Review Honda Accord 2016: Spesifikasi dan Harga Lengkap

14/12/2017 Heri Susanto Review Honda

Meskipun varian MVP dan SUV tengah menjamur, eksistensi varian sedan di industri otomotif bisa dibilang tak akan mati. Hal tersebut dibuktikan dengan masih diproduksinya berbagai varian sedan oleh beberapa merek kenamaan yang sudah malang melintang di industri otomotif. Honda, kembali meremajakan sedan legendarisnya Accord guna hangatkan persaingan dengan kompetitor sejenis. Mari kita simak tulisan review Honda Accord 2016 ini.

1. PENGANTAR

Review Honda Accord 2016 - Jika merunut dari awal, Accord merupakan sedan tua yang telah memulai debutnya hampir 40 tahun silam. Tepat di tahun 1978, Honda resmi memperkenalkan sedan ini. Artinya, Accord bisa dibilang merupakan “veteran” di ranah sedan. Karena statusnya yang dianggap pemain lama, sudah barang tentu Accord memiliki reputasi yang cukup mentereng. Neraca penjualan mobil ini memang terus merangkak setiap kali seri anyarnya diluncurkan. Hingga tahun 2013 silam, Accord sudah memasuki generasi kesembilannya. Tiga tahun berselang, mobil ini kembali diluncurkan dengan kemasan baru yang tentu saja lebih mengedepankan rasa premiumnya. Indonesia International Motor Show (IIMS) yang digelar beberapa waktu lalu menjadi saksi sejarah bagaimana Accord teranyar ini ditampilkan kembali kepada para pecinta otomotif. Lantas sepeti apa wujud anyar dari sedan legendaris ini? Berikut pemaparan review Honda Accord 2016 dari hargamobil.com.

2. EKSTERIOR

Melalui sisi terluarnya, Accord tampil lebih sporty dan elegan berkat desain eksterior yang begitu aduhai dan memanjakan mata. Bisa dibilang, kesan mewah tak bisa dilepaskan dari mobil ini. Hal tersebut dapat dilihat melalui tampilan depannya yang cukup menawan.

Gambar mobil Honda Accord 2016 berwarna hitam dilihat dari bagian depan sedang parkir di depan rumah di Indonesia

Bagian depan Honda Accord 2016

  • Desain bagian depan

Di sisi grill misalnya, Accord menyematkan aksen chrome pada bagian tengah yang ditemani dengan dua line garis berukuran kecil yang melingkar sempurna membungkus radiator udara tersebut. Aksen chrome yang dipilih juga membuat mobil ini nampak mewah. Tak lupa pula, Honda menyematkan logo “H” sebagai penanda identitas pabrikan.

Begeser sedikit ke samping grill, tersemat head lamp berdesain menyipit yang membuatnya nampak begitu mewah dan cantik. Tak hanya mewah, fungsinya sebagai penerang utama juga tetap maksimal karena sudah dilengkapi dengan teknologi LED dengan Day Time Running Light yang siap berikan penerangan pada medan gelap dan minim pencahayaan. Bergerak ke bawah, kita juga akan menjumpai bumper yang memiliki pattern rongga udara guna berikan kesan aerodinamis dari sisi depan. Tak ketinggalan pula, di sisi-sisi bumper juga disematkan fog lamp yang berfungsi untuk memberikan penerangan utama pada mobil.

  • Desain bagian samping

Sementara pada body samping, sisi elegan Accord tetap terjaga berkat lekukan dua garis yang melintang tipis di bagian bawah dan handle door. Bagian pembuka pintu jug adibuat premium dengan hadirnya kesan chrome. Tak ketinggalan, kesan premium jug adihadirkan melalui empat velg Alloy Wheel berukuran 18 inci.

Deain bagian belakang mobil Honda Accord 2016 berwarna hitam

Bagian belakang mobil Honda Accord 2016

  • Desain bagian belakang

Untuk bagian belakang, sedan legendaris ini juga tetap menawarkan kesan mewah berkat bumper dengan aksen chrome dan garnish yang membujur melintasi stop lamp berteknologi LED Light Bar yang berfungsi untuk memberikan penyinaran yang lebih jelas saat malam hari. Selain itu, rear combination lamp yang diletakan dekat bagasi juga terlihat begitu detil dan sempurna dari sisi peletakan. Secara keseluruhan, desain eksterior Honda Accord 2016 ini lebih elegan dan sporty dibandingkan dengan generasi dahulu.

>>> Klik sini untuk melihat harga Honda terlengkap dan terupdate

3. INTERIOR

Meski terlihat mewah dari sisi luar, bukan berarti Accord tampil apa adanya di bagian dalam. Pada sisi interior Honda Accord 2016 juga tampil mewah berkat kehadiran material terbaik di bagian kabin guna membuat mobil ini mempertebal kesan premiumnya. Sisi kenyamanan juga ditampilkan melalui beragai fitur yang tersemat di dalam serta pemilihan material untuk kursi. Tak ketinggalan juga, sedan yang konon berharga di atas 500 jutaan ini juga memiliki berbagai ruang penyimpanan barang yang cukup mumpuni serta kelonggaran untuk ruang kaki dan kepala agar mobilitas penumpang selama perjalanan tetap terjaga.

