Review KIA Carens 2017: Mobil MPV Cocok Untuk Kendaraan Keluarga

28/11/2018 Abdul Review Kia

KIA Carens merupakan salah satu mobil yang banyak diminati oleh semua elemen masyarakat. Pertama kali debut di Indonesia adalah tahun 2000-an awal. Bahkan tidak hanya digunakan oleh masyarakat biasa saya yang menggunakannya, dari pihak kepolisian juga menggunakannya untuk operasional. Hal tersebut dikarenakan adanya beberapa fitur yang dimiliki serta kelebihan yang disematkan di dalamnya. Untuk lebih jelasnya mari kita simak Review Mobil KIA Carens secara lengkap.

1. PENGANTAR KIA CARENS 2017

Review KIA Carens 2017 - KIA adalah salah satu produsen mobil ternama yang memasarkan produknya di Indonesia. Salah satu produk yang diandalkan adalah KIA Carens yang masuk dalam segmen mobil MPV. Dengan dibekali berbagai fitur menarik di dalamnya membuatnya terasa nyaman dan patut diunggulkan.

Dari tahun ketahun mobil ini dilakukan perubahan atau upgrade yang menjadikannya semakin canggih. Sehingga bagi sobat yang ingin mempunyai mobil keluarga kesayangan, maka tidak ada salahnya memilih KIA Carens.

2. EKSTERIOR KIA CARENS 2017

Untuk desain yang dimiliki menggunakan model ala Eropa yang tampak compact dan terlihat stylish. Dari segi bentuk memang akan terlihat sangat aerodinamis yang disertai dengan lekukan-lekukan sehingga tampak berkelas. Untuk kapasitas penumpang yang dimiliki adalah 7 orang, namun jika dilihat sebenarnya bentuknya tidak terlalu besar.

Review KIA Carens: Bagian Depan

Gambar ini menunjukkan KIA Carens 2017 warna silver tampak bagian depan dan samping kanan

Grill type tiger nose merupakan identitas dari mobil KIA

Dilihat dari arah depan menggunakan grill dengan type tiger nose. Desain ini memang dijadikan identitas dari mobil besutan KIA. Untuk bagian lampu utama telah memakai HID Projection Headlamp dengan desain yang menarik dan terdapat lekukan mengecil ke belakang. Tidak hanya itu, headlampnya tersebut bisa dilakukan pengaturan ketinggian dari bagian dalam sehingga lebih mudah dalam mencari posisi cahaya lampu yang maksimal terhadap jalan.

Sedangkan untuk bagian foglamp didesain agak kotak dengan ujungnya dibuat melengkung sehingga tapak tampil beda dari yang lain.

Review KIA Carens: Bagian Samping

Gambar ini menunjukkan Mobil KIA Carens 2017 warna biru tampak bagian samping kanan

KIA Carens mempunyai desain cukup mewah dan tampilannya menarik

Pada bagian sampingnya menggunakan desain yang stylish dengan aksen krom pada bagian handle dan juga list jendela. Tidak hanya itu, pada velg yang digunakan menggunakan desain sporty sehingga tampak aura ketangguhannya. Tidak hanya itu saja, di bagian atas untuk semua varian menggunakan warna hitam sehingga terlihat begitu elegan.

Bahkan pada spion yang digunakan terdapat aksen warna hitam di  bagian bawahnya. Meskipun hanya sedikit namun dapat terlihat jelas perubahan tampilan yang dimiliki menjadi lebih menarik.

Review KIA Carens: Bagian Belakang

Gambar ini menunjukkan mobil KIA Carens warna silver tampak bagian belakang

Lampu belakang ukuran besar dan juga spoilernya membuat tampilan KIA Carens lebih sporty

Berlanjut ke bagian belakang, yang mana terlihat sekali kesan sporty yang dimiliki berkat adanya rear spoiler dengan menggunakan lampu yang cukup besar. Tidak hanya itu saja, adanya bumper ukuran sedang juga menambah aura yang dimiliki oleh KIA Carens.

