Review Honda Freed 2016

11/01/2018 Heri Susanto Review Honda

Wabah mobil SUV dan MVP di tanah air bisa dibilang tak bisa terbendung lagi. Bagaimana tidak, kedua segmen tersebut merupakan varian yang paling banyak diluncurkan oleh berbagai pabrikan. Potensi pasar serta minat para pecinta otomotif yang besar seakan menjadi landasan bagi berbagai pabrikan untuk terus memproduksi kedua mobil tersebut. Menengok berbagai fakta yang telah terjadi di lapangan, Honda pun coba bergerilia dengan meluncuran MVP-nya yakni Freed. Seperti apa penampakan MVP bongsor ini?

1. PENGANTAR

Review Honda Freed 2016 - Honda Freed merupakan jagoan Honda di ranah MVP. Hal tersebut nampak dibuktikan dengan tingginya sales dari mobil ini. dari segi tampilan, sejatiya Freed tak mengalami banyak perubahan dari sisi desain. Namun, MVP premium ini merombak besar-besaran sisi fiturnya menjadi sedemikian rupa. Mobil yang digadang-gadang sebagai pesaing utama Toyota Alphard ini memang memiliki konsep yang cukup “anak muda banget” sehingga segmentasi pasar lama tetap dipertahankan dan Honda selaku pabrikan coba untuk merambah segmen baru yakni golongan muda. Lantas, apa saja yang ditawarkan Freed seri teranyar ini? Hargamobil.com akan paparkan setiap detil dari mobil ini untuk anda. Inilah review Honda Freed 2016. Selamat membaca.

2. EKSTERIOR

Melalui sisi eksterior Honda Freed 2016 menampilkan desain MVP kelas atas berkat konsep body yang aktraktif lengkap dengan berbagai guratannya. Namun, mobil yang diproduksi sejak tahun 2009 ini tetap mempertahankan desain boxy-nya yang sudah menjadi trademark itu. Mempertahankan desain tersebut saja sudah membuat Freed step a head jika dibandingkan dengan kompetitor di ranah sejenis. Pasalnya, kebanyakan kompetitor banyak bermain dengan body berdesain elips. Bisa dibilang, Freed adalah anomali di kelasnya. 

Gambar  mobil Honda Freed 2016 berwarna biru dilihat dari bagian depan

Bagian depan Honda Freed 2016 sama dengan desain terdahulu

  • Desain bagian depan

Di sisi depan misalnya, Honda Freed 2016 tetap memberikan nuansa yang kurang lebih sama dengan desain terdahulu.  Agar tak terjebak dengan desain lama, Honda selaku pabrikan banyak memberikan sentuhan yang membuat bagian terdepannya tetap fresh. Di seri anyarnya ini, Freed menyematkan Grill sedikit memiliki lekukan. Untuk mempermewah penutup radiator ini, Honda memberikan nuansa Chrome yang sudah cukup identik dengan kemewahan.

Tak hanya itu, sisi depan juga dipercantik dengan kehadiran lampu utama dengan desain sipit yang juga pancarkan pesona layaknya mobil mewah. Meskipun berdesain sipit, fungsinya sebagai penerang utama jelas tak bisa dipandang rendah karena tetap fugnsional dalam memberikan penerangan.pasalnya bagian ini sendiri sudah dilengkapi dengan teknologi LED yang siap pantulkan cahaya secara maksimal.

Di bagian terbawah, tersemat pula bumper dengan desain minimalis namun tetap pancarkan aura aerodinamis berkat berbagai lubang di sisi tengah. Bumper ini juga seakan membuat kaki-kaki Freed menjadi lebih low. Sebagai penutup, sisi depan juga diberikan fog lamp yang siap memberikan pencahayaan maksimal.

  • Desain bagian samping

Bergeser ke bagian samping, Honda Freed 2016 memberikan aksen guratan berbentuk gelombang di kedua sisi pintu yang membujur dari sisi depan hingga ke belakang. Tak hanya itu, mobil ini juga masih dilengkapi sliding door seperti pada seri-seri sebelumnya. Untuk menambah kesan pada sisi samping, dihadirkan pula sein pada kedua sisi spion yang siap pancarkan kesan mobil premium.

Gambar mobil Honda Freed 2016 berwarna biru dilihat dari sisi belakang

Sisi belakang tampil aktraktif 

  • Desain bagian belakang

Bergerak ke bagian belakang, Honda Freed 2016 lagi-lagi tampil aktraktif dengan mempertahankan sentuhan di stop lamp yang berbentuk sedikit membulat. Desain ini sendiri memang sudah hadir di beberapa seri sebelumnya. Untuk mempercantik bagian buritan, Freed menyematkan line dengan aksen metalik dan memberikan Stunning Tail Light yang mengikuti alur body sehingga kesan lebar di bagian ini langsung terpancar seketika. Secara keseluruhan, Freed tetap mempertahankan sisi eksteriornya yang bongsorr itu secara sempurna dan memberikan berbagai sentuhan guna memberi kesan fresh pada seri teranyarnya ini.

