Review Honda Jazz 2015, Mobil Hatchback tumpuan Honda

06/12/2017 Riyan Sugandy Review Honda

Honda Jazz merupakan mobil hatchback yang dikenalkan di Indonesia pertama kali pada tahun 2004. Di tahun 2015, Honda memperkenalkan Jazz generasi ketiga yang lebih sporty dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Apa saja yang ditawarkan dalam generasi terbarunya ini? Simaklah dalam review Honda Jazz 2015 di bawah ini.

1. PENGANTAR

Review Honda Jazz 2015 - Dipasarkan dengan nama Honda Fit di beberapa negara, mobil ini menjadi sebuah mobil yang cukup laris di pasaran Indonesia. Bentuknya yang mungil  tetapi memiliki performa yang cukup baik menjadikan mobil ini sangat populer di kalangan anak muda di Indonesia.

Hadir dengantuk bentuk yang lebih sporty di generasi terbarunya, Honda Jazz berusaha meningkatkan image sporty yang sudah dimilikinya sejak pertama kali diluncurkan. Berikut ini adalah review Honda Jazz 2015 - mobil yang sudah meraih banyak penghargaan di Indonesia dari hargamobil.com.

2. EKSTERIOR

Sebagai pembukaan tulisan review Honda Jazz 2015, kita akan membahas satu bersatu ya, mulai dari desain eksterior Honda Jazz 2015 dulu.

  • Desain semakin sporty

Honda Jazz generasi ketiga tampil lebih sporty dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Bentuknya semakin compact dan juga aerodinamis dengan bentuk body yang sangat halus di bagian depan hingga bagian belakang.

Gambar mobil Honda Jazz 2015 berwarna kuning dilihat dari bagian depan

Tampilan bagian depan Honda Jazz 2015

  • Desain bagian depan

Di bagian depan, headlamp dibuat lebih kecil tetapi lebih tegas dibandingkan dengan versi sebelumnya. Desain ini mengikuti desain mobil Eropa yang sederhana tetapi sangat berkelas dan sporty.

Desian bagian samping mobil Honda Jazz 2015 berwarna kuning

Tampilan bagian samping Honda Jazz 2015

  • Desain bagian samping

Seperti yang bisa kita lihat, bentuk body dari obilini sangalah halus dari bagian depan hingga bagian belakang. Garis dan kontur body yang tegas ditambah dengan rear spoiler di bagian beakang sangat menunjukkan kesan sporty yang dimiliki oleh mobil ini.

Desain bagian belakang mobil Honda Jazz 2015 berwarna kuning

Desain bagian belakang Honda Jazz 2015

  • Desain Bagian belakang

Di bagian belakang terdapat rear spoiler dengan high mounted stop membuat mobil ini memiliki kesan sporty yang kental. Garis chrome yang melintang di bagian pintu belakang membuat mobil ini terlihat cukup mewah tanpa aksesories lainnya yang berlebihan.

>>> Baca juga: 

3. INTERIOR

Setelah puas dengan desain eksteriornya, kini kita beranjak ke desain interior Honda Jazz 2015.

  • Ruang kabin nyaman

Bagian kabin dari mobil ini lebih nyaman dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Untuk bagian interior lebih banayk didominasi oleh material plastik sedangkan untuk kursi menggunakan material kain. Tidat terlihat murahan, tapi tidak juga terlihat mewah.

Gambar bagian dashboard mobil Honda Jazz 2015

Desain dashboard Honda Jazz 2015

  • Desain bagian dashboard

Bagian dashboard dari mobil ini didesain cukup sederhana tetapi berusaha terlihatmewah dengan menggunakan warna chrome di beberapa bagian. Di dashboard ini terdapat pengaturan AC yang masih harus diatur secara manual.

Gambar setir mobil Honda Jazz 2015 berwarna hitam

Desain setir Honda Jazz 2015

  • Desain bagian setir

Bagian setir dari mobil ini memiliki aksen chrome untuk sedikit sentuhan mewah di ini. Untuk bagian setir sendiri sudah memiliki pengaturan audio steering swtich, pedal shift dan juga pengaturan MID.

Gambar bagian kursi mobil Honda Jazz 2015 berwarna coklat muda

Kursi Honda Jazz 2015 membawakan rasa nyaman

  • Desain kursi

Untuk desain kursi, Honda Jazz memiliki kursi yang  cukup nyaman digunakan dengan pengaturan yang baik bisa memberikan space yang cukup nyaman bagi penumpang.

Gambar ruang bagasi Honda Jazz 2015 dengan sebuah ruang kabin yang luas

Honda Jazz 2015 memiliki ruang bagasi sangat luas

  • Ruang bagasi

Dibandingkan dengan kompetitornya di kelas mobil hatchback, Honda Jazz memiliki kapasitas bagasi yang sangat luas.

>>> Ingin tahu lebih banyak tentang eksterior, interior maupun fitur-fitur lainnya, klik sini untuk membaca review lengkap

4. FITUR

Gimana perasaan Anda tentang eksterior dan interior mobil ini? Sekarang kita akan membahas salah satu bagian yang sangat menarik yaitu fitur Honda Jazz 2015. Dari sisi fitur keselamatan, Honda Jazz 2015 memiliki tingkat keselamatan dan keamanan yang sudah cukup baik dan lengkap. Berikut ini adalah fitur keselamatan dan juga keamanan yang dimiliki oleh mobil ini.

