Review Honda Brio Satya E 2013: Mobil LCGC Pilihan Hemat Untuk Anak Muda

20/12/2019 Abdul Review Honda

Salah satu mobil Hatchback yang dapat dijadikan pilihan adalah Honda Brio Satya E keluaran tahun 2013. Untuk melenggang di perkotaan memang sangat pas dan dapat menembus padatnya jalanan di perkotaan yang sering macet. Lantas sebenarnya bagaimana spesifikasi mobil besutan Honda satu ini, mari kita simak ulasannya dalam review Honda Brio Satya E 2013.

1. PENGANTAR HONDA BRIO SATYA E 2013

Awal mula kehadiran Honda Brio adalah tahun 2012 dan perakitannya dilakukan di Thailand. Pada mobil tersebut mesin yang digunakan adalah 1.300 cc dengan tenaga maksimal yang dihasilkan adalah 100 Hp. Di Indonesia pada tahun 2013 peraturan mobil LCGC dikeluarkan sehingga membuat mobil Brio perakitannya dilakukan di Tanah Air yang lokasinya di Karawang dengan memboyong mesin 1.200 cc.

Mobil Honda Brio pertama kali dihadirkan dengan membawa 5 varian yakni Brio Satya A, S dan E. Selain itu, untuk varian A hanya dibekali dengan transmisi manual saja, sedangkan varian S dan E terdapat 2 pilihan transmisi.

2. EKSTERIOR HONDA BRIO SATYA E 2013

Review Honda Brio Satya E 2013: Bagian Depan

Gambar ini menunjukkan bagian depan mobil Honda Brio Satya E 2013

Sisi depan tampak keren dengan grille berlapis chrome

Jika dilihat secara sepintas memang mobil Honda Brio Satya E mirip dengan Jazz GE8. Di bagian depannya menggunakan grille yang dilapisi chrome  dan di tengahnya ada logo Honda. Bagian tersebut dibuat terapit oleh kisi-kisi angin yang menggunakan warna hitam. Dengan desain tersebut membuat tampilan depannya terlihat mewah.

Selain itu dibekali juga dengan fog lamp yang bentuknya bulat dan menjadi ciri khas dari  Brio Satya E 2013 sebagai varian paling tinggi. Sementara untuk lampu utama reflector menggunakan ukuran yang tergolong cukup besar dan sudutnya dibuat tajam. Untuk penggunaan lampu masih memakai bohlam halogen untuk memberikan pandangan jelas terhadap jalan terutama saat malam hari.

Tidak hanya itu saja, bagian depannya ini mempunyai bumper yang jaraknya ke tanah terbilang rendah. Meskipun begitu pihak Honda mengakalinya dengan memberikan karet pelindung bawah sehingga saat terjadi benturan tidak langsung mengenai bumper.

Review Honda Brio Satya E 2013: Bagian Samping

Gambar ini menunjukkan bagian samping mobil Honda Brio Satya E 2013

Desainnya terlihat mungil dengan handle berlapis chrome

Menuju ke bagian samping Honda Brio Satya E 2013, yang mana pada bagian ini terdapat handle pintu yang sudah berlapis chrome. Selain itu, untuk rumah spion menggunakan warna yang sama dengan bodi sehingga tampilannya jadi lebih cantik. Ditambah lagi ada garis bodi yang memanjang dari mulai bagian fender depan hingga menuju ke pilar C yang terlihat agresif. Sementara untuk roda memakai pelek palang 5 dengan warna silver yang memakai ban ukuran 175/65 R14.

Review Honda Brio Satya E 2013: Bagian Belakang

Gambar ini menunjukkan bagian belakang Honda Brio Satya E 2013

Tidak ada handle pintu pada pintu belakang untuk membukanya

Sementara untuk bagian belakangnya menggunakan kaca dengan ukuran yang besar. Desain tersebut mengingatkan kita dengan mobil Civic Wonder keluaran tahun 80-an. Hanya saja untuk pintu belakangnya ini belum ada tuas untuk membuka pintu. Jika ingin membukanya dapat mengandalkan kunci atau bisa juga mengungkit tuas yang posisinya di kursi pengemudi mobil. Bagian belakangnya ini juga telah diberikan spoiler yang menggunakan desain sporty dipadukan dengan high mount stop lamp yang dibuat sewarna dengan bodi. Di bagian kacanya telah diberikan wiper dan untuk lampu dibuat bundar yang bisa membuat pengendara di belakang mempunyai visibilitas yang baik.

>>> Mungkin Anda juga tertarik :

3. INTERIOR HONDA BRIO SATYA E 2013

Review Honda Brio Satya E 2013: Bagian Dashboard

Gambar ini menunjukkan dashboard mobil Honda Brio Satya E 2013

3 buah kisi-kisi AC mobil bentuk bulat terlihat menarik

Pada bagian dashboard Honda Brio Satya E 2013 dibuat rapi. Selain itu, untuk bahan material yang digunakan adalah plastik dipadukan dengan warna hitam. Sementara untuk bagian tengah terdapat head unit 2 din yang bisa digunakan untuk mengoperasikan radio dan juga multimedia. Ditambah lagi bentuk kisi-kisi AC yang didesain bulat berjumlah 3 buah membuatnya tampil cukup unik.