Tampilan bagina dashboard Honda Accord 2016 berwarna hitam

Dashboard dengan berbagai panel multifungsi

  • Dashboard

Untuk panel yang siap menunjang kenyamanan, Accord meletakannya pada bagian dashboard. Di sisi ini, kita bisa melihat berbagai panel multifungsi untuk menunjang kebutuhan entertainment maupun indotaimnet. Di sisi ini, pengguna bisa memutar lagu kesayangan melalui perangkat media player yang bisa dipilih dalam dua format, analog melalui perangkat CD maupun digital melalui MP3/MP4. Tak hanya itu, hadir pula usb Port yang sudah bisa terintegrasi dengan medium Android maupun IOS. Lewat usb Port  yang siap memfasilitasi penggunanya menyetel lagu andalan melalui perangkat pintarnya. Di samping panel utama, tersemat pula Ac otomatis yang siap suguhkan suhu ruangan sesuai dengan cahaya matahari di luar kabin. Dengan adanya auto Ac ini, pengguna tak perlu repot-repot mengatur Ac secara manual.

Gambar bagian setir mobil Honda Accord 2016 berwarna hitam

Desain setir Honda Accord 2016

  • Setir

Bergeser sedikit ke sisi setir, Accord juga sudah dilengkapi dengan Rear Audio Switch Control. Melalui fitur ini, pengemudi bisa mengganti lagu dan mengatur besar kecilnya suara pada head unit di bagian dashboard. Selain fitur tersebut, sisi steering juga sudah dilengkapi dengan Drive by Wire serta tombol Eco Button dan Eco Assist guna berikan performa maksimal sekaligus melakukan pengiritan bahan bakar secara langsung. Tak hanya itu, hadir pula speedometer dengan desain minimalis namun cukup informatif guna memberitahukan update informasi terkini seputar kendaraan mulai dari penggunaan bahan bakar, jarang tempuh, penggunaan transmisi dan lain sebagainya.

Gambar bagian kursi Honda Accord 2016 dengan warna utama yaitu hitam

Kursi Honda Accord 2016

  • Kursi

Dari sisi seat, tersemat material leather yang dibalur dengan jahitan fabric yang tersusun rapih nan empuk guna menunjang perjalanan untuk jarak menengah dan jauh. Tak ketinggalan pula, berbagai ruang kecil di sisi pintu, kursi dan bagian kaki disiapkan guna meletakan berbagai barang  berukuran kecil. Untuk menunjang keselamatan penumpang, seluruh kursi yang nyaman tersebut juga sudah disematkan dengan seatbelt Pretensioneel with Load Limiter guna mengencangkan sabuk pengaman secara otomatis saat mobil mengalami kejadian yang tak mengenakan seperti kecelakaan maupun pengereman dadakan.

>>> Mungkin Anda ingin baca: Honda Jazz 2015, mobil hatchback tumpuan Honda

4. FITUR

Gambar menunjukkan fitur Honda Accord 2016

Fitur apa yang tersemat di Honda Accord 2016 kini?

Sebagai sedan mewah, Accord tak hanya nyaman untuk dikemudikan. Mobil ini juga disematkan dengan berbagai fitur untuk menunjang keamanan dan keselamatan dalam berkendara. Untuk menunjang dua hal tadi, disematkan pula berbagai fitur penunjang seperti strukturrangka body yang telah dilengkapi dengan teknologi G-CON+ACE yang akan meredam berbagai benturan hebat dari sisi manapun aga pengguna bisa tetap safety saat terjadi hal yang kurang diinginkan. Sementara itu, untuk sisi interior, Accord juga meghadirkan Dual Airbag untuk penumpang bagian depan. Seperti diketahui, airbag tersebut memiliki fungsi untuk meminimalisir resiko cidera pada penumpang bagian depan apabila mobil mengalami benturan hebat maupun kecelakaan yang bisa terjadi kapan saja.

Selain itu, untuk mengoptimalkan pengereman, Accord juga sudah dipersenjatai dengan kombinasi pengereman ABS+EDB+BA yang siap memberikan pengereman optimal saat terjadi pengereman darurat. Kombinasi ketiganya juga sangat berguna agar ban tak terkunci otomatis saat terjadi pengereman darurat. Di samping itu, untuk menempuh medan-medan curam, Accord juga sudah melengkapi diri dengan Hill Start Assist yang sangat berguna membantu kendaraan agar tetap stabil saat melahap berbagai medan dengan kontur yang kurang bersahabat.

