Review Honda Accord 3.5 V6 2008: Mobil Sedan Dengan Mesin Besar

25/09/2020 Abdul Review Honda

Pihak Honda menghadirkan mobil sedan dengan mesin besar di tahun 2000-an. Yang mana mesin yang diberikan tersebut adalah mesin pintar. Lantas seperti apakah spesifikasi dan keunggulan yang dimiliki, mari kita simak ulasannya dalam review Honda Accord 3.5 V6 2008.

1. PENGANTAR HONDA ACCORD 3.5 V6 2008

Review Honda Accord 3.5 V6 2008 – Mobil dalam segmen sedan memiliki pasar tersendiri di masyarakat Indonesia. Nah pada tahun 2000-an, pihak  PT HPM (Honda Prospect Motor) berani mengambil keputusan dengan memberikan mesin  besar pada line up Accord di Tanah Air. Adapun mesin yang diberikan adalah V6 3.500 cc yang dibekali teknologi VCM (Variable Cylinder Management).

2. EKSTERIOR HONDA ACCORD 3.5 V6 2008

Review Honda Accord 3.5 V6 2008: Bagian Depan

Gambar ini menunjukkan bagian depan mobil Honda Accord 3.5 V6 2008

Kemewahan terpancar berkat aksen krom yang diberikan

Kita mulai pembahasan dari bagian depan, grille yang digunakan diberikan lapisan krom yang memakai bilah rapat dengan kelir warna hitam. Alhasil aura kemewahan tampak di bagian ini sekaligus menampakkan kesan yang elegan. Kemudian pada bagian headlamp masih menggunakan halogen biasa, begitupun pada fog lamp nya. Kalau membahas soal lampu, di kala itu jenis LED masih belum popular.

Review Honda Accord 3.5 V6 2008: Bagian Samping

Gambar ini menunjukkan bagian samping Honda Accord 3.5 V6 2008

Handle pintu terlihat seperti kebalik membuatnya tampak unik

Berlanjut ke sektor samping, mobil Honda Accord 3.5 V6 2008 menggunakan pelek ukuran 17 inci. Motif yang digunakan adalah 7 spoke dipadukan dengan bilah yang memiliki ukuran besar. Pada bagian gagang pintu dibuat seolah terbalik sehingga keunikan tampak di bagian ini. Jika tampak samping memang tampak eksteriornya sangat menunjukkan sebuah sedan pada umumnya, hal tersebut dengan bagian depannya yang berukuran panjang dan belakangnya tampak pendek.

Review Honda Accord 3.5 V6 2008: Bagian Belakang

Gambar ini menunjukkan bagian belakang Honda Accord 3.5 V6 2008

Tampak belakang gak neko-neko dan tampak sporty dengan 2 knalpot

Ketika melihat bagian belakang maka tampak tampilan yang gahar namun tetap kalem. Hal tersebut berkat penggunaan model tutup bagasi, lekuk bumper dan stoplamp nya yang tidak neko-neko. Kegaharan yang dimiliki ditunjukkan dengan penggunaan 2 pipa knalpot yang membuat bagian buritannya ini lebih sporty. Terdapat emblem V6 yang menunjukkan bahwa mobil ini bukanlah mobil biasa.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

3. INTERIOR HONDA ACCORD 3.5 V6 2008

Review Honda Accord 3.5 V6 2008: Bagian Dashboard & Kemudi

Gambar ini menunjukkan bagian dashboard dan kemudi mobil Honda Accord 3.5 V6 2008

Fitur cukup mumpuni di zamannya

Ketika masuk ke bagian interiornya akan disuguhkan dengan dashboard yang mempunyai lekukan yang futuristik dan juga mewah. Bahkan hal tersebut tampak pada mobil Honda Accord sampai saat ini. Dari pihak Honda mendesain bagian interiornya untuk tidak ketinggalan zaman dan terus mengikuti zaman bahkan sampai sekarang. Tombol-tombol yang diberikan di bagian dashboardnya ini juga mudah dijangkau sehingga memperlihatkan keergonomisan yang dimiliki.

