Review Honda Civic Hatchback RS 2020: Bagasi Luas Akomodasi Sangat Baik

30/06/2020 Abdul Review Honda

Mobil New Honda Civic Hatchback RS tampilannya diperbarui oleh PT Honda Prospect Motor. Langkah tersebut menjadi salah satu hal yang tepat, mengingat mobil tersebut telah berkiprah sejak tahun 2017. Lantas apa saja perubahan pada mobil tersebut, kita simak ulasannya dalam spesifikasi Honda Civic Hatchback RS 2020.

1. PENGANTAR HONDA CIVIC HATCHBACK RS 2020

Review Honda Civic Hatchback RS 2020 – Kehadiran mobil besutan Honda ini telah resmi dihadirkan di Indonesia. Dengan masuk line up RS mobil Honda, perubahan yang dilakukan terbilang minimalis. Meskipun begitu, bukan berarti perubahan yang dilakukan oleh PT Honda Prospect Motor (HPM) tidak memikat karena dari segi tampilan tampak stylish.

Mobil Hatchback Honda ini pertama kali dihadirkan pada tahun 2017, sehingga langkah pembaharuan yang dilakukan pihak Honda Indonesia terbilang sangat tepat. Bahkan pihak Honda juga sekalian melakukan facelift. Untuk nuansa sporty tetap kental dimiliki dalam keluarga Honda Civic. Sebagai tambahan, dengan hadirnya mobil Honda Civic Hatchback RS 2020 maka membuat kiprah dari Civic Hatchback tipe S dan E jadi berakhir.

2. EKSTERIOR HONDA CIVIC HATCHBACK RS 2020

Review Honda Civic Hatchback RS 2020 : Bagian Depan

Gambar ini menunjukkan bagian depan mobil Honda Civic Hatchback RS 2020

Cover fog lamp tampak gunakan model baru

Kita mulai bagian depan untuk pembahasan kali ini. Di bagian bumper diberikan desain baru, yang sebelumnya menggunakan cover fog lamp yang ditutup plastik motif sarang lebah, kali ini telah diberikan garis mengkurva yang ditempatkan di atas fog lamp. Dengan desain tersebut membuat tampilannya berkesan sporty dan juga elegan.

Bahkan saat dilihat dengan lebih detail maka akan terlihat adanya tambahan under spoiler yang menggunakan kelir warna hitam glossy. Dengan desain tersebut mobil Hatchback Honda ini semakin tampil ciamik dan juga sporty. Desain spoiler depannya ini seakan mirip spitter angin yang dapat memberikan aerodinamika seperti yang diberikan pada mobil balap.

Review Honda Civic Hatchback RS 2020 : Bagian Samping

Gambar ini menunjukkan bagian samping mobil Honda Civic Hatchback RS 2020

Kelir baru dengan spoiler baru sehingga tampak lebih sporty

Menuju ke bagian samping, pelek yang digunakan mempunyai kelir baru. Sebelumnya diberikan kelir warna hitam dan silver, namun untuk saat ini telah memakai kelir abu-abu gelap yang dipadukan dengan penggunaan warna hitam. Meskipun terbilang sepele, namun hal tersebut membuat tampilannya lebih sporty.

Dilanjutkan pada spoilernya yang baru dan tampak lebih tegas. Hal tersebut juga didukung dengan lekukan yang terdapat di bagian bawah pintu belakang. Di bagian kaca juga telah menggunakan green tinted glass, yang mana dengan adanya hal tersebut  meski tidak dilapisi dengan kaca film tetap bisa menolak panas.

Review Honda Civic Hatchback RS 2020 : Bagian Belakang

Gambar ini menunjukkan bagian belakang mobil Honda Civic Hatchback RS 2020

Knalpot terdapat 2 buah di bagian tengah

Di bagian belakang akan ditemui logo RS yang mempunyai akronim Road Sailing. Perubahan lainnya adalah pada bagian bumper yang sekarang menggunakan desain diffuser. Sedangkan pada bagian knalpot sekarang berada di tengah bumper belakang dan sudah memakai knalpot ganda.  Pada knalpotnya ini mempunyai ukuran yang besar dipadukan dengan lekukan dari pipa knalpot sehingga membuat lebih lancarnya aliran dari gas buang. Bahkan model knalpot tersebut berhubungan dengan performa mempunyai efek yang positif.