  • Fitur keselamatan

Mobil ini sudah menggunakan kerangka G-CON + ACE untuk pemerataan benturan jika terjadi tabrakan sehingga bagian kabin lebih aman. Selain itu, mobil ini juga sudah dilengkapi dengan side impact beam dan front impact beam, dual SRS Airbag, pretensioner seatbealt, dan juga kursi ISOFIX.

Untuk keamanannya sendiri dilengkapi dengan fitur Alarm, Panic alarm, Remote-controlled central locking system, Automatic door locking dan Immobiliser

  • Fitur hiburan

Di bagian hiburan terdapat sebuah head unit berukuran 7 inchi touchscreen yang bisa memutar hiburan melalui aux, CD dan juga koneksi bluetooth.

>>> Masih bingung dengan harga mobil di pasar Indonesia? Klik sini untuk melihat semua harga mobil dari berbagai merak populer di Indonesia.

5. OPERASI

Bagian mesin Honda Jazz 2015 berwarna hitam

Mesin 1.5 L SOHC 4 silinder, 16 katup iVTEC+DBW

Honda Jazz 2015 menggunakan mesin 1.5L SOHC 4 cylinder dengan 16 katup iVTEC + DBW. Dengan kekuatan maksimal yang dihasilkan sebesar 120 PS pada putaran 6.000 RPM dan torsi maksimal sebesar 145 Nm pada putaran mesin 4.800 RPM.

Untuk bagian suspensi menggunakan McPherson Strut di bagian depan dan H-Shape Torsion Beam di bagian belakang. Dengan kemampuan mesin dan juga suspensi yang ada sekarang, Honda Jazz memang sangat cocok dijadikan sebuah mobil harian di area perkotaan. Sudah cukup ya mesin Honda Jazz 2015 ini?

6. SPESIFIKASI

Berikut ini adalah spesifikasi lengkap dari Honda Jazz 2015.

Mesin Honda Jazz 2015

Type

1.5L SOHC 4 cylinder dengan 16 katup iVTEC + DBW

Sistem Supla Bahan Bakar

PGM-FI

Diameter x Langkah

73 mm x 88,4 mm

Perbandingan Kompresi

10,3 : 1

Tenaga Maksimum

120 PS / 6000 rpm

Torsi Maksimum

145 Nm / 4800 rpm

Kapasitas Tangki BBM

40 Liter

Transmisi

Type : 5 Speed (Type A, Type S M/T, Type RS M/T), CTV (Type S CTV & Type RS CTV)

Honda Jazz 2015 Dimensi

P x L x T

3.965 mm x 1.094 mm x  1.524 mm

Jarak Poros Roda

2.530 mm

Jarak Pijak Depan

1.492 mm (Type A & S), 1.478 mm (type RS)

Jarak Pijak Belakang

1.401 mm (Type A & S) 1.466 (type RS)

System Kemudi

Rack dan Pinion + Electric Power Steering (EPS)

Kaki-kaki Honda Jazz 2015

Suspensi Depan

MacPherson Strut

Suspensi Belakang

H-Shape Torsion Beam

Rem Depan

Ventilated disc

Rem Belakang

Drum

Ukuran Ban

175/65 R15 (Type A & S), 185/56 R16 (Type RS)

Velg

Trim Wheel 15″x 5 1/2 J (Type A), Alloy Wheel 15″x 5 1/2 J (Type S), Alloy Wheel 16″x 6 J (Type RS)

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN

Berikut ini adalah beberapa kelebihan dan kekurangan Honda Jazz 2015 yang bisa Anda perhatikan sebelum Anda membeli kendaraan ini.

Kelebihan

Kekurangan

Desain lebih sporty

Mesin tidak terlalu responsif

Interior lebih nyaman

Tarikan masih terasa kurang dibandingkan kompetitornya

Suspensi empuk

 

8. DAFTAR HARGA

Harga mobil untuk tahun keluaran 2015 tentunya sudah berkurang karena sudah ada model terbaru yang dirilis. Berikut ini adalah daftar harga dari Honda Jazz  2015 untuk wilayah Jakarta dan sekitarnya.

Model

Harga Honda Jazz

New Jazz A Manual

Rp. 206.000.000

New Jazz S Manual

Rp. 224.000.000

New Jazz S CVT

Rp. 234.000.000

New Jazz RS Manual

Rp. 246.000.000

New Jazz RS CVT

Rp. 256.000.000

All New Jazz RS CVT Limited Edition

Rp. 261.000.000

9. VIDEO

Untuk memberikan gambar paling jelas tentang Honda Jazz 2015, kini hargamobil.com ada sebuah video. Selamat menyaksikan!

10. KESIMPULAN

Honda Jazz tahun 2015, memiliki desain eksterior dan interior terbaru yang lebih gaya dan nyaman untuk digunakan sebagai kendaraan harian. Suspensinya lebih empuk dibandingkan dengan generasi terdahulunya, tetapi dari segi performa mesin memang agak berkurang.

Mungkin hal ini karena saat ini Honda Jazz memang didesain untuk digunakan di dalam kota dengan konsep fun to drive yang nyaman, daripada mencari performa mesin yang tinggi. Bila Anda sedang mencari sebuah mobil untuk digunakan di dalam kota yang sporty dan nyaman digunakan maka mobil ini bisa menjadi pilihan Anda.

Share This:

Cari harga mobil

Harga mobil per merek

Review mobil populer

Link Terpopuler