Review Honda Brio 2018 : Jadi Andalan Honda Di Segmen City Car

28/07/2018 Metodius Getan Review Honda

Honda menjadi salah satu pabrikan yang terbilang sempurna dalam karirnya di tanah air. Selain melahirkan banyak mobil diberagam segmen, ada satu segmen yang menjadi andalannya yaitu city car atau hacthback. Di kelas ini, ada dua jagoan Honda yaitu Jazz dan Brio, special untuk kali ini, Hargamobil.com akan membahas lebih jauh seputar Honda Brio. Jadi bagi Anda yang ingin membeli Brio dalam waktu dekat, simak ulasannya.

1. PENGANTAR

Review Honda Brio 2018 - Tidak bisa dipungkiri bahwa Honda Brio memiliki peran yang cukup penting dalam mendongkrak penjualan dari Honda. Honda Brio sangat terkenal disemua kalangan, ada hal yang membuat mobil ini menjadi lebih terkenal lagi yaitu perubahan eksteriornya yang begitu memanjakan mata. Pertama kali Brio diperkenalkan PT Honda Prospect Motor (HPM) pada tahun 2013, Brio menjadi peluncuran terakhir kala itu yang sebelumnya di isi oleh Toyota Agya dan juga Daihatsu Ayla. Honda sepertinya tahu senjata andalannya ini akan menggebrak semua rivalnya di kelas Low Cost Green Car (LCGC) dengan konsep city car. Keunikan Brio terlihat dari bentuk dan desain eksteriornya yang seperti bukan mobil LCGC pada umumnya, Brio tampil lebih sporty, fresh dan elegan. Tidak salah jika mobil ini sangat di gandrungi oleh muda mudi tanah air. Hargamobil.com akan membahas lebih jauh lagi mengenai Honda Brio, mulai dari harga, review singkat hingga spesifikasinya.

2. EKSTERIOR

Honda Brio cocok bagi semua kalangan terutama kalangan anak muda, jika Anda memilih gaya sporty Honda Brio RS bisa menjadi pilihan, jika mengutamakan kenyamanan, mobil berteknologi tinggi dan harga terjangkau, Honda Brio Satya bisa menjadi pilihannya.

  • Review Honda Brio 2018: Sisi Depan

Bumper Depan Honda Brio 2018 Sporty dan Stylish

Bagian Depan Brio RS

Honda Brio Satya kini punya tampilan eksterior lebih menarik, dari sisi depan, Heat Rejecting Green Tinted Glass akan menjaga keteduhan kabin dengan kaca mobil yang mampu mengurangi sinar UV dari matahari, serta ada New Front Grille dan Bumper dengan desain baru yang keren dan terlihat menyatu dengan lampu. Sementara pada Brio RS memiliki New Projector Headlamp with LED Light Guide, sehingga bukan hanya stylish tetapi lampu ini membuat pencahayaan lebih terang dan fokus.

  • Review Honda Brio 2018: Sisi Samping

Honda Brio 2018 Dengan Garis Modern Disampingnya

Sisi Samping Brio RS

Dari bagian samping, Brio pun tetap sporty, garis-garis modernpun di tampilkan sehingga kesan sporty bukan hanya isapan jempol belaka. Penggunaan pelek berukuran 14 inci pada Brio Satya sangat proporsional, apalagi diberikan desain terbaru pada peleknya. Pada RS ada New Power Retractable Door Mirror with LED Turning Signal, jika Satya menggunakan pelek berukuran 14 inci, RS menggunakan pelek berukuran 15 inci, tentunya dengan desain yang sangat sporty.

  • Review Honda Brio 2018: Sisi Belakang

Sisi Belakang Honda Brio 2018 RS Dengan High Mount Stop Lamp

Sisi Belakang Brio RS

Pada sisi belakang hampir sama, namun tetap ada beberapa perbedaan antara Satya dengan RS. Di sisi belakang Satya terdapat New Rear Combi Lamp Design, sehingga tetap eye-cathing, ada pula Stylish Tailgate Spoiler yang dilengkapi juga dengan LED High Mount Stop Lamp.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

3. INTERIOR

Honda tidak ingin mengecewakan calon konsumennya, jika desain dan fitur sudah baik dari luar, maka interior pun dibuat semakin menarik. Pada bagian interior Honda Brio, banyak kelebihan, meskipun mobil ini kecil, tetapi posisi duduk tidak begitu buruk dan juga beberapa fitur lainnya terasa baik.