Gambar mobil Honda Accord dengan seorang di samping memakai kunci smart untuk membuka pintu mobilnya

Accord 2016 tersedia smart entry, smart keyless, keyless entry

Untuk menunjang keamanan kendaraan, Honda selaku pabrikan juga sudah memberikan berbagai proteksi melalui smart entry, smart key, keyless entry, immobilizer, alarm system sertakeyless trunk opener. Cukup banyak bukan apa yang disuguhkan Honda untuk memberikan keamanan dan keselamatan para pengunanya saat menggunakan sedan premium ini. Sudah cukup bukan fitur Honda Accord 2016?

>>> Untuk dapat informasi tentang mobil Honda lainnya, klik sini

5. OPERASI

Gambar bagian mesin Honda Accord 2016

Mesin i-VTEC DOHC in-line Honda Accord 2016

Mengulas seluruh mobil baik dari sisi interior maupun eksterior sudah kami lakukan. Sekarang tibalah waktu untuk mengulas sistem operasi Honda Accord 2016. Dari sisi permesinan, Accord memiliki mesin i-VTEC DOHC In-Line dengan 4 silinder segaris dengan16 katup. Mesin dengan kubikasi 2.356 cc ini memiliki tenaga yang cukup signifikan dan mampu menhasilkan akselerasi maksimum. Dengan mesin tersebut, Accord mampu menghasilkan tenaga maksimal hingga 176 ps pada putaran 6.200 rpm. Sementara untuk torsi sendiri, mobil ini mampu melahap 225 NM pada putaran 4.000 rpm. Sebagai penggerak Accord siap digeran dengan transmisi otomatis dengan lima percepatan. Bahkan untuk menghemat bahan bakar plus memberikan performa maskimal, Accord juga sudah dilengkapi dengan bahan bakar PGM-FI sebagai suplai bahan bakarnya.

>>> Klik sini untuk membaca tulisan review lainnya

6. SPESIFIKASI

Untuk mempermudah pembaca dalam mendapatkan informasi secara lebih terperinci, hargamobil.com sudah merangkum spesifikasi Honda Accord 2016 dalam bentuk tabel untuk anda.

Dimensi Honda Accord 2016

Panjang x Lebar x Tinggi

4.870mm x 1.850mm x 1.465mm

Jarak Sumbu Roda

2.275mm

Kapasitas Tangki

 65 Liter

Kapasitas Penumpang

4-5 Orang

Mesin Honda Accord 2016

Tipe

i-VTEC DOHC, Inline, 4 silinder with 16 valve

Kapasitas Mesin

2.465 cc

Kompresi

10.1:1

Transmisi

5-Speed Automatic

Tenaga Maksimum

176 ps / 6.600 rpm

Torsi Maksimum

225 NM/4.000 rpm

Sistem Bahan Bakar

PGM-FI

Kaki Kaki Honda Accord 2016

Ban

235/45 r18

Suspensi Depan

MacPherson Strut

Suspensi Belakang

Multi Link

Desain eksterior cukup kokoh

Ventilated Disc

Rem Belakang

Disc

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN

Meski tergolong sedan premium, Accord memiliki berbagai sisi plus dan minusnya. Kami telah merangkumnya dalam beberapa poin. Semoga bisa menjadi pertimbangan para pembaca sebelum memutuskan untuk membawa pulang mobil ini. Silahkan melihat kelebihan dan kekurangan Honda Accord 2016 di bawah ini. 

Kelebihan

Kekurangan

Fitur keamanan dan keselamatan  terbilang lengkap

Harga lumayan mahal

Desain interior dan eksterior elegan

Harga jual rendah

Peredaman cukup mumpuni

Sparepart mahal

8. DAFTAR HARGA

Seperti yang dijabarkan di atas, kami menyebutkan jika mobil ini memiliki harga di atas 500 juta rupiah.  Lantas, berapa taksiran angka yang harus dikeluarkan untuk membeli mobil ini? Silahkan melihat daftar harga Honda Accord 2016 di bawah ini.

Tipe mobil

Harga Honda Accord 2016

Honda Accord 2016

Rp 620 Jutaan

9. VIDEO

Melihat mobil ini dari sisi gambar mungkin akan terasa sangat kurang. Untuk itu, kami coba menyisipkan videonya untuk anda sebagai tambahan referensi. Selamat menyaksikan.

10. KESIMPULAN

Honda Accord merupakan sedan premium besutan Honda untuk anda yang berada di kelas sosial menengah ke atas. Mobil ini sendiri mampu mengeluarkan tenaga maksimal dan diklaim sangat irit bahan bakar seperti mobil-mobil Honda pada umumnya. Di samping itu, untuk memproteksi keamanan dan keselamatan penggunanya, Accord juga sudah dibekali dengan berbagai fitur yang mumpuni agar penumpang tetap merasa aman selama mengendarai mobil ini. Apakah anda tertarik untuk membawa pulang sedan maskulin ini? Segera kunjugi dealer Honda terdekat untuk membawanya pulang ke garasi rumah ya.

Share This:

Cari harga mobil

Harga mobil per merek

Review mobil populer

International