Review Isuzu Panther 2018 : Bukti Kualitas Sang Legendaris

26/02/2019 Fatchur Sag Review Isuzu

Siapa yang tidak mengenal nama Panther, otomotif yang satu ini, pastinya sudah tidak asing lagi di telinga pada pencinta otomotif yang ada di tanah air. Produk otomotif yang terkenal sejak tahun 90an ini, memang belum mengalami renovasi berarti selama 10 tahun belakangan ini. Meski demikian, keberadaannya masih tetap dipertahankan hingga kini.

1. PENGANTAR ISUZU PANTHER 2018

Foto Isuzu Panther lawas keluaran 1991

Generasi pertama Isuzu Panther masih mudah ditemui di jalanan

Review Isuzu Panther 2018 - Anda tentu tahu, bahwa Isuzu Panther adalah jenis kendaraan bermesin diesel yang serba guna. Kendaraan ini sengaja dibuat di Indonesia, untuk pangsa pasar Asia. Didesain dengan model MPV dan sasis yang kuat, dan dengan desain itulah, mobil ini cocok memuat cukup banyak penumpang dan juga barang. Pada generasi ke-4, Isuzu Panther 2018 mulai membuktikan kualitasnya, sebagai mobil berkualitas yang mampu menembus medan berat, namun tetap memprioritaskan rasa nyaman pada pengendara dan juga penumpangnya. Performanya tersebut, tentunya diperoleh dari mesin dengan tipe 4JA1L dengan turbocharger dan juga menggunakan sistem injeksi Diesel Injection, dengan kapasitas 2,5L.

2. EKSTERIOR ISUZU PANTHER 2018

Pada desain mobil Isuzu Panther 2018 kali ini, mengusung desain yang lebih elegan dan tampil modern. Jika dilihat secara selintas lalu, desain mobil ini, mengalami banyak sekali perubahan. Bahkan mobil yang satu ini akan menghadirkan all new konsep dan bukan facelift.

Review Isuzu Panther 2018 : Sisi Depan

Foto Isuzu Panther Grand Touring 2018 tampak samping depan

Isuzu Panther Grand Touring lebih gagah dan perkasa

Pada desain bagian depan, Anda akan melihat beberapa perubahan, seperti hadirnya lampu depan yang ukurannya agak lebar, dipadukan dengan lampu sein pada bagian kanan dan kirinya. Hasilnya, tingkat pencahayaan jadi lebih lebar dan lebih terang, ini yang membuat perjalanan pada malam hari, terasa lebih nyaman. Desain lampu Fog Lamp, diterapkan di bagian bawah, sehingga mampu memancarkan kesan modern sekaligus maskulin pada bagian depan mobil tersebut. Penggunaan lampu ini, tentunya akan memberikan penerangan khusus ketika cuaca sedang berkabut, dan juga hujan lebat. Yang tidak kalah menarik adalah desain front Grill juga tampil sangat menarik, dengan balutan logo Isuzu pada bagian tengahnya, sebagai ciri khas, Panther sang mobil legendaris.

Review Isuzu Panther 2018 : Sisi Samping

Foto Isuzu Panther Grand Touring 2018 berwarna putih dilhat dari tampak samping

Emblem Turbo terpampang jelas di bagian pintu samping baris pertama Isuzu Panther Grand Touring

Beralih ke bagian samping Isuzu Panther 2018. Desain yang digunakan kali ini, tampil lebih minimalis, dengan sentuhan khas Isuzu, yaitu garis tegas membentang dari depan hingga bagian belakang. Velg menggunakan materi Aloy dengan ukuran 235/70 R15, membuat penampilan mobil ini terkesan tegas dan juga kokoh.

Review Isuzu Panther 2018 : Sisi Belakang

Foto Isuzu Panther Grand Touring 2018 dilihat dari tampak belakang

Pintu bagian belakang Isuzu Panther Grand Touring dibuka secara menyamping

Terakhir adalah bagian belakang. Kabarnya desain Isuzu Panther 2018 kali ini, mirip seperti saudaranya, yang tidak lain adalah Isuzu MU 7. Desain lampu belakangnya tampil membentuk segitiga lembut. Menghasilkan penampilan yang tampak lebih kalem dan juga modern. Yang tidak boleh ketinggalan, logo Isuzu pun turut hadir di bagian kirinya, untuk menyempurnakan penampilan yang ada. Ditambah permainan warna, membuat penampilan artistik di bagian bawah tampak semakin modern dan terlihat elegan.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

3. INTERIOR ISUZU PANTHER 2018

Setelah selesai mengulas tentang eksterior Isuzu Panther 2018 yang terlihat lebih modern dan juga maskulin. Berikutnya yang akan dibahas adalah bagian interior. Seakan tidak kalah dengan bagian eksterior, bagian interior mobil yang satu ini, juga didesain dengan cukup elegan, mulai dari dashboard, kursi, setir, da juga ruang bagasi. 

