Review Honda Stream 2002

30/12/2018 Franky Pratama Review Honda

PT. Honda Prospect Motor (HPM) pernah memiliki sebuah mobil keluarga bergaya Station Wagon yang disebut Stream. Di zamannya, model satu ini tampil lebih unggul daripada kompetitornya terutama dalam segi fitur. Ingatkah Anda dengan sosoknya? Untuk zaman modern seperti sekarang ini, Stream menjadi salah satu pilihan mobil bekas berharga terjangkau. Simak informasinya dalam review Honda Stream 2002.

1. PENGANTAR HONDA STREAM 2002

Review Honda Stream 2002 - Di Indonesia, Honda Stream dirilis mulai tahun 2002 yang kala itu masih merajai dengan mesin 1.7 Liter SOHC. Sosoknya mudah dikenali berkat dimensi bodi yang panjang 4.550 mm dengan Wheelbase 2.720 mm. Bisa dibayangkan bukan, betapa luasnya kabin mobil unggulan Honda ini?

Tak lama setelah itu, model satu ini juga menawarkan pilihan mesin baru yakni 2.0 Liter DOHC berkode K20A. Transmisi juga mengalami pembaruan yang menerapkan 5 tingkat percepatan otomatis Tiptronic.

Bisa dibilang, Honda Stream memiliki fitur keselamatan terlengkap di zamannya. Namun seiring berjalannya waktu, sosoknya mulai pudar ditunggangi oleh euphoria masyarakat dengan kehadiran Daihatsu Xenia dan Toyota Avanza. Meski berbeda kategori namun kehadiran duo 'Mobil Sejuta Umat’ berhasil mendominasi pasar otomotif kala itu.

Meski begitu, kami menyukai Stream mengingat konsepnya sebagai mobil keluarga 7 penumpang berhasil menghadirkan ruang kabin yang akomodatif serta dibekali fitur cukup lengkap. Menariknya lagi, kini harga bekasnya dibanderol cukup terjangkau. Berikut kita lihat seksama dalam review Honda Stream 2002.

2. EKSTERIOR HONDA STREAM 2002

Sesuai namanya 'Stream’ yang menyiratkan makna air yang mengalir, itulah konsep desain pada eksterior Honda Stream 2002. Bodinya yang panjang dikemas apik dengan beberapa guratan halus mirip aliran air.

Review Honda Stream 2002: Eksterior Depan

Palang tebal pada Grille depannya memang sudah menjadi ciri khas dari setiap modelnya. Begitu juga pada Stream yang sekilas melihat, kita langsung mengetahui bahwa inilah produk Honda. Adapun sisi Bonnet juga dibuat memanjang supaya memberi performa aerodinamis dipadu ukuran bodinya yang panjang.

Eksterior depan Honda Stream 2002 dilengkapi lampu HID dan Fog Lamps khususnya pada varian 2.0 Liter

Eksterior depan Honda Stream 2002 memiliki desain yang cukup ikonik khas Honda terlihat dari desain Grille depannya

Unsur pencahayaan sendiri sudah dilengkapi lampu HID berukuran besar yang disatukan dengan lampu sein. Bahkan khusus untuk varian 2.0 Liter-nya sudah dibekali penambahan lampu kabut. Sajian tersebut sudah terbilang cukup mumpuni untuk kebutuhan pencahayaan di malam hari.

Review Honda Stream 2002: Eksterior Samping

Dimensi eksterior-nya yang panjang di angka 4,5 meter, terlihat proporsional ketika dipadukan dengan ban berukuran 195/65 R15. Namun sayangnya kami menemukan kekurangan, bisa diamati pada Ground Clearance-nya yang sangat rendah dibanding kompetitor lainnya. Tentu saja, Anda harus ekstra hati-hati ketika melaju di area tanjakan supaya bagian bawah mobil tidak terbentur pada aspal.