Yang membuatnya tampak lebih sporty jika dilihat dari belakang adalah adanya spoiler dengan ukuran yang kecil. Di tengahnya ada lampu yang membuat tampilannya lebih berkesan saat melaju di malam hari.

>>> Baca juga:

3. INTERIOR KIA CARENS 2017

Berlanjut pada bagian dalam dari mobil MPV besutan KIA yang satu ini. Yang mana untuk soal kenyamanan tidak diragukan lagi berkat beberapa fitur pendukung di dalamnya.

Review KIA Carens: Setir

Gambar ini menunjukkan kemudi mobil KIA Carens 2017 dan ter;ihat beberapa bagian dashboard

Penyematan Tilt Steering membuat pengendara lebih nyaman saat berkendara

Pada bagian kemudi mobil terasa nyaman saat dikemudikan. Hal tersebut dikarenakan adanya Tilt Steering dan juga Power Steering yang disematkan. Tidak hanya itu saja, untuk menambah kenyamanan dalam berkendara, pihak KIA memberikan 3 pilihan mode dalam mengemudi yakni Comfortable, Normal dan Sport. Untuk mengaturnya bisa dilakukan dengan melalui lingkar kemudi  yang telah diberikan tombol fungsi untuk menyetel mode mengemudi.

Review KIA Carens: Dashboard

Gambar ini menunjukkan dashboard mobil KIA Carens 2017 dengan head unit dan juga terlihat kemudinya

Head unit pada dashboard mempunyai desan yang menarik dan terlihat sangat modern

Pada bagian dashboard mempunyai desain yang terbilang cukup lengkap. Yang mana disematkan speedometer dan juga tachometer dengan desain yang sangat modern serta stylish. Sedangkan pada head unit yang digunakan memiliki desain indash yang memungkinkan penggunanya untuk mendengarkan lagu dengan sambungan bluetooth dan juga USB serta telah mempunyai dukungan fitur voice command. Memang dari segi kualitas pihak konsumen sudah banyak yang memberikan acungan jempol, hanya saja untuk pengaturannya masih menggunakan metode manual.

Review KIA Carens: Kursi

Gambar ini menunjukkan kursi mobil KIA Carens pada baris kedua dengan warna putih

Kursi KIA Carens menggunakan bahan kulit yang halus

Berlanjut pada bagian tempat duduk, yang mana untuk jok kursi terbilang fleksibel dengan menggunakan bahan material dari kulit yang halus sehingga dapat memberikan kenyamanan bagi siapa yang mendudukinya. Semua kursi di dalam KIA Carens mempunyai sabuk pengaman, sehingga dapat memberikan keselamatan ataupun mengurangi resiko cedera saat terjadi benturan atau ketika melakukan pengereman mendadak. Memang dari segi kapasitas bisa menampung 7 penumpang, namun jika ingin merubahnya menjadi 5 penumpang dapat dilakukan dengan mudah. Jadi dengan hanya melipat kursi baris ketiga saja sudah bisa untuk digunakan sebagai kendaraan 5 penumpang dengan ruang bagasi lebih luas.

Bahkan pada kursi baris kedua ada yang istimewa, yang mana telah menggunakan sistem elektronik jika ingin melakukan pergeseran. Selain itu, pada baris kedua ini kursi juga bisa dilipat sehingga saat bepergian 2 orang atau 3 orang saja bagian belakang bisa digunakan sebagai bagasi yang lebih luas.

Bahkan dari pihak KIA memberikan informasi mengenai posisi kursi tersebut, yang mana untuk jok mobil KIA Carens dapat dilakukan pengubahan dalam 10 versi.

>>> Lihat juga:

4. FITUR KIA CARENS 2017

Dari segi fitur terbilang cukup lengkap untuk mendukung kenyamanan serta keamanan dalam berkendara.