Review Isuzu Panther 2018 : Kabin

Desain kabin untuk mobil Isuzu Panther 2018 kali ini, didesain cukup luas, dan membuat para penumpang dan pengemudi merasa nyaman berada di dalamnya. Selain itu, desain dalam kabin ini tampak semakin modern dan pastinya terkesan elegan.

Review Isuzu Panther 2018 : Dashboard & Setir

Foto desain dashboard mobil Isuzu Panther Grand Touring 2018

Dengan harga cukup mahal Isuzu Panther Grand Touring tidak memiliki head unit di bagian dashboard

Kali ini, bagian dashboard dibalut dengan perpaduan warna coklat dan juga hitam, membuat penampilannya terlihat elegan. Pada bagian tersebut, Anda akan melihat 2 buah AC blower, yang akan memberikan udara sejuk ke seluruh ruangan kabin. Melirik ke bagian atas, Anda akan melihat panel audio yang akan dapat memutar musik, melalui bluetooth atau port USB. Selain itu, Panel Audio ini juga memberikan beberapa pilihan alat penyetel musik, seperti radio AM/FM, CD, DVD dan juga Aux. Tersedia juga beberapa tombol yang dapat mengatur layar visual di bagian atas kabin. Fitur-fitur tersebut, tentunya mampu memberikan hiburan yang menarik untuk Anda dan penumpang selama dalam perjalanan.

Selain dashboard, desain setir juga terbilang cukup handal. Dikemas dalam material kulit berkualitas, membuat Anda merasa nyaman dan tidak akan merasa lelah selama mengemudi. Untuk desain setirnya sendiri tidak mengalami perubahan. Bentuknya seperti sebuah pesawat drone yang memberikan kesan modern, pada pengemudi.

Review Isuzu Panther 2018 : Kursi / Jok

Foto jok Isuzu Grand Touring 2018 dengan jok berwarna coklat muda

Jok Isuzu Panther Grand Touring terbuat dari kulit

Beralih ke bagian kursi / jok, kali ini, Anda akan duduk di kursi dengan material kulit berkualitas tinggi, dan dilengkapi dengan busa yang empuk. Menggunakan warna krem, membuat ruang kabin semakin terlihat elegan. Jumlah jok yang disediakan pada mobil ini sekitar 7 jok, yang artinya mobil ini sanggup menampung sekitar 7 orang penumpang. Pastinya pas, untuk mengangkut seluruh anggota keluarga.

Review Isuzu Panther 2018 : Bagasi

Salah satu bagian dalam kabin yang juga penting untuk Anda lihat adalah bagasi. Ruang yang satu ini, tidak mengalami perubahan, dan hampir sama dengan generasi sebelumnya. Walaupun demikian, jika Anda menginginkan ruang bagasi yang lebih luas, maka desain Isuzu Panther 2018 kali ini, menghadirkan kursi lipat di bagian belakang. Yang artinya kursi tersebut dapat dilipat, dan ruang bagasi jadi tersa lebih luas, barang bawaan jadi lebih banyak.

>>> Baca juga:

4. FITUR ISUZU PANTHER 2018

Selain tentang interior dan juga eksterior, ada juga beberapa fitur penting yang harus Anda ketahui pada mobil keluaran Isuzu kali ini, yaitu fitur keamanan dan juga fitur hiburan.

Review Isuzu Panther 2018 : Fitur Keselamatan

Foto sistem hiburan pada mobil Isuzu Grand Touring 2018

Dibanding model lain di kelasnya, fitur keselamatan Isuzu Panther Grand Touring tergolong kurang

Untuk fitur keselamatan, Isuzu Panther terbaru menggunakan teknologi yang sama dengan aneka mobil keluaran terbaru. Mulai dar fitur pengereman yang menggunakan teknologi Anti Lock Braking System atau disingkat menjadi (ABS), ada juga Electronic Brake-forse Distribution (EBD), dan yang terakhir adalah Electronic Stability Control (ESC). Adanya fitur-fitur tersebut, tentunya membuat acara berkendara Anda jadi sangat nyaman dan juga aman.

Fitur pengamanan lain yang tidak ada di versi-versi lawas adalah Dual Front Airbags, yang ada di bagian bangku depan, tentunya cukup meminimalisir cidera ketika terjadi kecelakaan. Ada juga 3 point Seat Belt yang dikemas dalam setiap bangku, membuat Anda selalu duduk di posisi yang tepat, dan juga stabil, walaupun mobil berada di jalan yang kondisinya kurang bersahabat.

