Review Honda Jazz 2014

10/01/2018 Handy Goeyana Review Honda

Honda Jazz 2014 atau yang dikenal dengan Honda Jazz GK5 merupakan mobil hatcback generasi ketiga dari produk Honda Jazz. Mobil generasi ketiga ini diluncurkan untuk mengganti mobil generasi sebelumnya yang sudah 5 tahun berada di pasar Indonesia. Mobil ini menawarkan perubahan yang kentara baik dari luar maupun dalamnya yang tidak dimiliki oleh mobil generasi sebelumnya. Apa saja perubahan yang ditawarkan oleh mobil generasi ketiga ini? Selengkapnya bisa dibaca review Honda Jazz 2014 di bawah.

1. PENGANTAR

Review Honda Jazz 2014 - Mobil hatchback besutan Honda ini begitu populer di Indonesia. Tidak hanya itu, mobil generasi sebelumnya juga sudah mendapatkan banyak penghargaan di luar Indonesia. Di Indonesia, mobil hatchback ini sangat ditunggu-tunggu oleh para penggemar otomotif dan selalu menorehkan catatan penjualan yang memuaskan. Karena mobil ini dirancang dengan desain dan performanya yang begitu tokcer, sudah pasti mobil ini begitu menarik bagi semua kalangan yang ingin memiliki mobil ini. Review Honda Jazz 2014 oleh hargamobil.com bisa dibaca di bawah ini.

2. EKSTERIOR

Eksterior Honda Jazz 2014 mengalami perubahan eksterior yang sangat berbeda dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Mobil generasi sebelumnya yang memiliki lengkungan bulat, kini terlihat lebih tajam. Tampilannya keseluruhan mobil ini terasa lebih tegas dan futuristik.

Tampilan bagian depan mobil Honda Jazz 2014 berwarna kuning sedang parkir di depan rumah

Bagian depan dibakali dengan project head lamp dan LED position lamp

  • Desain bagian depan

Untuk bagian depan dibekali dengan Projector Head Lamp dan LED Position Lamp ditambah dengan Auto Leveling Adjuster yang akan secara otomatis mengubah ketinggian sorot lampu sesuai dengan kondisi jalan. Kali ini, Front Grille menggunakan aksen piano black, tidak mengikuti kebiasaan generasi sebelumnya yang menggunakan aksen krom. Di bagian bumper depan ada fog lamp dan LED DRL (Daytime Running Light) stripe vertikal yang memberikan kesan mewah dan futuristik serta meningkatkan visibilitas kendaraan di jalan yang tidak terlihat (misalnya berkabut).

Mobil Honda Jazz 2014 berwarna biru dilihat dari bagian samping

Velg Honda Jazz 2014 berukuran 16 inci

  • Desain bagian samping

Bagian samping memiliki kesan yang lebih kompak dan mewah karena menggunakan velg 16” dengan two tone color dan garis body serta lekukan yang tajam di sekitaran pintu mobil.

Mobil Honda Jazz 2014 berwarna merah dilihat dari bagian belakang sedang berjalan di jalan

Bagian belakang Honda Jazz terlihat modern dan sporty

  • Desain bagian belakang

Di bagian belakang terlihat lebih modern dan sporty berkat penambahan Sporty Tailgate Spoiler dengan LED High Mount Stop Lamp, Dark Chrome Garnish dan lampu belakang dengan LED Combi Stop Lamp.

>>> Baca juga:

3. INTERIOR

Lanjut ke bagian interior Honda Jazz 2014, kita akan melihat desain baru dan berbeda dibandingkan dengan desain pada mobil generasi sebelumnya. Menggunakan konsep “Sophisticated Futuristic Cockpit” mobil ini menghadirkan desain interior yang nyaman serta fitur-fitur penunjang yang lebih modern sehingga membuat penumpangnya betah untuk berlama-lama di mobil ini Ruang kabin pada mobil ini memiliki ruang kabin yang lebih luas dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

Gambar bagian dashboard mobil Honda Jazz 2014

Bagian dashboard Honda Jazz 2014

  • Dashboard dan setir

Di bagian dashboard terdapat Head-unit dan panel AC menghadap ke pengemudi agar memudahkan pengoperasian. Speedometer Honda Jazz RS terlihat modern dengan Multi Information Display di sebelah kanan yang akan memberikan informasi terkini tentang pengendaraan dan indikator ECO yang mengubah lampu lingkar luar tengah speedometer menjadi hijau jika kita berkendara secara Eco Driving. Tombol One Push Ignition System dipasang untuk memudahkan pengguna ketika menyalakan dan mematikan mesin. Di bagian setir kini dilengkapi dengan Steering Switch Control di sebelah kiri, tombol pengatur Cruise Control di sebelah kanan, dan dibalik setirnya ada Paddle Shift.

Bagian kursi belakang Honda Jazz 2014

Kursi lebih nyaman dan bisa mengatur posisi sesuai dengan keinginan

  • Kursi

Kursi mobil ini menggunakan inovasi ultra seat yang membuat duduk lebih nyaman dan bisa mengatur posisi mengemudi sesuai keinginan karena dilengkapi dengan Height Adjuster dan Height Adjuster Seatbelt. Ruang kabin yang cukup luas membuat ruang pada kaki begitu lega sehingga memberikan kenyamanan tambahan bagi penumpangnya.

