Review Datsun GO+ Panca 2014: Mobil LCGC Cocok Untuk Kendaraan Keluarga

30/12/2019 Abdul Review Datsun

Pada saat pertama kali kebijakan mengenai Low Cost Green Car (LCGC) dicetuskan, dari pihak produsen mobil langsung ikut ambil bagian dan berpartisipasi. Salah satu yang cukup ramai di kala itu adalah mobil besutan Datsun yaitu Go+ Panca. Yang mana mobil tersebut merupakan MPV pertama yang hadir dalam segmen LCGC. Untuk lebih jelasnya mari kita simak penjelasannya dalam Review Datsun Go + Panca 2014.

1. PENGANTAR DATSUN GO+ PANCA 2014

Kebijakan mobil LCGC dicetuskan oleh Presiden Republik Indonesia, yang mana dikala itu masih dipimpin oleh Bapak SBY (Susilo Bambang Yudhoyono).  Pencetusannya dilakukan pada 23 Mei 2013, yang mana di kala itu seakan menjadi sebuah angin segar untuk masyarakat yang ingin punya mobil untuk kegiatan keseharian. Bahkan hingga saat ini, penjualan mobil LCGC tergolong masih baik.

Dengan melihat peluang, dari pihak Datsun akhirnya menghadirkan kendaraan pertama dalam segmen LCGC yakni Datsun Go+ Panca dengan berdiri di bawah naungan PT. Nissan Motor Indonesia (NMI). Jadi perlu dimaklumi karena di kala itu segmen mobil LCGC masih didominasi oleh duo Hatchback  yakni Agya dan Ayla.

“Datsun GO+ Panca adalah MPV pertama untuk segmen ramah lingkungan (LCGC).” Ujar Toru Hasegawa selaku Corporate Vice President Nissan Motor Co, Ltd. Sebagai sebuah MPV mobil ini mampu membawa penumpang sebanyak 7 orang.

2. EKSTERIOR DATSUN GO+ PANCA 2014

Review Datsun GO+ Panca 2014: Bagian  Depan

Gambar ini menunjukkan bagian depan mobil Datsun GO+ Panca 2014 warna putih

Tampilan depan masih menarik sampai saat ini

Mari kita bahas mulai dari bagian depan, yang mana tampilannya dikemas modern dan ditambah pemanis berupa grille yang didesain dengan model Honeycomb yang menggunakan aksen warna hitam. Jika melihatnya sekilas maka tidak akan tampak bahwa mobil ini dibanderol dengan harga terjangkau. Sementar untuk headlamp didesain dengan ukuran yang besar sehingga membuat tampilannya lebih modis. Hanya saja mobil ini belum dibekali dengan lampu kabut.

Review Datsun GO+ Panca 2014: Bagian Samping

Gambar ini menunjukkan bagian samping Datsun GO+ Panca 2014 warna putih

Desain aerodinamis tampak dari bagian samping

Pada bagian samping Datsun Go+ Panca 2014 tampak sporty berkat penggunaan spoiler di bagian atap belakang. Untuk dimensinya sendiri mempunyai panjang 3.995 yang dipadukan dengan wheelbase 2.450 mm. Dengan ukuran tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan kapasitas 7 orang kabinnya cukup lega. Hanya saja untuk pelek masih didesain biasa saja dan tidak dapat membuat tampilan lebih wow. Untuk ukuran roda yang dipakai yaitu 155/70 R13.

Review Datsun GO+ Panca 2014: Bagian Belakang

Gambar ini menunjukkan bagian belakang mobil Datsun GO+ Panca 2014putih

Desain belakang tampak berisi dan terlihat sporty

Menuju ke bagian belakang Datsun Go+ Panca 2014, yang mana pada varian Go+ Option tampilannya lebih sporty. Hal tersebut berkat penggunaan Roof Spoiler yang dipadukan dengan High Mount Stop Lamp. Bahkan dari segi desain, lampu belakangnya terlihat modern. Saat melihat belakangnya ini terlihat menggembung untuk bagian bawah yang membuatnya mempunyai daya tarik tersendiri.

>>> Baca Juga :

3. INTERIOR DATSUN GO+ PANCA 2014

Review Datsun GO+ Panca 2014: Bagian Dashboard & Kemudi

Gambar ini menunjukkan dashboard dan kemudi mobil Datsun GO+ Panca 2014

Desain two-Tone Colour pada dashboard dipadu dengan audio single din

Selanjutnya kita masuk ke bagian interior, yang mana untuk dashboardnya mengandalkan tema Two-Tone Colour  yang membuatnya tidak membosankan. Di bagian ini terdapat audio 1 DIN, namun fitur tersebut hanya terdapat pada varian A Option dan T Option saja. Untuk mendengarkan music dapat disambungkan dengan USB atau AUX Jack yang berasal dari ponsel. Agar pengendara dan penumpang lebih betah di dalam mobil, pihak Datsun memberikan AC dengan blowernya.

Sementara di bagian kemudinya terlihat sederhana dengan logo Datsun di bagian tengah. Untuk varian T dan T Option telah dibekali dengan fitur Electric Power Steering yang dipadukan dengan Speed Sensitive.

