Review Honda Civic Ferio 1996: Sedan Lawas Dengan Handling Yang Baik

30/08/2020 Abdul Review Honda

Mobil sedan memiliki peminatnya sendiri, salah satunya adalah Honda Civic Ferio 1996. Bagi Sobat yang ingin mempunyai sebuah mobil sedan harga terjangkau, Sobat bisa memilih mobil tersebut. Untuk rasa berkendara terbilang baik dan siap untuk menemani aktivitas Sobat.

1. PENGANTAR HONDA CIVIC FERIO 1996

Review Honda Civic Ferio 1996 – Mobil ini merupakan generasi keenam dari Civic yang cukup populer di masanya. Bahkan hingga saat ini masih ada yang mencarinya untuk dijadikan tunggangan. Untuk produksinya hanya mampu bertahan dalam 5 tahun saja seperti Civic Genio. Di Indonesia mobil Civic Ferio dihadirkan pada tahun 1996 dan di kala itu persaingan langsung dilakukan dengan Mitsubishi Lancer CK4, Mazda Familia dan Toyota Corolla.

Mobil besutan Honda ini dulunya terkenal dengan desainnya yang tampil menawan. Mengandalkan teknologi yang lebih unggul dibandingkan segmen sedan lainnya di masa itu yakni Variable Valve Timing Engine Control (VTEC), siap melenggang untuk menghadapi lawan-lawannya. Menariknya adalah sebuah penghargaan yaitu car of the year Japan diraih saat pertama kali dihadirkan di Jepang.

Setelah berselang 3 tahun, akhirnya pihak Honda melakukan perubahan minor yakni di tahun 1999. Kemudian akhirnya di tahun 2001 mobil ini digantikan dengan Honda Civic ES. Tidak dipungkiri populasinya di Indonesia terbilang banyak sehingga untuk menemukannya di pasar mobil bekas Tanah Air tergolong mudah.

2. EKSTERIOR HONDA CIVIC FERIO 1996

Dimensi yang dimiliki terbilang kompak dipadukan dengan lekukan bodi yang halus. Mobil ini siap untuk digunakan sebagai kendaraan perkotaan dengan kesan yang elegan dan sampai saat ini desainnya masih dapat bersaing dengan mobil keluaran terbaru.

Review Honda Civic Ferio 1996: Bagian Depan

Gambar ini menunjukkan bagian depan mobil Honda Civic Ferio 1996

Tampilan terlihat menarik dengan grille kecil dan lampu besar

Pembahasan dimulai dari bagian depan, yang mana tampilannya cukup menawan. Dibandingkan generasi sebelumnya, tampilan depannya mendapatkan perubahan. Seperti adanya tambahan grille tipis yang diberikan pada bagian fascia depan. Sementara di bagian bumper bawah mendapatkan aliran udara yang ukurannya lebih kecil.

Di bagian lampu depan tampak bening dengan masih mengandalkan bohlam. Meskipun begitu, fungsinya sebagai penerang saat di malam hari tidak berkurang. Apabila dibandingkan generasi sebelumnya ukurannya dibuat dengan ukuran lebih besar. Hanya saja untuk fitur keselamatan dan juga foglamp masih opsional. Jadi bisa saja membeli mobil ini dalam kondisi bekas sudah atau belum menggunakan fog lamp.

Review Honda Civic Ferio 1996: Bagian Samping

Gambar ini menunjukkan bagian samping mobil Honda Civic Ferio 1996

Sisi samping tampak seperti sedan pada umumnya

Menuju ke bagian samping, untuk pelipatan masih menggunakan manual dengan antena di bagian atas yang mempunyai gaya tarik. Mobil Ferio sendiri telah diberikan lampu sein di bagian samping fender depan untuk memberikan tanda lebih jelas pada pengendara lain saat akan berbelok. Untuk melengkapi bagian ini terdapat list chrome yang tampak mengelilingi bagian jendela samping dan juga cladding dibuat melingkari mobil sampai ke belakang. Bagian ini dipadukan dengan penggunaan pelek mobil ukuran 14 inci.

Review Honda Civic Ferio 1996: Bagian Belakang

Gambar ini menunjukkan bagian belakang mobil Honda Civic Ferio 1996

Lampu terbagi jadi 2 yakni di samping dan menempel pada pintu bagasi

Untuk tampilan belakang terbilang sederhana. Di bagian lampu terbagi jadi 2 yakni di bagian samping dan melekat pada bagian pintu bagasi mobil. Pada bagian logo Honda dapat ditemukan di Indonesia dengan 2 warna yakni emas dan perak. Untuk sisi bumper bawah tampak sederhana karena hanya diberikan cladding yang tipis.

>>> Baca Juga Artikel Di Bawah Ini :

3. INTERIOR HONDA CIVIC FERIO 1996

Review Honda Civic Ferio 1996: Bagian Dashboard Dan Kemudi

Gambar ini menunjukkan dashboard dan kemudi mobil Honda Civic Ferio 1996

Dashboard tampak jadul khas 90-an

Menuju ke sektor interior, di bagian dashboard mengandalkan material plastik yang keras dipadukan dengan fitur yang sederhana. Terdapat head unit double DIN yang dapat digunakan untuk mengoperasikan music dengan melalui kaset dan radio. Untuk konsol tengahnya terdapat tuas transmisi dan ada juga ruang penyimpanan dapat digunakan untuk koin, smartphone atau dompet.

Di bagian kemudi menggunakan desain yang tidak terlalu polos, meskipun begitu masih belum ada tombol multifungsi. Sedangkan tachometer dan speedometernya mengandalkan model analog.

