Review Honda Freed 2010 : Mobil MPV Nyaman Dengan Kabin Luas

19/10/2019 Abdul Review Honda

Mobil MPV merupakan salah satu kendaraan yang kerap digunakan untuk bepergian bersama keluarga. Sehingga tidak heran mobil dalam segmen tersebut kerap disebut dengan mobil keluarga. Salah satu mobil dalam segmen ini adalah Honda Freed yang pengenalan pertama kali dilakukan pada tahun 2008 di Jepang. Pada segmen kali ini, kami akan memberikan informasi mengenai spesifikasi, fitur dan juga seluk beluk dari Honda Freed 2010.

1. PENGANTAR HONDA FREED 2010

Honda Freed merupakan produk Honda yang diperkenalkan sebelum Mobilio. Namun berbeda di negara asalnya, Honda Freed dihadirkan untuk menggantikan Mobilio. Perlu diketahui, bahwa untuk basis Freed hampir sepenuhnya memakai milik Honda Jazz, tapi ada sedikit perubahan agar tidak sama dengan Honda Jazz dalam hal spesifikasi.

Indonesia merupakan negara kedua yang didatangi Freed setelah Jepang, kemudian baru merambah ke Thailand, Singapura dan Malaysia yang didatangi terakhir. Perakitan di Tanah Air dilakukan di pabrik Honda di Karawang, Jawa Barat. Lantas bagaimana spesifikasi Honda Freed 2010, mari kita simak ulasannya di bawah ini.

2. EKSTERIOR HONDA FREED 2010

Dilihat dari segi desain, eksterior Honda Freed 2010 memiliki bentuk layaknya trapesium. Desainnya yang mengotak begitu khas sehingga tampilannya terlihat lebih unik tapi tetap menunjukkan aura mewah.

Review Honda Freed 2010 : Bagian Depan

Gambar ini menunjukkan bagian depan mobil Honda Freed 2010

Bagian depan tampak elegan dengan grille model trapesium

Bagian depan mobil menjadi salah satu yang menentukan impresi orang yang melihatnya. Untuk Honda Freed 2010 memiliki tampilan depan yang elegan dengan grille berdesain trapesium. Tampilannya terlihat sederhana dengan tambahan Front Garnish yang menggunakan aksen krom dan bentuknya memakai desain tiga garis. Headlamp tampil menyipit memancarkan kesan agresif dengan ketajamannya. Desain ini menjadikan Honda Freed 2010 berkesan sporty namun tetap terlihat elegan.

Review Honda Freed 2010 : Bagian Samping

gambar ini menunjukkan mobil Honda Freed 2010 tampak bagian samping dan depan

Tampak samping terlihat sporty dengan menggunakan fitur sliding doors

Pada bagian samping kemewahannya tampak berkat penggunaan pintu geser pada baris kedua. Bahkan pada beberapa tipe telah menggunakan dual power sliding doors. Hal ini menambah poin kemudahan akses keluar masuk kendaraan bagi penumpangnya. Sementara itu, pelek mengandalkan Alloy Wheel berukuran 15 inci dengan desain sporty yang dipadukan dengan pemakaian ban ukuran 185/65 R15 yang membuat tampilannya terlihat gagah.

Review Honda Freed 2010 : Bagian Belakang

Gambar ini menunjukkan bagian belakang mobil Honda Freed 2010

Pada bagian belakang didesain sederhana dengan sedikit krom dekat dengan plat nomor

Berlanjut ke bagian belakang, tampilan Honda Freed 2010 tampak sederhana tanpa adanya aksen berlebihan. Di bagian ini terdapat stop lamp dengan desain unik dan terdapat aksen plat chrome di atas tempat nomor polisi. Logo Honda dan model Freed beaksen chrome mempertegas tampilan di bagian belakang.

>>> Mungkin Anda juga tertarik:

3. INTERIOR HONDA FREED 2010

Bagian interior Honda Freed 2010 di desain agar tampak elegan layaknya sebuah High Class MPV. Meskipun tidak sebesar sebuah high class MPV, namun Freed memberikan ruang lebih dari cukup bagi para penumpangnya.

Review Honda Freed 2010 : Bagian Dashboard & Kemudi

Gambar ini menunjukkan dashboard dan kemudi mobil Honda Freed 2010

Dashboard mempunyai desain yang unik dengan 2 tingkat dan sangat menarik

Bagian dashboard berkesan elegan dengan panel instrumen yang sudah berpadu dengan MID lengkap dengan indikator bensin dan odometer digital. Selain itu terdapat pula Double Din Audio Player sebagai pusat hiburan bagi penggunanya. Di bawah head unit terdapat tombol pengontrol AC serta tuas transmisi yang ditempatkan pada dashboard untuk menghasilkan ruang kaki bagian depan yang lega. Lingkar kemudi tampil sederhana, dengan kehadiran Electric Power Steering putarannya menjadi lebih ringan.

Review Honda Freed 2010 : Bagian Jok Mobil

Gambar ini menunjukkan jok mobil Honda Freed 2010 pada baris kedua

Jok nyaman dengan menggunakan bahan material berkualitas

Jok mobil Honda Freed memberikan kenyamanan berkat material halus yang digunakan. Pengaturan tempat duduk tiga baris pada mobil ini mampu menampung enam sampai tujuh orang. Kehadiran captain seat di kursi baris kedua menjadikan Freed MPV yang ramah untuk keluarga yang masih memiliki anak kecil. Kenyamanan juga didapat berkat penggunaan kursi yang memiliki pengaturan posisi leluasa.