Eksterior samping Honda Stream 2002 menggunakan fitur praktis khususnya pada kaca spion seperti hadirnya lampu sein dan pelipatan elektrik

Eksterior samping Honda Stream 2002 memiiliki panjang bodi di angka 4.5 meter yang memberi visual kabin yang luas dari luar

Merambah ke segi fitur, kaca spion-nya sudah ditunjang dengan lampu sein dan pelipatan elektrik. Terbilang cukup praktis untuk sebuah mobil keluarga. Di sisi lain, varian 2.0 Liter diberikan penambahan aksesoris Side Body Moulding untuk memperkuat esensi sporty-nya.

Review Honda Stream 2002: Eksterior Belakang

Menengok sektor buritannya, Anda akan disuguhkan sebuah tatanan lampu bergaya vertikal. Sukses memberi kesan modern tersendiri di era tahun 2000-an. Sayangnya, varian 1.7 Liter terlihat kurang menarik tanpa fitur Rear Spoiler yang notabene sudah diaplikasikan pada model 2.0 Liter-nya. Memang tak dipungkiri, model standar-nya terlihat lebih polos dan terkesan minim fitur.

Eksterior belakang Honda Stream 2002 hadirkan fitur Rear Spoiler khususnya pada varian 2.0 Liter

Eksterior belakang Honda Stream 2002 menggunakan desain lampu ikonik yang tersambung hingga ke bagian atapnya

>>> Baca juga:

3. INTERIOR HONDA STREAM 2002

Membahas desain interior Honda Stream 2002, tampilannya terlihat elegan khas mobil Eropa. Benar saja, selain lega, kabinnya juga dikemas dengan konsep minimalis dan ergonomis. Itulah ciri khas Honda yang menjadi keunggulan tersendiri dibanding pesaing lainnya.

Review Honda Stream 2002: Dashboard

Setelah melompat ke kabinnya, ada perasaan sangat lega. Jawabannya terletak pada dimensi Wheelbase-nya yang sangat panjang dibanding kompetitornya di angka 2.720 mm. Bahkan tak ada perasaan khawatir apabila mobil ini dipenuhi 7 orang sekalipun, ruang kaki terasa sangat lega. Benar-benar akomodatif untuk kebutuhan keluarga.

Dashboard Honda Stream 2002 dihias apik dengan warna Silver dan nampak ergonomis bagi pengendara

Dashboard Honda Stream 2002 terlihat minimalis dan dilengkapi banyak fitur

Dari lini dashboard, tersedia cukup banyak fitur menghibur yang bisa Anda operasikan seperti sistem audio dan fitur penyejuk. Semua halnya tertata ergonomis, terasa mudah dijangkau oleh tangan pengendara. Untuk desain sendiri, konsepnya terbilang mewah sesuai tren di zamannya. Dashboard dibalut warna hitam dipadu kelir Silver di beberapa tombol multifungsinya.

Review Honda Stream 2002: Setir

Adapun ketika menggenggam setirnya ada perasaan mewah. Mungkin jawabannya terletak pada balutan kulit berkualitas yang disematkan pada setirnya. Secara desain, tampilannya masih jadul menggunakan model empat palang, berbeda dengan model terkini yang banyak mengaplikasikan tiga palang. Meski begitu, kami masih mengapresiasinya karena ada perasaan seperti mengendarai mobil Eropa dari kemudi setirnya.

Setir Honda Stream 2002 menggunakan model empat palang

Setir Honda Stream 2002 sudah dilengkapi dengan panel informasi yang menunjukkan kondisi kendaraan

Review Honda Stream 2002: Kursi

Ada perbedaan antara varian 1.7 Liter dan 2.0 Liter khususnya di aspek kursi. Bahan kursi yang digunakan pada 1.7 Liter masih menggunakan kain saja sedangkan 2.0 Liter sudah dibekali kursi berbahan kulit. Tentu saja dari unsur kemewahan dan kenyamanan, kursi Honda Stream 2.0 Liter terbilang lebih unggul.