>>> Baca review Lain Honda Di Bawah Ini :

3. INTERIOR HONDA CIVIC HATCHBACK RS 2020

Review Honda Civic Hatchback RS 2020 : Bagian Dashboard

Gambar ini menunjukkan dashboard mobil Honda Civic Hatchback RS 2020

Dashboard mesin menggunakan desain seperti model sebelumnya

Berlanjut ke bagian interior Honda Civic Hatchback RS 2020. Pada dashboardnya mempunyai desain yang sama dengan Civic model sebelum dilakukan facelift. Meskipun begitu, tampilannya tetap mewah dengan penggunaan kulit untuk pelapis yang berkualitas dan memakai aksen warna hitam. Sementara di bagian tengahnya ada head unit yang sudah touchscreen yang dapat digunakan untuk mengoperasikan Radio AM/FM, MP3/WMA, CD/DVD Player, Smartphone connection, HDMI Port, Aux Input dan Bluetooth. Hanya saja untuk head unitnya adalah produk dari aftermarket.

Review New Honda Civic Hatchback RS 2020: Bagian Jok Mobil

Gambar ini menunjukkan jok belakang Honda Civic Hatchback RS 2020

Posisi jok cukup ergonomis sehingga nyaman saat diduduki

Jok mobil Honda Civic Hatchback RS 2020 saat diduduki akan membuat nyaman dan juga menyenangkan. Hal tersebut karena saat duduk posisinya cukup ergonomis terutama pada bagian jok pengemudi. Selain itu, material bahan kulit yang digunakan juga berkualitas dipadukan dengan penggunaan jahitan aksen merah serta bagian trim pintu. Sementara di bagian jok mobil depan sudah dapat diatur hingga 8 aran dengan pengaturan elektrik.

Review New Honda Civic Hatchback RS 2020: Bagian Pedal Set

Gambar ini menunjukkan pedal pada mobil Honda Civic Hatchback RS 2020

Pedal ada gripnya sehingga lebih terasa melekat dengan kaki

Di bagian pedal set menggunakan aluminium sehingga akan lebih nyaman ketika dikendarai. Hal tersebut berkat grip yang terdapat pada pedal tidak akan terlepas dengan mudah. Ditambah lagi pada bagian  footrest mempunyai lapisan karen yang menambah kenyamanan. Kalau soal kualitas Sobat tidak perlu ragu karena pemasangannya paten pada bagian pedal dan tidak ada penjepit yang diberikan.

>>> Baca Juga Artikel Di Bawah Ini :

4. FITUR HONDA CIVIC HATCHBACK RS 2020

Review New Honda Civic Hatchback RS 2020: Fitur Electronic Parking Brake

Gambar ini menunjukkan fitur electronic parking brake pada Honda Civic Hatchback RS 2020

Fitur electronic parking assist memudahkan saat melakukan parkir

Dengan mengandalkan fitur electronic parking brake dapat membuat parkir jadi lebih mudah. Jadi pada saat selesai melakukan parkir pengemudi tinggal menarik tuas electronic parking brake yang letaknya dekat dengan tuas transmisi. Dengan begitu maka ECU akan memberi perintah pada motor servo supaya rem cakram diaktifkan. Begitu juga saat berada di lalu lintas yang macet, pedal rem diinjak beberapa saat maka rem akan otomatis aktif dan laju mobil jadi tertahan.

Review New Honda Civic Hatchback RS 2020: Fitur Keselamatan

Mobil Honda Civic Hatchback RS 2020 mempunyai fitur keselamatan yang terbilang lengkap. Seperti penggunaan sistem pengereman ABS, EBD dan BA. Bahkan pada bagian remnya tersebut juga dibekali dengan Brake Override System, yang mana fungsinya adalah mendahulukan pengereman saat pengemudi tidak sengaja menekan bersamaan antara pedal rem dan gas.

Gambar ini menunjukkan mobil Honda Civic Hatchback RS 2020

Fitur keselamatan yang diberikan cukup lengkap

Tidak hanya itu saja, untuk melindungi mobil saat terjadi tumbukan dari arah samping diberikan Side Impact Beam yang mempunyai unsur  G CON+Ace pada bodinya. Ditambah lagi diberikan  Pedestrian Protection  untuk membuat bagian kendaraan aman untuk pejalan kaki dan tidak melukainya. Bahkan untuk keselamatan pasifnya diberikan  Dual front SRS Airbags, seat belt with pretensioner, Side Curtain Airbags dan Side Airbags.

Fitur Vehicle Stability Assist juga turut diberikan supaya saat berbelok dengan kecepatan yang cukup tinggi tidak kehilangan cengkramannya. Sementara untuk membantu menjaga mobil di tanjakan diberikan fitur Hill Start Assist. Untuk menjaga keamanan, pihak Honda memberikan Smart Entry dan Immobilizer with Security Alarm. Terdapat pula kamera belakang untuk mempermudah pengemudi melihat ke belakang terutama saat parkir mundur.