Review Kia Carens: Kenyamanan

Untuk memberikan kenyamanan pada pengendara disematkan beberapa fitur untuk memberikan kemudahan dalam pengoperasian. Seperti misalnya adanya Audio Light control yang memungkinkan lampu akan hidup ataupun mati secara otomatis dalam beberapa kondisi tertentu. Jadi pada saat pengemudi lupa mematikan salah satu dari headlamp, fog lamp ataupun high beam maka secara otomatis akan mematikan sendiri.

Tidak hanya itu saja, terdapat pula fitur ECU Mirror yang dapat memberikan informasi tentang kendaraan di belakang yang sedang ingin mendahului. Namun agar sensor dapat mendeteksi kendaraan lain harus menyalakan lampu dim. Ditambah lagi adanya fitur auto defogging system yang dapat memberikan sensor otomatis saat terjadi gejala kondensasi sehingga otomatis akan melakukan defogging.

Untuk fitur hiburan terdapat system audio dengan kualitas suara yang baik. Tidak hanya itu saja, dengan adanya AC akan menambah kenyamanan selama perjalanan meskipun untuk kelasnya tidak tinggi namun cukup untuk membuat suhu dalam mobil tetap dingin dan sejuk. Untuk menambah kesejukan pada penumpang baris ketiga ditambahkan fitur rear air ventilation dengan sirkulasi udara yang baik.

Gambar ini menunjukkan head unit milik KIA Carens 2017 dan terlihat memiliki layar

Fitur yang disematkan pada KIA Carens untuk memanjakan pengemudi selama berkendara

Review KIA Carens: Keamanan

Setiap pengendara menginginkan sampai tujuan dengan selamat tanpa adanya masalah. Dengan begitu dari pihak KIA memberikan beberapa fitur keamanan untuk mendukung KIA Carens dalam masalah tersebut. KIA Carens mempunyai fitur Smart Parking Assist System (SPAS), yang mana fitur ini memudahkan pengemudi saat akan melakukan parkir dengan sensor yang terletak pada tiap sisinya. Ada pula Lane Departure Warning System untuk menghindari terjadinya penyimpangan jalur, untuk fitur ini akan ada peringatan berupa suara audio apabila pengendara membelok di luar jalur tanpa menyalakan lampu sein.

Untuk meningkatkan keamanan selama berkendara, tidak lupa pula fitur Hill Start Assist Control (HSAC) yang berguna untuk mempertahankan rem ketika akan melakukan perpindahan kaki ke pedal gas. Fitur ini sangat berguna saat sedang melewati tanjakan dan berhenti, apalagi dalam keadaan macet. Untuk keamanan pengemudi dan penumpang telah disematkan airbags pada beberapa bagian yakni bagian samping dan curtain airbag depan. Dengan begitu saat terjadi benturan menghindari terjadinya cedera yang parah.

>>> Sulitkah Menjual Mobil Modifikasi, Ini Penjelasannya!

5. OPERASI KIA CARENS 2017

Dari segi performa, KIA Carens menggunakan mesin NU 2.0 liter dengan 14 silinder dan juga 16 katup. Mesin ini cukup halus dan tidak muncul suara berisik yang mengganggu saat berkendara. Dengan mengandalkan mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 150 Ps/ 6.500 Rpm. Selain itu torsi maksimal yang dapat dicapai adalah 19.8 kg.m/ 4800 Rpm.

Gambar ini menunjukkan mesin mobil KIA Carens dan terlihat beberapa komponen di dalamnya

Mesin yang dimiliki KIA Carens cukup halus dan tidak mempunyai suara berisik

Untuk sistem perpindahan gigi mobil KIA Carens mengandalkan sistem transmisi otomatis dan manual dengan 6- percepatan untuk keduanya. Bahkan dari segi akselerasi juga cukup baik, karena untuk mencapai kecepatan 0-100 km/jam hanya membutuhkan waktu 10,2 detik saja. Tentunya hal ini menjadi nilai plus tersendiri bagi KIA Carens, apalagi untuk wilayah perkotaan tentunya sangat cocok jika menggunakan mobil ini. Bahkan untuk bepergian keluar kota juga cukup dapat diandalkan.

