Review Honda Jazz 2010 : Performa Mumpuni Cocok Untuk Anak Muda

14/12/2019 Abdul Review Honda

Salah satu mobil Honda yang tergolong populer di Indonesia adalah Honda Jazz. Masuk dalam segmen Hatchback, kendaraan ini begitu diminati oleh kalangan anak muda. Pertama kali dihadirkan pada tahun 2000-an dengan tampilan yang sporty dan stylish langsung memikat kalangan anak muda. Untuk segmen kali ini kami akan membahas mengenai review Honda Jazz 2010.

1. PENGANTAR HONDA JAZZ 2010

Mobil ini dikeluarkan pada tahun 2010 dan merupakan generasi kedua tipe Jazz. Untuk kawasan Eropa dan juga Amerika mobil ini lebih sering dikenal dengan nama Honda Fit. Untuk desainnya memang sangat menarik dengan bentuk bodi aerodinamis dan dibandingkan generasi pertamanya, kesan boxy dari Honda Jazz telah dikurangi.

Mobil Honda Jazz 2010 juga masih digemari oleh kalangan anak muda yang menginginkan sebuah mobil sporty dengan tampilan mumpuni. Jadi tidak heran sampai saat ini para anak muda masih menggemarinya dan banyak yang mencari mobil tersebut dalam kondisi bekas. Agar mengetahui seluk beluk dari mobil besutan Toyota tersebut, mari kita simak ulasannya mengenai spesifikasi Honda Jazz 2010.

2. EKSTERIOR HONDA JAZZ 2010

Apabila dibandingkan dengan generasi sebelumnya, secara umum bentuknya dibuat lebih aerodinamis. Ditambah lagi panjangnya juga lebih 100 mm dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

Review Honda Jazz 2010 : Bagian Depan

Gambar ini menunjukkan bagian depan mobil Honda Jazz 2010

Mobil sporty cocok untuk anak muda

Pada bagian depan Honda Jazz 2010 tampak lebih menyatu dengan kap mobil. Desain tersebut membuat tampilan depannya lebih aerodinamis. Memang bagian tersebut menjadi pembeda dibandingkan Jazz generasi sebelumnya. Namun ukurannya yang besar menurut kami mengurangi tampilannya yang gagah, meskipun begitu soal performa tidak terpengaruh dengan hal tersebut.

Review Honda Jazz 2010 : Bagian Samping

Gambar ini menunjukkan bagian samping mobil Honda Jazz 2010

Dimensinya lebih panjang dibanding generasi sebelumnya

Berlanjut ke bagian samping Honda Jazz 2010 mempunyai bentuk yang terbilang sangat cantik. Desainnya juga begitu aerodinamis berkat bodinya yang dibuat sporty. Sementara itu, dengan adanya rear spoiler belakang menjadikan mobil ini tampak lebih sporty dan bagi Sobat yang suka akan kecepatan maka sangat cocok memilih mobil besutan Honda satu ini.

Review Honda Jazz 2010 : Bagian Belakang

Gambar ini menunjukkan bagian belakang mobil Honda Jazz 2010

Bagian belakang juga terlihat begitu menarik

Sementara untuk bagian buritan tampilannya tidak terlalu banyak perubahan dibandingkan generasi sebelumnya. Hanya saja untuk lampu belakang didesain tidak terlalu mengkotak dan tampilannya juga lebih modern. Untuk rear spoiler merupakan highlight yang menjadikan tampilan sporty lebih kuat.

>>> Mungkin Anda juga tertarik:

3. INTERIOR HONDA JAZZ 2010

Pada bagian interior mempunyai ruang kabin yang lebih lega dibanding generasi sebelumnya. Dengan begitu kenyamanan akan lebih dirasakan oleh penumpang baris kedua.

