Review Honda Freed Crosstar 2020: Mobil MPV Kompak Tampilan Gagah Ala SUV

26/02/2020 Abdul Review Honda

Pada saat mengeluarkan produk mobil biasanya dihadirkan dalam beberapa varian. Nah pada pembahasan kali ini kami akan memberikan informasi mengenai salah satu varian Honda Freed yakni Crosstar. Lantas apa saja keunggulannya? Mari kita simak ulasannya dalam review Honda Freed Crosstar 2020.

1. PENGANTAR HONDA FREED CROSSTAR 2020

Pada ajang Tokyo Motor Show 2019 tidak hanya Honda Jazz generasi terbaru saja, akan tetapi wajah baru mobil dalam segmen MPV kompak juga dirilis oleh pabrikan asal Jepang tersebut yakni Honda Freed. Kehadirannya terdapat penambahan varian baru yakni Crosstar 2020.

Apabila melihat dari segi desain, tampilan mobil besutan Honda tersebut terlihat maskulin dengan terdapat tambahan detail eksterior. Nampaknya mobil ini diberikan nuansa gagah seperti mobil SUV oleh pihak Honda.

Adapun langkah yang diambil tersebut merupakan salah satu hal untuk mempertahankan kesuksesan dari Honda Freed sebagai kendaraan MPV yang populer. Kesuksesannya tidak hanya di Jepang saja, namun di beberapa negara Asia juga tidak bisa dianggap remeh termasuk di Indonesia. Hanya saja kabarnya mobil tersebut tidak dihadirkan di Tanah Air. Untuk mengobati rasa penasaran para pembaca, mari kita simak ulasannya dalam spesifikasi Honda Freed Crosstar 2020.

2. EKSTERIOR HONDA FREED CROSSTAR 2020

Review Honda Freed Crosstar 2020 : Bagian Depan

Gambar ini menunjukkan bagian depan mobil Honda Freed Crosstar 202

Tampilan maskulin menatap arah depan dengan tajam

Jika melihat dari bagian depan akan tampak desainnya yang maskulin. Selain itu tampilannya juga modern, hal tersebut berkat penggunaan headlamp yang telah didukung dengan lensa proyektor dan juga reflektor yang ukurannya dibuat lebih panjang seperti yang dipakai pada jajaran Freed generasi terbaru. Hanya saja untuk perbedaannya terletak pada lower grille yang didesain lebih besar dengan penggunaan warna gelap dan di atasnya beraksen chrome.

Tidak hanya itu saja, detail warna gelap juga diberikan pada bagian lower body cladding yang dipadukan dengan penggunaan lower skid plate dengan warna silver. Tidak lupa pula diberikan fog lamp yang sudah LED didesain horizontal dan ada juga yang menjadikannya tampil harmonis yakni desain dari wajah Freed yang didominasi dengan penggunaan garis vertikal. Sedangkan untuk bagian atap telah diberikan roof rail yang memberikan isyarat bahwa mobil ini siap dipakai untuk berpetualang bersama anggota keluarga dan teman.

Review Honda Freed Crosstar 2020 : Bagian Samping

gambar ini menunjukkan bagian samping mobil Honda Freed Crosstar 202

Handle pintu dan rumah spion mempunyai warna berbeda dengan bodi mobil

Berlanjut ke bagian samping, yang mana di bagian bawah pintu terdapat aplikasi lower body cladding yang memakai warna gelap. Hal tersebut terlihat kontras dengan cover kaca spion dan handle pintu yang mempunyai penambahan detail aksen warna silver. Sementara untuk pelek menggunakan alloy yang ukurannya adalah 16 inci dengan menggunakan finishing two tone. Jika dilihat dari arah samping, memang Honda Freed Crosstar 2020 tampak lebih bongsor, hal tersebut disebabkan oleh aplikasi kaca yang terdapat pada pilar A.