  • Review Honda Brio 2018: Dasbor

Dashboard Honda Brio 2018 RS Berwarna Hitam

Atas Brio Satya dan Bawah Brio RS

Dari bagian dasbor, perbedaan antara Biro Satya dengan RS adalah penggunaan warnanya, Satya menggunakan dua warna, namun pada RS hanya satu warna yaitu black. Dari sisi tengah, Brio RS menggunakan Head Unit monitor layar sentuh 6.2 inci, namun Satya menggunakan 2 DIN, di kesamaannya pada menggunakan AC digital yang cangggih terutama bagi Satya yang bersaing di kelas LCGC.

  • Review Honda Brio 2018: Kursi

Honda Brio RS 2018 Memiliki Kursi Dengan Ornamen Jahitan Orange

Kursi Honda Brio RS 

Penggunaan jok masih sama, pada dasarnya material dan bahan yang digunakan pada jok Honda Brio sama antara RS dan Satya, hanya yang membedakan adalah warnanya. Jika Honda Brio Satya menggunakan warna lebih cerah, kalau RS menggunakan warna gelap dan dilengkapi dengan uliran jahitan warna orange. Spacious Cabin & New Ivory Color Interior begitu terasa, ketika bepergian dengan keluarga atau teman, rancangan kursi yang ergonomis ini akan memberikan kenyamanan yang cukup baik.

  • Review Honda Brio 2018: Setir

Setir Honda Brio 2018 Dengan Tombol Audio

Setir Honda Brio

Setir Brio memang terlihat sederhana, kemudi dengan tiga palang ini bukan hanya keren dan mantap di genggam, tetapi juga Honda memberikan kemudahan dalam pengaturan audio. Dalam perjalanan, tombol-tombol sebelah kiri dari Honda Brio terhubung langsung dengan fitur audio mobil, sehingga dengan mudah untuk menaik turun, dan mengganti audio sesuai dengan keinginan tanpa harus melepas kemudi.

  • Review Honda Brio 2018: Bagasi

Bagasi Honda Brio tergolong multifungsi, meskipun tidak sebesar saudaranya di kelas MPV, tetapi sudah cukup dalam membawa barang bawaan seperti tas, koper berukuran sedang hingga barang belanjaan dari supermarket.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

4. FITUR

  • Review Honda Brio 2018: Fitur Penunjang

Honda Brio 2018 Memiliki Fitur Penunjang Yang Lengkap

Fitur Pada Dashboard Brio RS

Beberapa fitur penunjang dalam kabin pun tidak boleh di lupakan. Honda membekali Brio dengan beragam fitur seperti layar sentuh berukuran 6.2 inci pada RS dan 2DIN pada Satya, Auto Door Lock by Speed and Power Door Mirror, AC Digital yang modern, hingga Eco Indicator yang akan memberikan informasi berkendara hemat dari cara berkendara si pengemudi.

  • Review Honda Brio 2018: Fitur Safety

Banyak Fitur Safety Honda Brio 2018

Safety Honda Brio

Selain hal tadi, Hargamobil.com juga akan mengulas sisi safety dari Honda Brio. Mobil ini memiliki fitur keselamatan yang cukup baik, diantaranya Dual Front SRS Airbags, Pretensioner with Load Limiter Seatbelt, G-CON untuk meredam dan menyalurkan benturan, struktur canggih ACE yang akan melindungi kabin meskipun bertabrakan dengan kendaraan yang berbeda ukuran, lalu ada Side Impact Beam, dan Honda Brio sudah melalui uji tabrak menyeluruh di Honda Real World Crash Test Facility yang dilaksanakan di Tochigi, Jepang. Selain itu ada fitur keselamatan lain seperti ABS, EBD, dan beberapa fitur keamanan seperti Alarm dan immobilizer.

