Review Honda Civic LX 1989: Mobil Sedan Klasik Masih Dicari Sampai Saat Ini

18/09/2020 Abdul Review Honda

Pada akhir tahun 80-an Indonesia mempunyai sebuah mobil sedan yang jiwanya mengarah ke aura sporty. Di kala itu mobil yang hadir adalah besutan Honda yakni Civic. Lantas bagaimana spesifikasi dan kelebihan yang dimiliki, mari kita simak ulasannya dalam review Honda Civic LX 1989.

1. PENGANTAR HONDA CIVIC LX 1989

Review Honda Civic LX 1989 – Mobil Honda Civic pertama kali dihadirkan di Indonesia pada tahun 1975 dengan membawa model Hatchback. Di kala itu namanya terkenal dengan Civic Koper karena bagasinya memiliki konfigurasi pintu dengan engsel di bagian luar bodi mobil. Kemudian di tahun 1980 pihak Honda menghadirkan Civic Excellent dan pada tahun 1984 dihadirkan Civic Wonder yang masuk dalam segmen sedan.

Pada saat memasuki akhir tahun 80-an diberikan generasi terbaru yang dibagi menjadi 2 versi uakni Honda Civic Nouva dan Civic LX. Untuk Civic LX dijadikan salah satu dari highlight yang penting dalam kategori mobil sedan Jepang. Hal tersebut dikarenakan teknologi dan handling yang dimiliki cukup maju kala itu.

Hingga saat ini mobil Civic LX tetap mempunyai peminat tersendiri di Indonesia. Hal tersebut terbukti dengan banyak yang mencari mobil ini dalam kondisi bekas, walaupun kondisinya masih bahan atau sudah baik seperti mobil yang baru dikeluarkan pertama kali dari pabrikan.

2. EKSTERIOR HONDA CIVIC LX 1989

Review Honda Civic LX 1989: Bagian Depan

Gambar  ini menunjukkan bagian depan mobil Honda Civic LX 1989

Sisi depan memiliki ciri khas tersendiri

Pada bagian depan terlihat menarik karena mempunyai ciri khas tersendiri. Yang mana di bagian bonnet depan dibuat melandai dipadukan dengan penggunaan bentuk kaca windshield depan yang mempunyai ukuran yang besar. Hal tersebut bertujuan untuk membuat aerodinamika mobil bisa lebih baik.

Sementara di bagian bumpernya dibuat sewarna bodi dan headlampnya menggunakan bentuk trapesium. Desain tersebut di zamannya terlihat modern dipadukan dengan penggunaan lampu tambahan. Sedangkan lampu sein posisinya berada di bagian bawah lis  plastik bumper mobil. Kesan mewah juga dipancarkan dengan pemberian lis chrome di bagian bawah logo Honda.

Review Honda Civic LX 1989: Bagian Samping

Gambar ini menunjukkan sisi samping kanan Honda Civic LX 1989

Sisi samping mempunyai kaca yang cukup besar

Menuju ke sektor samping, mobil Honda Civic LX 1989 diberikan tarikan garis bodi sederhana bahkan cenderung lebih mengotak. Sementara di bagian panel pintu diberikan lis plastik dengan menggunakan detil chrome yang dimulai dari bagian depan dan akhirnya nanti di bagian belakang. Kaca mobilnya juga tampak besar sehingga visibilitas di interior mobil menjadi lebih baik.

Menariknya lagi adalah, pada mobil ini telah mengandalkan kaca spion elektrik. Dengan begitu mobil besutan Honda ini termasuk salah satu sedan modern di zamannya. Namun disisi lain pada bagian pelek masih mengandalkan pelek kaleng  ditutup dengan dop.

Review Honda Civic LX 1989: Bagian Belakang

Gambar ini menunjukkan bagian belakang Honda Civic LX 1989

Desain belakang mobil tampilannya khas sedan zaman dulu

Menuju ke sisi buritan, desainnya terlihat menarik dengan penggunaan pintu bagasi yang bentuk lekukannya seperti ducktail. Selain itu dengan penggunaan panel garnish yang dibalut warna merah menjadikannya tampak menarik. Panel tersebut juga menjadi penyatu antara tail light bagian kanan dan kiri. Sedangkan plat nomor ditempatkan di bagian bumper belakang pada sisi tengahnya.

>>> Baca review Lain Honda Di Bawah Ini :

3. INTERIOR HONDA CIVIC LX 1989

Review Honda Civic LX 1989 : Bagian Dashboard Dan Kemudi

Gambar ini menunjukkan dashboard dan kemudi mobil Honda Civic LX 1989

Tampilan dashboard dan kemudi masih terlihat jadul

Saat masuk ke dalam ruang depan maka akan ditemukan dashboard yang didesain simetris. Sobat akan menemukan panel instrumen, kisi-kisi AC, Audio, lighter, asbak dan central cluster yang merupakan tempat untuk mengatur AC mobil. Sementara di depan tuas transmisi terdapat ruang penyimpanan terbuka di bagian central console. Kemudian ruang penyimpanan tertutup diberikan pada bagian glove box dekat penumpang depan dan pada sisi pengemudi ada ruang penyimpanan coin.

