Review Honda CR-V 2018: Gabungan Antara SUV Premium dan Cerminan Kesuksesan

08/08/2018 Metodius Getan Review Honda

Semakin banyaknya SUV 7-seater dengan harga tidak sampai Rp 300juta memang bisa menjadi ancaman bagi SUV 7-seater premium. Segmen ini begitu digandrungi oleh publik tanah air, makanya tidak heran banyak pabrikan yang berlomba menghadirkan SUV terbaiknya. Honda memiliki jagoan dalam segmen ini, CR-V menjadi ujung tombak Honda dari dulu dalam SUV, lantas apakah Anda masih ingat dan penasaran dengan apa yang baru dari CR-V?

1. PENGANTAR

Review Honda CR-V 2018 - CR-V adalah pemain lama dalam segmen SUV, mobil ini sudah dibuat pada tahun 1996 di Negara asalnya Jepang. Dari dulu, Honda CR-V sudah terkenal sebagai SUV mewah di dunia, beragam penghargaan pernah diraihnya. Kehebatan desainer Honda dalam meracik CR-V semakin meningkat, terlihat dari desain yang selalu mengikuti perkembangan jaman dan tidak kuno. Di tengah gempuran SUV dengan harga murah, CR-V tetap memegang kendali dalam segmen ini. Mari kita bahas lebih lanjut mengenai SUV maskulin dari Honda, simak review lengkapnya di Hargamobil.com.

2. EKSTERIOR

Dari generasi pertama hingga sekarang SUV andalan Honda ini memiliki desain yang terbilang unik dan khas. Bagaimana tidak, bagi orang yang tidak mengikuti tren otomotif pun akan tahu jika mobil ini adalah CR-V, walaupun emblemnya di tutup. Pertama-tama kami akan suguhkan review eksterior dari Honda CR-V 2018.

  • Review Honda CR-V 2018: Tampak Depan

Honda CR-V 2018 Dengan Full LED Headlamp

Sisi Depan Honda CR-V

Dibagian depan kita disuguhkan New Bolder Front Grille yang menarik, serta dilengkapi lampu Full LED Headlamp dilengakapi dengan LED Daytime Running Light (DRL). Di bagian bawah Honda CR-V 2018 dilengkapi juga dengan LED Foglamp guna memberikan penerangan lebih baik saat melewati jalan berkabut. Tidak boleh dilupakan adanya New Tough Lower Bumper yang membuat penampilan CR-V 2018 semakin menarik.

  • Review Honda CR-V 2018: Tampak Samping

Honda CR-V 2018 Dengan Auto Door Lock & Retractable Door Mirror with Touch

Sisi Samping CR-V

Bergeser ke bagian sampingnya, Honda CR-V memang tidak terlalu banyak perubahan dibagian ini, namun sejumlah pembaruan tetap dimunculkan. Ditambahkannya side moulding berwarna krom yang memanjang dari ujung bawah pintu depan ke bagian samping belakang mobil. Pembaruan lain ada pada fitur Auto Door Lock & Retractable Door Mirror with Touch yang akan memudahkan untuk pelipatan kaca sepion dengan satu sentuhan. Lalu ada juga pelek dengan desain terbaru yang lebih agresif berukuran 18 inci.

  • Review Honda CR-V 2018: Tampak Belakang

Sisi Belakang Honda CR-V 2018 Dengan Sporty Tailgate Spoiler

Bagian Belakang CR-V

Tampilan untuk pengendara lain dibelakang juga sangat sporty, penampilan belakang dari Honda CR-V tidak kalah menarik dari depan. Pertama paling mudah terlihat adalah Sporty Tailgate Spoiler yang dilengkapi dengan LED Hih Mount Stop Lamp (HMSP), lalu Shark Fin Antenna, Stop Lamp eksklusif dengan LED Light Bars, dan terakhir kami lihat ada Dual Exhaust Pipe + Finisher yang menambah kesan sporty pada Honda CR-V.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

 

