Review Datsun GO+ Panca CVT 2019 : Perpindahan Gigi Lebih Halus

17/07/2020 Abdul Review Datsun

Datsun GO+ akhirnya mendapatkan bagian untuk diberikan teknologi CVT. Yang mana sebelumnya hanya diberikan pada Datsun Go saja, sehingga mobil ini menjadi salah satu model yang menarik dan juga dinantikan. Lantas seperti apa keunggulannya? Mari kita simak dalam review Datsun GO+ Panca CVT 2019.

1. PENGANTAR DATSUN GO+ PANCA CVT 2019

Review Datsun GO+ Panca CVT 2019 – Mobil ini masuk dalam segmen LCGC 7 seater. Namun ada keluhan dari konsumen pada mobil Datsun GO karena tidak adanya opsi transmisi otomatis. Apalagi bagi mereka yang tinggal di perkotaan yang sering terjebak kemacetan. Tentunya memainkan pedal kopling akan sangat melelahkan. Alhasil dari segi penjualan terbilang kalah dengan rival barunya seperti Sigra dan juga Calya.

Melihat hal tersebut akhirnya pihak Nissan menghadirkan mobil Datsun GO CVT untuk menjawab kebutuhan para konsumennya. Mobil ini dihadirkan di pertengahan tahun 2018. Dari segi tampilan memang lebih sporty dengan dibekali diffuser pada bagian depan dan juga belakang serta spoiler.

Akhirnya pada tahun 2019 Datsun GO+ Panca juga mendapatkan teknologi CVT. Jadi terdapat 3 varian pada Datsun Go+ Panca X-Tronic CVT yang meliputi All New Datsun GO+ Panca A, T CVT dan T Style CVT. Berikut ini kami akan mengulas menganai mobil Datsun Go+ Panca CVT 2019.

2. EKSTERIOR DATSUN GO+ PANCA CVT 2019

Review Datsun GO+ Panca CVT 2019: Bagian Depan

Gambar ini menunjukkan bagian depan mobil Datsun GO+ Panca CVT 2019

Tampilan sporty dengan grille yang digunakan dan DRL

Jika dibandingkan dengan transmisi manualnya memang di bagian ini tidak terlalu banyak perbedaan. Seperti pada bagian grille yang masih mengandalkan model trapesium. Ditambah lagi, mobil ini juga terlihat gagah berkat penggunaan DRL (Daytime Running Light) pada bagian bumper depan.

Review Datsun GO+ Panca CVT 2019: Bagian Samping

Gambar ini menunjukkan bagian samping Datsun GO+ Panca CVT 2019

Bodi mobil dipadukan dengan pelek 5 palang

Menuju bagian samping, yang mana sekilas tampak sama dengan model manualnya. Namun di bagian ini mobil Datsun Go+ Panca CVT 2019 dibekali dengan rumah kaca spion yang baru dan juga menggunakan pelek alloy untuk menempatkan ban mobil. Tampilannya juga lebih elegan pada versi facelift ini berkat penggunaan body moulding yang diberikan.

Review Datsun GO+ Panca CVT 2019: Bagian Belakang

Gambar ini menunjukkan bagian belakang Datsun GO+ Panca CVT 2019

Bagian belakang tidak berbeda jauh dengan Go+ Panca manual

Menuju ke bagian buritan, tampilannya terlihat minimalis dan juga lebih sporty. Hal tersebut berkat pemberian sayap belakang dengan desain baru dan juga bagian bumper. Karakter mobil juga dipertegas sebagai family-friendly berkat penggunaan logo Datsun serta pemberian tulisan CVT.

>>> Baca Juga :

3. INTERIOR DATSUN GO+ PANCA CVT 2019

Review Datsun GO+ Panca CVT 2019: Bagian Dashboard & Kemudi

Menuju ke sektor dashboard, penggunaan warnanya selaras dengan kursi depan pada mobil Datsun satu ini yakni putih dan hitam. Di bagian ini juga terdapat fitur hiburan yang berupa head unit 2 Din dan telah dibekali dengan layar yang sudah touchscreen dengan ukuran dimensinya adalah 6,75 inci.

Gambar ini menunjukkan dashboard dan kemudi mobil Datsun GO+ Panca CVT 2019

Fitur hiburan dapat memberikan pengalaman menyenangkan pada pengendara

Sementara pada bagian kemudinya menggunakan 3 palang yang ketika digenggam akan membuat pengemudi merasakan kenyamanan. Bahkan saat diperhatikan dengan baik dan secara mendetal maka akan tampak beberapa panel yang telah disematkan serat karbon seperti pada bagian power window, speedometer dan AC mobil. Dengan desain tersebut membuat tampilan interior jadi lebih sporty.

