Review KIA All New Rio EX AT 2019: Mobil Hatchback Lengkap Dengan Sunroof

25/08/2020 Abdul Review Kia

KIA Rio merupakan sebuah kendaraan Hatchback yang cocok untuk melintasi jalanan perkotaan. Untuk kali ini kami akan membahas mengenai review KIA All New Rio EX AT 2019. Yang mana mobil ini merupakan buatan pabrikan asal Korea Selatan yang siap bersaing dengan produk Jepang.

1. PENGANTAR KIA ALL NEW RIO 2019

Review KIA All New Rio EX AT 2019 – Di pasar Indonesia, KIA rio telah berkiprah cukup lama. Untuk pihak APM (Agen Pemegang Merek) brand ini adalah PT Kreta Indo Artha yang merupakan salah satu anak perusahaan dari Indomobil Group. Mobil keluaran tahun 2019 ini dihadirkan dalam satu varian saja yaitu EX. Yang mana mobil ini adalah varian yang paling mewah dan dihadirkan dengan 2 pilihan transmisi yakni manual 6 speed dan otomatis 6 speed.

2. EKSTERIOR KIA ALL NEW RIO 2019

Review KIA All New Rio EX AT 2019: Bagian Depan

Gambar ini menunjukkan mobil KIA All New Rio EX AT 2019 sisi depan

Lampu depan pakai LED dengan projector dan Bi-Beam

Pada bagian depan menggunakan grille dengan kelir piano black dengan garis krom yang mengapitnya. Alhasil tampilannya menjadi semakin cantik. Sementara di bagian lampu depan menggunakan teknologi LED dengan model projector yang memiliki kemampuan Bi-Beam. Selain itu, ada pula foglamp yang memakai model sama yakni projector dipadukan dengan bohlam LED. Mengandalkan model tersebut membuat foglamp mempunyai pencahayaan yang sangat baik.

Review KIA All New Rio EX AT 2019: Bagian Samping

Gambar ini menunjukkan bagian samping KIA All New Rio EX AT 2019

Pelek menggunakan 17 inci dan tampak proporsional

Saat melihat bagian samping akan nampak proporsional berkat penggunaan pelek ukuran 17 ini dan menjadi satu-satunya di kelasnya. Mengingat untuk rivalnya pelek yang digunakan adalah 15 inci. Di bagian ini juga diberikan window lining yang menjadikannya terlihat manis dibalut dengan aksen chrome. Ditambah lagi pada gagang pintu terdapat tombol keyless entry yang menjadikannya memiliki kesan canggih.

Review KIA All New Rio EX AT 2019: Bagian Belakang

Gambar ini menunjukkan bagian belakang KIA All New Rio EX AT 2019

Bagian belakang terlihat elegan dengan desain yang diberikan

Menuju ke sisi buritan, mobil KIA All New Rio EX AT 2019 menggunakan rear combination lamp yang sudah memakai bohlam dengan teknologi LED. Bumpernya terdapat tarikan garis yang didesain kalem sehingga terlihat elegan. Di bagian bagasi terbilang menarik dengan pemberian gagang pintu yang sudah elektrik. Alhasil saat berniat membuka bagian pintu bagasi hanya perlu memberikan sentuhan ringan saja. Meskipun begitu tenaga otot masih diperlukan karena bobit dari pintu yang cukup lumayan berat.

3. INTERIOR KIA ALL NEW RIO 2019

Review KIA All New Rio EX AT 2019: Bagian Dashboard Dan Kemudi

Gambar ini menunjukkan bagian dashboard dan kemudi mobil KIA All New Rio EX AT 2019

Bagian dashborad tampak menarik dipadukan dengan kemudi dengan beberapa tombol

Menuju ke sektor interior, di bagian dashboard terlihat mewah dengan penggunaan kelir piano black yang terdapat pada kisi-kisi AC mobil dan penggunaan warna abu-abu muda. Bagian ini telah diberikan pengaturan fungsi climate control dan juga pengatur AC model digital.