Review Honda Civic Ferio 1996: Bagian Kursi

Gambar ini menunjukkan jok depan Honda Civic Ferio 1996

Jok hanya dapat diatur maju mundur saja

Jok mobil mempunyai pengaturan maju mundur sehingga pengemudi dapat mendapat posisi yang cukup baik, walaupun untuk pengaturannya masih manual. Di bagian penumpang baris kedua memiliki ruang kepala dan kaki yang tergolong sudah cukup. Untuk bangkunya memiliki kemiringan yang tidak dapat dilakukan pengaturan namun sudah cukup nyaman.

4. FITUR HONDA CIVIC FERIO 1996

Gambar ini menunjukkan head unit Honda Civic Ferio 1996

Fitur hiburan kurang mumpuni karen hanya bisa radio dan kaset tape

Menuju ke bagian fitur Honda Ferio 1996. Sebagai mobil keluaran tahun 90-an tentu kita tidak dapat berharap fitur mumpuni dan canggih. Fitur hiburan yang dimiliki sedikit yakni hanya berupa radio dan pemutar music dengan melalui kaset tape. Begitupun dengan fitur keselamatan juga minim, airbag belum diberikan pada mobil ini. Untuk sistem pengereman ABS juga tidak disematkan.

>>> Untuk membeli mobil lebih aman dan cepat, jangan lupa mampir situs Cintamobil.com

5. OPERASI HONDA CIVIC FERIO 1996

Gambar ini menunjukkan mesin mobil Honda Civic Ferio 1996

Mesin mempunyai performa bertenaga meskipun kurang di putaran rendah

Meskipun fitur kurang mumpuni, namun soal mesin tergolong cukup menarik. Honda Civic Ferio 1996 merupakan mobil pertama yang diberikan mesin VTEC untuk Civic. Yang mana mesinnya berkodekan D16Y5 1.6L SOHC dengan 4 silinder dan 16 katup yang bisa menghasilkan tenaga maksimal sebesar 125 daya kuda dan torsi maksimumnya adalah 148 Nm.

Soal handling mobil besutan Honda ini terbilang baik. Tenaga mesin disalurkan ke bagian roda dengan mengandalkan transmisi otomatis 4 speed dan manual 5 speed. Dibandingkan mobil lain dalam segmen yang sama kala itu, mobil Civic Ferio terkenal akan konsumsi bahan bakar yang hemat dan mesin bertenaga.

>>> Review Honda Civic Hatchback RS 2020: Bagasi Luas Akomodasi Sangat Baik

6. SPESIFIKASI HONDA CIVIC FERIO 1996

Berikut ini merupakan tabel spesifikasi Honda Civic Ferio 1996 :

DIMENSI

Panjang

3.995 mm

Lebar

1.615 mm

Tinggi

1.385 mm

Jarak Poros Roda

2.620 mm

Berat Kosong

1.060 kg

MESIN

Tipe Mesin

D16Y5 1.6L 4-silinder segaris 16 katup SOHC

Akselerasi (0-100 km/jam)

9.5 detik

Konsumsi Bahan Bakar

10-13 km/l

Transmisi

Manual 5-percepatan dan Otomatis 4-percepatan

Tenaga Maksimal

125 hp @ 6.400 rpm

Torsi Maksimal

148 Nm @ 5.500 rpm

HANDLING & SUSPENSI

Rem Depan

Ventilated disc

Rem Belakang

Disc

Suspensi Depan/Belakang

Double wishbone independent

Tipe Ban

185/V R14

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN HONDA CIVIC FERIO 1996

Berikut ini merupakan kelebihan dan kekurangan mobil Honda Civic Ferio 1996 :

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Mesin yang diberikan memiliki performa yang begitu bertenaga

Tampilan interior masih biasa saja khas mobil 90-an

Mempunyai handling yang baik dan rasa berkendaranya cukup lumayan terutama di perkotaan

Meskipun tenaganya mumpuni tapi saat berada di putaran bawah kurang begitu bertenaga

Tampilannya masih menarik dan elegan sampai saat ini

Fitur keselamatan dan hiburan terbilang masih jadul dan berbeda jauh dengan mobil saat ini

8. DAFTAR HARGA HONDA CIVIC FERIO 1996

Sebagai mobil yang sudah berumur lebih dari 20 tahun, tentunya dari segi harga cukup terjangkau. Memang sudah  termasuk sebagai mobil lawas, namun ada aja penggemar mobil ini, entah untuk koleksi, dimodifikasi atau dibuat tunggangan dengan memperbaikinya dengan maksimal. Di pasaran mobil bekas, harga Honda Civic Ferio 1996 sampai 1999 adalah Rp. 50 jutaan. Sementara yang lebih baru yakni versi faceliftnya lebih mahal sedikit yakni Rp. 60 juta sampai Rp. 70 jutaan.

9. VIDEO HONDA CIVIC FERIO 1996

10. KESIMPULAN HONDA CIVIC FERIO 1996

Mobil Honda Civic Ferio 1996 merupakan mobil sedan yang cukup populer dan mudah untuk ditemukan di pasaran mobil bekas Indonesia. Bagian luar memiliki tampilan yang masih menarik sampai saat ini. Untuk melaju di jalanan perkotaan mobil ini juga masih baik. Hanya saja dari segi fitur keselamatan dan hiburan terbilang kurang, namun hal tersebut wajar karena mobil tersebut dikeluarkan tahun 1990 -an.

>>> Jangan lupa untuk mengetahui spesifikasi lengkap Mobil terbaru dan lama di Hargamobil.com

Share This:

Cari harga mobil

Harga mobil per merek

Review mobil populer

International