Kursi Honda Stream 2002 mampu menampung hingga 7 orang sekaligus

Kursi Honda Stream 2002 terbilang sangat lega karena dimensi Wheelbase-nya yang panjang

Kekurangan lain juga ditemui pada absennya Head Rest pada bangku ketiganya. Hal ini cukup membahayakan apabila diduduki oleh orang dewasa khususnya ketika terjadi tabrakan. Pasalnya, kepala penumpang bangku ketiga tidak ada penopang Head Rest sehingga akan terpental ke belakang apabila mobil menabrak objek. Dalam hal ini, bangku ketiganya memang dirancang untuk 2 orang anak.

Review Honda Stream 2002: Bagasi

Akomodatif dalam hal kursi namun tidak dalam aspek bagasi. Ruang bagasi cenderung sempit dan hanya mampu menampung hingga tiga tas saja. Untungnya, bangku ketiga Honda Stream 2002 bisa dilipat hingga kapasitas bagasi bisa bertambah secara signifikan.

​Ruang bagasi Honda Stream 2002 terbilang kurang akomodatif untuk mobil keluarga

Ruang bagasi Honda Stream 2002 terbilang sempit dan nyaris tak ada ruang

>>> Artikel terkait:

4. FITUR HONDA STREAM 2002

Ingatkah Anda dengan pernyataan kami bahwa fitur Honda Stream 2002 terbilang paling lengkap dibanding kompetitornya? Ya, di segmen ini akan dijelaskan bahwa mobil satu ini memiliki senjata yang sangat lengkap dalam aspek keselamatan hingga hiburan.

Review Honda Stream 2002: Fitur Keselamatan

Dari unsur keselamatan, Stream dibekali rangka bodi G-Con yang diklaim mampu menyerap pusat benturan dan menyebarkannya ke seluruh sisi bodi. Hal ini tentu saja, mampu mengurangi dampak kerusakan yang ditimbulkan dan lebih melindungi penumpang dalam kabinnya.

Di sisi lain, banyak orang juga mengakui bahwa mobil keluarga ini sangat nyaman dikendarai. Benar sekali, jawabannya terletak pada tiga racikan teknologi pengereman meliputi Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brakeforce Distribution (EBD) dan Brake Assist (BA). Tentu saja hal ini menjadi kelebihan yang tak dimiliki oleh banyak kompetitornya.

Review Honda Stream 2002: Fitur Hiburan

Sedangkan dari segi hiburan, Honda Stream menghadirkan panel Head Unit 2 DIN yang mampu mengoperasikan radio AM/FM dan CD. Bahkan, menariknya panel tersebut sudah didukung fungsi navigasi. Terbilang modern, bukan?

Adapun dari sisi kesejukan, terdapat perbedaan yang mana varian 1.7 Liter menggunakan Single Blower dan 2.0 Liter menerapkan Double Blower. Apabila Anda menginginkan kenyamanan lebih untuk seluruh penumpang, varian 2.0 Liter menjadi rekomendasi terbaik dari kami.

>>> Jika Anda tertarik dengan produk Honda lainnya, Anda bisa melihat ulasannya di sini

5. OPERASI

Sejatinya terdapat dua pilihan operasi mesin Honda Stream 2002 yakni 1.7 Liter dan 2.0 Liter. Mesin varian terendahnya menerapkan kapasitas 1.658 cc yang mampu menghasilkan daya maksimum hingga 130 HP setara 6.300 Rpm dengan torsi puncak sebesar 155 Nm pada putaran 4.800 Rpm. Performanya terbilang kurang mumpuni dibanding 2.0 Liter karena masih menerapkan SOHC.

Operasi mesin Honda Stream 2002 menawarkan dua pilihan yakni 1.7 Liter dan 2.0 Liter

Operasi mesin Honda Stream 2002 mampu memberikan daya hingga 150 HP khususnya pada varian 2.0 Liter

Berbeda dengan varian 2.0 Liter-nya yang mengaplikasikan fungsi DOHC sehingga mampu memberi lonjakan daya sebesar 150 HP setara 6.500 Rpm. Memang, performanya terbilang lebih menggigit khususnya dalam hal akselerasi. Di sisi lain, racikan tersebut mampu memberi torsi puncak 186 Nm pada putaran 4.000 Rpm. Perbedaan lain ditemui pada segi transmisi yang mana 1.7 Liter menggunakan 4 percepatan otomatis sedangkan mesin 2.0 Liter-nya menerapkan transmisi 5 tingkat otomatis Tiptronic.