Review Honda Brio Satya E 2013: Jok

Gambar ini menunjukkan jok mobil Honda Brio Satya E 2013

Ruang kaki baris kedua cukup luas karena desain jok depan yang melengkung

Berlanjut ke bagian jok Honda Brio Satya E 2013, untuk modelnya menggunakan semi bucket dan diberi headrest yang dibuat menyatu dengan jok mobil. Sementara untuk kursi baris kedua juga sama masih memakai headrest yang menyatu, hanya saja untuk baris kedua ini lebih lapang untuk ruang kaki berkat desain kursi baris pertama yang melengkung. Untuk menghasilkan ruang bagasi yang lebih luas, jok baris kedua ini dapat dilakukan pelipatan ketika tidak ada yang mendudukinya.

>>> Baca Juga :

4. FITUR HONDA BRIO SATYA E 2013

Review Honda Brio Satya E 2013: Fitur Keselamatan

Gambar ini menunjukkan kemudi mobil dengan fitur airbag

Airbag dapat melindungi pengemudi dan penumpang

Jika melihat dari segi fitur, Honda Brio Satya E 2013 tergolong cukup baik terutama dalam hal keselamatan. Untuk fitur keselamatan aktif diberikan sistem pengereman yang telah menggunakan ABS dan EBD. Sedangkan pada fitur keselamatan pasif berupa 2 SRS Airbag dan uga seatbelt 3 titik yang diberikan pada penumpang depan dan untuk penumpang bagian belakang.

>>> Ingin Melihat Review Tentang Mobil Honda Lainnya, Jangan Ragu Klik Di Sini

5. OPERASI HONDA BRIO SATYA E 2013

Gambar ini menunjukkan mesin mobil Honda Brio Satya E 2013

Mesin mumpuni dengan performa yang baik

Berlanjut ke bagian mesin Honda Brio Satya E 2013, yang mana pihak honda menghadirkannya dalam 2 pilihan mesin yakni I-VTEC 4 silinder 1.300 cc dan 1.200 cc. Untuk kali ini yang akan kami review adalah Brio Satya E dengan mesin 1.200 cc.  Yang mana untuk tenaga maksimal yang bisa didapatkan adalah 88 Hp dan untuk torsi puncaknya adalah 109 Nm. Untuk tenaga mesin disalurkan menuju ke bagian roda dengan mengandalkan transmisi manual 5 percepatan dengan sistem penggerak roda depan. Selain itu, berkat bobot yang ringan Honda Brio menawarkan pengendaraan yang responsif.

>>> Klik Di Sini Jika Berniat Membeli Mobil Honda Brio

6. SPESIFIKASI HONDA BRIO SATYA E 2013

Berikut ini merupakan tabel spesifikasi Honda Brio Satya E 2013 :

DIMENSI

Panjang

3.610 mm

Lebar

1.680 mm

Tinggi

1.500 mm

Jarak Sumbu Roda

2.345 mm

MESIN

Tipe

i-VTEC 1.198 cc 4 silinder

Tenaga Maksimal

88 Hp/6.000 Rpm

Torsi Maksimal

109 Nm/4.500 Rpm

Transmisi

Manual 5 Speed/CVT

BAN

Ukuran Ban

175/65 R14

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN HONDA BRIO SATYA E 2013

Berikut ini merupakan kelebihan dan kekurangan mobil Honda Brio Satya E 2013:

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Sebagai sebuah mobil LCGC kendaraan Hatchback satu ini ramah lingkungan

Untuk jok mobilnya menurut kami kurang begitu nyaman

Konsumsi bahan bakar tergolong irit sehingga akan lebih hemat pengeluaran   

Bagasi yang dimiliki kurang lapang, jika ingin lebih bisa melipat kursi baris kedua

Dengan mesin I-VTEC performa yang dimiliki cukup responsif   

 

8. DAFTAR HARGA HONDA BRIO SATYA E 2013

Untuk sebuah mobil keluaran tahun 2013, tentunya sudah tidak dikeluarkan kondisi barunya. Yang hanya adalah bekas, yang mana jika membelinya harus melakukan beberapa pengecekan dan harus berhati-hati. Untuk harga bekas Honda Brio Satya E 2013 mulai Rp. 115 jutaan. Saat membelinya diharapkan memperhatikan riwayat servis dan juga melakukan pengecekan pada bagian kaki-kaki dan juga sasisnya.

9. VIDEO HONDA BRIO SATYA E 2013

10. KESIMPULAN HONDA BRIO SATYA E 2013

Mobil Honda Brio Satya E 2013 mempunyai wheelbase yang pendek sehingga terbilang lincah untuk melintasi jalanan di perkotaan. Dengan mengandalkan mesin yang memakai teknologi I-VTEC membuat pengendaraan tergolong responsif. Sebagai sebuah mobil hatchback, Brio sangat hemat konsumsi bahan bakar. Ditambah lagi citra dari merek Honda yang sudah dipercaya oleh masyarakat Indonesia menjadikan mobil besutan Honda tersebut layak untuk dibeli.

>>> Jangan lupa untuk mengetahui spesifikasi lengkap Mobil terbaru dan lama di Hargamobil.com

Share This:

Cari harga mobil

Harga mobil per merek

Review mobil populer