Review Kia Picanto 2016 Indonesia

23/02/2018 Handy Goeyana Review Kia

Kia Picanto merupakan mobil hatchback besutan Kia yang mulai diperkenalkan pada tahun 2011 silam. Mobil yang masih bertahan hingga saat ini termasuk dalam generasi kedua dimana Kia Picanto tetap menggunakan konsep city car dan memiliki desain yang lebih menarik. Apa saja kelebihan mobil ini? Selengkapnya bisa dibaca ulasan mobil ini dalam review Kia Picanto 2016 Indonesia dibawah ini.

1. PENGANTAR

Review Kia Picanto 2016 Indonesia - Mobil city car besutan pabrikan asal Korea Selatan ini menawarkan desain minimalis yang terlihat sporty dan stylish yang mengusung konsep “All In Small Picanto”. Selain menawarkan desain yang kompak dan modern, Kia Picanto menawarkan mobil dengan efisiensi bahan bakar terbaik karena menerapkan standar ECO pada mobilnya. Kia Picanto yang cocok dibawa di area perkotaan ini memiliki segmentasi pasar kelas menengah yang lebih ditujukan untuk kaum hawa yang membutuhkan kendaraan yang kecil dan ringkas, meskipun tidak menutup kemungkinan kaum pria juga menggunakan mobil ini. Review Kia Picanto 2016 Indonesia secara lengkap oleh hargamobil.com bisa dibaca dibawah ini.

2. EKSTERIOR

Eksterior Kia Picanto 2016 memiliki bodi yang lebih kompak karena mengusung desain city car, namun mobil ini memiliki desain yang sporty dan tetap terlihat elegan mengikuti perkembangan jaman.

  • Desain bagian depan

Gambar mobil Kia Picanto 2016 berwarna biru dilihat dari sisi depan

Bagian depan Kia Picanto 2016 yang lebih stylish

Bagian depan Kia Picanto 2016 Indonesia memiliki grill berukuran kecil yang memiliki lis beraksen krom di setiap sisinya. Lampu depan memiliki ukuran yang cukup besar dan bumper depan juga memiliki ukuran yang cukup besar dipadukan dengan foglamp yang stylish di setiap sisinya.

  • Desain bagian samping

Gambar mobil Kia Picanto 2017 berwarna merah dilihat dari sisi samping

Bagian samping Kia Picanto 2016 yang begitu dinamis

Bagian samping mobil ini terlihat kompak layaknya mobil city car pada umumnya. Terdapat lekukan di bagin pintu yang membuat mobil ini terlihat lebih stylish dan dinamis.

  • Desain bagian belakang

Gabar mobil Kia Picanto 2016 berwarna hitam dilihat dari sisi belakang

Bagian belakang Kia Picanto 2016 yang lebih elegan

Bagian belakang mobil ini memiliki stop lamp yang didesain berbeda dan unik. Tidak lupa ada roof spoiler dan bumper belakang yang memiliki skirt sehingga membuat mobil ini begitu terlihat sporty.

>>> Klik sini untuk simak harga mobil Kia terbaru dan terlengkap

3. INTERIOR

Lanjut ke bagian interior Kia Picanto 2016. Luas kabin pada mobil ini sejatinya tidaklah terlalu luas. Namun fitur-fitur penunjang dalam kabin mobil mampu menawarkan kenyamanan yang cukup baik untuk pengemudi maupun penumpangnya.

  • Dashboard dan setir

Gambar bagian dashboard mobil Kia Picanto 2016

Desain dashboard dan setir Kia Picanto 2016 yang menggunakan aksen hitam dan silver

Dashboard pada mobil ini didesain terlihat lebih stylish dan sporty berkat penggunaan warna hitam dan warna silver yang begitu pas berpadu. Di bagian tengah dashboard terdapat AC Control dengan fitur Full Auto Temperature Control yang membuat suhu kabin akan diatur secara otomatis. Selain itu ada sistem Audio Single Din yang memiliki fitur berupa CD Player, MP3 Player, USB maupun AUX in iPod/iPhone. Tidak lupa ada ECO mode yang memberikan informasi mengenai konsumsi bahan bakar yang mudah dibaca sehingga pengemudi dapat mengontrol gaya mengemudinya agar tidak boros bahan bakar. Di bagian setir yang juga memiliki aksen silver ini terdapat Audio Steering Switch yang akan memudahkan pengemudi untuk mengatur pilihan pada sistem audio tanpa harus melepas setir kemudi.

  • Kursi

Gambar bagian kursi mobil Kia Picanto 2016

Kursi Kia Picanto 2016

Kursi mobil Kia Picanto 2016 Indonesia terdiri dari dua baris dan mampu menampung maksimal 5 orang. Kursi mobil ini menggunakan bahan berkualitas sehingga terasa empuk dan memberikan kenyamanan yang lebih bagi pengemudi dan penggunanya.

