Review Honda Jazz 2017, Harga dan Spesifikasi Lengkap

16/05/2018 Handy Goeyana Review Honda

Setelah generasi ketiga mobil ini diluncurkan pada tahun 2014 silam, 3 tahun berikutnya Honda memberikan facelift pada mobil ini agar Honda Jazz tetap mampu menarik perhatian para calon pembeli mengingat begitu ketatnya persaingan mobil hatchback saat ini.

1. PENGANTAR

gambar honda jazz generasi ketiga sebelum facelift berwarna merah dilihat dari sisi depan

Honda Jazz generasi ketiga sebelum facelift

Review Honda Jazz 2017 - Honda Jazz 2017 sebelumnya sudah diluncurkan di luar Indonesia sebelum akhirnya memasuki Indonesia dan diluncurkan melalui ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 kemarin. PT. Honda Prospect Motor (HPM) menganggap ajang GIIAS 2017 kemarin sebagai pilihan yang sangat tepat untuk memperkenalkan mobil yang sudah diberikan facelift ini kepada calon pembeli ataupun para pengunjung yang menghadiri ajang otomotif tersebut. Review Honda Jazz 2017 oleh hargamobil.com bisa dibaca di bawah ini.

2. EKSTERIOR

Kita langsung mulai review Honda Jazz 2017 dari sisi eksterior ya. Eksterior Honda Jazz 2017 kali ini mendapat beberapa penambahan aksesori agar terlihat berbeda dengan versi pre-facelift.

  • Desain bagian depan

gambar bagian depan honda jazz 2017 berwarna orange dilihat dari sisi depan

Bagian depan Honda Jazz 2017 dengan desain bumper terbaru

Untuk bagian depan tidak ada yang dikurangi, tetap menggunakan head lamp yang sudah LED dan dilengkapi dengan proyektor dan Auto Leveling Adjuster, serta gril depan yang masih menggunakan aksen piano black. Perbedaannya terletak pada DRL yang sudah menggunakan LED, lubang angin pada bumper depan yang memiliki ukuran lebih besar dan diberikan aero kit, serta bezel fog lamp yang memiliki garnis karbon berwarna hitam dan terhubung melalui garis penghubung yang berada di atas lubang angin.

  • Desain bagian samping

gambar bagian samping honda jazz 2017 berwarna orange

Bagian samping Honda Jazz 2017 yang tetap terlihat sporty dan tegas

Bagian samping Honda Jazz 2017 tetap sama dengan versi pre-facelift, memiliki kesan yang begitu sporty dan tegas karena menggunakan pelek alloy dua warna berukuran 16 inci dan terdapat lekukan yang tajam di sekitaran pintu mobil.

  • Desain bagian belakang

gambar bagian belakang honda jazz 2017 berwarna orange

Bagian belakang Honda Jazz 2017 dengan desain bumper terbaru

Di bagian belakang masih sama dengan versi pre-facelift, menggunakan rear combination lamp, garnis beraksen krom yang memanjang di bawah jendela hingga menyentuh stop lamp, dan roof spoiler yang sudah dilengkapi dengan High Mount Stop Lamp. Perbedaanya terdapat pada bumper belakang yang sudah diberikan bumper kit dan diffuser yang membuatnya terlihat lebih sporty.

>>> Mungkin Anda juga tertarik:

3. INTERIOR

Sekarang adalah review Honda Jazz 2017 di sisi interior. Interior Honda Jazz 2017 masih sama dengan versi pre-facelift, namun memiliki fitur-fitur penunjang tambahan yang membuat bagian kabin mobil ini terlihat lebih modern dan canggih. Berikut ini review Honda Jazz 2017 dari sisi interior.

  • Dashboard dan setir

gambar dashboard dan setir honda jazz 2017

Bagian dashbaord dan setir Honda Jazz 2017 dengan penambahan aksesori dan fitur penunjang terbaru

Bagian dashboard Honda Jazz 2017 masih sama seperti versi pre-facelift, menggunakan warna hitam dan sedikit aksen silver. Khusus edisi facelift diberikan head unit layar sentuh berukuran 8 inci dan memiliki fitur penunjang seperti Radio AM/FM, MP3/WMA Player, USB Port, HDMI Port, AUX Input, Bluetooth, dan Smartphone Connection melalui kabel khusus untuk mirroring.

AC Control kali ini sudah ditampilan secara digital dan memiliki fitur Smart Touch Auto yang akan mengatur suhu dalam kabin secara otomatis. Terdapat tombol Eco Driving untuk menghemat bahan bakar ketika berkendara dan tombol One Push Ignition System untuk memudahkan pengoperasian mobil.

Bagian setir mobil ini dibalut dengan kulit serta dilengkapi dengan Steering Switch Control dan Cruise sehingga membuat setir mobil ini terlihat elegan dan fungsional. Untuk tipe RS CVT disematkan Paddle Shift untuk memberikan sensasi berkendara ketika ingin mengatur transmisi secara manual.

  • Kursi

gambar susunan kursi honda jazz 2017

Susunan kursi dua baris pada Honda Jazz 2017

Kursi Honda Jazz 2017 didesain 2 baris dan mampu menampung penumpang hingga 5 orang. Kursi mobil ini menggunakan material berkualitas dengan jahitan benang merah yang membuatnya terlihat sporty. Ruang kaki yang cukup luas membuat penumpang dan pengemudi terasa nyaman ketika berada di dalam mobil ini.