Review Honda Jazz 2010 : Bagian Dashboard & Kemudi

Gambar ini menunjukkan dashboard dan kemudi mobil Honda Jazz 2010

Interior dibuat bertingkat sehingga terlihat menarik

Untuk dashboard mobil mempunyai tampilan yang dibuat bertingkat. Begitupun pada pengaturan AC yang dimiliki juga dibuat dengan skema bertingkat sehingga saat pengoperasian dapat dilakukan lebih mudah. Sementara di bagian kemudi mobil tampilannya lebih mewah dengan penggunaan aksen krom di bagian tengahnya. Sementara untuk bagian steeringnya telah dibekali dengan audio steering switch control yang membuat pengaturan audio dapat lebih mudah dan tidak hilang fokus terhadap jalan.

Review Honda Jazz 2010 : Bagian Kursi

Gambar ini menunjukkan jok pada mobil Honda Jazz 2010

Jok belakang didesain terlalu tegak sehingga kurang nyaman untuk jarak jauh

Pada jok mobil bagian depan milik Honda Jazz 2010 mengandalkan desain semi bucket. Dengan desain tersebut maka kesan sporty pada interiornya lebih dipertegas. Namun sayangnya untuk kursi bagian penumpang didesain lebih tegak, yang membuat seseorang yang mendudukinya kurang begitu nyaman ketika menempuh perjalanan yang jauh.

Review Honda Jazz 2010 : Bagian Bagasi

Gambar ini menunjukkan bagasi mobil Honda Jazz 2010 tampak jok belakang

Kursi belakang dapat dilipat untuk menambah kapasitas

Berlanjut ke bagasi Honda Jazz 2010, untuk bagian ini terbilang mempunyai luas yang standar. Soal kapasitas, bagasi dapat digunakan untuk membawa beberapa koper dengan ukuran mid size. Apabila menginginkan ruang yang lebih luas, maka ketika jok belakang tidak diduduki dapat dilakukan pelipatan.

>>> Mungkin Anda juga tertarik :

4. FITUR HONDA JAZZ 2010

Review Honda Jazz 2010 : Fitur Hiburan

Supaya dapat merasa menyenangkan dalam perjalanan dan menghilangkan rasa bosan, pihak Honda memberikan fitur head unit dashboard integrated. Dengan mengandalkan fitur tersebut dapat digunakan untuk mengoperasikan radio, CD dan MP3. Apabila Sobat ingin menyesuaikannya dengan fitur saat ini maka perlu dilakukan upgrade agar lebih menarik dan modern.

Gambar ini menunjukkan kemudi dan fitur pada head unit Honda Jazz 2010

Jika ingin fitur seperti saat ini bisa dilakukan upgrade

Review Honda Jazz 2010 : Fitur Keselamatan

Agar pengemudi dan penumpang lebih tenang selama perjalanan, beberapa fitur keselamatan turut diberikan. Salah satunya adalah double Safety Airbag untuk bagian depan, sementara bagian penumpang hanya mendapatkan seatbelt saja.

Supaya perjalanan lebih aman dan meminimalisir terjadinya kecelakaan, sistem pengereman telah dibekali dengan teknologi ABS dan juga EBD. Tidak lupa pula fitur pendukung lain seperti child lock, sensor parkir dan juga adjustable steering column. Desain bodinya mengandalkan G Con + ACE, sedangkan pada keamanan mengandalkan Immobilizer dan Alarm.

>>> Mari klik sini untuk cek harga mobil Honda Jazz 2010 terbaru dan terupdate di pasar otomotif Indonesia

5. OPERASI HONDA JAZZ 2010

Gambar ini menunjukkan mesin mobil Honda Jazz 2010 dengan kap terbuka

Sebagai sebuah Hatchback mesin sangat mumpuni

Berlanjut ke bagian mesin Honda Jazz 2010, yang mana pihak Honda membekalinya dengan mesin 1.5L SOHC yang berkonfigurasi dengan 4 silinder dan 16 katup iVTEC + DBW. Dengan mengandalkan mesin tersebut dapat menghasilkan tenaga maksimal sebesar 120 Ps/6.000 Rpm dan torsi puncak yang dihasilkan mencapai 145 Nm/4.800 Rpm.