  • Bagasi

Gambar bagian bagasi mobil Kia Picanto 2016

Bagasi Kia Picanto 2016

Mobil Kia Picanto 2016 Indonesia yang mengusung konsep city car ini memiliki ruang bagasi yang cukup luas untuk menaruh beberapa barang dengan ukuran sedang. Kursi baris kedua bisa dilipat untuk memberikan ruang bagasi yang lebih luas.

>>> Mungkin Anda ingin baca: Kia Stinger 2017, Spesifikasi, Harga dan gambar lengkap

4. FITUR

Gambar menunjukkan fitur airbag di mobil Kia Picanto 2016

Airbag Kia Picanto 2016

Fitur keselamatan pada mobil Kia Picanto 2016 Indonesia dimulai dari sistem pengereman yang menggunakan cakram dan dilengkapi dengan fitur ABS pada mobil varian Platinum yang akan memberikan pengereman semaksimal mungkin. Tidak lupa ada SRS Airbag berjumlah 6 pasang yang dipasang baik di bagian depan dan belakang sehingga mampu melindungi pengemudi dan penumpang terhindar dari cedera serius. Selain itu terdapat Vehicle Stability Management (VSM), Hill Assist Control (HAC), dan Electronic Stability Control (ESC) yang akan menjaga mobil tetap stabil dan terkontrol ketika mengemudi dalam wilayah tertentu. Fitur keamanan pada mobil ini berupa Emergency Stop Signal yang akan menghidupkan lampu belakang secara otomatis untuk memberi tanda pada pengemudi lainnya di belakang Kia Picanto ini saat terjadi sesuatu yang darurat di depan mobil ini.

5. OPERASI

Gambar bagian mesin mobil Kia Picanto 2016

Mesin Kia Picanto 2016

Mesin Kia Picanto 2016 menggunakan mesin Kappa 1.2 MPI Engine dengan Dual CVVT DOHC berkapasitas 1.248 cc yang mampu menghasilkan tenaga maksimal mencapai 87 Ps pada putaran mesin 6.000 rpm dan torsi maksimal mencapai 120 Nm pada putaran mesin 4.000 rpm. Tenaga yang dihasilkan oleh mesin mobil ini akan disalurkan melalui sistem transmisi manual 5 percepatan dan sistem transmisi otomatis 4 percepatan.

6. SPESIFIKASI

Spesifikasi Kia Picanto 2016 bisa dilihat di tabel berikut.

Mesin

Tipe Mesin

1.2 L Dual CVVT DOHC

Kapasitas Silinder

1.248 cc

Sistem Suplai Bahan Bakar

EFI (Electronic Fuel Injection)

Daya Maksimum

87 Ps / 6.000 rpm

Torsi Maksimum

120 Nm / 4.000 rpm

Transmisi

Sistem Transmisi

4 Speed A/T / 5 Speed M/T

Sistem Kemudi

Electronic Power Steering w/ Tilting

Dimensi

P X L X T

3.595 x 1.595 x 1.490 mm

Jarak Pijak depan/belakang

1.455 / 1.465 mm

Jarak Poros Roda

2.385 mm

Kapasitas Tempat Duduk

5 orang

Suspensi

Suspensi Depan

Mc Pherson Strut dengan Stabilizer & Dual Tube Gas Shock Absorber

Suspensi Belakang

Torsion Beam dengan Gas Shock Absorber

Rem Depan

Disc

Rem Belakang

Drums

Velg/Ban

Alloy Wheel 165 / 60 R14

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN

Kelebihan dan kekurangan mobil Kia Picanto 2016 bisa dilihat di tabel berikut.

Kelebihan

Kekurangan

Desain eksterior yang modern dan kompak

Tidak semua tipe memiliki fitur terbaru

Desain interior yang stylish dan sporty

Ruang kabin terasa lebih kecil

Memiliki fitur keselamatan yang cukup lengkap

 

Tenaga mobil cukup mumpuni.

 

8. DAFTAR HARGA

Harga mobil Kia Picanto 2016 bisa dilihat di tabel bawah ini.

Tipe

Harga

Kia All New Picanto 1.2 A/T

Rp 185.650.000

Kia All New Picanto 1.2 M/T

Rp 171.650.000

Kia All New Picanto 1.2 Platinum

Rp 205.650.000

9. VIDEO

Sebagai penutup ulasan mobil ini silahkan melihat video Kia Picanto 2016 di bawah ini.

10. KESIMPULAN

Untuk sebuah city car yang memiliki fitur-fitur penunjang dan desain yang cukup elegan, maka Kia Picanto merupakan jawaban bagi anda yang menginginkan city car dengan kriteria yang dijabarkan sebelumnya. Apalagi ditambah dengan harganya yang cukup terjangkau membuat mobil ini memiliki daya tarik tersendiri.

Share This:

Cari harga mobil

Harga mobil per merek

Review mobil populer