Review Honda Freed Crosstar 2020 : Bagian Belakang

Gambar ini menunjukkan bagian belakang mobil Honda Freed Crosstar 202

Tampilan sporty dengan desain yang diberikan

Pembahasan selanjutnya adalah pada bagian belakang Honda Freed Crosstar 2020. Yang mana di bagian ini mempunyai lampu dengan ukuran yang lebih besar didesain model anak panah dengan sudut yang tajam. Pada lampu belakang tersebut dipadukan dengan penggunaan side bumper moulding yang menjadikan tampilannya lebih sporty. Ditambah lagi penggunaan rear skid plate warna silver menjadikan side bumper moulding yang dimiliki tampak lebih bold.

>>> Baca Juga :

3. INTERIOR HONDA FREED CROSSTAR 2020

Review Honda Freed Crosstar 2020 : Bagian Dashboard & Kemudi

Gambar ini menunjukkan dashboard mobil Honda Freed Crosstar 202

Tampilan mewah tampak di bagian interior

Kita masuk ke dalam interior, yang mana Honda Freed Crosstar 2020 menggunakan dashboard yang telah dibekali dengan panel kayu yang bermotif ala Plywood. Dengan penggunaan desain tersebut menjadikan tampilannya lebih terlihat mewah. Selain itu, desain dashboardnya juga didominasi dengan penggunaan desain vertikal dan bentuknya mengkotak khas kendaraan MPV.

Pada panel instrument desainnya tidak terlalu berbeda jauh dengan generasi sebelumnya, seperti penggunaan fascia yang dibuat menghadap ke atas. Sementara di bagian kolom shift knob terbilang praktis berkat konstruksi yang dibuat menyatu pada bagian panel instrument. Sedangkan untuk bagian kemudi mobil mengandalkan 3 palang yang merupakan khas dari pabrikan Honda, yang menghasilkan rasa sporty saat digenggam.

Review Honda Freed Crosstar 2020 : Bagian Jok Mobil

Gambar ini menunjukkan interior mobil Honda Freed Crosstar 202

Jok mengandalkan perpaduan bahan fabric dan kulit

Jok mobil pada Honda Freed Crosstar 2020 menggunakan perpaduan antara fabric dan kulit. Dihadirkan dalam 3 pilihan warna dan juga pola jahitannya. Bahkan ada pula pilihan dalam konfigurasi jok mobil, dari mulai 5,6,7 sampai 8 penumpang. Kenyamanan juga dapat dirasakan oleh pengemudi dan penumpang berkat desain ergonomisnya serta telah memakai model captain seat. Kalau untuk jok mobil yang konfigurasinya 6 penumpang telah disediakan captain seat  untuk penumpang yang berada di bagian tengah.

>>> Lihat Juga :

4. FITUR HONDA FREED CROSSTAR 2020

Gambar ini menunjukkan ilustrasi salah satu fitur mobil Honda Freed Crosstar 202

Fitur mumpuni diberikan didalamnya untuk keselamatan dan kenyamanan berkendara

Honda Freed Crosstar 2020 dibekali dengan beberapa fitur keselamatan untuk memberikan ketenangan bagi para pengemudi dan penumpang. Adapun fitur yang diberikan adalah Honda Sensing yang meliputi adaptive cruise control, lane keeping assist dan emergency braking. Menariknya lagi, fitur canggih telah diberikan pada mobil ini yang berhubungan dengan keselamatan yakni mencegah kendaraan maju ataupun mundur akibat salah dalam menginjak pedal antara pedal rem dan gas.

Dari pihak Honda juga memberikan teknologi downshift control. Fungsinya adalah untuk membantu sistem pengereman pada saat melaju di jalanan yang menurun. Fitur tersebut bisa aktif secara otomatis pada saat penggunaan rem sampai batas tertentu dibaca oleh komputer. Jadi tidak hanya kinerja dari sistem pengereman yang dibantu tapi juga membuat pengemudi dalam mengontrol mobil pada saat melaju di jalanan yang menurun.