3. INTERIOR

  • Review Honda CR-V 2018: Kabin dan Kursi

Kabin Honda CR-V 2018 Diberikan Warna Hitam Elegan

Kursi Honda CR-V

Memasuki kabinnya kami merasakan kemewahan dan kenyamanan menjadi satu. Kabin Honda CR-V diberikan sentuhan warna hitam yang mewah, selain itu ada aksen silver yang memperkuat kesan mewahnya, ditambah dengan aksen kayu berkualitas dari Honda membuat CR-V menjadi semakin mengguiurkan. Pada Center Console juga diberikan aksen kayu di sisi ujungnya, bahkan hingga ke bagian trim juga ditambah aksen kayu. Kursi di baris kedua cukup lega bagi penumpang dewasa, lalu kursi pengemudi dilengkapi dengan pengaturan kursi 8-arah dengan Lumbar Support 4-arah untuk kursi pengemudi dan penumpang depan. Untuk menunjang kenyamanan dan kesejukan, Honda CR-V memiliki Rear A/C Ventilation, sehingga tidak perlu repot untuk meminta pengemudi untuk mengatur hembusan AC.

  • Review Honda CR-V 2018: Dashboard

Dashboard Premiun Honda CR-V 2018 Dengan Soft Touch

Dashboard CR-V

Honda CR-V memiliki dashboard premium dan lebih modern dari sebelumnya, khas dari SUV premium ini adalah penggunaan materialnya yang empuk pada sisi atas, mencerminkan CR-V adalah mobil yang benar-benar mewah. Pada sisi tengah layar touchscreen multimedia yang sudah support untuk beberapa format audio seperti CD/DVD, MP3/WMA, AM/FM Radio, USB Port, HDMI Port, Smartphone Connection, dan Bluetooth Connection.

  • Review Honda CR-V 2018: Setir

Kemudi Honda CR-V 2018 Dengan Tilt & Telescopic Steering

Kemudi Honda CR-V

Untuk kemudi, Honda CR-V juga punya kemudi yang premium dengan banyak keunggulan. Pertama adalah kemudi sudah support untuk Tilt & Telescopic steering yang dapat dengan mudah menyesuaikan dengan posisi mengemudi serta beberapa button pada sisi kanan dan kirinya, pada sisi kiri pengaturan Audio, di sisi kanan ada pengaturan Cruise Control, dan tidak lupa di sisi belakang kemudi dapat ditemukan dengan mudah paddle shift yang akan memberikan sensasi bermanuver.

>>> Mungkin Anda juga tertarik:

 

4. FITUR

  • Review Honda CR-V 2018: Fitur Teknologi                                  

Kabin Honda CR-V 2018 Dengan nanoeTM Technology

Fitur Pembersih Udara Dalam Kabin 

Ada beberapa fitur yang cukup mencolok bagi kami, diantaranya ada ECO Assist, fitur ini akan memberikan petunjuk bagi pengemudi untuk menghemat bahan bakar dengan menampilkan pengukuran dari gaya berkendara secara real time pada indikator. Fitur lain yang menarik bagi kami adalah nanoeTM Technology, fitur ini adalah sistem canggih pembersih udara yang dapat diaktifkan melalui tombol di atas layar  A/V. Ketika diaktifka, nanoeTM bekerja dengan memproduksi elektrostatik nano dalam partikel air yang berguna untuk memperbaiki kualitas udara dalam kabin.

  • Review Honda CR-V 2018: Safety

Honda CR-V 2018 Dibekal Dengan Banyak Fitur Safety

Safety Honda CR-V

SUV Premium dari Honda ini dibekali dengan banyak fitur keselamatan, diantaranya 6 Airbags, Vehicle Stability Assist (VSA), Hill Start Assist (HSA), Brake Override System yang merupakan teknologi pengereman pintar yang membantu memprioritaskan pengereman pada saat pedal gas dan pedal rem terinjak secara bersamaan, Emergency Stop Signal (ESS), Seatbelt Reminder, hingga struktur rangka dan bodi G-CON + ACE.

>>> Mobil Dengan Fitur Engine Start, Bagaimana Cara Menyalakannya?