Review Isuzu Panther 2018 : Fitur Kenyamanan dan Hiburan

Foto layar hiburan pada Isuzu Grand Touring 2018

Layar monitor Isuzu Panther Grand Touring menggantung di atap

Pada fitur kenyamanan dan juga hiburan kali ini, Isuzu Panther 2018 menghadirkan panel audio visual yang ada di bagian atap kabin. Anda dan para penumpang, dapat menonton berbagai macam video musik atau bahkan film Favorit melalui Port USB yang ada. Selain itu, ada juga Panel Audo kualitas premium, yang memudahkan Anda mendengarkan musik favorit, baik menggunakan gadget, koneksi Bluetooth, atau juga port USB.

>>> Review Suzuki Jimny 2018: Menjadi SUV Sesungguhnya

5. OPERASI ISUZU PANTHER 2018

Gambar menunjukkan desain bagian mesin Isuzu Panther Grand Touring 2018

Isuzu Panther Grand Touring 2018 masih menggunakan mesin andalannya 4JA1 L 2500 cc Turbocharger

Pada sistem operasi Isuzu Panther 2018 kali ini mengunakan mesin 4JA1L, lengkap dengan Turbocharger yang mempunyai kapasitas silinder sebesar 2.499 cc. Daya maksimum mesin tersebut sekitar 3.500 Rpm, dan torsi maksimumnya sekitar 1.800 Rpm. Mesin yang digunakan tersebut, akan dipadukan dengan dimensi body berukuran panjang 4.535 mm, lebarnya sekitar 1.770 mm dan tingginya sekitar 1.873 mm. Mobil ini menggunakan ban berukuran Bridgestone 235/70 R15. Sedangkan untuk sistem suplai bahan bakarnya, menggunakan Common Rail yang terkenal irit bahan bakar dan ramah lingkungan. Kapasitasnya sekitar 55 liter atau sama degan pendahulunya. 

>>> Ragam Pilihan Mobil SUV Bekas Harga Rp 150 Jutaan dengan Mesin yang Tangguh

6. SPESIFIKASI ISUZU PANTHER 2018

Berikut ini adalah spesifikasi Isuzu Panther 2018 terlengkap.

SPESIFIKASI ISUZU PANTHER 2018

DIMENSI

Panjang x Lebar x Tinggi

4.535mm x 1.770mm x 1.873mm (Touring)

4.535mm x 1.770mm x 1.920mm (Grand Touring)

Wheelbase

2.685 mm

MESIN

Tipe Mesin

4JA1L Turbocharger

Kapasitas Silinder

2.499 cc

Daya Maksimum

80 PS / 3.500 rpm

Torsi Maksimum

19,5 Kgm / 1,800 rpm

KAKI-KAKI

Ukuran Ban

235/70/R15

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN ISUZU PANTHER 2018

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Memiliki tampilan desain eksterior yang lebih segar dan modern, serta cocok dengan kebutuhan setiap keluarga.

Mobil yang satu ini menggunakan bahan bakar diesel, yang akan menimbulkan getaran hingga masuk ke dalam kabin.

Pada panel audio visualnya, menghadirkan video musik atau juga film, untuk para penumpang agar terhibur selama perjalanan.

Bagasi yang ada terbilang cukup sempit. Untuk memperoleh ukuran bagasi yang lebih luas, Anda harus mengorbankan 2 bangku belakang agar ukuran bagasi yang lebih luas.

Menggunakan sistem bahan bakar EURO 4, Common Rail, yang membuat mobil ini hemat bahan bakar, dan pastinya ramah lingkungan.

Sudah sekitar 10 tahun desain mobil ini, belum memberikan inovasi yang berarti. Kondisi seperti ini sedikit banyak berdampak pada harga jual dari mobil itu sendiri.

8. DAFTAR HARGA ISUZU PANTHER 2018

TIPE

HARGA

Panther Smart (LM)

Rp 279.100.000

Panther LV

Rp 286.400.000

Panther LS

Rp 308.900.000

Panther Grand Touring

Rp 332.300.000

*) Diakses dari astraisuzu.co.id (Februari 2019). Harga bisa berubah sewaktu-waktu.

9. VIDEO ISUZU PANTHER 2018

10. KESIMPULAN ISUZU PANTHER 2018

Dari sisi desain eksterior maupun interior, Isuzu Panther Grand Touring 2018 bisa dikatakan 'tertinggal'. Namun dari sisi kebandelan, ketahanan dan performa kendaraan tidak ada yang perlu lagi diragukan. Mobil ini sangat legendaris dan sudah teruji di berbagai medan jalan. Jika impian Anda adalah memiliki mobil yang bisa digunakan dalam waktu sangat lama tanpa banyak rewel, Isuzu Panther Grand Touring layak dipertimbangkan.

>>> Klik sini untuk lanjut simak artikel review mobil yang menarik lainnya

Share This:

Cari harga mobil

Harga mobil per merek

Review mobil populer