Review Isuzu Panther LS 2000 : Salah Satu Pilihan Mobil Diesel Terbaik

01/11/2019 Abdul Review Isuzu

Isuzu Panther pertama kali dihadirkan pada tahun 90an dan melakukan persaingan yang sangat sengit dengan Toyota Kijang. Pada tahun 2000 Isuzu Panther mendapatkan perubahan model dan terus bersaing dengan Toyota Kijang. Kali ini kami review Isuzu Panther LS 2000 sebagai bahan pertimbangan Anda.

1. PENGANTAR PANTHER LS 2000

Sebelum hadir mobil yang saat ini menjadi populer seperti Toyota Avanza, Daihatsu Xenia ataupun Mitsubishi Xpander persaingan ketat terjadi antara Toyota Kijang dan Isuzu Panther. Keduanya bersaing dalam segmen kendaraan keluarga kelas bawah sampai menengah. Toyota Kijang mengandalkan mesin bensin yang bandel dan halus, sedangkan Isuzu Panther mesin diesel yang kuat dan irit bahan bakar.

Isuzu Panther generasi ketiga dihadirkan pada tahun 2000 dan pada saat itu persaingan semakin memanas. Saat itu Panther dihadirkan dalam tiga tipe, yaitu LM yang terendah, menengah LV dan paling tertinggi adalah tipe LS. Setelah berselang dua tahun, PT Pantja Motor selaki agen tunggal pemegang merek menghadirkan Panther Touring untuk menjadi tipe tertinggi, namun Panther tipe LS masih banyak peminatnya. Berikut ini merupakan beberapa spesifikasi yang dimiliki Isuzu Panther LS 2000.

2. EKSTERIOR PANTHER LS 2000

Review Isuzu Panther LS 2000 : Bagian Depan

Gambar ini menunjukkan bagian depan mobil Isuzu Panther LS 2000

Bagian depan didesain mengkotak

Apabila melihatnya dari arah depan, maka tampilannya akan terlihat sederhana. Hal tersebut tergolong wajar, karena mobil di jaman sekarang tampilannya sudah banyak yang agresif. Untuk Isuzu Panther LS 2000 belum ada lampu LED maupun projector. Hanya saja untuk mobil tersebut sudah cukup dengan mengandalkan reflector model Kristal diamond cut pada saat kehadirannya dulu. Tambahan foglamp telah diberikan pada varian LS ini, namun tidak untuk varian di bawahnya.

Review Isuzu Panther LS 2000 : Bagian Samping

Gambar ini menunjukkan bagian samping mobil Isuzu Panther LS 2000

Tampak samping mobil ini gagah dan panjang

Pada bagian samping, Panther ini menunjukkan kegagahannya sekaligus fungsionalnya. atap yang tinggi dengan jendela yang besar memberikan kesan kabin yang lapang di dalamnya. Handle pintu yang digunakan masih menggunakan model konvensional, spion masih memiliki pengaturan manual, namun pelek telah menggunakan bahan alloy dengan desain palang lima yang serasi.

Review Isuzu Panther LS 2000 : Bagian Belakang

Gambar ini menunjukkan bagian belakang mobil Isuzu Panther LS 2000

Pintu belakang untuk membukanya masih memakai model ke samping

Memang untuk mobil ini bagian belakangnya terlihat berbeda. Bagaimana tidak? pada mobil Toyota Kijang Kapsul yang lahir 1997 sudah menggunakan bukaan pintu belakang ke atas. Namun untuk Isuzu Panther LS 2000 tetap menggunakan model pintu bukaan ke samping.

>>> Lihat juga:

3. INTERIOR PANTHER LS 2000

Review Isuzu Panther LS 2000 : Bagian Dashboard & Kemudi

Gambar ini menunjukkan dashboard dan kemudi mobil Isuzu Panther LS 2000

Dashboard sudah diberikan fitur audio untuk hiburan

Untuk bagian dashboard Isuzu Panther LS 2000 mengandalkan desain yang konvensional dan tampak mengkotak. Pada bagian ini ada kelemahan yang dimiliki yaitu penghubung kisi-kisi AC nya mudah patah yang membuatnya sulit digerakkan.

Sementara untuk kemudi mobil jangan berharap terlalu lebih. Pada bagian kemudi belum ada airbag ataupun telescopic steering. Memang dari segi bentuk terlihat kuno, namun untuk diameternya sangat pas sehingga saat digenggam akan terasa lebih nyaman.

Review Isuzu Panther LS 2000 : Jok Mobil

gambar ini menunjukkan jok mobil yang dimiliki Isuzu Panther LS 2000

Kabin luas bisa untuk 9 penumpang

Untuk kapasitas mobil Isuzu Panther LS 2000 dapat digunakan untuk 9 orang penumpang. Hal tersebut dikarenakan pada jok baris ketiganya masih menggunakan model commando yang saling berhadapan sehingga dapat diduduki 4 orang dewasa.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

4. FITUR PANTHER LS 2000

Review Isuzu Panther LS 2000 : Fitur Keselamatan

Mobil ini belum diberikan fitur keselamatan seperti mobil masa kini seperti dual SRS airbag ataupun sistem pengereman ABS, yang ada hanyalah sabuk keselamatan bagi pengemudi dan penumpang depan. Selain itu, sistem pengereman telah menggunakan booster dan di bagian depan menggunakan cakram solid dan tromol untuk bagian belakang.

