk memancarkan aura yang menarik bagi konsumen

Review KIA Rio 2017: Kabin

Pada bagian kabinnya cukup nyaman meskipun diisi penuh 5 orang penumpang. Bahkan pada penumpang belakang juga masih memiliki jarak lutut dengan kursi depan dan bagian kepala ada ruang sehingga tidak mentok pada atapnya. Tentunya hal ini dapat memberikan kenyamanan saat berada di dalam mobil KIA Rio 2017.

Tidak hanya itu saja, untuk ruang penyimpanan terdapat banyak ruang yang diberikan. Seperti ruang di bagian dashboard, penyimpanan bagian tengah dan terdapat pula side pocket pada semua pintu dari KIA Rio. Bahkan setiap penumpang memiliki ruang penyimpanannya sendiri-sendiri yang menjadikan kenyamanan lebih maksimal saat berkendara bersama keluarga atau teman.

Review KIA Rio 2017: Bagasi

Gambar ini menunjukkan bagasi mobil yang terlihat kursinya dilipat sehingga lebih luas

Bagasi mobil dapat dirubah lebih luas dengan melipat kursi bagian belakang

Berlanjut ke bagian bagasi KIA Rio 2017, yang mana bagian ini terbilang cukup luas dengan daya tampung semisal 2 buah koper dengan ukuran mid size. Tidak hanya itu saja, saat dikendarai hanya sendiri atau berdua maka kursi belakang dapat dilipat. Dengan begitu ruang bagasi akan bertambah dan dapat membawa barang lebih banyak.

Mungkin tertarik:

4. FITUR KIA RIO 2017

Di pasar Indonesia memang terdapat beberapa penyesuaian, namun untuk fitur utama pada mobil ini tidak dihilangkan.

Review KIA Rio 2017: Fitur Keamanan

KIA Rio 2017 mempunyai fitur keamanan yang cukup lengkap mulai Child Safety Lock yang dapat membuat rasa tenang saat berkendara dengan sang buah hati. Dengan adanya fitur ini memungkinkan pintu akan terkunci dan tidak bisa dibuka sembarangan saat mobil berjalan. Jadi tidak perlu khawatir sang buah hati memainkan pintu kendaraan saat dalam mobil.

Sementara itu, untuk fitur keamanan lainnya terdapat air bag dan juga adjustable seat belt yang diperuntukkan bagi pengemudi dan penumpang bagian depan. Tidak hanya itu saja, saat terjadi benturan dapat dikurangi dengan adanya side impact beams dan juga front impact.

Gambar ini menunjukkan kursi belakang dengan fitur seat belt pada setiap kursinya

KIA Rio 2017 mempunyai fitur yang terbilang cukup lengkap

Review KIA Rio 2017: Fitur Kenyamanan

Untuk mendukung kenyamanan selama perjalanan menuju tempat yang dituju akan lebih nyaman dengan adanya fitur power outlet, adjustable seats dan juga power windows bagian depan. Dengan begitu pengemudi dan penumpang akan nyaman selama perjalanan. Jika dilihat memang untuk mobil besutan KIA yang satu ini telah memenuhi standar dari sebuah city car.

5. OPERASI KIA RIO 2017

Gambar ini menunjukkan mesin mobil KIA Rio 2017 yang terdapat beberapa komponen di dalamnya

Meskipun tenaga mesin turun namun soal performa masih tetap bisa diandalkan

Dilanjutkan menuju bagian performa, yang mana KIA Rio 2017 mengandalkan mesin 1.4 Mpi yang berkonfigurasi dengan 4 silinder. Untuk kapasitas yang dimiliki adalah 1.400 cc dan tangki bahan bakarnya dapat diisikan sebanyak 45 liter. Dengan mengandalkan mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 98 Hp/ 6.000 Rpm dan torsi maksimal yang  dicapai adalah 133 Nm/ 4.000 Rpm. Tidak hanya itu saja, mobil KIA Rio 2017 dapat melakukan akselerasi dalam 13 detik saja untuk mencapai 0-100 km/jam.

6. SPESIFIKASI KIA RIO 2017

Untuk mengetahui kejelasan dari beberapa informasi di atas, berikut ini kami berikan tabel spesifikasi KIA Rio 2017 buat sobat otomotif semua.

DIMENSI

Panjang

4.065 mm

Lebar

1.993 mm

Tinggi

1.445 mm

Jarak Sumbu Roda

2.580 mm

MESIN

Tipe Mesin

1.4 MPi ISG Dual CVVT 4 silinder segaris 16 katup

Kapasitas

1.396 cc

Tenaga Maksimal

100 Ps / 6.000 rpm

Torsi Maksimal

133 Nm / 4.000 rpm

Transmisi

6-Speed M/T dan 4-Speed A/T

KAKI-KAKI

Suspensi Depan

MacPherson Strut

Suspensi Belakang

Multi-Link

Rem Depan

-

Rem Belakang

-

Ban

185/65 R17

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN KIA RIO 2017

Setiap kendaraan mempunyai kelebihan dan juga kelemahan sendiri-sendiri. Begitupun dengan KIA Rio, berikut informasinya yang kami berikan dalam tabel.

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Mempunyai desain yang lebih sporty

Tenaga mesin menurun

Kesan elegan terpancar dengan adanya pranomic roof

Meskipun canggih, tetapi head unit belum layar sentuh

Mempunyai fitur keselamatan yang terbilang lengkap

 

Konsumsi bahan bakar lebih hemat

 

>>> Dapatkan informasi terlengkap tentang kelebihan dan kekurangan mobil KIA lainnya di sini

8. DAFTAR HARGA KIA RIO 2017

Dengan harga terjangkau tentunya menjadikan banyak masyarakat yang ingin memilikinya. Berikut daftarnya:

TIPE

HARGA

KIA Rio 2017 M/T

Rp 250.000.000,-

KIA Rio 2017 A/T

Rp 265.000.000,-

Nb. Harga on the road dan bisa berubah sewaktu-waktu

9. VIDEO KIA RIO 2017

10. KESIMPULAN KIA RIO 2017

KIA Rio 2017 mempunyai tampilan yang lebih sporty dan tampak segar. Dengan harga cukup terjangkau mempunyai mesin yang cukup baik dan memiliki tenaga mumpuni. Bahkan mobil ini juga siap melakukan persaingan terhadap kelas Hatchback lainnya.

Namun dengan melakukan penyesuaian fitur sebenarnya sangat disayangkan untuk KIA Rio 2017. Karena dengan begitu fiturnya lebih rendah bila dibandingkan dengan versi luarnya. Namun hal tersebut tidak masalah, karena jika dilihat secara menyeluruh tidak mengurangi kemampuan mobil ini dalam segi kenyamanan dan keamanan.

>>> Jangan lupa klik sini untuk lanjut membaca artikel review mobil yang menarik lainnya

Share This:

Cari harga mobil

Harga mobil per merek

Review mobil populer