Untuk mendukung tenaga mesin, pihak Honda memberikan suspensi bagian depan MacPherson Strut dan dibagian belakang memakai H-Shape Torsion Beam. Honda Jazz 2010 memang mempunyai mesin yang bertenaga dan juga begitu responsive. Bagi Sobat yang suka dengan adrenalin maka sangat tepat untuk memilih mobil Jazz besutan tahun 2010.

>>> Daftar Harga Honda Jazz 2019 : Mobil Sporty Idaman Anak Muda

6. SPESIFIKASI HONDA JAZZ 2010

Berikut ini kami berikan tabel spesifikasi Honda Jazz 2010:

DIMENSI

Panjang

3.985 mm

Lebar

1.695 mm

Tinggi

1.525 mm

Jarak Sumbu Roda

2.500 mm

Kapasitas Tangki

40 Liter

MESIN

Tipe

1.5L SOHC 4 cylinder dengan 16 katup iVTEC + DBW

Diameter x Langkah

73 mm x 88,4 mm

Tenaga Maksimal

120 PS / 6000 rpm

Torsi Maksimal

145 Nm / 4800 rpm

Perbandingan Kompresi

10,3 : 1

Sistem Bahan Bakar

PGM-FI

HANDLING & SUSPENSI

Rem Depan

Ventilated disc

Rem Belakang

Drum

Suspensi Depan

MacPherson Strut

Suspensi Belakang

H-Shape Torsion Beam

Ukuran Ban/Velg

175 / 65 R15 84S

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN HONDA JAZZ 2010

Mobil menjadi salah satu kendaraan yang banyak diinginkan banyak orang. Meskipun begitu tetap ada kelebihan dan kekurangannya karena memang tidak ada yang sempurna. Berikut ini merupakan kelebihan dan kekurangan Honda Jazz 2010:

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Memiliki desain yang lebih aerodinamis apabila dibandingkan dengan generasi sebelumnya

Ground clearance yang dimiliki tergolong terlalu rendah. Sehingga saat melewati polisi tidur yang terlalu tinggi beresiko terkena bagian bawah

Mesin yang dimiliki sangat responsif sehingga saat dipakai di perkotaan akan terasa lebih menyenangkan

 

Bagian interior terbilang lebih nyaman, apalagi ukurannya yang lebih panjang 100 mm membuatnya lebih luas di bagian kabin

 

8. DAFTAR HARGA HONDA JAZZ 2010

Honda Jazz keluaran tahun 2010 sudah tidak ada barunya, jadi jika menginginkannya harus dalam kondisi bekas. Untuk harga Honda Jazz 2010 bekas berkisar mulai Rp. 130 juta sampai Rp. 180 jutaan. Harga tersebut tergantung dari kondisi mobil dan juga wilayah dimana tempat menjualnya.

9. VIDEO HONDA JAZZ 2010

10. KESIMPULAN HONDA JAZZ 2010

Mobil besutan Honda ini dihadirkan dengan desain yang begitu aerodinamis. Tampilannya begitu sporty dan juga mempunyai ukuran yang lebih panjang dibandingkan generasi sebelumnya. Banyak konsumen yang berpendapat bahwa Honda Jazz 2010 mempunyai desain yang lebih mumpuni dibanding generasi sebelumnya. Bagi Sobat yang menginginkan sebuah mobil dengan tenaga yang mumpuni dan tampilan bergaya untuk anak muda, maka Sobat bisa memilih mobil Hatchback besutan Honda satu ini.

>>> Jangan lupa untuk mengetahui spesifikasi lengkap Mobil terbaru dan lama di Hargamobil.com

Share This:

Cari harga mobil

Harga mobil per merek

Review mobil populer

International