>>> Simak juga harga lengkap dari seluruh produk Honda yang dijual di Indonesia

6. SPESIFIKASI HONDA STREAM 2002

Supaya Anda semakin mengenal sosoknya yang memukau, berikut spesifikasi Honda Stream 2002.

SPESIFIKASI HONDA STREAM 2002

Model

1.7 Liter

2.0 Liter

DIMENSI

Panjang x Lebar x Tinggi

4.570 mm x 1.695 mm x 1.545 mm

Jarak Poros Roda

2.740 mm

Berat Kosong

1.385 Kg

MESIN

Tipe Mesin

D17A 4 Silinder Segaris 16 Katup SOHC VTEC

K20A 4 Silinder Segaris 16 Katup DOHC i-VTEC

Kapasitas Silinder

1.658 cc

1.998 cc

Daya Maksimum

130 HP / 6.300 Rpm

150 HP / 6.500 Rpm

Torsi Maksimum

155 Nm / 4.800 Rpm

186 Nm / 4.000 Rpm

Sistem Transmisi

4 Tingkat Percepatan Otomatis

5 Tingkat Percepatan Otomatis TIPTRONIC

HANDLING

Suspensi Depan

MacPherson Strut

Suspensi Belakang

Double Wishbone

Rem Depan

Ventilated Discs

Rem Belakang

Drum

Discs

BAHAN BAKAR

Tipe Bahan Bakar

Bensin

Kapasitas Tangki Bahan Bakar

55 Liter

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN HONDA STREAM 2002

Dengan maksud supaya Anda makin memudahkan memutuskan pilihan, Hargamobil.com melampirkan kelebihan dan kekurangan Honda Stream 2002.

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Fitur keselamatan sangat lengkap

Ruang Bagasi kurang akomodatif

Ruang kabin sangat lega karena dimensi Wheelbase yang cukup panjang

Bangku deret ketiga tidak dilengkapi Head Rest

Panel Head Unit sudah dibekali fungsi navigasi

Varian 1.7 Liter minim fitur dibanding varian 2.0 Liter-nya

8. DAFTAR HARGA HONDA STREAM 2002

Berapakah dana yang dibutuhkan untuk meminang mobil keluarga saat ini? Mengingat model ini tak lagi dijual dalam kondisi baru, berikut daftar harga Honda Stream 2002 dalam kategori bekas.

TIPE MOBIL

HARGA HONDA STREAM BEKAS

Honda Stream 1.7 Liter

IDR. 70.000.000 – IDR. 150.000.000

Honda Stream 2.0 Liter

IDR. 68.000.000 – IDR. 123.000.000

*Catatan:

  • Harga bervariasi tergantung kualitas kendaraan, tahun pembelian dan pertimbangan lain dari penjual

9. VIDEO HONDA STREAM 2002

10. KESIMPULAN HONDA STREAM 2002

Jika Anda ingin ruang kabin bergaya Eropa dengan konsep yang akomodatif, Honda Stream 2002 Indonesia menjadi rekomendasi terbaik. Bahkan segala fitur keselamatan dirancang cukup lengkap khususnya dalam hal pengereman. Di sisi lain, performa mesinnya sangat mumpuni khususnya pada varian 2.0 Liter yang sudah dipadukan dengan sistem transmisi otomatis Tiptronic. Sayangnya, mobil keluarga satu ini lebih praktis untuk 5 orang dewasa dan 2 orang anak, mengingat bangku deret ketiga belum dilengkapi Head Rest. Namun kekurangan pada model ini, bisa ditolerir dengan segala kelebihan yang ditawarkan. Tertarik?

>>> Jangan lupa klik sini untuk lanjut baca artiekl review mobil lainnya

Share This:

Cari harga mobil

Harga mobil per merek

Review mobil populer