Pada kemudinya sudah mendapatkan pengaturan tilt dan telescopic sehingga bisa mengaturnya sesuai kenyamanan selama mengemudi. Menariknya lagi, di kemudinya sudah diberikan tombol baik pada sisi kanan ataupun kirinya. Tombol tersebut dapat digunakan untuk mengatur sistem audio  yang terdapat pada layar MID mobil All New Rio EX AT 2019. Sebagai penambah kenyamanan dan memancarkan aura yang mewah, pihak KIA memberikan setir dibalut kulit.

Review KIA All New Rio EX AT 2019: Bagian Kursi

Gambar ini menunjukkan jok mobil KIA All New Rio EX AT 2019

Bagian jok belakang kelegaannya kalah dengan rivalnya

Menuju ke bagian jok mobil, seseorang yang mendudukinya akan merasa terkesan karena pengaturannya lengkap khususnya di bagian pengemudi dan empuk. Meskipun begitu, jok belum berlapis kulit dan belum ada pengaturan jok elektrik dan lumbar support. Namun untuk pengaturan naik turun dan maju mundur telah diberikan baik itu pada jok penumpang depan.

Hanya saja kenyamanan di baris depan kurang begitu ditemukan di sisi belakang. Hal tersebut karena ruang kepala dan kaki baris kedua terbilang kurang dan masih kalah dengan rivalnya seperti Toyota Yaris atau Honda Jazz. Sebagai obat akan hal tersebut kursi belakang bisa dilipat dalam format 60:40 sehingga bagasinya bisa dimaksimalkan. Dan semua jok mobil telah diberikan headrest proper.

4. FITUR KIA ALL NEW RIO 2019

Review KIA All New Rio EX AT 2019 : Bagian Fitur Hiburan

Agar menambah kenyamanan selama di dalam  mobil, fitur yang diberikan cukup mumpuni. Hal tersebut tampak dengan pemberian sunroof yang bisa dibuka dan ditutup dengan sistem elektrik. Tidak dipungkiri bahwa anak-anak senang dengan adanya fitur ini. Fitur lain yang diberikan pada mobil KIA All New Rio EX AT 2019 adalah sistem audio yang support dengan Apple Carplay dan Android Auto. Kualitas suara yang dihasilkan terbilang baik dengan mengandalkan 4 buah speaker dengan 2 tweeter.

Gambar ini menunjukkan sun roof mobil KIA All New Rio EX AT 2019

Di kelasnya mobil ini satu-satunya yang mendapat sunroof

Review KIA All New Rio EX AT 2019: Bagian Fitur Keselamatan

Menuju ke bagian fitur keselamatan, yang mana menurut kami bagian ini masih terbilang kurang. Hal tersebut karena untuk airbag menggunakan dual SRS airbag, padahal untuk rivalnya menggunakan 7 buah. Bahkan untuk kontrol traksi dan kontrol kestabilan belum diberikan pada mobil ini. Salah satu keunggulan yang dimiliki adalah struktur rangkanya yang sudah menggunakan Advanced High Strength Steel and Press Hot Stamping. Alhasil energi tabrakan dapat diserap dengan baik saat mobil mengalami kecelakaan.

>>> Review Mobil KIA Sedona 2016 Indonesia: Mobil MPV Premium Dengan Fitur Mumpuni

5. OPERASI KIA ALL NEW RIO 2019

Gambar ini menunjukkan mesin KIA All New Rio EX AT 2019

Mesin dengan transmisi 6 speed diharapkan dapat lebih agresif

Menuju ke bagian performa, pihak KIA memberikan mesin pada KIA All New Rio EX AT 2019 dengan kode Kappa yang memiliki kapasitas 1.348 cc. Sistem transmisinya ada 2 pilihan yakni manual dan otomatis dengan 6 speed. Mesin yang diberikan tersebut dapat menghasilkan tenaga maksimal sebesar 95,5 Hp dan torsi puncaknya adalah 133,3 Nm. Harapan pemberian jumlah percepatan lebih adalah supaya lebih agresif saat melaju apalagi saat dalam kondisi stop and go.