Menuju ke area kemudi mobil, desain lingkar setir terlihat apik dan ketika digenggam akan merasa nyaman. Adapun hal itu karena penggunaan kulit yang melapisinya berkualitas tinggi. Selain itu, di bagian ini juga terdapat beberapa tombol untuk mengatur fitur yang berada di head unity seperti audio dan cruise control. Pengaturan yang diberikan pada kemudinya ini adalah tilt dan telescopic yang membuat kemudi dapat diatur menyesuaikan dengan postur pengemudi mobil sehingga mendapatkan posisi yang nyaman.

Review Honda Accord 3.5 V6 2008: Bagian Kursi

Gambar ini menunjukkan jok mobil yang direbahkan pada Honda Accord 3.5 V6 2008

Jok nyaman dengan pengaturan 8 arah

Kenyamanan juga akan dirasakan saat menduduki jok dari Honda Accord 3.5 V6 2008. Pengaturan yang diberikan tergolong lengkap dengan sistem elektrik dan dapat diatur 8 arah. Ditambah lagi diberikan juga fitur memory seat seperti kendaraan Eropa. Bahan material jok adalah kulit yang berkualitas dan saat diduduki akan terasa adem. Pada jok bagian depan memang tidak ada masalah, hanya saja untuk kursi belakang belum diberikan tombol untuk mengatur jok.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

4. FITUR HONDA ACCORD 3.5 V6 2008

Mobil Honda Accord 3.5 V6 2008 mempunyai fitur yang cukup mumpuni. Hal tersebut tampak terlihat dengan pemberian sunroof sehingga memancarkan aura kemewahan dan juga telah dilengkapi dengan fungsi tilting. Pada saat mobil dikemudikan di daerah pegunungan atau yang mempunyai udara masih sejuk maka Sobat Bersama orang di dalam mobil dapat merasakan kesegaran udaranya melalui dalam mobil. Selain itu, dengan adanya fitur ini memungkinkan untuk melihat langit dari dalam mobil.

Gambar ini menunjukkan fitur sunroof pada mobil Honda Accord 3.5 V6 2008

Fitur sunroof membuat kabin terasa lebih lega

Pihak honda juga memberikan fitur hiburan berupa 6 speaker dan 2 tweeter yang menjadikan suara audio menjadi memadai. Hanya saja untuk head unitnya masih belum memakai layar sentuh karena kala itu memang belum popular.

Ketika melaju di jalan bebas hambatan, pengemudi mobil dapat melaju dengan lebih nyaman mengandalkan fitur cruise control. Jika fitur tersebut diaktifkan maka ECU akan memberikan perintah terhadap Throttle Position Sensor untuk membuat bukaan throttle tertahan di derajat tertentu. Alhasil laju mobil tertahan pada kecepatan tertentu sehingga membuat pengemudi lebih merasa senang dan nyaman.

>>> Untuk membeli mobil lebih aman dan cepat, jangan lupa mampir situs Cintamobil.com

5. OPERASI HONDA ACCORD 3.5 V6 2008

Gambar ini menunjukkan mesin mobil Honda Accord 3.5 V6 2008

Mesin mobil mempunyai tenaga besar dengan fitur Variable Cylinder Management

Mesin yang diberikan pada mobil Honda Accord 3.5 V6 2008 adalah V6 dengan katup variable i-VTEC SOHC 2 katup untuk satu pistonnya. Menariknya lagi, mesinnya tersebut dibekali dengan fitur Variable Cylinder Management yang memungkinkan pengaturan terhadap silinder yang diaktifkan, jadi bisa 3 silinder atau 4 silinder bahkan sampai 6 silinder.

Kode mesin yang digunakan adalah J35Z yang dapat menghasilkan tenaga maksimum 268 Hp dan torsi puncaknya adalah 344 Nm. Penyaluran tenaga dan torsi ke bagian roda depan memakai transmisi 5 speed otomatis yang telah diberikan teknologi Grade Logic Control. Dengan teknologi tersebut membuatnya dapat membaca sudut dari permukaan jalan dan juga elevasi jalan sehingga posisi gigi akan disesuaikan.