Review Honda Freed 2010 : Bagian Bagasi

Gambar ini menunjukkan bagasi mobil Honda Freed tahun 2010

Bagasi bisa bertambah luas dengan melipat kursi baris belakang

Kemampuannya untuk membawa hingga tujuh penumpang menjadikan bagasi mobil Honda Freed 2010 memiliki ukuran yang tidak terlalu besar. Hal ini menjadikan kapasitas angkut barangnya terbatas. Jika ingin membawa lebih banyak barang maka kursi baris ketiga harus dilipat untuk memperbesar kapasitas tempat penyimpanan barang di bagasi.

>>> Baca juga:

4. FITUR HONDA FREED 2010

Gambar ini menunjukkan fitur pada dashboard mobil Honda Freed 2010

Fitur mumpuni dan sudah cukup peda era peluncurannya

Sebagai sebuah mobil yang umurnya sudah sembilan tahun tentunya masih membawa fitur yang wajar pada masanya. Fitur keamanan dan keselamatan yang ditawarkan dapat dibilang sudah cukup lengkap. Fitur Honda Freed 2010 yang dapat ditemui adalah seat belt pada setiap kursi dan tersedianya Dual SRS Airbag yang terdapat di bagian depan. Fitur lain untuk memberikan jaminan keamanan pada Honda Freed ini adalah Immobilizer.

>>> Ingin Beli Mobil Honda Freed, Jangan Ragu Klik Di Sini Dan Dapatkan Penawaran Menarik

5. OPERASI HONDA FREED 2010

Gambar ini menunjukkan mesin mobil Honda Freed 2010 dengan beberapa komponen di dalamnya

Mesin terbilang mumpuni di kelasnya

Tentang jantung mekanis yang dimiliki, mesin Honda Freed 2010 mengandalkan tipe L15A i-VTEC 4-silinder segaris 1.500 cc dengan 16 katup. Jantung pacu tersebut dapat menghasilkan tenaga maksimal sebesar 118 Ps dan torsi maksimal sebesar 146 Nm. Tenaga mesin disalurkan menuju roda depan dengan mengandalkan pilihan transmisi manual 5-speed atau otomatis 5-speed.

>>> Tips Membeli Mobil MPV Yang Tepat Untuk Keluarga Tercinta

6. SPESIFIKASI HONDA FREED 2010

Berikut ini merupakan tabel spesifikasi mobil Honda Freed 2010:

DIMENSI

Panjang

4215 mm

Lebar

1700 mm

Tinggi

1735 mm

Jarak Roda

2740 mm

Berat Kosong

1330 mm

MESIN

Tipe

L15A i-VTEC 1.5L 4 silinder segaris 16 katup

Tenaga Maksimal

118 Ps / 6.600 rpm

Torsi Maksimal

146 Nm / 4.800 rpm

Kapasitas Silinder

1.500 cc

Transmisi

Manual 5 percepatan dan otomatis 5 percepatan

HANDLING & SUSPENSI

Suspensi Depan

MacPherson Strut

Suspensi Belakang

Rigid Axle

Rem Depan

Ventilated Disc

Rem Belakang

Drum

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN HONDA FREED 2010

Setiap kendaraan mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jadi tidak ada mobil yang sempurna sehingga tidak ada kelemahan. Namun hal tersebut juga tergantung dari persepsi masing-masing pemilik mobil. Ada yang menganggapnya sebagai kelebihan tapi ada juga yang menganggapnya kekurangan. Dengan begitu, berikut ini adalah informasi mengenai kelebihan dan kekurangan Honda Freed 2010 menurut pandangan kami.

Review Honda Freed 2010 : Kelebihan

Kelebihan Honda Freed 2010 adalah kemampuannya membawa penumpang 6 sampai 7 orang dengan keleluasaan kabinnya. Ruang kaki dan gang di antara tempat duduk di baris kedua begitu leluasa dan terpadu dengan  tampilan luar dan dalam yang modern sehingga tampil menarik. Dapur pacunya mengusung mesin dengan performa yang cukup mumpuni di kelasnya.

Review Honda Freed 2010 : Kekurangan

Sementara itu, soal kekurangan Honda Freed 2010 menurut pandangan kami tidak terlalu banyak. Pada beberapa tipe tidak semua fitur ditawarkan, apalagi jika menengok harga yang ditawarkan terbilang cukup mahal.

8. DAFTAR HARGA HONDA FREED 2010

Sebagai sebuah mobil MPV, tentunya akan digunakan sebagai transportasi anggota keluarga yang memilikinya. Salah satu mobil yang bisa dipakai adalah Freed keluaran tahun lama dengan harga lebih murah. Untuk harga Honda Freed 2010 mulai dari Rp.120 juta sampai Rp.180 jutaan.

9. VIDEO HONDA FREED 2010

10. KESIMPULAN HONDA FREED 2010

Honda Freed menjadi salah satu MPV terbaik yang dapat dipilih untuk dimiliki. Begitupun pada Honda Freed 2010 yang kami ulas ini. Dengan keleluasaan kabin, fitur yang cukup mewah untuk mobil di usianya serta desain yang tak lekang dimakan waktu, mobil ini layak untuk dipinang. Mesin yang bertenaga serta harga jual kembali yang cenderung stabil menjadikan mobil ini bisa menjadi pilihan bagi Anda yang tengah mencari mobil keluarga terjangkau.

>>> Jangan lupa untuk mengetahui spesifikasi lengkap Mobil terbaru dan lama di Hargamobil.com

Share This:

Cari harga mobil

Harga mobil per merek

Review mobil populer