Review Isuzu Panther 2010 : Mobil MPV Ground Clearance Tinggi Dengan Tenaga Mumpuni

30/10/2019 Abdul Review Isuzu

Isuzu Panther mengalami major facelift pada tahun 2005. Setelah itu pada tahun 2009 mendapatkan sedikit perubahan dengan adanya penambahan di bagian depan. Soal fitur masih sama yang dimiliki dengan Panther keluaran 2005. Nah untuk kali ini kami akan membahas mengenai review Isuzu Panther 2010.

1. PENGANTAR ISUZU PANTHER 2010

Di Indonesia, Isuzu Panther telah  lama menjelajahi jalanan Tanah Air. Awal mula mobil ini dihadirkan dengan membawa banyak tipe dengan perbedaan pada ukuran sasisnya. Setelah beberapa tahun berselang, pihak Isuzu melakukan pengurangan terhadap tipe-tipe nya dan berfokus pada penambahan beberapa fitur.  Sementara mulai tahun 2009 pihak Isuzu meningkatkan Panther dengan tambahan Turbocharger pada mesinnya.

2. EKSTERIOR ISUZU PANTHER 2010

Review Isuzu Panther 2010 : Bagian Depan

Gambar ini menunjukkan bagian depan mobil Isuzu Panther 2010

Griile dan headlamp didesain menyatu sehingga tampak begitu besar

Pada bagian depan, Isuzu Panther 2010 mengandalkan bentuk trapesium untuk headlamp dengan penggunaan sudut yang tajam dan ujungnya dibuat menyatu dengan grille berlapis chrome. Sementara untuk bagian bumper terdapat lubang udara berbentuk trapesium, serta dua buah fog lamp berbentuk bulat di kedua ujungnya.

Review Isuzu Panther 2010 : Bagian Samping

Gambar ini menunjukkan bagian samping mobil Isuzu Panther 2010

Ground clearance tinggi membuatnya siap untuk hadapi segala medan

Di bagian samping Isuzu Panther 2010 tampak pijakan kaki dan juga side moulding yang diberikan pada mobil besutan Isuzu satu ini. Yang terlihat unik adalah adanya garis lekukan yang didesain memanjang dari bagian lampu depan menuju ke lampu belakang. Mobil ini juga tampak tangguh berkat ground clearance yang tinggi.

Review Isuzu Panther 2010 : Bagian Belakang

Gambar ini menunjukkan bagian belakang mobil Isuzu Panther 2010

Tampak belakang terlihat biasa dengan reflektor mata kucing

Di bagian buritan pihak Isuzu memberikan lampu belakang yang didesain vertikal dengan reflektor kristal. Selain itu masih ada juga aksen garis berlapis chrome melintang di tengah pintu belakang. Yang unik, Isuzu Panther saat ini menjadi satu-satunya mobil keluarga dengan pintu belakang yang dibuka ke samping.

>>> Baca Juga:

3. INTERIOR ISUZU PANTHER 2010

Bagian interior Isuzu Panther 2010 masih serupa dengan Panther yang dilansir tahun 2005. Perubahan yang tampak pada bagian kabinnya hanya pada bagian jok mobil yang warnanya mengikuti warna dashboard. 

Review Isuzu Panther 2010 : Bagian Dashboard & Kemudi

Gambar ini menunjukkan dashboard dan kemudi mobil milik Isuzu Panther 2010

Dashboard biasa dengan kemudi desain 4 palang

Pada bagian dashboard menggunakan desain sederhana dengan bahan material plastik namun hebatnya tidak tampak murahan. Di bagian konsol tengah terdapat head unit audio single DIN, ventilasi AC dan tombol pengatur AC di bagian bawahnya. Di bagian muka penumpang depan, terdapat dua ruang penyimpanan, satu terbuka, dan satu lagi tertutup. .

Sedangkan pada lingkar kemudi menggunakan setir dengan 4-palang dengan sedikit aksen perak di bagian tengahnya. Sistem kemudi Panther ini cukup maju karena sejak pertama kali diperkenalkan pada tahun 1991, Panther telah menggunakan teknologi power steering yang mempermudah pengendaraan.

Review Isuzu Panther 2010 : Bagian Jok Mobil

Gambar ini menunjukkan jok mobil baris kedua dan ketiga milik Isuzu Panther 2010

Headrest dapat diatur untuk menyesuaikan dengan postur tubuh

Pada bagan jok mobil Isuzu Panther 2010 didesain 3 baris yang dapat membawa 7 penumpang. Apabila dilihat secara keseluruhan, kursi cukup nyaman saat diduduki. Terdapat tambahan headrest yang sudah bisa diatur ketinggiannya sehingga penumpang bisa mengaturnya sesuai postur yang dimiliki.Sayangnya, pada baris paling belakang, ruang kaki terasa kurang lapang.

Review Isuzu Panther 2010 : Bagian Bagasi Mobil

Gambar ini menunjukkan pintu belakang mobil Isuzu Panther 2010 terbuka

Bagasi bisa lebih luas saat kursi belakang dilipat

Konsekuensi kehadiran bangku baris ketiga yang menghadap depan menjadikan ruang bagasi di paling belakang jadi lebih sempit. Jika kursi baris ketiga tidak terpakai, maka dapat dilipat dan menjadi ruang bagasi tambahan pada Isuzu Panther 2010.