>>> Review Honda Civic Hatchback RS 2020 : Bagasi Luas Akomodasi Sangat Baik

6. SPESIFIKASI HONDA ACCORD 3.5 V6 2008

Berikut ini adalah tabel spesifikasi mobil Honda Accord 3.5 V6 2008:

DIMENSI

Panjang

4.935 mm

Lebar

1.845 mm

Tinggi

1.476 mm

 Jumlah Tempat Duduk

5 Tampat Duduk

 Kapasitas Tangki

70 Liter

 Jarak Sumbu Roda

2.800 mm

 Jarak Terendah Ke Tanah

146 mm

MESIN

Seri

J35Z, V6, SOHC, Variable Cylinder Management, i-VTEC

Tenaga Maksimum

268 Hp @ 6.200 rpm

Torsi Maksimum

344 Nm @ 5.000 rpm

Kapasitas Silinder

3,471 cc

Bore X Stroke

89,0 mm X 93,0 mm

Tipe Transmisi

Otomatis 5-percepatan, Penggerak Roda Depan (FWD)

Pasokan Bahan Bakar

Programmed Multi-point Fuel Injection (PGM-FI)

Jumlah Katup

12 Katup (1 Inlet & 1 Outlet Per Silinder)

HANDLING & SUSPENSI

Suspensi Depan

Independent double wishbone, coil spring with stabilizer

Suspensi Belakang

Independent multilink, coil spring with stabilizer

Teknologi Safety Sasis

G-CON + ACE™ by Honda

Struktur Sasis

Monokok, Sedan C-Segment

Rem Depan & Belakang

Disc & Disc

Teknologi Sistem Pengereman

ABS, EBD

Pelek

Alloy, 17 inch

Jenis Ban

Radial, 225/50 R17

Sistem Kemudi

Rack & Pinion with Hydraulic Power Steering

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN HONDA ACCORD 3.5 V6 2008

Berikut ini merupakan kelebihan dan kekurangan mobil Honda Accord 3.5 V6 2008 :

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Mempunyai mesin yang pintar

Berhubungan dengan fun to drive mobil ini masih kurang

Bantingan suspensi mobil yang dimiliki lembut sehingga membuat berkendara jadi lebih nyaman

Handling yang dimiliki masih kalah asik dengan rivalnya

Dibandingkan dengan rivalnya mempunyai kecanggihan yang lebih

Dibanding dengan rivalnya, tenaga dan akselerasi yang dimiliki masih kalah kencang

8. DAFTAR HARGA HONDA ACCORD 3.5 V6 2008

Setelah membahas spesifikasi tentu kurang lengkap jika tidak disertai dengan harganya. Adapun harga Honda Accord 3.5 V6 2008 dalam kondisi bekas mulai Rp. 160 jutaan. Namun harga yang disebutkan tidaklah mengikat karena masih disesuaikan dengan kondisi kendaraannya. Hati-hati dalam membeli mobil ini, mengingat mesin yang digunakan merupakan salah satu mesin canggih dari Honda. Sehingga saat terjadi kerusakan yang fatal biaya perbaikannya cukup mahal.

9. VIDEO HONDA ACCORD 3.5 V6 2008

10. KESIMPULAN HONDA ACCORD 3.5 V6 2008

Bagi Sobat yang menginbginkan sebuah mobil sedan Honda yang mempunyai tenaga besar maka Honda Accord 3.5 V6 2008 solusinya. Akan tetapi jika Sobat merupakan pembeli mobil yang rasional maka dapat memilih CR-V yang merupakan sebuah SUV dengan tampilan yang lebih kekar dan dapat digunakan di segala medan jalan. Namun hal tersebut adalah selera masing-masing, apalagi mobil ini saat ini hanya tersedia dalam kondisi bekas saja mengingat umurnya sudah lebih dari 10 tahunan.

>>> Jangan lupa untuk mengetahui spesifikasi lengkap Mobil terbaru dan lama di Hargamobil.com

Share This:

Cari harga mobil

Harga mobil per merek

Review mobil populer

International