Pada bagian kemudi mobil mengandalkan palang 3 yang dibuat dengan ukuran yang besar. Terdapat pengaturan tilt dan steering yang menjadikan posisi dari kemudi mobilnya ini terasa ergonomis.

Review Honda Civic LX 1989: Bagian Jok

Gambar ini menunjukkan jok mobil Honda Civic LX 1989

Jok menggunakan bahan material fabric untuk semua kursi

Menuju ke bagian jok mobil, bahan material yang digunakan adalah fabric baik untuk jok depan maupun  belakang. Di bagian jok depan telah diberikan headrest dan juga seatbelt 3 titik yang dapat memberikan perlindungan. Sementara di bagian kursi belakang belum dibekali dengan seatbelt dan headrestnya pun terintegrasi dengan sandaran jok mobil Honda Civic LX 1989.

>>> Baca Juga Artikel Di Bawah Ini :

4. FITUR HONDA CIVIC LX 1989

Gambar ini menunjukkan fitur hiburan Honda Civic LX 1989

Fitur di zamannya terbilang mumpini

Sebagai mobil sedan tahun 80an akhir, fitur yang diberikan berfokus pada bagian kenyamanan berkendara. Hal tersebut terbukti dengan pemberian sistem audio Alpine yang sudah mempunyai fitur radio dan audio reverse cassette, central door lock, power window untuk semua pintu, jam digital quartz dan sistem AC yang sudah menggunakan pengaturan arah angin. Selain itu diberikan pula tuas yang khusus ditempatkan pada bagian bawah kursi pengemudi yang berfungsi untuk membuka pintu tangki bensin dan pintu bagasi. Pada bagian kemudinya telah diberikan fitur Power Steering sehingga lebih ringan dalam mengendalikannya.

>>> Review Honda Civic Hatchback RS 2020 : Bagasi Luas Akomodasi Sangat Baik

5. OPERASI HONDA CIVIC LX 1989

Gambar ini menunjukkan mesin Honda Civic LX 1989

Mesin masih menggunakan karburator

Mobil besutan Honda satu ini menggunakan mesin 1.5 liter 4 silinder 16 valve dan masih mengandalkan karburator untuk sistem pengapiannya. Jika melihat dari spesifikasi resminya, tenaga yang dihasilkan adalah 90 Hp dengan torsi puncak adalah 120 Nm. Tenaga dan torsi disalurkan ke bagian roda depan dengan mengandalkan sistem transmisi otomatis 4 speed dan manual 5 speed.

Berkaitan dengan handling yang dimiliki, teknologi suspensi yang diberikan adalah double wishbone yang terdapat pada bagian roda depan maupun belakang. Untuk rem depan menggunakan cakram yang berventilasi sedangkan yang belakang pakai tromol.

>>> Untuk membeli mobil lebih aman dan cepat, jangan lupa mampir situs Cintamobil.com

6. SPESIFIKASI HONDA CIVIC LX 1989

Berikut tabel spesifikasi mobil Honda Civic LX 1989 :

MESIN

Jenis Mesin

Karburator D15B2 1.5 liter

Konfigurasi

 4 silinder inline 16 katup SOHC

Bore x Stroke

 75 mm x 84,5 mm

Rasio kompresi

 9.2:1

Transmisi

Manual 5 percepatan dan otomatis 4 percepatan (langka)

Tenaga

 92 HP @6.000 RPM

Torsi puncak

119 Nm @4.500 RPM

SUSPENSI DAN REM

Suspensi Depan dan Belakang

 Double wishbone dan Multi link

Rem Depan

Cakram berventilasi

Rem Belakang

Tromol

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN HONDA CIVIC LX 1989

Berikut kelebihan dan kekurangan Honda Civic LX 1989:

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Tampilan masih menarik sampai saat ini

Part kaki-kaki harganya lebih mahal dibanding rivalnya

Suspensinya empuk

Bagian kabin belakang tergolong sempit

Perawatan mudah dengan mesin masih karburator

Sulit mendapat mobil bekas dengan kondisi sempurna

8. DAFTAR HARGA HONDA CIVIC LX 1989

Sebagai mobil klasik tentunya harganya juga terjangkau. Yang mana harga Honda Civic LX 1989 berada di kisaran Rp. 30 juta sampai Rp. 50 jutaan. Harga tersebut tergantung kondisi dan wilayah pembelian.

9. VIDEO HONDA CIVIC LX 1989

10. KESIMPULAN HONDA CIVIC LX 1989

Mobil Honda Civic LX 1989 saat ini menjadi incaran orang yang suka akan mobil klasik dan hobbyist otomotif di kota besar. Alhasil harganya terbilang stabil bahkan bisa dibilang tinggi jika mobil dalam kondisi baik. Bagi Sobat yang berniat membeli mobil sedan buatan produsen Jepang yang klasik dan perawatan mudah dapat memilih mobil ini. Harganya juga terjangkau dengan tampilan yang modern.

>>> Jangan lupa untuk mengetahui spesifikasi lengkap Mobil terbaru dan lama di Hargamobil.com

Share This:

Cari harga mobil

Harga mobil per merek

Review mobil populer

International