>>> Baca Juga, Review All New Honda Civic Turbo 2018 : Pertama Bermesin Turbo Yang Tampil Glamour Dan Sporty

5. OPERASI HONDA CIVIC HATCHBACK RS 2020

Gambar ini menunjukkan mesin mobil Honda Civic Hatchback RS 2020

Mesin dan piston gunakan material khusus untuk dapatkan oktan yang rendah

Pihak Honda memberikan mesin pada Honda Civic Hatchback RS 2020 dengan kode L15B7 yang mempunyai konfigurasi 4 silinder segaris.  Sementara untuk pengaturan katup menggunakan variable VTEC. Dengan mengandalkan mesin tersebut dapat menghasilkan tenaga maksimal sebesar 173 Ps dan torsi puncaknya adalah 220 Nm. Tenaga yang dihasilkan disalurkan menuju roda depan dengan mengandalkan transmisi otomatis CVT yang sudah dipadukan dengan penggunaan teknologi Earth Dreams.

Mesin dan piston yang digunakan menggunakan material khusus supaya dapat membuat BBM mempunyai oktan yang rendah. Teknologi direct injection juga turut diberikan pada mesin mobil tersebut supaya bahan bakar yang dimiliki tidak ada yang mendapatkan tekanan tinggi.

>>> Untuk membeli mobil lebih aman dan cepat, jangan lupa mampir situs Cintamobil.com

6. SPESIFIKASI HONDA CIVIC HATCHBACK RS 2020

Berikut ini merupakan tabel spesifikasi mobil Honda Civic Hatchback RS 2020 :

DIMENSI

Panjang

4.501 mm

Lebar

2.076 mm

Tinggi

1.421 mm

 Jarak Sumbu Roda

 2.700 mm

 Jumlah Pintu

 5 Pintu

Kapasitas Penumpang

 5 Penumpang

 Kapasitas Tangki

 47 Liter

Jarak Terendah Ke Tanah

 150 mm

MESIN

Seri mesin

L15B, VTEC Turbo DOHC, 16 Katup + Drive By Wire

Pasokan Bahan Bakar

 Direct Injection

 Tenaga Maksimum

 171,5 Hp (173 Ps) @ 5,500 rpm

 Torsi Maksimum

 220 Nm @ 1,700 - 5,500 rpm

Jumlah Katup

 16 Katup (2 inlet & 2 outlet per silinder)

 Jumlah Silinder

 4 Silinder Segaris

 Bore X Stroke

 73,0 mm X 89,5 mm

 Kapasitas Silinder

 1,498 cc

Tipe Transmisi

 CVT berteknologi Earth Dreams, Penggerak Roda Depan

HANDLING & SUSPENSI

 Pelek

 Alloy, 17 Inch

 Jenis Ban

 Yokohama Advan dB, 215/50 R17

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN HONDA CIVIC HATCHBACK RS 2020

Setiap kendaraan mempunyai keunggulan dan kelemahan. Baik itu brand ternama atau yang dipandang sebelah mata. Nah pada segmen kali ini kami akan memberikan kelebihan dan kekurangan Honda Civic Hatchback RS 2020 menurut pandangan kami :

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Mesin yang digunakanan mempunyai performa yang sangat baik di kelasnya

Perubahan yang dilakukan oleh pihak Honda masih terbilang cukup minim

Soal akomodasi juga terbilang cukup baik sehingga sangat pas dipakai untuk beraktifitas

Untuk pilihan mode berkendara belum diberikan dan tidak ada sunroof

Mempunyai bagasi yang luas sehingga saat ingin menggunakannya untuk ke suatu tempat bisa membawa lebih banyak barang

Salah satu yang belum dipasangkan dan sebenarnya cukup menarik adalah fitur Honda Sensing

8. DAFTAR HARGA HONDA CIVIC HATCHBACK RS 2020

Kali ini kami akan memberikan banderol harga yang ditawarkan kepada para calon pembeli mobil Honda Civic Hatchback RS 2020.

TIPE

HARGA MOBIL

Honda Civic Hatchback RS 2020 CVT

Rp. 499.000.000

Honda Civic Type R M/T

Rp. 1.067.600.000

9. VIDEO HONDA CIVIC HATCHBACK RS 2020

10. KESIMPULAN HONDA CIVIC HATCHBACK RS 2020

Bagi Sobat yang ingin membeli mobil bisa mempertimbangkan mobil dari Honda satu ini. Walaupun terlihat minimalis tapi daya pikatnya tidak diragukan lagi. Bahkan mesinnya telah mengandalkan mesin turbo yang tidak mengecewakan. Bagaimana? Apakah setelah melihat review dari kami Sobat berminat untuk memboyong mobil Honda Civic Hatchback RS 2020 ke garasi rumah Sobat?

>>> Jangan lupa untuk mengetahui spesifikasi lengkap Mobil terbaru dan lama di Hargamobil.com

Share This:

Cari harga mobil

Harga mobil per merek

Review mobil populer

International