Ruang bagasi Honda Jazz 2014 kini tidak begitu luas untuk menyimpan banyak barang

Jazz memiliki ruang bagasi yang tidak luas

  • Ruang bagasi

Sama seperti pada generasi sebelumnya, mobil yang mengusung konsep hatchback ini mempunyai bagasi yang bisa dibilang begitu luas dibandingkan dengan hatchback lainnya sehingga mobil mampu menampung banyaknya barang.

>>> Klik sini untuk lihat harga mobil Honda terbaru dan terupdate

4. FITUR

Gambar menunjukkan fitur airbag di mobil Honda Jazz 2014

Fitur dual front SRS airbags

Sektor keselamatan pada mobil ini lebih baik dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Mobil ini disematkan Dual Front SRS Airbags, Rem ABS + EBD, Pretensioner dengan load limiter seatbelt, rangka G-CON + ACE, pedestrian protection dan Isofix dan Tether yang akan mengurangi resiko ketika terjadi kejadian pada mobil yang tidak diinginkan. Sektor keamanannya juga ditingkatkan dengan berbagai fitur seperti Smart key and wave key system plus keyless entry yang membuat mobil tidak akan menyala ketika kunci remot tidak berada di dekat mobil. Tidak lupa sistem alarm dan Immobilizer dipasang untuk meningkatkan keamanan pada mobil ketika tidak digunakan.

>>> Untuk tahu lebih jelas tentang spesifikasi mobil lainnya, klik sini

5. OPERASI

Gambar mesin mobil Honda Jazz 2014

Mesin 1.5 liter SOHC i-VTEC 4 silinder

Mesin yang digunakan Honda Jazz 2014 berupa mesin 1.5 liter SOHC i-VTEC 4 silinder yang mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 120 PS pada 6.600 rpm serta torsi maksimal yang dapat dihasilkan sebesar 14.8 Kg.m pada 4.800 rpm. Mesin mobil ini juga memiliki teknologi Drive by Wire (DBW) yang menghasilkan kontrol buka-tutup throttle valve untuk akselerasi yang lebih presisi namun tetap irit bahan bakar.

6. SPESIFIKASI

Spesifikasi Honda Jazz 2014 bisa dilihat di tabel berikut.

Model

Honda Jazz (tipe A & S)

Honda Jazz RS

Honda Jazz CVT (tipe S CVT & RS CVT)

Honda Jazz RS CVT

Mesin Honda Jazz 2014

Tipe Mesin

1.5 L SOHC silinder segaris, 16 katup i-VTEC + DBW

Sistem Suplai Bahan Bakar

PGM-FI

Diameter x Langkah

73,0 x 88,4 mm

Isi Silinder

1.497 cc

Perbandingan Kompresi

10,3:1

Daya Maksimum

88Kw(120PS)/6.000rpm

Torsi Maksimum

14,8kgm(145Nm)/4800rpm

Dimensi Honda Jazz 2014

P X L X T

3.965 x 1.094 x 1.524 mm

Jarak Sumbu Roda

2.530 mm

Jarak Pijak Depan/Belakang

1.492/1401 mm

1.478/1.466 mm

Kapasitas Tangki

40 L

Transmisi Honda Jazz 2014

Tipe Transmisi

5-Speed M/T

CVT

Sistem Kemudi Honda Jazz 2014

Sistem

Rack & Pinion + Electric Power Steering (EPS)

Tilt & Telescopic Steering

Only type A M/T

Suspensi Honda Jazz 2014

Suspensi Depan

MacPherson Strut

Suspensi Belakang

H-Shape Torsion Beam

Pengereman Honda Jazz 2014

Rem Depan

Ventilated Disc

Rem Belakang

Drum

Kaki-kaki Honda Jazz 2014

Ukuran Ban

176 / 65 R15

185/ 55 R16

176 / 65 R15 (S) – 185/ 55 R16 (RS)

185/ 55 R16

Velg

Trim Wheel 15″ x 5 1/2 J

Alloy Wheel 15″ x 5 1/2 J (S) – Alloy Wheel 16″ x 6 J (RS)

Black Alloy Wheel 16″ x

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN

Kelebihan dan kekurangan mobil Honda Jazz 2014 bisa dilihat di tabel berikut.

Kelebihan

Kekurangan

Desain eksterior yang lebih modern

Ground Clerance tetap rendah sama seperti pendahulunya

Desain interior lebih memanjakan penumpang

Tidak ada sensor parkir

Performa mobil begity mumpuni

Harganya lebih mahal

Keamanan cukup lengkap

 

8. DAFTAR HARGA

Awalnya harga Honda Jazz 2014 semua tipe ini berkisar mulai dari Rp 250.000.000 hingga Rp 280.000.000 di awal penjualannya. Setelah berjalannya waktu, harga bekas mobil ini turun sedikit namun masih menyentunh angka Rp 200.000.000 hingga Rp 220.000.000.

9. VIDEO

Untuk menutup topik review Honda Jazz 2014 ini kami sertakan video Honda Jazz 2014 di bawah ini.

10. KESIMPULAN

Mobil hatchback ini mendulang sukses sama seperti generasi sebelumnya. Walaupun harganya agak sedikit mahal, banyak kalangan tetap menyukai mobil hatchback besutan Honda ini karena fitur-fitur yang ditambahkan memberikan kesan modern dan performa mesin yang begitu mumpuni.

Share This:

Cari harga mobil

Harga mobil per merek

Review mobil populer

International