>>> Simaklah review mobil Honda lainnya dengan klik sini

5. OPERASI

Honda Brio 2018 Memiliki Mesin 1.2L i-VTEC

Performa Honda Brio Mencapai 90 PS

Pada dapur pacu, Brio dibekali mesin 1.2L i-VTEC, mesin ini dapat memberikan tenaga pada Brio sebesar 90PS pada putaran 6.000 rpm, serta torsi 110NM pada putaran 4.800 rpm. Mesin ini di dukung oleh sistem elektronik Drive by Wire, yang mengontrol buka tutup throttle valve untuk presisi akselerasi yang maksimal namun tetap efisien bahan bakar. Terdapat dua pilihan transmisi, selain ada transmisi manual, Brio pun memiliki transmisi CVT dilengkapi dengan Earth Dreams Technology pertama di kelas LCGC Indonesia. CVT dengan Earth Dreams Technology ini menjadikan perpindahan transmisi halus, performa mesin lebih maksimal dan efisien bahan bakar.

>>> Klik sini untuk lanjut membaca tulisan review mobil lainnya

6. SPESIFIKASI

Dibawah ini kami berikan detail spesifikasi dari Honda Brio 2018.

Spesifikasi Honda Brio 2018

Mesin

Tipe Mesin

1.2 L SOHC silinder segaris, 16 katup i-VTEC + DBW

Kapasita Isi Silinder

1198 cc

Sistem Bahan Bakar

Fuel Injection

Jenis Baban Bakar

Bensin

Daya Maksimal

90 PS/6.000 rpm

Torsi Maksimal

110 Nm/4.800 rpm

Transmisi

Manual/Automatic 5-Speed

Dimensi

P x L x T

3.610 x 1.680 x 1.485 mm

Jarak Poros Roda

2.345 mm

Berat Kosong

930 kg

Jumlah Penumpang (max)

5

Kapasitas Tangki BBM

35 L

Suspensi

Suspensi Depan

MacPherson Strut

Suspensi Belakang

H-Shape Torsion Beam

Rem Depan

Disc

Rem Belakang

Drum

Sistem Pengereman

ABS+EBD (tipe S&E only)

Ban

175 / 65 R14 (15 RS)

Velg

Steel Wheel 14” (15” RS)

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN

Kelebihan

Kekurangan

Desain sangat sporty

Kursi belakang kurang cocok untuk yang bertubuh besar

Hemat bahan bakar dan tenaga cukup

 

Fitur hiburan lengkap

 

Safety memadai

 

8. DAFTAR HARGA

Bagi yang tinggal di kota besar memang suatu pilihan tepat membeli mobil kelas city car hatchback. Salah satu yang bisa dipilih adalah Honda Brio, kami  akan berikan detail harga dari Honda Brio yang kami peroleh dari sumber resmi Honda di Indonesia, update hingga bulan Juli 2018.

Harga Honda Brio 2018

Honda Brio Satya S

Rp 132.500.000

Honda Brio Satya E

Rp 137.500.000

Honda Brio Satya E CVT

Rp 152.500.000

Honda Brio RS

Rp 165.500.000

Honda Brio RS CVT

Rp 180.000.000

>>> Untuk cek harga mobil Honda lainnya, silakan klik sini

9. VIDEO

10. KESIMPULAN

Berdasarkan review kami, Honda Brio bisa menjadi salah satu alternatif kendaraan perkotaan yang cocok bagi siapapun. Honda memberikan fitur yang tidak setengah-setengah teruatama pada fitur keselamatannya. Brio Satya ataupun RS sama-sama memiliki mesin yang sama yaitu 1.2L, bukan hanya itu tetapi teknologi Earth Dream pun menjadi keunggulannya serta CVT yang halus dapat di pertimbangkan. Dengan banyaknya keunggulan inilah, Brio menjelma menjadi mobil kebutuhan para masyarakat urban.

>>> Untuk membeli mobil lebih aman dan cepat, jangan lupa mampir situs Cintamobil.com

Share This:

Cari harga mobil

Harga mobil per merek

Review mobil populer

International