>>> Mungkin Anda tertarik:

3. INTERIOR

Gambar  mobil Honda Freed 2016 berwarna putih dengan ruang kabin luas

Freed memiliki ruang yang cukup luas

Bergerak ke bagian dalam, MVP andalan Honda ini memiliki ruang yang cukup luas guna menunjang mobilitas para penggunanya. Tak hanya ruang yang lebar, sisi interior Honda Freed 2016 juga dilengkapi dengan berbagai material premium serta fitur-fitur modern untuk menunjang kenyamanan penggunanya sepanjang perjalanan. Berbagai fitur modern tersebut kebanyakan disematkan pada sisi dashboard.

Gambar  layar di mobil Honda Freed 2016 dengan berbagai fitur unggulan di dalamnya

Panel berukuran 6.1 inci

  • Dashboard

Di sisi ini, Honda selaku pabrikan menata rapih berbagai panel yang tersedia di sisi depan. Pada sisi ini, Freed memiliki konsep In-Dash-Shift-Knob Lever yang memungkinkan pengemudi bisa dengan leluasa memacu kendaraannya. Pasalnya jarak antara lengan dan tongkat perseneling yang begitu dekat. Sehingga bisa dipastikan kualitas berkendara akan sangat terjaga. Tak hanya desain dashbard yang modern, Hondajuga menyematkan berbagai kebutuhan infotaiment yang didesain dengan gaya Open Cafe Dashboard. Melalui panel berukuran 6,1 inci tersebut, pengguna bisa mengaktifkan berbagai fitur seperti media player yang bisa disematkan melalui media seperti cd maupun MP3 player. Tak ketinggalan pula, soket USB juga hadir untuk pemindahan data dari smarphone penggunanya yang sudah berbasis Android maupun IOS. Di samping head unit, hadir pula Ac Double Blower yang siap berikan kesejukan ke seluruh penjuru ruangan.

Gambar bagian steering mobil Honda Freed 2016 dan kini steering sudah ada fitur switch control

Steering Switch control

  • Steering

Bergeser sedikit ke sisi steering, hadir pula fitur steering switch control yang berfungsi untuk menjangkau berbagai fitur di sisi head unit. Selain itu, bagian steering juga sudah dilengkapi dengan Electronic Power Steering untuk menghasilkan bantingan yang lebih mantap. Tak ketinggalan pula, teknologi Drive by Wire juga dihadirkan untuk mengontrol buka tutup throttle. Untuk memberikan informasi terkini seputar kendaraan, dihadirkan pula speedometer dalam wujud Multi Information LCD yang siap berikan informasi seputar penggunaan bahan bakar, jarak tempuh dan lainnya seara real time. Seluruh informasi tersebut juga siap disampaikan secara aktraktif melalui berbagai warna-warna terang yang siap memanjakan mata.

Gambar bagian kursi mobil Honda Freed 2016 dengan warna utama yaitu hitam

Kabin dibungkus dengan balutan material berwarna hitam

  • Kursi

Bergerak ke sisi belakang, Honda Freed 2016 memiliki kabin yang dibungkus dengan balutan material berwarna hitam yang tunjukan kesan premium. Tak hanya itu, untuk menunjang kenyamanan, kabin sendiri idesain dengan model Walk-Through Cabin agar mobilitas para penggunanya tetap terjaga. Selain itu, pada sisi belakang jgua tersemat arm rest di sisi luar kursi penumpang baris ke 2 dan sisi dalam kursi penumpang depan. Sebagai penutup bagian interior, Honda juga memberikan kenyamanan maksimal pada penumpang baris belakang dengan menyematkan fitur Seat Hight Adjustment. Dengan adanya fitur ini, penumpang bisa mengatur kenyamanan tempat duduknya sesuai dengan seleranya.

>>> Baca juga: New Honda Brio Satya 2016, LCGC yang sangat cocok untuk kaum muda

4. FITUR

Gambar menunjukkan beberapa fitur di mobil Honda Freed 2016

Fitur apa yang tersedia untuk Honda Freed 2016?

Sebagai MVP premium, rasanya tak afdol jika Freed tak dilengkapi dengan berbagai fitur untuk menunjang keamanan dan keselamatan penggunanya. Oleh karena itu, sebagai produsen, Honda coba memberikan berbagai fitur terbaik guna mengakomodir dua hal tersebut.

Dari sisi keamanan, chasis Freed sudah dilengkapi dengan G-CON ACE yang siap memproteksi penumpang bagian kabin dan meredam benturan yang cukup keras. Di sisi dalam, Freed juga hadirkan dual SRS airbag guna meminimalisir resiko cidera pada dua penumpang bagian depan apabila mobil mengalami benturan cukup keras. Penumpang bagian belakang juga tak perlu khawatir karena seluruh kursi juga sudah dilengkapi Pretensioner Seatbet dengan Load Limiter guna membuat penumpang tetap safety dan tak terpental saat benturan tak terhindarkan lagi. Dari sisi pengereman, Freed sudah dilengkapi dengan kombinasi pengereman ABS + EBD yang siap mengendalikan ban tak selip serta terkunci otomatis saat terjadi pengereman darurat.