  • Bagasi

gambar bagasi honda jazz 2017

Bagian bagasi Honda Jazz 2017 yang mampu menampung 4 koper

Bagasi Honda Jazz 2017 begitu luas sehingga bagasi mobil ini mampu menampung hingga 4 koper berukuran besar.

>>> Mungkin Anda juga tertarik:

4. FITUR

gambar honda jazz sedang diuji coba tabrak

Honda Jazz yang diuji coba tabrak

Fitur keselamatan pada Honda Jazz 2017 dimulai dari Dual SRS Airbags yang dilengkapi dengan seat belt with pretensioner and load limiter yang akan memberikan perlindungan maksimal bagi pengemudi dan penumpang. Sistem pengereman sudah menggunakan ABS dan EBD agar memberikan pengereman yang maksimal. Rangka G-CON+ACE ditambah dengan Pedestrian Protection akan mengurangi resiko cedera serius bagi pengemudi, penumpang, dan pejalan kaki ketika terjadi benturan.

Fitur keamanan pada mobil ini berupa Immobilizer with Keyless Entry yang membuat mobil anda tetap aman ketika ditinggal dan tidak akan mudah menyala ketika kunci remot tidak berada di dekat mobil.

>>> Klik sini untuk simak tulisan review mobil Honda lainnya

5. OPERASI

gambar mesin honda jazz 2017

Bagian mesin Honda Jazz 2017

Mesin yang digunakan Honda Jazz 2017 berupa mesin 1.5 L SOHC 4 silinder segaris 16 katup i-VTEC berkapasitas 1.497 cc yang mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 120 Ps pada 6.600 rpm serta torsi maksimal sebesar 145 Nm pada 4.800 rpm. Tenaga yang dihasilkan oleh mesin ini akan disalurkan melalui transmisi manual 5 percepatan dan transmisi otomatis CVT. Teknologi Drive by Wire pada mesin mobil ini menghasilkan kontrol buka-tutup throttle valve untuk akselerasi yang lebih presisi namun tetap irit bahan bakar.

>>> Untuk tahu lebih jelas tentang mobil-mobil lain, klik sini saja

6. SPESIFIKASI

Spesifikasi Honda Jazz 2017 bisa dilihat di tabel berikut.

Mesin Honda Jazz 2017

Tipe Mesin

1.5 L SOHC 4 silinder segaris 16 katup i-VTEC + DBW

Sistem Suplai Bahan Bakar

PGM-FI

Diameter x Langkah

73,0 x 88,4 mm

Isi Silinder

1.497 cc

Perbandingan Kompresi

10,3:1

Daya Maksimum

120 Ps / 6.000 rpm

Torsi Maksimum

145 Nm / 4.800 rpm

Dimensi Honda Jazz 2017

P x L x T

3.965 x 1.094 x 1.524 mm

Jarak Sumbu Roda

2.530 mm

Jarak Pijak Depan/Belakang

1.492/1.481 mm untuk tipe S, 1.476/1.466 mm untuk tipe RS

Kapasitas Tangki

40 L

Tipe Transmisi

5-Speed M/T dan CVT

Suspensi dan Kaki-Kaki Honda Jazz 2017

Sistem Kemudi

Rack & Pinion + Electric Power Steering (EPS)

Suspensi Depan

MacPherson Strut

Suspensi Belakang

H-Shape Torsion Beam

Rem Depan

Ventilated Disc

Rem Belakang

Drum

Ban

176/65 R15 untuk tipe S, 185/55 R16 untuk tipe RS

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN

Kelebihan dan kekurangan mobil Honda Jazz 2017 bisa dilihat di tabel berikut.

Kelebihan

Kekurangan

Desain eksterior dan interior yang begitu sporty

Mesin tidak pernah berubah meskipun mesinnya begitu mumpuni

Fitur-fitur penunjang yang lengkap

Ground clearance masih rendah

Performa mobil begitu mumpuni

Tidak semua tipe mendapat fitur tambahan

Ruang kabin yang begitu luas dan lega

 

8. DAFTAR HARGA

Daftar harga Honda Jazz 2017 bisa dilihat pada tabel di bawah ini.

Tipe

Harga

New Honda Jazz S M/T

Rp 232.500.000,-

New Honda Jazz S CVT

Rp 242.500.000,-

New Honda Jazz RS M/T

Rp 262.500.000,-

New Honda Jazz RS CVT

Rp 272.500.000,-

*Catatan: harga bisa berubah sewaktu-waktu

9. VIDEO

Sebagai penutup ulasan ini kami sertakan video tentang Honda Jazz 2017 di bawah ini.

10. KESIMPULAN

Edisi facelift kali ini membuat Honda Jazz terlihat lebih segar berkat desain mobil baik bagian luar maupun bagian dalam yang diberikan sedikit perubahan dan penambahan aksesori terbaru. Fitur penunjangnya baik untuk keselamatan maupun hiburan cukup lengkap untuk mobil sekelas hatchback. Meskipun mesinnya begitu mumpuni, namun dapur pacunya tidak pernah diganti, hanya diberikan fitur-fitur tambahan agar dapat bekerja lebih baik dan mampu irit bahan bakar.

Share This:

Cari harga mobil

Harga mobil per merek

Review mobil populer