>>> Ingin Beli Mobil Honda Freed, Jangan Ragu Klik Di Sini Dan Dapatkan Penawaran Menarik

5. OPERASI HONDA FREED CROSSTAR 2020

Gambar ini menunjukkan bagian mesin mobil Honda Freed Crosstar 202

Mobil ini punya opsi mesin hybrid dengan memakai mesin bensin 1.500 cc

Mesin yang digunakan oleh Honda Freed Crosstar 2020 sama dengan milik Freed generasi terbaru. Mesinnya adalah L15B dengan 4 silinder yang mempunyai kapasitas 1.500 cc. Dengan mengandalkan mesin tersebut dapat menghasilkan tenaga maksimal sebesar 120 Hp dan torsi puncaknya mencapai 193 Nm. Tenaga mesin disalurkan ke bagian roda depan dan AWD dengan mengandalkan transmisi CVT.

Selain itu terdapat opsi mesin hybrid yang memakai mesin bensin berkapasitas 1.500 cc. Tenaga maksimal yang dihasilkan adalah 110 Hp dan torsi puncaknya adalah 134 Nm yang dipadukan dengan motor listrik. Apabila digabungkan maka tenaga yang dihasilkan mencapai 137 Hp dan torsi puncaknya adalah 170 Nm.

>>> Review Toyota Vios 1.5 E CVT 2019 : Sedan Cantik, Harga Paling Terjangkau

6. SPESIFIKASI HONDA FREED CROSSTAR 2020

Berikut ini merupakan tabel spesifikasi Honda Freed Crosstar 2020:

DIMENSI

Panjang

4.265 mm

Lebar

1.695 mm

Tinggi

1.735 mm

WheElbase

2.740 mm

MESIN

Tipe Mesin

4 silinder iVTEC + iDCD 16 Katup DOHC & 4 silinder iVTEC + Motor elektrik (Hybrid)

Kapasitas Silinder

1.496 cc

Daya Maksimal

130 hp @ 6.600 Rpm & 137 hp @ 6.600 Rpm (Hybrid)

Torsi Maksimal

155 Nm @ 4.600 Rpm & 170 Nm @ 4.600 Rpm (Hybrid)

Sistem Transmisi

7 Tingkat Percepatan A/T dan CVT

Sistem Bahan Bakar

PGM-FI Injection

SUSPENSI

Suspensi Depan

MacPherson Strut

Suspensi Belakang

H-Shape Torsion Beam

Sistem Kemudi

Rack and Pinion with EPS

Ukuran Ban

185/65 R15

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN HONDA FREED CROSSTAR 2020

Setiap kendaraan mempunyai kelebihan dan juga kekurangan masing-masing. Kali ini kami berikan informasi mengenai kelebihan dan kekurangan mobil Honda Freed Crosstar 2020:

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Desain yang diberikan terlihat lebih atraktif dan juga maskulin

Mobil ini hanya disediakan di negara Jepang

Mobil tampil praktis sebagai sebuah kendaraan khas MPV dan mempunyai kabin yang lapang dibandingkan Freed generasi sebelumnya

Kursi pada baris ketiga untuk penumpang dewasa terbilang cukup terbatas

Terdapat varian sistem penggerak AWD dan juga memiliki varian hybrid

 

8. DAFTAR HARGA HONDA FREED CROSSTAR 2020

Berikut ini merupakan harga Honda Freed Crosstar 2020 di Jepang yang kami dapatkan informasinya :

TIPE

HARGA

Honda Freed Crosstar FWD 2020

Rp. 360 juta di negara Jepang

Honda Freed + Crosstar AWD 2020

Rp. 394 juta di negara Jepang

9. VIDEO HONDA FREED CROSSTAR 2020

10. KESIMPULAN HONDA FREED CROSSTAR 2020

Dengan menghadirkan Honda Freed Crosstar 2020 dinilai dapat menarik hati calon konsumen baru di negara Jepang. Terutama bagi masyarakat yang ingin mendapatkan nuansa berbeda yang dikemas dalam sebuah kendaraan MPV yang kompak. Meskipun begitu, mobil ini juga memiliki nuansa yang maskulin ala kendaraan SUV. Hanya saja untuk Indonesia sudah tidak lagi menghadirkan Honda Freed sejak tahun 2015.

>>> Jangan lupa untuk mengetahui spesifikasi lengkap Mobil terbaru dan lama di Hargamobil.com

Share This:

Cari harga mobil

Harga mobil per merek

Review mobil populer