Masalah konsumsi bahan bakar terbilang sangat irit, dengan 1 liter dapat menempuh jarak antara 10,3-15,4 km tergantung kondisi jalanan dan mode yang digunakan. Karena KIA Carens memiliki 3 mode berkendara yang dapat dipilih yakni:

  • Kebutuhan kenyamanan (Comfort Mode)
  • Normal Mode
  • Performa Maksimal (Sport Mode)

>>> Luangkan Waktu Sejenak Untuk Mobil Kesayangan, Ini Bagian Mesin Yang Perlu Dicek Saat Pagi Hari

6. SPESIFIKASI KIA CARENS 2017

Tentunya kurang lengkap apabila setelah membaca mengenai beberapa hal tentang KIA Carens di atas tanpa ada tabel spesifikasinya. Jika begitu, berikut tabel spesifikasi lengkapnya.

DIMENSI

P X L X T

4.525 x 1.805 x 1.610 mm

Jarak Pijak depan/belakang

1.573 mm/1.586 mm

Jarak Poros Roda

2.750 mm

Kapasitas Tempat Duduk

7 orang

PERFORMA

Tipe Mesin

Nu 2.0 MPI Engine, 4 silinder, DOHC, 4 katup

Kapasitas Silinder

1.999 cc

Sistem Suplai Bahan Bakar

EFI (Electronic Fuel Injection)

Daya Maksimum

152 Ps/6.500 rpm

Torsi Maksimum

19.8 kg.m/4.800 rpm

Sistem Transmisi

6 Speed Automatic

Sistem Kemudi

Electronic Power Steering MDPS/ Tilting

HANDLING DAN SUSPENSI

Suspensi Depan

Mc Pherson Strut dengan Stabilizer & Dual Tube Gas Shock Absorber

Suspensi Belakang

Torsion Beam dengan Gas Shock Absorber

Rem Depan

Disc

Rem Belakang

Disc

Velg/Ban

Alloy Wheel 235/55 R18

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN KIA CARENS 2017

Berbicara masalah kelebihan dan kekurangan, tentunya kadang setiap orang mempunyai pendapat sendiri-sendiri. Namun untuk di bawah ini merupakan hal yang umum dirasakan oleh pemilik dari KIA Carens.

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Mesin halus dan tidak berisik

Ruang bagian belakang sempit

Tampilan eksterior yang cukup menarik dan terlihat mewah

Ada fitur yang hilang untuk produk di Indonesia dibandingkan yang diluar

Interior nyaman dan tampak berkelas

 

Disertai 3 mode berkendara

 

>>> Simaklah artikel review mobil KIA lainnya dengan klik sini

8. DAFTAR HARGA KIA CARENS 2017

TIPE

HARGA

Carens LX MT 2.0

Rp. 271.000.000

Carens LX AT 2.0

Rp. 284.000.000

Note:

  • Harga dan Program Penjualan tidak mengikat sewaktu waktu dapat berubah
  • Harga ini berlaku untuk daerah Bandung & Jawa Barat

9. VIDEO KIA CARENS 2017

10. KESIMPULAN KIA CARENS 2017

Jadi KIA Carens merupakan salah satu kendaraan jenis MPV dengan tampilan eksterior dan interior yang menarik dan terlihat mewah. Meskipun desain yang digunakan untuk 7 penumpang, namun jika berada di kursi belakang cukup sempit. Namun hal tersebut tidak masalah apabila penumpang belakangnya mempunyai postur yang tidak terlalu tinggi. Mobil ini cocok digunakan di daerah perkotaan, namun juga sangat mumpuni untuk bepergian ke luar kota. Beberapa fitur pendukung di dalamnya juga dapat memberikan rasa aman dan nyaman selama bepergian menggunakan KIA Carens.

>>> Jangan lupa untuk mengetahui spesifikasi lengkap Mobil terbaru dan lama di Hargamobil.com

Share This:

Cari harga mobil

Harga mobil per merek

Review mobil populer