Review Datsun GO+ Panca 2014: Bagian Kursi

Gambar ini menunjukkan jok mobil Datsun GO+ Panca 2014

Headrest menyatu dengan jok mobilo tidak bisa diatur ketinggiannya

Berlanjut ke bagian jok mobil Datsun Go+ Panca 2014, yang mana di bagian depan telah memiliki sandaran kepala yang dibuat menyambung dengan jok mobil. Di bangku kedua juga mempunyai sandaran kepala, hanya saja untuk ukurannya terbilang lebih minimalis. Namun, sebagai mobil yang menampung 7 orang penumpang, agar lebih nyaman kami sarankan untuk 5 orang dewasa di baris pertama dan kedua serta untuk baris ketiga dikhususkan untuk anak-anak saja supaya lebih nyaman selama perjalanan.

>>> Mungkin Anda juga tertarik:

4. FITUR DATSUN GO+ PANCA 2014

Mari kita berlanjut ke bagian fitur Datsun Go+ Panca 2014, yang mana fiturnya terbilang kurang lengkap. Untuk beberapa fiturnya meliputi Central Door Locking, Immobilizer, sabuk pengaman dan Keyless Entry. Dengan harga cukup terjangkau sebenarnya perlu dimaklumi dengan fitur yang diberikan.

Namun perlu diketahui, bahwa mobil besutan Datsun ini belum dilengkapi dengan airbag. Jadi sebaiknya kemudikan mobil ini dengan santai gak perlu kebut-kebutan untuk kenyamanan diri sendiri dan keluarga. Sedangkan untuk menaik turunkan kaca mobil belakang masih mengandalkan engkol.

>>> Review Datsun Go Live 2018, Hatchback Sporty Nan Agresif

5. OPERASI DATSUN GO+ PANCA 2014

Gambar ini menunjukkan mesin mobil Datsun GO+ Panca 2014

Mesin hanya dipadukan transmisi manual saja belum ada yang otomatis

Datsun Go+ Panca 2014 menggunakan mesin dengan kode HR12DE yang mempunyai kapasitas 1.200 cc. Dengan mengandalkan mesin tersebut dapat menghasilkan tenaga maksimal sebesar 50 kW dan torsi puncaknya mencapai 104 Nm. Untuk tenaga disalurkan ke bagian roda dengan mengandalkan transmisi manual 5 percepatan. Yang menarik adalah penempatan tuas transmisinya yang ergonomis yakni di area dashboard. Namun bagi yang baru mengendarai mobil akan cukup merepotkan, sedangkan bagi yang biasa perlu melakukan adaptasi.

>>> Mencari Mobil Besutan Datsun, Jangan Ragu Untuk Klik Di Sini

6. SPESIFIKASI DATSUN GO+ PANCA 2014

Berikut ini merupakan tabel spesifikasi Datsun Go+ Panca 2014.

DIMENSI

Panjang

3.995 mm

Lebar

1.635 mm

Tinggi

1.490 mm

Wheelbase

2.450 mm

MESIN

Tipe

HR12DE

Kapasitas

1.198 cc

Tenaga Maksimal

50 kW

Torsi Maksimal

104 Nm

Transmisi

Manual 5 Percepatan

HANDLING & SUSPENSI

Rem Depan

Ventilated Discs

Rem Belakang

Drum

Suspensi Depan

McPherson Strut dengan Coil Spring

Suspensi Belakang

Torsion Beam

Ukuran Ban

155/70 R13

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN DATSUN GO+ PANCA 2014

Berikut ini merupakan kelebihan dan kekurangan Datsun Go+ Panca 2014.

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Mobil besutan Datsun tersebut dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau

Pemberian headrest tidak bisa diatur ketinggiannya sehingga kurang mumpuni

Dengan kapasitas 7 penumpang memang sangat cocok dan bisa diandalkan untuk menjadi mobil keluarga

Fitur yang diberikan kurang begitu lengkap dan terkesan standar

Mesin yang diberikan memiliki performa yang cukup mumpuni

 

8. DAFTAR HARGA DATSUN GO+ PANCA 2014

Apabila melihat dari harga awal, mobil Datsun tersebut dibanderol mulai Rp. 85 juta sampai Rp. 102 jutaan. Namun bagi Sobat yang ingin membelinya saat ini, harga bekas Datsun Go+ Panca 2014 dibanderol mulai Rp. 65 juta sampai Rp. 85 jutaan. Harga tersebut tergantung kondisi, varian dan wilayah membeli mobil.

9. VIDEO DATSUN GO+ PANCA 2014

10. KESIMPULAN DATSUN GO+ PANCA 2014

Bagi Sobat yang ingin mempunyai sebuah mobil keluarga dengan harga yang terjangkau bisa memilih Datsun Go+ Panca 2014. Meskipun harganya murah tapi tidak murahan, hal tersebut dikarenakan dari segi desain sangat mumpuni dan terlihat sangat modern. Sampai saat ini mobil tersebut masih dapat menarik perhatian masyarakat yang melihatnya. Ditambah lagi masuk dalam segmen LCGC yang terkenal akan konsumsi bahan bakarnya yang hemat.

>>> Jangan lupa untuk mengetahui spesifikasi lengkap Mobil terbaru dan lama di Hargamobil.com

Share This:

Cari harga mobil

Harga mobil per merek

Review mobil populer