5. OPERASI

Honda CR-V 2018 Dibekali Mesin 1.5L VTEC Turbo with Earth Dreams Technology

Mesin Honda CR-V

SUV yang notabene mobil dengan bodi yang bongsor harus ditunjang dengan mesin yang berkualitas. Honda CR-V memiliki mesin 1.5L VTEC Turbo with Earth Dreams Technology, mesin ini dapat menghasilkan tenaga maksimal sebesar 190 PS dan torsi maksimalnya 240Nm. Tenaga sebesar ini disalurkan dengan transmisi CVT dengan Earth Dreams Technology untuk perpindahan transmisi lebih halus dan performa mesin yang maksimal serta konsumsi bahan bakar efisien, tidak lupa Honda CR-V telah lulus uji standar emisi EURO4 Compliance.

>>> Simaklah review mobil lainnya dengan klik sini

6. SPESIFIKASI

Inilah spesifikasi Honda CR-V 2018 di pasar Indonesia.

 

Varian

2.0L

1.5L Turbo

1.5L Prestige Turbo

Mesin

Tipe Mesin

2.0L 4 Silinder Segaris, 16 Katup + DBW

1.5L 4 Silinder Segaris, VTEC Turbo DOHC, 16 Katup + DBW

1.5L 4 Silinder Segaris, VTEC Turbo DOHC, 16 Katup + DBW

Isi Silinder

1997 cc

1498 cc

1498 cc

Diameter Langkah

81,0mm x 96,9mm

73,0mm x 89,5mm

73,0mm x 89,5mm

Tenaga Maksimal

155Ps @6500rpm

190 Ps @5600rpm

190 Ps @5600rpm

Torsi Maksimal

189 Nm @4300rpm

240 Nm @2000-5000rpm

240 Nm @2000-5000 rpm

Dimensi

Panjang x Lebar x Tinggi

4.584mm x 1.855mm x 1.679mm

4.584mm x 1.855mm x 1.679mm

4.584mm x 1.855mm x 1.679mm

Jarak Sumbu Roda

2.660mm

2.660mm

2.660mm

Jarak Pijak Depan

1.598 mm

1.598mm

1.598mm

Jarak Pijak Belakang

1.613 mm

1.613mm

1.613mm

Chassis

Suspensi Depan

MacPherson Strut

MacPherson Strut

MacPherson Strut

Suspensi Belakang

Multi-Link

Multi-Link

Multi-Link

Rem Depan

Ventilated Disc

Ventilated Disc

Ventilated Disc

Rem Belakang

Solid Disc

Solid Disc

Solid Disc

Pelek

18x7,5J

18x7,5J

18x7,5J

Ukuran Ban

235/60 R18

235/60 R18

235/60 R18

 

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN

Saat review Honda CR-V 2018, inilah kelebihan dan kekurangannya yang Hargamobil.com dapat.

 

Kelebihan

Kekurangan

Mesin sangat bertenaga terutama turbo

Sunroof tidak disemua varian

Hemat bahan bakar

Sulit untuk bermnuver dijalanan perkotaan yang padat

Interior mewah dan eksklusif

Harga cenderung mahal

Safety sangat mengesankan

 

Kapasitas penumpang besar dan nyaman

 

 

8. DAFTAR HARGA

Apakah Anda sudah tahu harga Honda CR-V 2018? Jika belum tahu, mari cek di tabel di bawah ini.

 

Tipe

Harga Honda CR-V 2018

Honda CR-V 2.0L

Rp 437.000.000

Honda CR-V 1.5L TURBO

Rp 471.000.000

Honda CR-V 1.5L PRESTIGE TURBO

Rp 511.000.000

 

9. VIDEO

10. KESIMPULAN

Honda CR-V merupakan salah satu SUV premium yang ada di Indonesia, mobil ini bukan hanya siap membawa Anda kemanapun, tetapi juga siap menjadikan Anda pusat perhatian. Kami menilai mobil ini masih memiliki tempat dihati pecinta otomotif kelas premium, meskipun banyak gempuran dari SUV pendatang baru yang sama-sama 7-seater dan memiliki fitur yang cukup lengkap, namun keunggulan CR-V adalah berada dibawah nama besar Honda yang sudah memiliki citra sangat bagus di mata dunia. Terus simak review, dan juga berita hanya di Hargamobil.com.

>>> Untuk membeli mobil lebih aman dan cepat, jangan lupa mampir situs Cintamobil.com

Share This:

Cari harga mobil

Harga mobil per merek

Review mobil populer