>>> Lihat Juga:

4. FITUR ISUZU PANTHER 2010

Untuk soal fitur keselamatan dan keamanan bisa  dibilang Isuzu Panther 2010 sangatlah minim. Hal tersebut dikarenakan, untuk perlindungan hanya tersedia seat belt yang dapat dipakai penumpang untuk keselamatan. Sementara pada keamanan terdapat alarm yang didesain menyatu dengan kunci dan juga sensor parkir yang dapat dipakai untuk membantu pengendara saat akan melakukan parkir mundur. Beberapa fitur lainnya untuk menunjang kenyamanan berkendara meliputi audio single DIN, Power Window, AC Double  Blower dan juga spion elektrik.

>>> Review Isuzu Traga 2018, Untuk Yang Menginginkan Pickup Dengan Cita Rasa Berbeda

5. OPERASI ISUZU PANTHER 2010

Gambar ini menunjukkan mesin mobil Isuzu Panther 2010

Mesin bertenaga dan irit bahan bakar

Soal performa, mesin Isuzu Panther 2010 menggunakan mesin diesel andalan Isuzu berkode 4JA1 2,5 liter yang telah mendapatkan suntikan Turbocharger dengan Direct Injection. Mesin berkapasitas 2.499 cc. tersebut memiliki tenaga maksimal sebesar 80 PS pada 3.900 rpm dan torsi puncak yang mencapai 130 Nm pada 1.800 rpm. Untuk menyalurkan daya mesinnya menuju roda belakang, Panther memberi pilihan transmisi manual 5-percepatan atau otomatis 4-percepatan.

>>> Klik Di Sini Aapabila Berniat membeli Mobil Isuzu Panther

6. SPESIFIKASI ISUZU PANTHER 2010

DIMENSI

Panjang

4.475 mm

Lebar

1.680 mm

Tinggi

1.790 mm

MESIN

Tipe Mesin

4JA1 2.5 liter Direct Injection with Turbocharger dengan OHV 8 katup

Kapasitas

2.499 cc

Tenaga Maksimal

80 Ps / 3900 rpm

Torsi maksimal

130 Nm (non-turbo), 198 (turbo) / 1.800 rpm

Transmisi

5 Speed M/T dan 4 Speed A/T

Diameter x Langkah

93 x 92

SUSPENSI

Suspensi Depan

MacPherson Strut

Suspensi Belakang

Per Daun

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN ISUZU PANTHER 2010

Sebagai sebuah kendaraan, Isuzu Panther 2010 juga mempunyai kelebihan dan kekurangan tersendiri. Tentunya hal tersebut wajar, karena tidak mungkin ada sebuah kendaraan yang sempurna di mata banyak orang, karena pandangan setiap orang berbeda-beda.

Review Isuzu Panther 2010 : Kelebihan

Kelebihan Isuzu Panther 2010 adalah ground clearance yang cukup tinggi untuk melewati medan beragam dan permukaan jalan rusak di Indonesia. Ruang kabinnya juga terbilang lapang. Yang cukup terkenal adalah bagian dapur pacunya yang kuat dan dapat diandalkan dengan konsumsi bahan bakar yang tergolong hemat. Tidak hanya itu saja, soal perawatan juga terbilang mudah termasuk untuk mendapatkan suku cadang.

Review Isuzu Panther 2010 : Kekurangan

Sementara kekurangan Isuzu Panther 2010 salah satunya adalah suara mesin diesel konvensional yang berisik. Mobil ini juga minim fitur keselamatan dan fitur pengendaraan modern. Selain itu, Panther juga terkenal akan suspensinya yang lembut, memberikan kenyaman tersendiri, namun di satu sisi lainnya menjadikan pengendalian lebih limbung saat bermanuver.  Dalam hal kepraktisan kabin, jika mobil terisi penuh penumpang, maka kapasitas bagasi yang dimiliki menjadi sangat terbatas.

8. DAFTAR HARGA ISUZU PANTHER 2010

Setelah membahas spesifikasi tentunya kurang lengkap jika tidak disertai dengan harganya. Sebagai tahun keluaran lama tentu harganya juga lebih rendah dibandingkan dengan yang muda. Untuk harga Isuzu Panther 2010  berkisar antara Rp. 50 juta sampai Rp. 100 jutaan.

9. VIDEO ISUZU PANTHER 2010

Video ini merupakan varian Grand Touring. Dari spesifikasi terbilang sama dengan tipe yang lain.

10. KESIMPULAN ISUZU PANTHER 2010

Sebagai sebuah mobil MPV, Isuzu Panther 2010 bisa jadi pilihan bagi Anda yang ingin mengajak lebih banyak penumpang. Selain itu, limpahan torsi yang dihasilkan mesinnya memuaskan, termasuk konsumsi bahan bakar yang terbilang irit. Jika desainnya yang terkesan "old fashioned" alias jadul tidak terlalu jadi masalah bagi Anda, mobil ini layak untuk dipinang sebagai mobil keluarga besar.

>>> Klik sini untuk lanjut simak artikel review mobil yang menarik lainnya

Share This:

Cari harga mobil

Harga mobil per merek

Review mobil populer