Ban mobil menggunakan Continental ContiSportContact menggunakan diameter 17 inci yang memiliki aspek rasio 45 dan lebar tapak 205. Grip yang dimiliki juga baik sehingga saat bermanuver bisa lebih mantap. Tidak hanya itu saja, mobil KIA satu ini diberikan sistem MDPS yang bisa mendeteksi kecepatan dan membuat bobot setir pas.

6. SPESIFIKASI KIA ALL NEW RIO 2019

Berikut ini adalah tabel spesifikasi mobil KIA All New Rio EX AT 2019 :

DIMENSI

Panjang

4,065 mm

Lebar

1.725 mm

Tinggi

1,460 mm

Radius Putar

 5,1 meter

 Jarak Sumbu Roda

 2,580 mm

MESIN

Seri mesin

 Kappa, 1.4L Dual CVVT, MPI, DOHC

 Kapasitas Silinder

 1,348 cc

 Bore X Stroke

 71,0 mm X 84,0 mm

Tenaga Maksimum

 98,5 Hp (100 Ps) @ 6,000 rpm

 Torsi Maksimum

 133,3 Nm @ 4,000 rpm

Jumlah Silinder

 4 Silinder

 Jumlah Katup

 16 Katup (2 Inlet & 2 Outlet Per Silinder)

Tipe Transmisi

 Otomatis 6 Percepatan, Penggerak Roda Depan

HANDLING & SUSPENSI

Rem Depan & Belakang

 Disc Brake & Disc Brake

Teknologi Sistem Pengereman

 ABS

Teknologi Safety Sasis

 Advance High Strength Steel and Press Hot Stamping

Track Roda Depan & Belakang

 1,518 mm & 1,524 mm

 Pelek

 Alloy, 17 inch

Jenis Ban

 Continental ContiSportContact, 205/45 R17

Suspensi Depan & Belakang

 MacPherson Strut Independent & Coupled Torsion Beam Axle

Sistem Kemudi

 Rack And Pinion, Motor Driven Power Steering

Struktur Sasis

 Monokok, B-Segment

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN KIA ALL NEW RIO 2019

Berikut ini merupakan kelebihan dan kekurangan mobil KIA All New Rio EX AT 2019 :

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Fitur yang diberikan terbilang lengkap untuk mendukung kenyamanan berkendara

Meskipun terbilang irit, tapi konsumsi bahan bakar kalah dari rivalnya

Di kelasnya hanya mobil ini yang mendapat sunroof

Airbag yang diberikan hanya 2 buah saja

Transmisi yang digunakan lebih banyak dari model sebelumnya yakni 6 speed

Akselerasi yang dimiliki terbilang biasa

 

VSC dan traction control masih belum diberikan pada model ini

8. DAFTAR HARGA KIA ALL NEW RIO 2019

Berikut ini merupakan daftar harga mobil KIA All New Rio 2019 :

TIPE

HARGA

All New KIA Rio EX M/T

Rp. 276.000.000

All New KIA Rio EX A/T

Rp. 286.500.000

9. VIDEO KIA ALL NEW RIO 2019

10. KESIMPULAN KIA ALL NEW RIO 2019

Bila Sobat mencari sebuah kendaraan hatchback mobil KIA All New Rio EX AT 2019 bisa  menjadi salah satu pilihan. Hal tersebut karena desainnya cukup menarik dengan fitur yang terbilang lengkap dan ditambah pula dengan adanya sunroof. Dengan menggunakan transmisi 6 speed membuat konsumsi bahan bakar lebih irit dan unggul dalam pengendaraannya. Tidak dipungkiri, dari segi harga memang lebih tinggi sedikit. Namun hal tersebut wajar dengan memberikan fitur dan hal lain yang diberikan di dalam mobil besutan KIA satu ini.

>>> Jangan lupa klik sini untuk lanjut membaca artikel review mobil yang menarik lainnya

Share This:

Cari harga mobil

Harga mobil per merek

Review mobil populer

International