Review Isuzu Panther LS 2000 : Fitur Hiburan

Sementara untuk fitur hiburan Isuzu Panther LS 2000 masih menggunakan jenis single din biasa yang mempunyai kemampuan untuk mengoperasikan radio AM/FM dan juga memutar kaset pita. Sedangkan untuk suara mengandalkan dua speaker dan juga dua tweeter yang terdapat di bagian kabin depan dengan kualitas suara yang biasa saja.

>>> Jangan lupa untuk melihat spesifikasi lengkap dan harga mobil Isuzu lainnya di sini

5. OPERASI PANTHER LS 2000

Gambar ini menunjukkan mesin mobil Isuzu Panther LS 2000

Mesin diesel dengan durabilitas baik dan hemat BBM

Berlanjut ke bagian performa Isuzu Panther LS 2000. Yang mana pihak Isuzu memberikan mesin diesel 4-silinder 4JA1-L turbo berkapasitas 2.499 cc. Dengan mengandalkan mesin tersebut dapat menghasilkan tenaga maksimal sebesar 76,5 Hp pada putaran 3.900 rpm. Sedangkan torsi puncak yang dihasilkan adalah 181,4 Nm pada putaran 1.800 rpm. Untuk sistem bahan bakar menggunakan direct injection dengan kapasitas tangki bahan bakar adalah 55 liter.

>>> Review Isuzu Panther 2018 : Bukti Kualitas Sang Legendaris

6. SPESIFIKASI PANTHER LS 2000

Berikut ini merupakan tabel spesifikasi Isuzu Panther LS 2000:

DIMENSI

Panjang

4.535 mm

Lebar

1.770 mm

Tinggi

1.920 mm

4.535 mm X 1.770 mm X 1.920 mm

 

Jarak Sumbu Roda

 2.685 mm

Kapasitas Penumpang

 9 Penumpang

MESIN

Seri

4JA1-L OHV 2500cc low pressure turbo

Kapasitas Silinder

 2,499 cc

Pasokan Bahan Bakar

 Direct Injection

Tenaga Maksimum

 76,5 Hp (78 Ps) @ 3.900 rpm

Torsi Maksimum

 181,4 Nm (18,5 Kgm) @ 1.800 rpm

Tipe Transmisi

 Manual 5 Percepatan dan Otomatis 4 Percepatan, Penggerak Roda Belakang

HANDLING & SUSPENSI

Rem Depan & Belakang

 Disc & Drum

Suspensi Depan & Belakang

 Dual Wishbone & Leaf Spring

Struktur Sasis

 Ladder Frame (Body On Frame)

Pelek

 Alloy, 14 inch

Jenis Ban

 Radial, 195/70 R14

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN PANTHER LS 2000

Setelah membahas mengenai spesifikasi Isuzu Panther LS 2000, selanjutnya soal kelebihan dan kekurangannya.

Review Isuzu Panther LS 2000 : Kelebihan

Berbicara kelebihan, mobil Isuzu Panther LS 2000 memiliki konsumsi bahan bakar yang hemat. Selain itu, durabilitas yang dimiliki juga luar biasa serta torsi yang dihasilkan sesuai dengan badan mobil yang diusungnya. Begitu pula dari segi tampilan yang tidak ketinggalan zaman sampai saat ini.

Review Isuzu Panther LS 2000 : Kekurangan

Kalau soal kekurangan hanya ada beberapa saja, menurut kami mesin yang dipasangkan terlalu berisik dan akselerasinya juga lemah. Tidak hanya itu saja, vibrasi mesin diesel juga bisa masuk ke dalam kabin mobil. Bahkan dari segi harga tergolong masih tinggi sebagai mobil keluaran tahun 2000-an.

8. DAFTAR HARGA PANTHER LS 2000

Sebelum mendengar soal harga Isuzu Panther LS 2000 sebaiknya siapkan mental terlebih dahulu. Hal tersebut dikarenakan dari segi harga masih tergolong tinggi. Sebagai mobil tahun 2000-an banderol yang ditawarkan adalah Rp. 78 jutaan, itu pun kondisinya berantakan ada lecet sana-sini. Apabila kondisinya mulus maka harganya dapat berada di atas Rp. 90 jutaan dalam kondisi bekas.

9. VIDEO PANTHER LS 2000

10. KESIMPULAN PANTHER LS 2000

Bagi Sobat yang menginginkan sebuah kendaraan dengan ketangguhan mumpuni dan hemat konsumsi bahan bakar serta mempunyai fungsi serbaguna maka Isuzu Panther LS 2000 ini bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat. 

>>> Jangan lupa untuk mengetahui spesifikasi lengkap Mobil terbaru dan lama di Hargamobil.com

Share This:

Cari harga mobil

Harga mobil per merek

Review mobil populer