>>> Lihat Juga :

4. FITUR DATSUN GO+ PANCA CVT 2019

Dengan melihat beberapa hal di atas, ternyata ada yang membuat mobil Datsun Go+ Panca CVT 2019 terlihat berbeda. Jadi terdapat 2 teknologi yang diberikan pada mobil ini yang berupa Automatic Transmission Torque Converters dan Continuously Variable Transmission. Diantara 2 istilah tersebut perbedaan yang mendasar terdapat pada penggunaan girnya yang ada di AT Torque Converters. Sedangkan untuk CVT mengandalkan puli dan sabuk baja dalam melakukan penyelarasan antara kecepatan dan putaran mesin.

>>>  Daftar Harga Datsun GO: Mobil Hatcback Nyaman Di Bawah 200 Jutaan

Gambar ini menunjukkan ilustrasi mobil Datsun GO+ Panca CVT 2019 dengan transmisi CVT dan non CVT

Teknologi CVT buat perpindahan gigi lebih halus

Penggunaan CVT pada mobil Datsun karena dalam melakukan perpindahan percepatan terasa lebih halus dan juga hemat konsumsi bahan bakar. Tidak hanya itu saja, hentakan saat melakukan perpindahan kecepatan tidak akan lagi dirasakan oleh penumpang seperti manual atau AT Torque Converter.

Selain itu, mobil Datsun ini mengandalkan teknologi Xtronic CVT. Bahkan rasio variabel yang dimiliki juga dapat menyesuaikan dengan kondisi jalan dan juga kebutuhan. Adapun rincian dari rasio terendah angkanya adalah pada gir rendah yaitu 2,561 dan gir tinggi yaitu 0,427.

>>> Baca Juga, Review Datsun Go Live 2019 :Fitur Kekinian Cocok Untuk Anak Muda

5. OPERASI DATSUN GO+ PANCA CVT 2019

Gambar ini menunjukkan mesin Datsun GO+ Panca CVT 2019

Kapasitas mesin sama dengan model manualnya

Menuju soal performa mobil, mesin Datsun Go+ Panca CVT 2019 yang digunakan adalah 1.2 Liter DOHC dengan 3 silinder segaris. Mengandalkan mesin tersebut bisa menghasilkan tenaga maksimal sebesar  68 Ps dan torsi puncaknya adalah 104 Nm. Untuk tenaga mesin mobil disalurkan ke bagian roda dengan mengandalkan sistem transmisi CVT dengan teknologi X-Tronic.

>>> Mencari Mobil Besutan Datsun, Jangan Ragu Untuk Klik Di Sini

6. SPESIFIKASI DATSUN GO+ PANCA CVT 2019

Berikut ini merupakan tabel spesifikasi mobil Datsun GO+ Panca CVT 2019 :

DIMENSI

Panjang

3.995 mm

Lebar

1.636 mm

Tinggi

1.507 mm

MESIN

Tipe Mesin

1.2 Liter 3 Silinder Segaris DOHC

Sistem Transmisi

CVT dengan teknologi X-Tronic

Daya Maksimum

68 PS / 5.000 Rpm

Torsi Maksimum

104 Nm / 4.000 Rpm

Kapasitas Silinder

1.200 cc

Tipe Bahan Bakar

Bensin

Sistem Bahan Bakar

Fuel Injection

HANDLING

Ukuran Ban

165/70 R14

Rem Depan

Ventilated Disc

Rem Belakang

Drum

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN DATSUN GO+ PANCA CVT 2019

Berikut ini merupakan kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh  Datsun Go+ Panca CVT 2019 :

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Tampilan sportynya tetap dipertahankan sehingga mempunyai daya tarik terhadap konsumennya

Bila dibandingkan dengan varian manualnya tidak banyak mengalami perubahan

Bagi masyarakat yang tinggal di wilayah perkotaan dan sering ikut ambil bagian dalam kemacetan bisa menggunakan mobil ini karena sangat cocok

Bila dilihat dengan sesame rivalnya dalam mobil LCGC 7-seater

8. DAFTAR HARGA DATSUN GO+ PANCA CVT 2019

Berikut ini merupakan tabel harga mobil Datsun Go+ Panca CVT 2019 :

TIPE

HARGA MOBIL

All New Datsun GO+ Panca A CVT

Rp. 137.340.000

All New Datsun GO+ Panca T CVT

Rp. 146.290.000

All New Datsun GO+ Panca T Style CVT

Rp. 150.790.000

9. VIDEO DATSUN GO+ PANCA CVT 2019

 

10. KESIMPULAN DATSUN GO+ PANCA CVT 2019

Pihak NMI (Nissan Motor Indonesia) sepertinya mempunyai ambisi untuk melakukan perluasan terhadap target pasar di Tanah Air, apalagi untuk masyarakat yang tinggal di wilayah perkotaan yang sering terjebak dalam kemacetan. Hanya saja bagi masyarakat yang sudah mempunyai varian manual nya dan tidak terlalu sering ikut masuk dalam kemacetan, kayaknya sayang jika menggantinya dengan Datsun Go+ Panca CVT 2019 karena speknya tidak terlalu banyak perbedaan.

>>> Ketahui juga harga mobil terbaru lainnya hanya di Hargamobil.com

Share This:

Cari harga mobil

Harga mobil per merek

Review mobil populer

International