Dari sisi keamanan, Freed juga sudah dibekali dengan berbagai fitur mutahir seperti Door Open Warning Safety System, Keyless Entry, Immobilizer, Security Alarm, serta fitur Retractable Mirror guna meminimalisir tindak kriminal yang belakangan memang marak terjadi, khususnya pada mobil-mobil premium. Secara overall, apa yang diberikan Freed untuk fitur keamanan dan keselamatannya cukup mumpuni bagi para penggunanya.

>>> Mungkin Anda ingin baca: Honda Jazz 2015, mobil hatchback tumpuan Honda

5. OPERASI

Gambar bagian mesin mobil Honda Freed 2016

Mesin i-VTEC 1.5L SOHC 4 silinder segaris 16 katup

Dari sisi permesinan atau sistem operasi Honda Freed 2016 mengalami peremajaan mesin. Di seri teranyarnya ini, Freed hadir dengan mesin yang lebih halus dari seri sebelumnya. Mengandalkan mesin i-VTEC 1.5 L SOHC 4 Silinder Segaris berkatup 16, Freed mampu menghasilkan tenaga maksimum hingga 118 PS pada putaran 6.600 rpm, dan torsi maksimum sebesar 146 Nm pada putarann 4.800 rpm. Sekilas, mesin yang digunakan Freed agak sama dengan saudaranya yakni Jazz dan City, perbedaannya, mesin yang disematkan pada Freed lebih jinak dan stabil karena sudah dilengkapi dengan teknologi Active Lock-up.

Sebagai penggerak, si bongsor asal Jepang ini juga sudah dibekali dengan sistem penggerak FWD yang dibalut dengan transmisi otomatis dengan lima percepatan.

Selain itu, sebagai pabrikan yang terkenal mengeluarkan mobil yang irit bahan bakar, Honda juga menerapkan hal serupa pada MVP Premiumnya. Selain itu, dengan menyematkan gas buang yang memenuhi standar Euro 4 juga membuat Honda Freed termasuk satu diantara MVP yang cukup ramah lingkungan.

>>> Untuk cek harga semua merek mobil, silahkan klik sini

6. SPESIFIKASI

Untuk mempermudah anda mendapatkan informasi lebih terperinci seputar Honda Freed, hargamobil.com telah menyiapkan daftarnya untuk anda. Inilah spesifikasi Honda Freed 2016.

Dimensi Honda Freed 2016

Panjang x Lebar x Tinggi

4.215mm x 1.700mm x 1.740mm

Jarak Sumbu Roda

2.740mm

Kapasitas Tangki

 42 Liter

Kapasitas Penumpang

6-8 Orang

Mesin Honda Freed 2016

Tipe

1.5 L SOHC silinder segaris, 16 katup i-VTEC + DBW + TBR

Kapasitas Mesin

1.497 cc

Kompresi

10,4

Transmisi

5-Speed Automatic

Tenaga Maksimum

87 Kw (118 PS) / 6.600 rpm

Torsi Maksimum

14,9 kg.m (146Nm) /4.800 rpm

Sistem Bahan Bakar

PGM-FI

Kaki-Kaki Honda Freed 2016

Ban

185 / 65 R15

Suspensi Depan

MacPherson Strut

Suspensi Belakang

H-Shape Torsion Beam

Rem Depan

Disc

Rem Belakang

Disc

>>> Ingin tahu lebih banyak tentang spesifikasi maupun desain eksterior, interior mobil-mobil lainnya, silahkan klik sini

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN

Meskipun terkesan premium, bukan berarti Freed tak memiliki kekurangan. MVP bongsor ini masih memiliki berbagai sisi minus. Apa saja kelebihan dan kekurangan Honda Freed 2016 itu?

Kelebihan

Kekurangan

Fitur keamanan terbilang lengkap

Bagasi sempit

Desain eksterior cukup kokoh

Modelnya cukup segmented

Mesin cukup halus

 

8. DAFTAR HARGA

Sebagai mobil yang terlihat premium, Freed sudah barang tentu memiliki harga yang relatif kompetitif jika dibandingkan dengan kompetitor di ranah sejenis. Lantas berapa harga Honda Freed 2016 ini?

Tipe mobil

Harga Honda Freed

Honda Freed S

Rp 271 Jutaan

Honda Freed E

Rp 293 Jutaan

9. VIDEO

Lantas, bagaimana penampakan mobil ini secara utuh? Hargamobil.com telah menyiapkan videonya untuk anda. Selamat menyaksikan.

10. KESIMPULAN

Secara keseluruhan, Honda Freed memiliki desain yang tak jauh berbeda dengan seri sebelumnya. Namun untuk membuatnya terlihat segar, Freed memperbaharui tampilan mobilnya dengan berbagai pembaharuan. Anda yang menyukai bepergian bersama keluarga pastinya tak aka melewatkan mobil ini begitu saja dari daftar buruan. Untuk mendapatkan informasi terkait mobil, anda bisa menghubungi dealer Honda terdekat di kota anda masing-masing.

Share This:

Cari harga mobil

Harga mobil per merek

Review mobil populer

International